Plat nomer depan sudah tidak digunakan diluar negeri. Indonesia kapan??...

127
"Honda CBR150R Thailand....tanpa plat nomer depan"
“Honda CBR150R Thailand….tanpa plat nomer depan”

Iwanbanaran.com – Wis suweee cak…sudah lama sebenarnya IWB mendapatkan banyak pertanyaan dari para pembaca warung. Pertanyaan yang menyoroti status plat nomer depan diluar negeri yang tidak dipasang seperti halnya ditanah air. Merekapun bingung….kenapa plat nomer disana hanya ada dibelakang??. Apakah hanya karena regulasi semata tanpa ada alasan tertentu??….

Sebenarnya bukannya tanpa alasan mzbro. Diluar negeri seperti Eropa khususnya….plat nomer depan pada kendaraan roda dua hanya dipasang pada bagian belakang. Mungkin sampeyan penasaran….kenapa hanya depan?. Apakah hanya kebetulan atau memang ada alasan khusus?. Mencari beberapa referensi dan akhirnya sampai pada satu kesimpulan……plat nomer depan dianggap berpotensi membahayakan…..

Yup….dengan posisi didepan, plat dianggap membahayakan rider dibelakangnya. Walau mungkin kasus ini jarang terjadi namun baut lepas tetap menjadi konsen pihak federal atau pihak polantas. Mungkin tidak melukai akan tetapi jika itu terjadi, fokus pengendara pecah dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Saking konsennya terhadap safety…sudah cukup lama plat depan tidak diberlakukan pada motor dan hanya bagian belakang….

"Yamaha T-Max Singapura...."
“Yamaha T-Max Singapura….”

Regulasi ini juga diikuti beberapa negara Asean termasuk Thailand contohnya. Sedang diSingapura serta Malaysia, karena mereka merasa nomer depan perlu…..mereka tetap mewajibkan namun tidak menggunakan plat atau material solid lain. Melainkan hanya stiker yang ditempel dibagian body depan serta fender. Dari sini kita baru sadar betapa berharganya nyawa bagi mereka hingga urusan plat nomer sampai diperhatikan sedemikian rupa. Sedang Indonesia kapan??….

Entahlah…..sulit memang mzbro. Kita tidak bisa banyak berharap sebab jangankan urusan plat nomer depan…..jalanan rusak berlubangpun kadang berbulan-bulan baru diperbaiki. Kendati banyak korban biker meregang nyawa…seakan mereka berusaha menutup telinga sibuk dengan urusannya sendiri. Padahal jika dinegara maju saja mengaplikasikannya…kenapa kita tidak mencontoh mereka??. Mung iso garuk-garuk brengos lan jidat cak……(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

127 COMMENTS

  1. 1
    cukin says:

    pertamax?

    • Rider Tua Bangka says:

      Di sini udah jarang yg pake plat nomer kang… apalagi kalo di daerah cijayanti muehehehehehe

    • アℜ㊣∂ąț❂ℜ☞RI1___ says:

      haiyyaaa motor kita ouwlang H2R jg kgk pake plat depan waaa

    • paman tang says:

      percuma,,ngapain ngurusin plat nopol…urus aja modifan yg bikin gak.safety,,spion dikecilin,,spakbor belakang diilangin,,spiom dilipat,,kasih hukuman dgn denda yg banyak,,misal spakbor belakang dicopot,tilang 3 juta…spion dilipat,denda 2 juta,,dijamim ampuh…uang damainya juga pasti lebih gede

    • Jokondokondo says:

      Nah.. itu tuh yang bikin ane geleng2 95% motor full fairing di Sidoarjo kebanyakan di lipat, sebagian malah benar2 di copot tuh spion + spakbor belakang di copot, sebenar nya motor nya keren berhubung si user udik motor nya malah jadi kelihatan culun.
      mungkin di pikir bak MotoGP ppfftt… MotoGP buatok mu kui…

    • Old lady biker says:

      BESOK KALO GSX250R DAH MBROJOL DINDJAMIN GAX PAKEK PLAT DPAN

    • Kimp3t ndobleh says:

      Kapan brojole mbak’e??
      Dilere wes do tutup arep didol ng ndi?

