iklan iwb

Iwanbanaran.com – Herann tenan kangbro….asli IWB baru melek setelah banyak melakukan interaksi dengan banyak biker. Selama ini kita berpikir…mesin DOHC vs SOHC 150cc adalah urusan performa belaka. Ajang adu debat para fansboy seperti ingin menunjukkan siapa yang terkencang. Tapi siapa menyangka dari fakta dilapangan hal itu tidak sepenuhnya mutlak sebab bagi mereka mesin DOHC memiliki gengsi tersendiri. Lahhhhh…anyar maneh kiii…..

Secara spek dikelas 150cc….Yamaha sudah membuktikan bahwa motor mereka beda. Single cam 4 katupnya mampu memuntahkan tenaga hingga 19,2PS dan ini tidak main-main. Praktis…new R15 saat ini bisa dibilang menjadi motor terkencang dikelas tersebut….setidaknya berdasarkan spek dan klaim pabrikan…

Sementara new GSX-R150 yang baru saja dirilis Suzuki menempati posisi kedua dengan 19,1PS. Disisi lain Honda lewat new CBR150R masih santai melenggang dikisaran 17,1ps. Artinya kalau membicarakan spesifikasi dan ledakan tenaga…DOHC vs SOHC dikelas ini tidak menjadi jaminan. Lawong new R15 terbesar. Semua tergantung teknis pengembangan dari masing-masing pabrikan. Tapi sampeyan akan terkejut saat mendapati fakta dilapangan betapa kuatnya aura DOHC. Emange nyapo ??…

iklan iwb

Dari beberapa survei kecil-kecilan…biker lebih simpel dalam menelaah spek mesin. Tidak banyak biker yang terlalu perduli dengan letupan power dibandingkan DOHC vs SOHC. Maksude ?. Jadi gini cak…mereka menganggap mesin DOHC lebih superior dibanding SOHC. Walaupun pabrikan sudah menegaskan….semua digunakan dan diracik sesuai peruntukan. Lawong sekelas Honda Jazz wae pakai mesin SOHC. Kembali kemotor….

Dari 10 biker….bisa dibilang 7 dari mereka pasti memberikan reaksi agak berbeda ketika terjadi sesi tanya jawab singkat antara SOHC vs DOHC. Fakta ini IWB dengar sendiri ketika ada beberapa kali percakapan antar biker. “Motormu sudah DOHC apa SOHC?”. Dan ketika kita menjawab SOHC, maka reaksinya kebanyakan nyeletuk..”Ooo masih SOHC ya..”. Nahhhh…”masih SOHC”. Apa yang salah dengan SOHC kalau mesin jauh lebih powerfull??….

Ini jelas PR Yamaha untuk mengkomunikasikan kelebihan produknya nanti. Karena fakta dilapangan image SOHC sendiri selalu dianggap lebih inferior dibanding DOHC. Ini terjadi dikalangan biker. Dikelas ini Honda diawal promosi memang getol mengunggulkan mesin DOHC mereka dan sepertinya cukup berhasil. Celakanya ketika kata-kata VVA diutarakan….hanya 3 yang ngerti dari 10 responden. Sedang yang menggangap DOHC lebih superior dibanding SOHC mencapai 7 dari 10. Jadi gengsinya antara?DOHC vs SOHC beda cak. Nah…opo ora sobek sampeyan…

Last…..SOHC dan DOHC sebenarnya memiliki karakter sendiri. Ketika sampeyan membutuhkan kuat di torsi, SOHC adalah pilihan tepat. Tidak heran motor penggaruk tanah kebanyakan lebih memilih SOHC. Dan Yamahapun membuktikan bahwa mesin SOHC juga bisa kencang mengalahkan mesin DOHC dikelas sport 150cc. Sementara DOHC…diluar urusan bore & stroke, karakter umumnya mampu melengking tinggi karena dobel cam membuat semuanya lebih mudah.? Tapi siapa menyangka….banyak biker yang juga merasa mesin DOHC memiliki gengsi lebih ketimbang SOHC. Entahlah…apakah sampeyan termasuk salah satu biker tersebut?. Sing jelas…Yamaha?kudu sedikit kerja keras cak.?Kalau sampeyan sendiri piye pakde. Punya opini lain soal ini ?? (iwb)

276 COMMENTS

  1. Bener sekaleee, bagi sy DOHC lebih bs dibanggakanlah drpd SOHC.
    Mau SOHC kengceng ky apa kek ttp DOHC lebih Keren & bergengsi.

