iklan iwb
"Honda CBR150R Thailand....tanpa plat nomer depan"
“Honda CBR150R Thailand….tanpa plat nomer depan”

Iwanbanaran.com – Wis suweee cak…sudah lama sebenarnya IWB mendapatkan banyak pertanyaan dari para pembaca warung. Pertanyaan yang menyoroti status plat nomer depan diluar negeri yang tidak dipasang seperti halnya ditanah air. Merekapun bingung….kenapa plat nomer disana hanya ada dibelakang??. Apakah hanya karena regulasi semata tanpa ada alasan tertentu??….

Sebenarnya bukannya tanpa alasan mzbro. Diluar negeri seperti Eropa khususnya….plat nomer depan pada kendaraan roda dua hanya dipasang pada bagian belakang. Mungkin sampeyan penasaran….kenapa hanya depan?. Apakah hanya kebetulan atau memang ada alasan khusus?. Mencari beberapa referensi dan akhirnya sampai pada satu kesimpulan……plat nomer depan dianggap berpotensi membahayakan…..

Yup….dengan posisi didepan, plat dianggap membahayakan rider dibelakangnya. Walau mungkin kasus ini jarang terjadi namun baut lepas tetap menjadi konsen pihak federal atau pihak polantas. Mungkin tidak melukai akan tetapi jika itu terjadi, fokus pengendara pecah dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Saking konsennya terhadap safety…sudah cukup lama plat depan tidak diberlakukan pada motor dan hanya bagian belakang….

iklan iwb
"Yamaha T-Max Singapura...."
“Yamaha T-Max Singapura….”

Regulasi ini juga diikuti beberapa negara Asean termasuk Thailand contohnya. Sedang diSingapura serta Malaysia, karena mereka merasa nomer depan perlu…..mereka tetap mewajibkan namun tidak menggunakan plat atau material solid lain. Melainkan hanya stiker yang ditempel dibagian body depan serta fender. Dari sini kita baru sadar betapa berharganya nyawa bagi mereka hingga urusan plat nomer sampai diperhatikan sedemikian rupa. Sedang Indonesia kapan??….

Entahlah…..sulit memang mzbro. Kita tidak bisa banyak berharap sebab jangankan urusan plat nomer depan…..jalanan rusak berlubangpun kadang berbulan-bulan baru diperbaiki. Kendati banyak korban biker meregang nyawa…seakan mereka berusaha menutup telinga sibuk dengan urusannya sendiri. Padahal jika dinegara maju saja mengaplikasikannya…kenapa kita tidak mencontoh mereka??. Mung iso garuk-garuk brengos lan jidat cak……(iwb)

128 COMMENTS

  1. Kalo orang indonesia safety no sekian, yang penting ganteng. Gaya berkendara masyarakat indonesia lebih mematikan daripada plat di depan.

  2. Coba buat petisi aja kang terkait peraturan ini, udah obsolete banget, roda dua kok pake plat nomor di depan?. Sertakan alasan yang cukup logis dan contoh faktual aturan yg diterapkan negara lain seperti apa terkait pemasangan plat nomor di kendaraan roda dua. Aturan lawas/sudah tidak relevan/berpotensi membahayakan semestinya bisa dirubah agar lebih baik

  3. selama potensinya mengurangi pendapatan pasti tidak akan di follow up.. klo yg berpotensi menghasilkan pendapatan pasti langsung dilaksanakan (menunggu yg melakukan kesalahan) seperti hal nya lampu utama ON disiang hari, pabrikanpun berlomba” membuat produk nya jd AHO khusus motor, padahal knpa yg AHO harus lampu utama, knpa ga di aplikasikan DRL aja yg jelas” karakter nya sesuai jika nyala di siang hari. klo lampu utama yg ON kurang efisien (karakter lampu utama low beam itu ga silau, kecuali Hi beam)…

  4. Yups lebih bagus kedepannya ada kebijakan :
    Plat Nomor Depan untuk kendaraan roda dua diganti dengan Stiker Nomor Resmi (berhologram misalnya) dr samsat dan telah terstandarisasi ukurannya
    Plat Nomor Belakang untuk kendaraan roda dua boleh tetap seperti sekarang namun dengan kualitas logam dan cat yg lebih baik seta ukurannya diatur agar jgn terlalu lebar

  5. Loh kalo di indonesia justru terbalik cak. Justru sering kita lihat malah plat nomor belakang yg sering gak dipasang sm ridernya. Entah apa alasannya, mungkin motornya nunggak angsuran x jd untuk menyamarkan dari colector yg mw sita motor plat nomornya copotin satu.

  6. Di indonesia malah plat nomor belakang yg sering dicopot sm ridernya. Entah apa alasannya, mungkin untuk menyamarkan dari para mata elang x

  7. Pantasan ahaem gak dianggap disono. Soal bikin rangka aja bisa patah..

    Cukup tipu tipu disini ajah..

    Kasihaaan.

  8. Plat nomor pembelian Juni 2013 ane kok belum nongol ya?,
    3tahun plat resmi blm jadi!

    Ada yang bisa beri info dari sales/dealer Yamaha Jogja/ katamso?,
    Bolak-balik tanya administrasi kok jawabannya mesti belum jadi!
    Pembelian cash apa pelayanan dianak-tirikan dealer?