    • Uovariso says:

      Hayooo duluan gsx brojol apa suzuki r2 indonesia bangkrut?

    • Bhendjol says:

      Psst emang SIS masih jualan motor?

    • Marquezz says:

      Plat didepan jelek bgt lek untuk motor sport,untung ane pintar,plat ane taruh dibelakang windshield???

    • Zlubbbhhh says:

      Ra takon.

    • marqovet says:

      ora takon???

    • bikers says:

      Secara gga langsung lu mengakui kalao posisi plat nomor motor Honda AHM dibawah fairing itu emang bahaya.
      yg benar itu ya dijidat kayak motor moge Honda.

    • ipal ipul says:

      ekekekeeekk

      besok pake soft gak pake plat.

    • Antoni says:

      Mas kalo g salah, tatakan plat nomer depan di motor matic honda dari plastik mas, bahaya ga tuh mas?, soalnya plastik kan gampang aus, takutnya lepas bautnya. Dulu perasaan dari lempengan besi, kok sekarang2 tatakan plat nomer depan honda pada pke plastik sih.

    • gerubag says:

      liat posisi plat dpn cbr new 150 wih ngeri…

    • bikers says:

      AHM emang govlok plat nomor motor fairing ditaruh dibawah gitu, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain.
      Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.

    • marqovet says:

      selain itu juga jadi wagu pol???

    • mbahmu says:

      Gak takok su

    • bikers says:

      Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
      AHM emang 11 12 pekokny kayak FBH.

    • bikers says:

      Kang,
      coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya.
      Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
      Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
      AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

    • Ahim Kadmira says:

      Plat nomer belakang klo lepas membahayakn biker d belakang jd tolong dilepas juga..

    • gokong says:

      harusnya dicat aja klo gitu, atau yg bentuk 3d kyk nama mobil, intinya yg nempel. bgtu pasti jalan tengah antara bahaya dan fashion.

    • Simple mind says:

      Ipoelllz takon kapan negara kita gak pake plat nomer depan?

      It’s simple poelz.

      Selama fbh masih bego dalam berkomentar,selama fbh masi tipu2 dan giring opini bodoh keknya gak bisa poelz.
      Ekekeke krn saleskutang sama fbh itu guoblok

  2. 2
    Bentol says:

    Kapan kapan

    • ngosselog says:

      Negara maju udah ga
      gunakan plat nomor
      depan, trus kita kapan?
      Yaa kalau kita udah
      maju donk,
      Mari tanya diri sendiri
      dulu, udah maju belum?
      Jngan kyk piston, udah
      maju eh mundur lagi,
      jadinya maju mundur,
      mak slog oselogg
      oseloggg oseloggg

    • dukun nyambi nyales says:

      Ngomong2 masalah motor memang honda rajanya.selain irit tanguh, bertenaga, kencang,dan semakin panas semakin gahar jadi belilah motor honda
      Masalah plat nomer di bawah fairing itu ada maksudnya bung, itu adalah teknologi moto gp yg di terapkan di motor honda supaya tidak ngangat roda depan

  3. 3
    cukin says:

    “kenapa plat nomer disana hanya ada didepan??. Apakah hanya karena regulasi semata tanpa ada alasan tertentu??….” *maksutnya “dibelakang” kali ya om IWB?

  4. 4
    bukan fansboy says:

    sudah gak zaman sebenarnya Kang

  5. 5
    euan says:

    Biar polisi bisa gampang liat kalau mau nilang plat luar kota.. wkwkwkkw

  6. 6
    Susan Pohan says:

    Negoro’ne rung maju Pak.. Rung iso melu mikir semono..

  7. 7
    Dicka says:

    Sabar ae cak. Ming iso nyawang karo mbatin

  8. 8
    angga says:

    Gak mungkin kalo di tmpt kita kang, nanti klo plat nomer hnya di blkng, kasihan pak polisi kalo mau tilang, hrs jln ke blkng dlu lihat plat nomor kendaraan…. ???

  9. 9
    Wong edan says:

    Klo tax amnesty dah beres baru indonesia ga pake plat nomer depan blkng.