    • mas bro DOHC lebih keren dan bergengsi menurut sampeyan dimananya y?
      DOHC = jumlah cam 2 valve 4
      SOHC VVA = jumlah cam 2 valve 4
      cam sama” diatas, lak yo podo wae kuwi, konfigurasi bore stroke khn gak ada hubungannya ma DOHC en SOHC (domba garut aj SOHC overbore)
      mgkn klo sama SOHC yang 1 cam 2 valve kya Verza, Megapro, matic, jupiter, vega, revo, blade, supra y DOHC lebih unggul di jumlah cam ma valve
      tapi klo selera seh ya itu selera jenengan seh, ada yg prefer DOHC ad yang prefer SOHC 4V, saling menghargai

  2. Lha nanti jika akhirnya muncul dohc plus vtec yg bisa irit dan tetap nampol di putaran atas tambah ramai meski sbnrnya sdh diterapkan sejak lama

  3. Memang kesan dohc itu power full dan putaran atas panjang..

    Yang menggelitik membaca koment kok ada dohc hello kitty…

    Heee….haaaaa….haaaa…

    Hadewwww…

  4. SOHC, atau single overhead cam, berarti hanya memiliki satu camshaft bekerja utk intake dan katup exhaust.
    DOHC, atau Double Overhead Cam, berarti memiliki dua camshaft terpisah, satu untuk katup intake dan satu untuk katup buang.

    mesin SOHC hanya memiliki 2 katup per silinder, satu intake dan satu exhaust.

    mesin DOHC memiliki 4 katup, dua intake dan dua utk knalpot. Ini berarti bahwa bs melakukan fine-tuning lebih ke mesin krn memiliki kontrol atas berapa banyak ketika udara masuk dan keluar mesin.
    SOHC mesin yang jauh lebih murah dan lebih mudah utk perawatan, tetapi mereka tidak memiliki cukup performa atau efisiensi bahan bakar yg lebih baik dr pd DOHC. Jadi DOHC adalah “lebih baik”, tapi SOHC lebih murah. jd tinggal konsumen mau pilih karakter mesin mau yg kaya apa.

    FYI: klo ada yg denger di mobil dengan “quad Cams”, berarti itu adalah V6 atau V8 (atau 10, 12, dll) dengan dua baris bank silinder, masing-masing dgn DOHC. di salah satu mobil toyota SOHC pun ada yg pake 4 sillinder dgn 16 katup.
    jd konfigurasi mesin di buat dgn tujuan tertentu ada yg lebih ke power, ke torsi, ke efisiensi bahan bakar, ke akselerasi dll, salah satu dr itu hrs ada yg di korbankan tdk ada sempurna bos, silahkan di bantah jika tdk setuju..

    • Boss mesin sohc yamaha dari gen jupiter em’ex udah sohc 4valve itu sudah hampir lebih dari sepuluh tahun yg lalu.
      Diatas si bos komen sohc cuma pny dua klep per silinder.
      Bicara fine tuning boss mesin sohc yamaha malah lebih berpotensi buat dikorek loh daripada dohc nya honda.
      Kalo gak percaya silakan tanya tuner mesin motor terpercaya jangan tanya ke fbh yah boss

    • @dehardi itu mah dasar dohc dan sohc belum ada modifikasi terbaik dari pabrikan, ibarat daging ayam baru direbus belum dibumbuin, sebetulnya SOHC 4valve yamaha yg lbh enak dikorek, makanya ketika r15 ikutan balap selalu unggul dan juara tapi ketika gak dikorek kalah oleh cbr150

