Iwanbanaran.com – Pakde….dewasa ini komen diBlog ataupun FB fanspage jian super nggilani pedes tenan. Komen tidak lagi frontal namun terkesan menyudutkan. Awalnya IWB berpikir…..semua adalah komen tulen. Namun setelah ditelusuri secara seksama barulah IWB manggut-manggut. Jebule cak….walau tidak 100 %, 80% persen rata-rata emang berasal dari golongan rival. Welehhhh…..

Contohnya ki cak…saat sampeyan membahas brand A, maka komen minor akan datang dari lapisan B. Wisss….semua disebut. Yang sparepart susah, mahal, jaringan minim, produk tidak konsisten dsb. Lalu ketika IWB bahas brand B…..komen pedaspun datang dengan masif dari golongan C…..

Mesin klotok-klotoklah, hanya follower kek….hanya jual merk kek, menang jaringanlah….dll. Sementara ketika mambahas brand C…maka komentar nylekit pun keluar dari golongan B. Yang mengatakan spesialis SOHC lah, jual tampang doang lah, mesin haus olilah dan masih banyak lagi lainnya…

Mungkin kalau ngintip lewat warung sampeyan tidak akan menemukan keanehan komen secara identitas tidak bisa ditelusuri. AKan tetapi saat sampeyan sudi meluangkan waktu mengintip ID mereka di FB…barulah terekspos jelas dimana rata-rata mereka nunggang motor rival. Untuk golongan ini IWB sebut sebagai fansboy akut….wissss, ngesakne tenan soale wis tercekokin brand hingga mabuk kepayang…..

Lalu komentator kedua ternyata mereka memiliki mata pencaharian sebagai karyawan yang bernaung dibawah brand itu sendiri. Baik itu dari leasing, vendor, dan apapun yang menggantungkan eksistensi perusahannya pada brand bersangkutan. Oalah…..jadi ngono to. Artinya apa pakde ??….

IWB sendiri jadi sulit untuk menentukan mana komentar biker murni atau komentar yang bermuatan bisnis. Lawong campur baur cak. Yang aneh lagi Komentar kadang berdasarkan “katanya” alias tidak mengalami sendiri. uniknya hanya karena itu doi seperti teracuni dan ikut-ikutan menyebarkan berita yang belum tentu benar. Makin mawut wis….

Last…..dewasa ini sulit mencari komen sing murni tidak terkena “polusi”. Nggak di FB ataupun warung sami mawon alias selalu terdistorsi kepentingan. Oleh karena itu mzbro…ada baiknya sampeyan tidak menggunakan komentar sebagai patokan. Ngeri pakde sekarang. Terutama di FB….amit-amit jabang bajul tenan masifnya. Mau bahas motor ataupun politik….byuhhh ngelus bathuk asli. Cerdaslah memfilter tiap gelintir info dan komen supaya kita tidak ikut teracuni pembangunan opini ataupun ajang fitnah mengerikan. Be smart as reader cak. Pokoke jo melu gemblung wis :mrgreen: …..(iwb)

225 COMMENTS

    • Mbah Dharmo mana Mbah Dharmo?

      Otaknya udah teracuni garpu karatan, jadi komen2nya udah GA waras lagi

      Salles kalo posisinya udah tergencet jadi seperti itu kali ya?

      • Aku ora lho kang
        Rego lombok munggah masakan dadi ora pedas kang , nek ganti merica ora pas
        Tp ojo ganti micin kang ngko akeh wong pekok dadine ora pedas kang nek micin kudune lombok kang pedas

        • Saya nggk ikut ikutan lho kang
          Kl rada gemblung mngkin , tp pekok jangan kang
          Mnurut saya sih brkurang kang yg pedas soalnya harga lombok cabe naik jd pada pakai merica / micin kang
          Jgn sampai pekok kang , kl gemblung rada rada mngkin kang hehehe

          • Kelakuan fby itu kang,fbh nggak pernah bc dan penggiringan opini.semua fbh sadar motor terbaik ya honda???

          • Biasa leeek,

            Didikannya blogger ningrat

            Pokoke klo buka garpu karat harus jelek.

            Akhir jaman, yg netral dibilang ga netral klo ga nguntungin garpu karat.

            Yg ga netral dibilsng netral karena nguntungin garpu karat

            Wiiiissss jyaaannnn

            Mirip Dharmo kan?

            Jgn2 blogger ningrat = Dharmo?

        • Pasti bukan saiya.
          Saiya kan pendiam cenderung pemalu,baik hati,rajin baca blog .jarang komen pake cabe karna saiya gk suka pedas.
          Suwer …., saiya rela potong kuku andai bohong. ??

          • @Naga Bangor

            Mbah Darmo = Alfie Adithya

            Blogger Ningrat = Rudi Tri*tmono

            ente komentator baru???

            Terus gimana itu dengan banyaknya blogger2 didikan AH* yang haters ke Yam*ha??? Knapa cuma si Tri yang ente sudutkan seolah haters Ho*da???

            Ini juga Kang I*B kayak baru tahu aja. pdhal sdh lama ente paham dgn ulah komentator spt itu.!