  10. 10
    biker pct says:

    Demi keamanan hrs depan belakang
    Jgn cm karena untuk bergaya aja plat nomor depan dihilangkan

    • sliding sugar says:

      keamanan ap? kalau ngebut plat nomer depan gag keliatan
      kalau dikejar yg keliatan plat nomer belakang bukan depan

    • bima93 says:

      Aman dari mana .? Kalo motor sport kayak Cbr150 plat taruh bawah gasruk spakbor .. Kalo taruh di windshield nutupin jalan ketika speeding .. Yo ra usah dipasang sekalian . belakang ae wes cukup

    • Cbrider says:

      Mana ada plat nomor dibawah dimotor honda yg gasruk spatbor,yg mentok spatbor itu bajaj pulsar 220 dan plat nopol yg dimodifikasi dr jidat motor pindah ke bawah..kalo bece itu yg jelas2 ajalah..dasar sales

  11. 11
    sadar says:

    Sebenernya plat depan gak perlu kan bahannya bisa buat ajang korupi atau dibagi2 buat pejabat lumayan kan 1 plat x jumlah motor yg beredar
    Plat satu atau dua bayar nya pajak juga tetep
    Wkkkkkkkkkk

  12. 12
    awas says:

    smoga segera,
    selain faktor safety, hemat material dari plat nomor jg menjadi pertimbangan, .. jadi gak perlu dobel plat, irit 50% bea pembuatan, motorpun menjadi lebih cakep..

    ditunggu saja

  13. 13
    imaginer says:

    jiah di indo yg plat belakang z masih ada yg naroh di kolong,biar keren katanya,fender belakang di gergaji biar kayak motor balap motogepeh,padahal motor didesign sedemikian rupa antara fungsional dan fashionable,spion ditekuk,lumyan nambahin speed 0,0025%,lupa kali kalo anj*ng ga pake spion,

  14. 14
    Smoke says:

    Ada plat nomer ga masalah sih, tp mbok ya yg bagusan dikit desainnya.. jangan lebar2, entar dikira winglet sama dorna.

  15. 15
    DIRMAN banjarnegara says:

    Indonesia ku merdeka…

  16. 16
    Setya6 says:

    Setuju banget kalo plat depan itu ga penting

  17. 17

    kadang indonesia kebanyakan aturan ya om, eh malah dilanggar..khusus motor sport mungkin plat nomor belakang saja, karena lebih berguna..didepan jarang diliat 😀

  18. 18
    mas abdul says:

    welcome to indonesiadimanarambu lalu lintas di anggap hiasan, peraturan di anggap halangan, demokrasi hanyalah latar belakang UUD (UJUNG UJUNGNYA DEMO) partai hanyalah kedok kelompok pengemis cari duit

  19. 19
    SUDOSO says:

    sekedar meluruskan Saja lek
    Kalau plat depan sangat berguna
    1.ketika kita Ada di parkiran Cctv langsung bisa buka panlang kalau di mall
    2.jalanan indonesia Satu jalan masih 2 lajur dan berpapasan Hal ini bisa jadi monitoring Misal kalau mudik Kendaraan rata rata ber plat B meskipun sudah berada di cirebon atau indramayu
    3.masih ada kegunaan lg misal polisi mencari kendaraan A ber pelat xccc dan polisi bisa menyetop langsung menggadang
    4.belum lagi sistem ganjil genap dan polisi bisa meminggirkan dg menyetop dari depan tak perlu mengejar
    .
    secara Kalau Plat nopol di belakang masih belum cocok di indonesia
    .
    kekurangan nya Saya rasa hampir ga ada lah

    • unyu2 says:

      Coba disimak baik2 dong artikelnya.
      tanda nomer kendaraan di depan bisa digantikan stiker, mungkin dari samsat yg aplikasikan sehingga resmi.

      Tanda nomer kendaraan bentuknya tidak mesti solid spt plat yg tajam, walaupun bisa pake cover. Tapi tidak semua motor plat nomer dpn dipasang cover plat.