    • Tpi semua berubah sejak negara api menyerang ehh…
      Yg anda sebutkan pertama di atas itu dasar antara DOHC dan SOHC
      SOHC yamaha di sini beda, 1silinder 4klep juga

    • @alex celek @doyok @bang herman bener mas dan paragraf terakhir FYI saya udh jelaskan SOHC ada yg pake 4 silinder 16 katup jd udh jelas 1 sillinder punya katup so? ? nah soal oprek mengoprek memang SOHC yamaha udh legend ketersediaan part racing dan pengalaman di mesin ini udh banyak di explore, dan bore up sillinder sohc yamaha lebih mudah walaupun pakai forged piston di banding silinder SCEM nikasil punya suzuki ?

  5. Saran ane nih harusnya yg pny warung ikut urun rembug juga nih terkait artikel ini.
    Jadi jangan cuma buat berita doang tapi komentator berkicau yg pny warung malah kabur kagak nanggepi.
    Jangan ikutan cuma nyongor bikin berita berdasarkan survei doank harusnya sampean juga aktif balas komen komentator

    • Ya sombong lah ngapain duit dah banyak nanggapi komen pengunjung bikin capek, penulis yang bikin markas sales dan penulis sendiri yang cuekk, kasarnya bikin produk ada yang cacat ya didiamkan biar konsumen yang menanggungnya sendiri, contohnya pembuatan mesin klotok-klotok pabrikan sayap gak ada kata recal kerusakan tanggung sendiri nahh seperti itulah

  6. Apakah SOHC nafas motornya lebih panjang dari pada DOHC…??? Bang Iwan Banaran…?

  7. Itulah lek, konsumen yamaha biasanya melek teknologi, bukan penganut mitos. Beli motor mempertimbangkan spek dan fitur. Sementara konsumen ***da biasanya beli karena percaya mitos seperti, dohc lebih bagus(padahal cuma utk kelas 150cc), makin panas makin kenceng, paling irit, dll..dll. Dan sesuai survey sampeyan, konsumen buta teknis seperti inilah yg terbanyak di Indonesia. Terbukti, dari 10 orang yg disurvey 3 orang smart dan 7 org O’on.

  8. biker yang ditannya ny, pake motor apa mas iwb ???

    nah ini juga peran bagi bloger2 untuk mengajarkan bahwa sohc tak selamanya di bawah dohc.. kduanya ada plus minus nya..

  9. Double dan Single Camshaft, pasti kebanyakan milih Double kesannya lebih WOW, walaupun hanya sekedar Motor 150 cc yang biasa digunakan kegiatan komuter.
    Sebenarnya DOHC berfungsi mendukung performa kitiran rpm tertinggi, agar tidak terjadi benturan antar klep pada saat rpm tinggi lebih dari 13000 rpm, dan umumnya digunakan pada motor berstroke pendek agar aman diambang piston speed 21 m/s.
    Dan pada kasus Yamaha dan Honda, keduanya bermain direntang langkah yang dekat 57,7 dan 58,7 di limiter kisaran :
    – Honda 10500 rpm, dan
    – Yamaha 11500 rpm atau 12500? R15 vva?
    bermain distroke yang identik dan limiter yang tidak beda jauh. terkecuali si pemilik ingin mengoprek tunggangannya men-setting limiter pada 13000 rpm mana yang lebih unggul? Melebihi piston speed 21m/s?
    Kalau saya pilih yang pasti-pasti aja GSXR 150 wkwkwk.
    Sama-sama Motor fairing komuter Overstroke nafas limiter pendek kok ribut SOHC-DOHC. Yo diguyu kucing tho?

  10. Ya karena pada dasarnya biker goblok modal mitos itu jumlahnya lebih banyak daripada yang melek teknologi. Hwehwehwe.