      • ekekek…

        pasti bahas kubu tim sewottt nih ..
        yg komentar rusuh dikarungin saja kang …

        ???

    • ak biker murni bkn sales …pembenci merk hondaa, alergi bgt laahh..bisa muntah klo d pksa naek honda…

      • Saya biker murninkang bukan sales…tidak membenci motor Y, S. H…dirumah ada Y dan H..semua punya sisi kelebihan dan kelemahan…saya muntah kalo lagi koment yang isinya bilangin si A pekok..goblog dan sumpah serapah lainnya..sikian

      • semoga terkabul doanya…tiap naek mtor atau mobil honda bakal muntah2,,sampe usus usus nya dimuntahin sekalian

      • Biker murni? Biker ko benci sama merk motor? Mau gue ketawain lo?

        Biker murni itu netral dengan semua merk.

    • Aq piye, Kang?
      Jgn trtipu dg Meong, Kebo, Namex & Rombeng25 loh… Fbh aq iki ?
      ZX250 Inline 4… Mana Tinja ZX-RR… Ndang mbrojol!
      Pancen Fbh ora jls aq iki… Tp g sekentir Darmo sih ?

    • Ente kan Marquezz..alias SOHC 5 Speed?alias Soichiroo?. Fix ente gonta ganti nickname krn ente Sales Beha Ayan?.gak punya jatidiri…

  1. hahahaha

    Biasa kangg kaum FBYahomoo sng seneng BC
    Ra mutu blasss kangg
    tambahan kang mesin rhompal,,ngebull, velg gheal gheol AKA goyang dombrett

    ekekekeke

    • masalah perilaku, susah kalau mau rubah orang, rubah diri masing2 saja susah, biarlah kita para komentator gokil begini adanya, toh traffict masih lancar, ada waktunya jg kita bosan ekekekekekke

  2. Trus saikiaampean wani po ora nutup kolom coment lek..?? Wes jelas to kolom coment isine mung sampah… Rasah selawase 1minggu cukup lah nggo percobaan… Tanpa kolom komentar pun aku pribadi bakal moconi atrikel e aampean, bakal trus mbukak blog e sampean…

    • Yo rapopo,,

      Tapi ibarat ngopi iku

      Biasa nyeruput kopi takaran 2 sendok, malah dikasih 1 sendok

      Artikel lek IWB buat nambah informasi dan refrensi, lhah komentarnya buat hiburan.

      Makanya, sekali2 ikut cakar2an gih, ntar ketagihan

      Ekekekek

  3. Btul tu lek iwan, britane sampean pncen juoszz . mkanya bnyak fansny
    Kulo slalu mengukuti britane panjenengan lek,
    Skrang msih nungguin britane vixion kpan om iwan
    Matorsuwon lek
    slam wong ndeso
    Smoga tmbah sukses

  4. hahahaha

    Para congoorr lele sng kozel” kui cakkk AKA Mbah Dharmo CS.
    disinyalir mereka mingkem berjamaah,nggolek wangsit karo meratapi nasib karo ngitung lembaran brosur mongstorr yamahooo ng zambann

    ekekekekeke zlub

  5. komen harus nya membagun, bukan malah menjatuhkan, fanatik boleh saja asal sadar kalo selamanya yang di fanatik kan itu ga selamanya sempurna dan dengan ikhlas menerima jika produk lawan lebih baik. sedih dengan bangsa indonesia sekarang pecah karna produk jepang..

  6. hahahahah

    FBY mung jas jes jos jas jes joss tokk kang horaa tukuu mongstor sesembahan
    trus piye para BC lovers garpukaratan? mosok yo arep terus” an mangan nasi aking ?

    ekekekeke

  7. Wis pokok’e montor jaman saiki buosok kabeh

    ekekek
    Sing siji ngebul
    Sg siji meneh klotok2
    Sijine rompal
    Prothol
    Rante kemrosak
    Plastik kiwir2
    Haus oli
    Komstir oblak
    Cvt kandang curut
    Ngorok
    Gepeng
    Muke lele
    Cat buluk

  8. kata ne uwong” mbah dharmo motor nya revo dan bukan crypton?
    lha tapi kok BC sayap terus?
    piye to mbahh,,tobat mbah
    hehehe damai mbah guyonn

  9. Iya lek sy juga jijik baca komentarnya fengboi, coba mreka diajak ngobrol sambil ngopi pasti ngobrolnya ndak akan se-provokatif di dunia maya.

    Secara tdk lgsg kita diadu domba oleh pabrikan motor.

    Sadarlah, kita saudara tanah air sebangsa. Ga usah saling sikut lah!

  10. Klo FBY mbah darmo
    Klo FBH brud
    Klo komen gk bisa di hitung
    Tpi ya kadang2 bikin ketawa terutama mbah darmo ???

    • Ketawa baca komen darmo?dulu iya,skrg liat aja udh khabisan bahan lawakan dia.jd ngebosenin..itu2 aja BC nya.diulang2 sehari 100x

  11. Wis,, jarke ae kang. Iku sing garai blog’e sampean rame

    Intine kalau FB biasane cuma guyonan tok kang. Tapi kalo sales yo bedo cerito kang

    Ekekek

Comments are closed.