    • bikers says:

      coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu udah, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya.
      Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
      Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
      AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

  20. 20
    Aanrossifumi says:

    This is indonesia,, plat nomer warnanya pudar aja jd mslah apa lg smpe ngk pasang plat dpn bisa jd kena pasal 50rb atau 100rb . . .
    Inilah Indonesia

  21. 21
    sOerya says:

    tidak menghasilkan uang, gak bisa diaplikasikan di sini! hhhh
    di taiwan plat nomer cuma 1 buat seumur motor, sim juga buat cuma sekali untuk seumur hidup!
    di sini 5th sekali bayar lagi…. hhhhh

  22. 22
    bang herman says:

    di saat di sana sudah tidak menggunakan plat kArena berpotensi menimbulkan bahaya
    parahnya di Indonesia
    malah makin lebar platnya
    heran saya

    • bikers says:

      Coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu sangat bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya.
      Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
      Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
      AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

  23. 23
    orang gila says:

    mi burung puyuh enaknya nyambung teruuuusss

  24. 24
    SUDOSO says:

    yang bilang plat nopol depan itu ga ada gunanya ya gak usah di pasang Biar di tilang mayan kan Kondangan ke polisi
    Tutup pentil aja di permasalahkan
    karna alasan Kalau dop nya sampe njepat terus ban nya langsung kempes kan bahaya
    Di atur ko ga mau

  25. 25
    kamenrider says:

    desain motor sudah bagus harus dicederai oleh plat nomor yang njebeber ambane ora lumrah bhannya kaku dari seng (buang2 anggaran) aturan rempong.

  26. 26
    upil.badak says:

    nopol depan diilangin?? wereng coklat bisa menjadi jadi….miring dikit aja 50 rebu..

  27. 27
    siEG says:

    Indonesia nanti kang kalo statusnya uda jadi negara maju skrg kan statusnya masih negara berkembang hehehe piss!

  28. 28
    [email protected] mohmok says:

    ekekekeekk

    lebih bagus plat depan diganti softek.

  29. 29
    Eng says:

    Pertanyaan yang menyoroti status plat nomer depan diluar negeri yang tidak dipasang seperti halnya ditanah air. Merekapun bingung….kenapa plat nomer disana hanya ada didepan??

    membingungkan mas hehe

  30. 30
    muzaku says:

    Podo cak, mung iso bathin… kapan ?!!

  31. 31
    laguzer says:

    Wah, bagus banget ya di luar negeri sana.. hmm, kapan hal ini diterapkan di negara kita tercinta nya ?

  32. 32
    aNDI says:

    [JUST MY OPINION AS BIKER ENSURING THAT SAFETY FIRST]

    Gua speechles kalo liat aturan di Indonesia.
    Mulai dari masalah PAJAK/TAX. liat deh statusnya om Leopold Sudaryonodi Aussy harga moge masih masuk akal, itu karna pajak di sono gk se tragis di indo, jalanan pun gak se ajurr di Indonesia. Sementara di Indo pajak buat moge aja kena PPNBM125% plus PPN 10% plus PPH22 5% plusBPKB 10% plusPKB 1.5% belum lagi gk sebanding ama jalanan yg AJURR parahh. nunggu ada korban KLL atau demo baru dibenerin tuh jalan bolong.. ajur tuhhh safetynya ,,, entah uangnya itu lari kemana??? sekarang aja jokowi disamping ngambil pajak buat pemasukan anggaran negara, isunya lagi ngambil Zakat” dari orang islam… mending buat anggaran negara,, kenyataannnya ????

    ehhhh, skrg bahas plat nopol depan,, knapa di indo gak dicopot aja niru diluar negri?? Kalao jawabannya buat pengenal/identitas motor kenapa kok gak pake sticker aja juga bisa kayak di malaysia….
    jawaban simple, apakah kalo plat nopol depan dicopot negara bisa untung? enggak. ya itu jawabnnya. karna gak ada untungnya, sementara kalo diwajibkan nopol depan, itu bisa dibuat alasan pejabat buat nyari anggaran dari diwajibkan nopol depan!!
    intinya sih “UANG” “UANG”

  33. 33
    ard says:

    Di taiwan..regulasi plat nomer berdasarkan cc..rada mirip pajak indonesia..0-250(warna plat nomer putih,tanpa plat nomer depan),251-600(warna plat nomer kuning,tanpa plat nomer depan),601<(warna plat nomer merah,depan pake stiker nomer warna merah)..