    Kalo mau ngomong gengsi, mending beli mobil. Masih naek motor apalagi kelas 150cc ya itungannya masih kere. Hwehwehwe.

    • Hehehe…. betul2. Mikirin gengsi….. ya g usah pake motr, bner tuuuh. Beli mbil……, mtr mo 125, 150, 250 sampai 1000 cc. Ttep ajh namanya jg motor…. hjan khjanan, panas y kpanasn. Msih we pada ribuuuuuutin yg g pntiiing.

    • Karna market sharenya kecil truss dinilai kere…..? Wkwkwkwk mbok jangan bodo2 to? Korelasinya dimana?….honda ms besar karna penjualan di varian murah tipe mbit….trus lgs bisa disimpulkan kaya……?????……jian…biar pekok yang penting sombong….

  11. Gek do ngomong opooooooooooo kuwi, ra ono gunane blassssss. Otot we podo digedekne, otake do kopoooong. Wong motor tinggal tuku truus nganggo wae do ribut. Gawe yo ora…. desain yo ora, aneh2 komenne. Jaaaaaaannn….. haaadddeeccchhh!!!!!!
    Jamane macet….. gek arep kenceng sepirooooooo, kalem sing pnting aman….

  12. DOHC (dobel cam) dirancang supaya klep bisa ngejabanin kitiran RPM tinggi. Karena SOHC jelas ga bekerja maksimal kalo ditabokin pake kitiran tinggi, 15ribu RPM (misalkan)..

    Tapi.. Ketika bicara motor dengan stroke panjang (R15 & allnew CBR), yang kitirannya maks. nya gak tinggi2 amat karena alasan piston speed…. DOHC dan SOHC seharusnya gak terlalu ngaruh, lha wong camshaft & klep pasti masih anteng di kitiran motor stroke panjang itu..

    • Kitiran mesin bukan pengaruh dari piston speed ya? Nah piston speed bukannya pengaruh overstroke atau overbore?? Kalau dohc overstroke apa bisa di kitiran tinggi? Piston speednya berapa tuh? Apa iya sanggup di 21m/s keatas??

      Kok pada bahas jumlah cam?? Apa kalau cam nya jadi 4 bisa lebih tinggi lagi???? Bingung ane pada ributin dohc sama sohc.. kenapa ga ributin overbore atau overstroke nya??

    • udah jelas2 dibilang dohc memang didesain untuk putaran tinggi karena pengaturan sudut klep bisa lebih leluasa. misalnya menggunakan sohc untuk putaran mesin di atas 13000 rpm, kemungkinan besar harus merubah sudut klepnya agar tidak terjadi tabrakan antar klep ketika sedang OVERLAP, sedangkan dohc umumnya sudutnya sudah cukup bagus untuk putaran yg lebih tinggi.

      piston speed beda lagi dari desain intake dan exhaust. jadi walaupun stroke pendek (piston speednya rendah di rpm tinggi) tapi masih pakai sohc tetap saja harus mendesain ulang sudut klep agar tidak terjadi tabrakan antar klep pada rpm yg sangat tinggi

      kalau masih gak paham juga, masa bodo dah.

  13. Wis ra sah do ribut masalah dohc utowo sohc, ra pnting blassss. Oleh duit yoooo oraaaa……. do ribuuuuuuttttt we masalh koyo ngunu kwi.

  14. r15 2017 nambah 5 cc buat dapetin power 19 hp
    andai saja si juki gsx 150 nambah lgi 5 cc juga apa gak jadi tambah njengat tuh powernya

    • Yg lebih aneh cbr sama2 dohc dg gsx cc lebih besar kok power malah lebih cemen itu gimana ceritanya??????

    • Mungkin karena YIMM tau kalo performa motor 150cc sebenernya memang “segitu-gitu aja”. Makanya lebih prefer bikin 150cc overstroke dengan torsi yg bagus, sehingga gak malu2in kalo gear 1 & 2 tanding sama motor matic. Berhubung overstroke, SOHC 4 katup nya terbukti sudah lebih dari cukup.

