iklan iwb
” GSXR modif naked…”

Iwanbanaran.com – Cakkkk….suasana jelang lebaran, IWB cukup tergelitik untuk membahas Suzuki GSX-R150. Sebuah motor dengan engine luar biasa mantap akibat overbore yang disandang. Mesin mumpuni karena teriakan limiter atas yang tinggi diatas rata-rata. Namun usianya kini memasuki tahun ke 7. Sebuah pertanyaan…..dan bukan hanya dari IWB karena sampeyan semua juga banyak menanyakan perihal ini. Yup…Nasib Suzuki GSX-R150 diPertanyakan….akankah seperti FXR-150 ??

Ditahun 2017…ditangan Seiji Itayama, PT SIS tampak sukses menggebrak pasar dengan luar biasa. Saat itu Itayama menegaskan bahwa GSX-R150 lahir dari sebuah DNA motor kencang sebagai core Suzuki. Strategi mereka juga jitu sebab saat itu Suzuki menjual diawal dengan harga promosi. Karena berhasil PT SIS secara resmi mengumumkan perpanjangan harga Promo kedua varian terbaru tersebut hingga Mei 2017. Artinya harga 27,9 juta untuk GSX-R150 serta 23,9 juta pada versi naked (S) akan terus berlanjut hingga pertengahan tahun…

Rilis resmi baru saja IWB terima dari pihak Suzuki bahwa mereka official memperpanjang harga promo new GSX 150 hingga akhir Mei 2017. Berikut press rilis resmi mereka saat itu…

iklan iwb

Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 ke pasar Tanah Air yang berakhir pada penghujung Maret 2017. Akan tetapi melihat banyaknya ketertarikan dan permintaan calon konsumen terhadap GSX-R150 dan GSX-S150, saat ini PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) berusaha memenuhi permintaan tersebut dengan mengumumkan informasi perkembangan terbaru yang sangat menggembirakan bahwa calon konsumen dapat memperoleh periode harga perkenalan tersebut lebih panjang, yaitu hingga akhir bulan Mei 2017.

Melihat besarnya antusiasme dan respon publik terhadap produk baru Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 secara Nasional yang menilai memiliki tampilan desain menarik, berperforma tinggi, dan mudah dikendarai, SIS selaku agen pemegang merek sepeda motor Suzuki di Indonesia sangat mengapresiasi banyaknya permintaan calon konsumen untuk dapat membeli motor idamannya dengan harga yang sangat menarik dan terjangkau, agar dapat segera bergabung dengan ribuan konsumen lainnya yang telah puas memiliki Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150.

Sebagai bentuk apresiasi tersebut, SIS menetapkan kebijakan harga terbaru khusus untuk dua tipe produk yang saat ini sedang digandrungi tersebut. Sebagai acuan dasar, harga perkenalan Suzuki GSX-R150 sebesar Rp 27.900.000,- (OTR DKI Jakarta) dan GSX-S150 sebesar Rp 23.900.000,- (OTR DKI Jakarta) akan tetap digunakan hingga akhir bulan Mei 2017. Begitu pula dengan daerah selain DKI Jakarta akan tetap menggunakan harga perkenalan sesuai dengan ketetapan harga yang berlaku sebelumnya di daerah masing-masing.

Dihitung semenjak awal kemunculannya pada tanggal 18 Februari 2017 lalu hingga 31 Maret 2017, Suzuki GSX-R150 telah berhasil terjual ke publik sebanyak 7.668 unit dan GSX-S150 sebanyak 4.505 unit, atau dengan kata lain penjualan GSX 150 series sukses mencapai angka penjualan fantastis yaitu 12.173 unit. Peraihan angka penjualan tersebut tergolong sukses melampaui target awal yaitu 15% dari total pasar rata-rata penjualan motor sport 150cc per bulan tahun 2016.

Yesss…itulah rilis resmi PT SIS di 2017 yang memang tampak sangat sukses dan faktanya memang demikian cak….motor ini laris manis untuk ukuran sport fairing yang notabene masih sedikit lebih inferior soal fitur. Yess…disaat Yamaha sudah menjejali R15 dengan suspensi USD serta swing arm banana….GSXR150 masih teleskopik dan lengan ayun kotak. Sedang Honda CBR150R sudah menggunakan semua lampu LED termasuk winker lamp dan nggak lama AHM juga merilis CBR150R dengan suspensi USD. Praktis kelebihan GSXR150 hanya ada pada mesin dan keyless….semua modal yang sebenarnya sudah mencukupi jika PT SIS sudi betul-betul melakukan facelift total…

Namun sayang….waktu berjalan dengan cepat sedang PT SIS justru mengalami kemunduran yang cukup signifikan. Setelah Itayama san pindah ke roda 4….strategi masa lalu yang sangat agresif kembali berbalik seperti jaman sebelum Itayama menjabat. Belum lagi selentingan yang berseliweran dimana nasib GSX-R150 semakin suram dan suram. Perhari inipun tidak tampak niat Suzuki meracik generasi baru GSX-R150 sebab strategi mereka berubah total. Bahkan ditangan pejabat baru akses Blogger dan Vlogger malah mulai kembali ditutup disaat boomingnya GSX-R150 dulu tidak lepas dari kiprah teman-teman Blogger. Mereka hanya mengundang media resmi dan menurut IWB ini kemunduran mengingat semakin luas network informasi disebar….akan semakin maksimal….tapi itulah pilihan Suzuki sekarang. Terus gimana dengan Nasib Suzuki GSX-R150 ??