  34. 34
    Kangbaso says:

    Plat no depan dihilangkan? Yaelah… Yang kagak ada plat no nya juga banyak wara wiri di daerah .. ???

  35. 35
    Agung says:

    Keluar parkir susah klo gk ada plat depan ?

  36. 36
    Si Om says:

    di malaysia juga, diganti sama stiker doang bagian depannya…

  37. 37
    lemontea says:

    plat ngarep….ben polisine gampang nyekel plat luar kota ning lampu bang jo…
    plat mburi… ben polisine gampang nyekele pas rep mlayu rep ditilang… mosok motor ning indonesia akeh honda beat… kan angel nitenane.. paling niteni gampang yo plat nomor…

  38. 38
    Obay says:

    Repot bin ribet om….
    Soalnya sudah kena embel embel BIROKRASI

  39. 39
    prabu says:

    Wong Indonesia ki,angel nek dijak berubah mas Iwan.
    Paling jawabane : Indonesia bedo karo Thailan.

  40. 40
    motor cool says:

    plat nomer habis diganti nang samsat wes setahun belum jadi jadi lek lek …

  41. 41
    mukidi says:

    Sebenarnya bagus mas,, harusnya wajib di belakang aja,, biar polis ga asal tilang kalo liat plat daerah laen lewat,, yg malah jd ajang cari” kesalahan pengendara & ujungnya duitt

  42. 42
    Bejo says:

    Iya Kang plat NOPOL di depan berpotensi bahaya apalagi di atas headlamp (naked bike) pinggir platnya tajam tu Kang.

    • bikers says:

      Kang,
      coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya..
      Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
      Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
      AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

  43. 43
    ngosselog says:

    Negara maju udah ga gunakan plat nomor depan, trus kita kapan?
    Yaa kalau kita udah maju donk,
    Mari tanya diri sendiri dulu, udah maju belum?
    Jngan kyk piston, udah maju eh mundur lagi, jadinya maju mundur, mak slog oselogg oseloggg oseloggg

  44. 44
    laguzer says:

    Gk pindah negoro ae ta cak ? Wkwkwk..

  45. 45
    Tiwul says:

    Artikel menarik nih…. Kedepannya kayaknya mesti diberlakukan di Indonesia. Selain dpt menyebabkan kecelakaan jg dapat merusak estetika motor

  46. 46
    Pengendara Malam says:

    Negara kita sudah sangat maju lek, malah jadi salah satu negara termaju dalam bidang korupsi, bravo pejabat tanah air

  47. 47
    ian says:

    Indonesia? Oh ya sudah lama ndak pakai plat nomer depan belakang … Plat almini langka soalnya. Awesome kan?
    Masa ga tahu on Iwan?

  48. 48
    bikers says:

    Kang.
    coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya.
    Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
    Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
    AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

  49. 49
    The Boss says:

    Saya setuju dgn pendapat oom sudoso… di Indonesia bukan hanya Plat depan yg hilang, belakang pun hilang pula, Safety bukan cuma di Plat namun secara keseluruhan, Indonesia banyak Alay nya… VR 46 pun tidak akan bisa bicara jk bertemu dgn Biker Alay jika bicara safety

  50. 50
    SEN says:

    Gak sulit koq, tinggal seseorang yg ngerti hukum ngajuin ke MK, punya alasan bagus & kuat, bisa dihapus tuh. Udah banyak koq kasus beginian menang terhadap Negara di MK

  51. 51
    Oreomandr94 says:

    Kalau plat cuman satu, ada yg dagangannya berkurang Kang…wis ngono ae

  52. 52
    kopi says:

    Kalo orang indonesia safety no sekian, yang penting ganteng. Gaya berkendara masyarakat indonesia lebih mematikan daripada plat di depan.

  53. 53
    mbah gambleh says:

    numpak dokar ae….plat’e ditemplekne ng bokonge jaran…

  54. 54
    Pirlo says:

    Nek plat nomor depan ilang, nyusahin tukang parkir nyatet nomor Lek..

