Plat nomer depan sudah tidak digunakan diluar negeri. Indonesia kapan??…

126
139
"Honda CBR150R Thailand....tanpa plat nomer depan"
“Honda CBR150R Thailand….tanpa plat nomer depan”

Iwanbanaran.com – Wis suweee cak…sudah lama sebenarnya IWB mendapatkan banyak pertanyaan dari para pembaca warung. Pertanyaan yang menyoroti status plat nomer depan diluar negeri yang tidak dipasang seperti halnya ditanah air. Merekapun bingung….kenapa plat nomer disana hanya ada dibelakang??. Apakah hanya karena regulasi semata tanpa ada alasan tertentu??….

Sebenarnya bukannya tanpa alasan mzbro. Diluar negeri seperti Eropa khususnya….plat nomer depan pada kendaraan roda dua hanya dipasang pada bagian belakang. Mungkin sampeyan penasaran….kenapa hanya depan?. Apakah hanya kebetulan atau memang ada alasan khusus?. Mencari beberapa referensi dan akhirnya sampai pada satu kesimpulan……plat nomer depan dianggap berpotensi membahayakan…..

Yup….dengan posisi didepan, plat dianggap membahayakan rider dibelakangnya. Walau mungkin kasus ini jarang terjadi namun baut lepas tetap menjadi konsen pihak federal atau pihak polantas. Mungkin tidak melukai akan tetapi jika itu terjadi, fokus pengendara pecah dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Saking konsennya terhadap safety…sudah cukup lama plat depan tidak diberlakukan pada motor dan hanya bagian belakang….

"Yamaha T-Max Singapura...."
“Yamaha T-Max Singapura….”

Regulasi ini juga diikuti beberapa negara Asean termasuk Thailand contohnya. Sedang diSingapura serta Malaysia, karena mereka merasa nomer depan perlu…..mereka tetap mewajibkan namun tidak menggunakan plat atau material solid lain. Melainkan hanya stiker yang ditempel dibagian body depan serta fender. Dari sini kita baru sadar betapa berharganya nyawa bagi mereka hingga urusan plat nomer sampai diperhatikan sedemikian rupa. Sedang Indonesia kapan??….

Entahlah…..sulit memang mzbro. Kita tidak bisa banyak berharap sebab jangankan urusan plat nomer depan…..jalanan rusak berlubangpun kadang berbulan-bulan baru diperbaiki. Kendati banyak korban biker meregang nyawa…seakan mereka berusaha menutup telinga sibuk dengan urusannya sendiri. Padahal jika dinegara maju saja mengaplikasikannya…kenapa kita tidak mencontoh mereka??. Mung iso garuk-garuk brengos lan jidat cak……(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

126 COMMENTS

    • percuma,,ngapain ngurusin plat nopol…urus aja modifan yg bikin gak.safety,,spion dikecilin,,spakbor belakang diilangin,,spiom dilipat,,kasih hukuman dgn denda yg banyak,,misal spakbor belakang dicopot,tilang 3 juta…spion dilipat,denda 2 juta,,dijamim ampuh…uang damainya juga pasti lebih gede

    • Nah.. itu tuh yang bikin ane geleng2 95% motor full fairing di Sidoarjo kebanyakan di lipat, sebagian malah benar2 di copot tuh spion + spakbor belakang di copot, sebenar nya motor nya keren berhubung si user udik motor nya malah jadi kelihatan culun.
      mungkin di pikir bak MotoGP ppfftt… MotoGP buatok mu kui…

    • Secara gga langsung lu mengakui kalao posisi plat nomor motor Honda AHM dibawah fairing itu emang bahaya.
      yg benar itu ya dijidat kayak motor moge Honda.

    • Mas kalo g salah, tatakan plat nomer depan di motor matic honda dari plastik mas, bahaya ga tuh mas?, soalnya plastik kan gampang aus, takutnya lepas bautnya. Dulu perasaan dari lempengan besi, kok sekarang2 tatakan plat nomer depan honda pada pke plastik sih.

    • AHM emang govlok plat nomor motor fairing ditaruh dibawah gitu, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain.
      Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.

    • Kang,
      coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya.
      Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
      Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
      AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

    • harusnya dicat aja klo gitu, atau yg bentuk 3d kyk nama mobil, intinya yg nempel. bgtu pasti jalan tengah antara bahaya dan fashion.