      Kalopun YIMM sudi mendekin stroke untuk kelas 150cc versi masspro nya, signifikan kah perbedaan topspeed nya antara 150cc overbore vs 150cc overstroke? Itu yg jadi pertanyaan.

      (Bukankah yg selama ini dibanggakan mesin overbore adalah topspeed yg dapat disetting jauh lbh tinggi & napas yg jauh lbh panjang?)

      Namun sepertinya untuk motor dgn volume 150cc saja, perbedaannya gak cukup signifikan. Untuk kelas 150cc, kita lebih butuh TORSI, karena topspeed pun ya faktanya “segitu-gitu aja”.

      Celakanya, AHM baru menyadari hal itu setelah terlanjur ngeluarin CB & CBR overbore nya.

      Maka muncullah all new CBR & CB 150cc overstroke nya. Tentunya tetap DOHC dong, walaupun strokenya jadi panjang.

    • Numeruninno March 8, 2017 at 10:22 pm

      Cuma r15 yang sohc. Nyatanya r25 pake dohc ?
      =========================
      Yamaha kelas 150cc kebawah pake SOHC karena sudah punya basisnya yaitu mesin minarelli 125 cc yang dipake di R 125…Bagi pabrikan lebih mudah dan murah nggedein silinder daripada riset bikin mesin baru…

  15. Mungkun jg karna dohc bisa memposisikn busi di tengah jd pembakaranya jg lbh merata. Klo sohc kan di samping..

  16. jangan bodo, honda sama suzuki kalo main di dohc 155cc ya sohc cuma ampas diantara buih buih santan

    • Justru situ yg bodo…masi saja ngomongin cc….njmx 135…enteng icikiwir ngasepin megapro 160…vixie 150 enteng ngasepin tigie 200…kemana aja lu do.. Bodo….

    • Dasar Tri bodo,,, malu gw make motor tigi diasepin sama vixi, motor jadul tigi memalukan makannya gw jual motor tigi penyakitan berat pula, Tri jadi sales ya jangan bodoh to memalukan

  17. Netral aja lah. Mending nyeruput kopi liatin keyboard warrior lagi berantem ngeributin spek mesin. Padahal pembalap jg bukan, mekanik handal jg bukan, pengamat otomotif jg bukan, tp komennya pada bego2in satu sama lain berasa udah pada pinter. :))))))

    • Pertama, Cari dulu definisi keyboard warrior itu apa.

      Kedua, kenapa gua gak mau ngeributin karena gua udah pernah punya sohc overborenya cs1, dohc overborenya cbr, sohc overstrokenya r15. Dan impresinya buat sehari2? Sama aja (beda kalo elu tukang kebut2an bodo amat deh). Makanya bingung gua liat orang2 disini pada komen pada ribut. Aneh.

  18. ? ngakak lah liat fbh yg fanatik banget sama dohc kalo motornya situ old cb150r sih okelah murni dohc tapi kalo makenya sonic atau cbsf? malu woy wkakakakakaka dohc ngejar torsi power disunat dohc operstruk jadi dohcnya itu stiker doang kali ya? pasti dijawab “honda bikin motor sesuai kebutuhan di indonesia yg jalannya relatif macet bla bla bla jadinya mereka ngejar putaran bawah ketimbang atas” loh loh loh jadi itu dohc apa sohc? kalo ngejar torsi pake aja sohc toh biaya produksi bisa di pangkas tapi kesian ntar fbh bisa malu tujuh turunan ?????

    • Nagdi Senk nduwe warung ayo Celatu !!???
      Mari nyumet malah mlayu
      Bhuahahahasyyyuuuuuuuu..

  19. Numpak motor satus seket seseh Podo ribut , jaman cilik aku ndisek numpak 2tak rongatus seket seseh biasa ae .
    Iki malah 4tak ribut sohc dohc Senk bangga ngunu kui gorong tau tumbas setir bunder , wong lagek isok tuku setit tengGok’ ae ramene koyok arek tk
    Wes ngono ae …???