IWB kembali tidak menemukan indikasi pengembangan lanjutan. Ini yang membuat IWB betul-betul kuatir dengan nasib GSX-R150. Jujur cak…IWB jadi teringat sport fairing kondang Suzuki yang hanya hadir selama 4 tahun. Diproduksi 1998 lalu stop total tahun 2002. Siapa nggak kenal FXR-150. Motor fairing yang pada masanya merupakan kuda besi menawan. Dibekali speedo full digital mulai dari RPM hingga kecepatan, swing arm desain banana yang disebut Suzuki High Rigidity Crescent Box, mesin 150cc DOHC 4 klep, 6 speed closed gear ratio, oil cooled SACS (Suzuki advanced cooling system)…membuat FXR150 mampu memuntahkan tenaga hingga 20HP. Coba bandingkan dengan motor lain jaman sekarang, FXR150 tetap sang master….

Sebagai informasi…..FXR150 mampu dengan mudah menggapai kecepatan 158km/jam. Hal ini memungkinkan karena didukung limiter yang cukup tinggi…kisaran 15,000RPM, karbu venturi terbesar dikelasnya yakni 29mm (tipe Mikuni BS29), plus bobot yang sangat ringan (118kg). IWB pernah melihat didepan mata kepala sendiri….motor 4 tak racikan Lion Suzuki Motor Malaysia tersebut mampu jabanin accelerasi king cobra. Adu kecepatan liar disekitar Tanah Abang Jakarta pusat (sekitar tahun 2003)……raungan engine 2 tak King diimbangi desis mesin 4stroke DOHC FXR150. Hasilnya?….nempel tidak menjauh. Sebuah bukti yang membuat si fairing disegani para biker penyuka kecepatan……

Namun…umur pengganti RGR150 ini tidak berlangsung lama. Statusnya yang BU menyulitkan konsumen jika terjadi kerusakan kecil. Sebagai contoh lampu sein. Percaya atau tidak….dibutuhkan setidaknya 3 bulan untuk mengganti suku cadang tersebut. Status FXR150 yang dirumorkan hanya menghabiskan stok dari Malaysia membuat semua makin runyam. Pelan namun pasti….FXR150 terpinggirkan. Segala fitur serta power yang menawan serasa hambar. Hingga akhirnya tanpa announcement resmi, pihak Suzuki menghentikan penjualan FXR150 selamanya…

Last…Suzuki adalah produk yang bagus karena cukup minim masalah serta power yang besar. Namun konsistensi Suzuki dalam mengembangkan produk lanjutan membuat brand produk ini menjadi semakin suram. Kita berharap jangan sampai nasib GSX-R150 seperti FXR150. Launching awal meledak namun menjadi penggembira setelahnya. Hayooo nyalakan nyalimu…semangattttt Suzuki !!! (iwb)

12 COMMENTS

  1. Mantab mesin durability design cimaik and the built quality Suzuki which is no doubtly very dope beut

  2. GSX R 150 memang mungil. Kecuali biru muda kelir nya masih mending lah.
    Kal6hitam jadi buluk yaa. Masih ketolong buntutnya cuma.
    Tuh gsxs biru USD gold cakep ngebingitz beut gak da obat atuh euiy Cakkk Beibbich

  3. Orang dalam Suzuki sendiri aja heran dengan strategi manajemen mereka sendiri kok cak.. Padahal tinggal facelift desain bodynya dibuat selera konsumen Indonesia aja dah perfect.. Tapi mo gimana lagi lha orang SMC lebih percaya desain dari Maruti..

  4. Mesin sudah no.1
    Design firing dan kaki2 saja,..jangan ikutin selera UNCLE MUTU PRINDAVAN…!!!!

    NORAK, DAN GA NGOTAK..!

  5. Kalau menurutQ kenapa tidak mulai dari update desain fxr150 yang sudah mantep tinggal revisi side firing sama split jok.
    Dan menurutQ suzuki baik R4 dan R2 terlalu berkiblat pada uncle prindapan, kayaknya susah sekali berkaca kepada pabrikan sebelah yang mempunyai desain sendiri dipasar Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here