  55. 55
    Derasta says:

    Coba buat petisi aja kang terkait peraturan ini, udah obsolete banget, roda dua kok pake plat nomor di depan?. Sertakan alasan yang cukup logis dan contoh faktual aturan yg diterapkan negara lain seperti apa terkait pemasangan plat nomor di kendaraan roda dua. Aturan lawas/sudah tidak relevan/berpotensi membahayakan semestinya bisa dirubah agar lebih baik

  56. 56
    ule says:

    selama potensinya mengurangi pendapatan pasti tidak akan di follow up.. klo yg berpotensi menghasilkan pendapatan pasti langsung dilaksanakan (menunggu yg melakukan kesalahan) seperti hal nya lampu utama ON disiang hari, pabrikanpun berlomba” membuat produk nya jd AHO khusus motor, padahal knpa yg AHO harus lampu utama, knpa ga di aplikasikan DRL aja yg jelas” karakter nya sesuai jika nyala di siang hari. klo lampu utama yg ON kurang efisien (karakter lampu utama low beam itu ga silau, kecuali Hi beam)…

  57. 57
    FBO says:

    Jangankan bahas motor tanpa plat depan, plat motor sekarang aja makin nggilani ukurannya..

  58. 58
    Race Again says:

    Loh kok cbr150r masing-masing negara bikin ya!?
    Ohhh…

  59. 59
    test says:

    Yups lebih bagus kedepannya ada kebijakan :
    Plat Nomor Depan untuk kendaraan roda dua diganti dengan Stiker Nomor Resmi (berhologram misalnya) dr samsat dan telah terstandarisasi ukurannya
    Plat Nomor Belakang untuk kendaraan roda dua boleh tetap seperti sekarang namun dengan kualitas logam dan cat yg lebih baik seta ukurannya diatur agar jgn terlalu lebar

  60. 60
    Michael Learns To Ride says:

    Loh kalo di indonesia justru terbalik cak. Justru sering kita lihat malah plat nomor belakang yg sering gak dipasang sm ridernya. Entah apa alasannya, mungkin motornya nunggak angsuran x jd untuk menyamarkan dari colector yg mw sita motor plat nomornya copotin satu.

  61. 61
    Bunda says:

    Pasti ini yg Salah Jokowi Dan Ahok

  62. 62
    Michael Learns To Ride says:

    Di indonesia malah plat nomor belakang yg sering dicopot sm ridernya. Entah apa alasannya, mungkin untuk menyamarkan dari para mata elang x

  63. 63
    Cay says:

    disini nyawa pengendara ga ada harganya buat pemerintah..

  64. 64
    Rider says:

    Pantasan ahaem gak dianggap disono. Soal bikin rangka aja bisa patah..

    Cukup tipu tipu disini ajah..

    Kasihaaan.

  65. 65
    FU'ers says:

    Klo dibekasi sekarang jalanan pada diperbaiki semua om iwb, kan dikit lagi mau ada pemilu dibekasi 😀

  66. 66
    Koil says:

    Plat nomor pembelian Juni 2013 ane kok belum nongol ya?,
    3tahun plat resmi blm jadi!

    Ada yang bisa beri info dari sales/dealer Yamaha Jogja/ katamso?,
    Bolak-balik tanya administrasi kok jawabannya mesti belum jadi!
    Pembelian cash apa pelayanan dianak-tirikan dealer?

  67. 67
    (penikmat cikopi+gorengulen dipagi hari) says:

    ga usah ikutan negara lain yang mungkin kelakuan rider nya beda dengan indonesia…

    di indo malah pada gapake plat no belakang.. biasanya ugal-ugalan dijalan… anak alay spesialis cabe-cabean..wkwkwk

    di indonesia wajib pake plat nomer dengan alasan ketertiban dan keamanan dan kedisiplinan dijalan raya..

  68. 68

    Justru itu buat ladang polisi indo…..kalo dihilangkan bisa kalang kabut…..mau nyamber duit panas dari mana lagi….tulllll gak sodara sodara sebangsa dan setanah air….kaya gak tau polisi indo aja….