  20. Congor fbh penggiring opini sesat..
    Cuma 150 cc ga gitu ngaruh sohc atau dohc kecuali dah 250 cc ke atas agar mampu melayani rpm mesin yg jauh lebih tinggi bagusny di kasih 2 cam.
    Tp dilapangan ga ngaruh juga toh vixion sohc tetep laris..

    • lebih tepatnya dohc lebih baik untuk diameter piston yg lebih besar karena klepnya juga lebih besar. dengan menggunakan dohc penggunaan klep besar lebih mudah karena ruangan yg tersedia untuk mengatur sudut klepnya

  21. bahasa komunikasinya di masa depan begini: “Oh, belom VVA / VVT ya?” itu lebih kedengeran smart

    DOHC biasa sejak tahun 2000 juga udah pake, jadi emg banyak yg uda familiar

    VVA ini yg harus dikenalkan sebagai next-gen engine

    • Ya mas sekarang jamannya katup variabel….
      Malu kalau debatnya cuma seputaran sohc dohc

  22. Santai lah… Biasanya sih itu cuma biker yg gak ngerti aja. Cuma gengsi2an, tp gak ngerti apa2.
    Sama aja kayak anak alay yg baru tau motor.

    • +1 setuja. ane ga pernah liat reader ngeributin dohc x sohc di motoblog luar ky mcn, motorcycle.com atau morebikes? knp ya?

  23. Intine konsumen indo ijik goblok goblok kang.
    Angel di ajak ngerti.
    Ngertine honda motor bosok kesenggol ambyar

    • Pinter lek keeereee yo g iso tuku montor cung,bukti nyata ms yamaha semakin zooooonnnnkkkkkkk

  24. Oalah kalo ngahaem punyanya dohc curut.doch tenaga heloo kiti atau doch abal abal… Yg real doch ya suzuki,yang super sohc ya yamaha..

  25. Waahh ternyata bnyak yg gk tau VVA itu apa.
    Sampean gk tanya lek DOHC itu apa
    SOHC itu apa, SOHC 4klep itu yg bagaimna.
    Sya yakin bnyak yg belum ngehh..

  26. Asumsi orang kan..kl yg double2 selalu superior..
    Misal double cakram..psti lbih jos di bnding single cakram..pdhal da keuntungan n kelebihan sendiri2..

  27. Kalo aku sih gak ngaruh lek.
    Paling mencolok beda cam aja.
    Aku numpak SOHC 150cc opo DOHC 150cc ning dalan yo ora ono bedone.
    Buat dalam kota aja , speed bukan prioritas. yg penting buat stop & go lancar.

  28. Yg bilang SOHC cm 2 klep per silinder, monggo bongkar mesin Vixion ato MX ato mesin Jazz sekalian. Liat, brp klep per silinder nya.
    Yg bilang SOHC khusus utk motor murah dan gak ada gengsinya, cb tanyain sama user Honda VFR1200 yg pake mesin SOHC itu hehehe…
    Daripada ngeributin SOHC ato DOHC, mending beli aja kendaraan yg pake mesin OHV macam Chevy Corvette hehehe….

  29. Fakta di lapangan cc tetep paling menentukan. Pernah nyoba scorpio vs cbr 150 ya tetep menang scorpio

  30. apa pun ceritanya mau mesin dohc atau sohc buat aq sich sama sekarang tergantung kita ngerawat mesinnya gimana?lagian klau mesin kurang perawat baik itu dohc atau sohc klau ngak di rawat ngak ada power nya jg?

  31. Kalo saya ga masalah kang….yang penting handal dan bandel…sudah terbukti…sohc 4valve yamaha jempolan….mulai dr 135nya mx s/d 150nvl joss gandos…..