  9. ga usah ikutan negara lain yang mungkin kelakuan rider nya beda dengan indonesia…

    di indo malah pada gapake plat no belakang.. biasanya ugal-ugalan dijalan… anak alay spesialis cabe-cabean..wkwkwk

    di indonesia wajib pake plat nomer dengan alasan ketertiban dan keamanan dan kedisiplinan dijalan raya..

  10. Justru itu buat ladang polisi indo…..kalo dihilangkan bisa kalang kabut…..mau nyamber duit panas dari mana lagi….tulllll gak sodara sodara sebangsa dan setanah air….kaya gak tau polisi indo aja….

  11. Kalo Plat depan di tiadakan dan Material plat di bebaskan pembuatannya, Nanti polantas ga ada lagi alesan buat TILANG-TILANG tentang PLAT NOMOR, kasian tau sampingan nya ilang, nanti jadi kurus kering klo ga dapet sampingan.

  12. Lah di indo udah banyak kali yang g pake plat nomor
    baik depan baik belakang

    udah ga aneh kali gan
    lebih banyak lagi yang belakang ga ada plat nya

    katanya sih takut debt collector dijabel motornya

  13. Gausah ada nopol aja harusnya, baik depan maupun belakang. Gausah ditempel stiker juga. Buat apaan emg gunanya? Manusia2 jaman dulu aja naik Kuda, Onta, Gajah,dll tanpa plat nomor dan itu hewannya gabakal ketuker kalo lagi dikumpulin dgn sesama jenisnya.
    #katakantidakuntukpemasanganplatnomor

  14. hrsnya, bs tiru lebar plat nopol di thailand, cendrung kotak g terlalu ganggu boncenger, ukuran plat nopol kita makin lebar slnya.

  15. plat nomer depan memang ga ada gunanya
    paling cuma buat masuk parkiran/pengecekan ama tukang parkir yang pake gerbang
    sama buat polisi nakal
    selebih ya aga ada gunanya, bener kan?
    kalo tabrak lari ya yang diliat belakangnya dong,
    kecuali larinya mundur, wkwkkwkw

  16. Plat nomer depan buat ngebantu pak Polisi Cirebon mencari mangsa Plat dari luar kota untuk segera di kasih Souvenir khas Cirebon lembaran kertas tilang…

  17. Masalah bertambah lagi dengan ukuran plat nomer indonesia Luebar pol aka buoros material njebeber banget macem muke motor motor RRRRRijekan India SOHC Operstruk…. muke apa jemuran dendeng…??

  18. Oh gitu alasannya. IMHO kalo gak pake plat depan motor keliatan lebih keren karena gak ketutupan plat, tapi ya kalo mau diterapkan harus ada sosialisasi secara menyeluruh.

  19. Lawong kualitas plat no wae sangat buruk kang,mleot sana sini,kadang no plat pun asal ngecat,sya slalu buat sndiri d bgkel” smpig jalan,la wong beli motor platnya keluar 6 bulan kemudian.po yo ora mumet sirahe

  20. Jangankan plat nomer depan, lampu sein, spion sama lampu depan aja byk yg ga pake disini,, eh ga dipake alias mubadzir

  21. Setuju kang. Plat nomer depan gk perlu. Selain membahayakan, jg merusak estetika desain. Lebih baik diganti pake stiker khusus berhologram

  22. ga usah aneh, kita tuh negara terbelakang, termasuk komen yg kampungan. dan herannya yg dibela tuh merk penjajah. Pdhl yg didapet ga ada sm skli.

  23. Pada dasarnya dalam hal apapun Indonesia lelet dibandingkan negara lain, entah apa yang dikerjakan orang-orang yang mengurus negeri ini ??? Menurutku plat nomor di bagian depan motor akan mengganggu fungsi aerodinamika motor jenis tertentu / sport.

  24. Kalo mau ikutan safety dan supaya motor keren
    Gak pakai plat depan tanpa nunggu regulasi
    Caranya gampang, kita hrs mencopot plat depan
    Kemudian jika pergi hrs lewat jln perumahan/
    Jln yg tdk jalur provinsi(jln raya) utk menghindari jika ada razia polisi supaya kita tetap aman sambil
    Menunggu regulasi penghapusan plat nomor depan yg tidak ada gunanya. Karena setdknya sdh tau
    Itu berbahaya bagi ridernya, penumpang, pengguna lain, pddestrian/ semua orang ya berarti hrs si tinggali alias di hindari. Meskipun lewat jalur
    Provinsi lebih enak tp nanti bisa jd tau2 ada
    Razia polisi kan bisa diincer pastinya, kalo mau
    Aman ya lewat jalur pedalaman walau jauh
    Tapi aman dan tdk kena razia polisi. Ya mau
    Gimana lagi memang itu solusinya. Sy sgt mendukung jika plat depan itu tdk berguna dan
    Kita hrs mengikuti mayoritas negara didunia
    Yg tdk pakai plat depan. Kita hrs bisa memaksakan
    Bahwa plat depan harus dilepas dan ditiadakan.
    Memang hrs dgn pemaksaan dan perlawanan,
    Ya intinya dipaksa dan melawan supaya kita
    Bisa sama seperti mayoritas dunia terhdp
    Plat depan yg sdh tdk digunakan lagi pd motor.
    Memang begitu, aturan harus dipaksa diubah
    Mengikuti mayoritas krna jika tdk ya gmna lagi.

Comments are closed.