  69. 69
    Sunaji says:

    Bhua ha haa ha pada ribut baek yak
    Wetenge kencot padaa yaak xixixixixix

  70. 70
    ZR 250 says:

    Kalo Plat depan di tiadakan dan Material plat di bebaskan pembuatannya, Nanti polantas ga ada lagi alesan buat TILANG-TILANG tentang PLAT NOMOR, kasian tau sampingan nya ilang, nanti jadi kurus kering klo ga dapet sampingan.

  71. 71
    toa.masjid says:

    Lah di indo udah banyak kali yang g pake plat nomor
    baik depan baik belakang

    udah ga aneh kali gan
    lebih banyak lagi yang belakang ga ada plat nya

    katanya sih takut debt collector dijabel motornya

  72. 72
    Lord Duarte says:

    Gausah ada nopol aja harusnya, baik depan maupun belakang. Gausah ditempel stiker juga. Buat apaan emg gunanya? Manusia2 jaman dulu aja naik Kuda, Onta, Gajah,dll tanpa plat nomor dan itu hewannya gabakal ketuker kalo lagi dikumpulin dgn sesama jenisnya.
    #katakantidakuntukpemasanganplatnomor

  73. 73
    0yoo says:

    hrsnya, bs tiru lebar plat nopol di thailand, cendrung kotak g terlalu ganggu boncenger, ukuran plat nopol kita makin lebar slnya.

  74. 74

    plat nomer depan memang ga ada gunanya
    paling cuma buat masuk parkiran/pengecekan ama tukang parkir yang pake gerbang
    sama buat polisi nakal
    selebih ya aga ada gunanya, bener kan?
    kalo tabrak lari ya yang diliat belakangnya dong,
    kecuali larinya mundur, wkwkkwkw

  75. 75
    Bruud says:

    Plat nomer depan buat ngebantu pak Polisi Cirebon mencari mangsa Plat dari luar kota untuk segera di kasih Souvenir khas Cirebon lembaran kertas tilang…

  76. 76
    Bruud says:

    Masalah bertambah lagi dengan ukuran plat nomer indonesia Luebar pol aka buoros material njebeber banget macem muke motor motor RRRRRijekan India SOHC Operstruk…. muke apa jemuran dendeng…??

  77. 77
    Farrel says:

    Oh gitu alasannya. IMHO kalo gak pake plat depan motor keliatan lebih keren karena gak ketutupan plat, tapi ya kalo mau diterapkan harus ada sosialisasi secara menyeluruh.

  78. 78
    Adamkhan says:

    Lawong kualitas plat no wae sangat buruk kang,mleot sana sini,kadang no plat pun asal ngecat,sya slalu buat sndiri d bgkel” smpig jalan,la wong beli motor platnya keluar 6 bulan kemudian.po yo ora mumet sirahe

  79. 79
    paijo says:

    ayo prakasai petisi penghapusan nopol depan mas iwan !!

  80. 80
    Sempak Semar says:

    Jangankan plat nomer depan, lampu sein, spion sama lampu depan aja byk yg ga pake disini,, eh ga dipake alias mubadzir

  81. 81
    Ful Ary says:

    T Max, Ikan Nemo dikejar sm Hiu takot aer.. :v

  82. 82
    merkesenk says:

    Setuju kang. Plat nomer depan gk perlu. Selain membahayakan, jg merusak estetika desain. Lebih baik diganti pake stiker khusus berhologram

  83. 83
    hahaha says:

    Cuma disini n India yg maai pakai plat nomer depan..

  84. 84
    vegadeth says:

    ga usah aneh, kita tuh negara terbelakang, termasuk komen yg kampungan. dan herannya yg dibela tuh merk penjajah. Pdhl yg didapet ga ada sm skli.

  85. 85
    DeJe says:

    Pada dasarnya dalam hal apapun Indonesia lelet dibandingkan negara lain, entah apa yang dikerjakan orang-orang yang mengurus negeri ini ??? Menurutku plat nomor di bagian depan motor akan mengganggu fungsi aerodinamika motor jenis tertentu / sport.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here