  32. Kalo ane pribadi masih bingung apa untungnya sohc atau dohc.. ane lebih fokus overbore atau overstroke..

    Mau yg torsi gede ambil yg overstroke, mau power lebih ambil overbore, iu pun di luar masalah CR, jumlah klep dll.. maaf ya kalau salah..

    Oya mau tanya, kenapa sohc cenderung overstroke? Dan dohc cenderung overbore??

    Bukannya kalo cam lebih, artinya butuh effort lebih untuk menggerakkan cam? Dan dari sisi berat juga?

    Apa ga mungkin ada mesin sohc yg overbore? Jadi rpm juga bisa main di kitiran tinggi??

    • sohc cenderung overstroke karena ukuran klep didasarkan dengan ukuran bore piston. semakin besar bore semakin besar juga klepnya. nah kalau menggunakan dohc pengaturan sudut klep yg besar bisa lebih leluasa agar tidak terjadi tabrakan antar klep di rpm tinggi ketika overlap. lihat saja ukuran klep mesin 150 cc yamaha dan 150 cc suzuki in 19.5 mm vs in 24 mm. semakin besar klep semakin rawan terjadi tabrakan antar klep kalau sudutnya kurang optimal.

  33. Pake SOCH aja gila powernya, apalagi kalo nyemplung DOHC? Jangan bangunin macan tidur. (baca: Dia tidur aja udah tajem bro apalagi bangun) #otakdipakebukanpajangan

  34. Intinya to the point sohc dohc di mesin 150cc gak ngaruh, karena sohc Yamaha beda sudah radiator dan 4 klep tenaga mumpuni, gak ngaruh karena ini hanya kelas 150cc dohc sohc 4 klep sama saja, yang malu itu kenapa cbr pekgo kalah sama power gsx apalagi r15 yang sohc, ini berarti gk pengaruh dohc vs sohc 4 klep catat 4 klep radiator beda

  35. Ah nggak juga cak…..hasil analisis bang iwan beda dengan mayoritas yg terjadi di lapangan…..Soalnya sy pernah nge tes nanya ke beberapa teman sy yg punya motor new CB150 dan satria FU….ternyata mereka nggak tau kalau motor mereka mesinnya DOCH dan mereka nggak tau apa itu DOCH…tapi teman sy jgn di katain kudet atau bodoh yah..nanti bisa2 yg beli motor CB150 dan satria FU adalah orang2…….???? hehehe….pada umumnya konsumen di indonesia masih banyak yg awam tentang mesin,jadi kebanyakan dari mereka kalau beli motor tidak memandang DOCH atau SOCH…mereka beli motor biasanya karena selera dan feeling dlm berkendara….intinya harga sesuai kemampuan,bagus,enak di pakai dan sesuai selera pasti di beli,kagak bakalan nanya2 DOCH atau SOCH tuh….ribet cuy…wkwkwkwk…Coba lihat di lapangan untuk motor kelas 150 ternyata masih buanyak yg beli Vixion,MX King,Versa,Mega pro…kalau masalah selera konsumen kagak bisa di paksakan bray…walaupun dgn berbagai cara ya tetap kagak bisa bray…..

  36. CBR 150 OTR 34 jt

    No USD 37mm
    No Underyoke
    No Deltabox
    No Alumunium Banana Swing Arm
    No shifting timing light yang akan memberitahu sudah waktunya oper gigi
    No ?assist dan slipper clutch system?.
    No Hazzard
    No Bubble Windshield (ngak pelit kayak NCBR150 yg windshield seuprit)
    No VVA technology (mirip Vtec di Jazz)
    No. Ban Gambot 140 dengan Velg 4 inch belakang
    No keyless key
    Power cuma 17ps torsi 13,5 Nm (paling inferior dikelasnya)
    Muka Gepeng
    Model bodi Cungkring
    Posisi terbaik IRS 150 2016 No. 14

    Fix yang beli CBR150 setelah New R15 lahir hanya fansboy buta merek yang doyan produk AHM yang overprice

    Salam Sakit Hati
    TTD
    Kartel

Comments are closed.