    • Ipoelllz takon kapan negara kita gak pake plat nomer depan?

      It’s simple poelz.

      Selama fbh masih bego dalam berkomentar,selama fbh masi tipu2 dan giring opini bodoh keknya gak bisa poelz.
      Ekekeke krn saleskutang sama fbh itu guoblok

    • Negara maju udah ga
      gunakan plat nomor
      depan, trus kita kapan?
      Yaa kalau kita udah
      maju donk,
      Mari tanya diri sendiri
      dulu, udah maju belum?
      Jngan kyk piston, udah
      maju eh mundur lagi,
      jadinya maju mundur,
      mak slog oselogg
      oseloggg oseloggg

    • Ngomong2 masalah motor memang honda rajanya.selain irit tanguh, bertenaga, kencang,dan semakin panas semakin gahar jadi belilah motor honda
      Masalah plat nomer di bawah fairing itu ada maksudnya bung, itu adalah teknologi moto gp yg di terapkan di motor honda supaya tidak ngangat roda depan

  1. “kenapa plat nomer disana hanya ada didepan??. Apakah hanya karena regulasi semata tanpa ada alasan tertentu??….” *maksutnya “dibelakang” kali ya om IWB?

  2. Gak mungkin kalo di tmpt kita kang, nanti klo plat nomer hnya di blkng, kasihan pak polisi kalo mau tilang, hrs jln ke blkng dlu lihat plat nomor kendaraan…. ???

    • keamanan ap? kalau ngebut plat nomer depan gag keliatan
      kalau dikejar yg keliatan plat nomer belakang bukan depan

    • Aman dari mana .? Kalo motor sport kayak Cbr150 plat taruh bawah gasruk spakbor .. Kalo taruh di windshield nutupin jalan ketika speeding .. Yo ra usah dipasang sekalian . belakang ae wes cukup

    • Mana ada plat nomor dibawah dimotor honda yg gasruk spatbor,yg mentok spatbor itu bajaj pulsar 220 dan plat nopol yg dimodifikasi dr jidat motor pindah ke bawah..kalo bece itu yg jelas2 ajalah..dasar sales

  3. Sebenernya plat depan gak perlu kan bahannya bisa buat ajang korupi atau dibagi2 buat pejabat lumayan kan 1 plat x jumlah motor yg beredar
    Plat satu atau dua bayar nya pajak juga tetep
    Wkkkkkkkkkk

  4. smoga segera,
    selain faktor safety, hemat material dari plat nomor jg menjadi pertimbangan, .. jadi gak perlu dobel plat, irit 50% bea pembuatan, motorpun menjadi lebih cakep..

    ditunggu saja

  5. jiah di indo yg plat belakang z masih ada yg naroh di kolong,biar keren katanya,fender belakang di gergaji biar kayak motor balap motogepeh,padahal motor didesign sedemikian rupa antara fungsional dan fashionable,spion ditekuk,lumyan nambahin speed 0,0025%,lupa kali kalo anj*ng ga pake spion,

  6. welcome to indonesiadimanarambu lalu lintas di anggap hiasan, peraturan di anggap halangan, demokrasi hanyalah latar belakang UUD (UJUNG UJUNGNYA DEMO) partai hanyalah kedok kelompok pengemis cari duit

  7. sekedar meluruskan Saja lek
    Kalau plat depan sangat berguna
    1.ketika kita Ada di parkiran Cctv langsung bisa buka panlang kalau di mall
    2.jalanan indonesia Satu jalan masih 2 lajur dan berpapasan Hal ini bisa jadi monitoring Misal kalau mudik Kendaraan rata rata ber plat B meskipun sudah berada di cirebon atau indramayu
    3.masih ada kegunaan lg misal polisi mencari kendaraan A ber pelat xccc dan polisi bisa menyetop langsung menggadang
    4.belum lagi sistem ganjil genap dan polisi bisa meminggirkan dg menyetop dari depan tak perlu mengejar
    .
    secara Kalau Plat nopol di belakang masih belum cocok di indonesia
    .
    kekurangan nya Saya rasa hampir ga ada lah

    • Coba disimak baik2 dong artikelnya.
      tanda nomer kendaraan di depan bisa digantikan stiker, mungkin dari samsat yg aplikasikan sehingga resmi.

      Tanda nomer kendaraan bentuknya tidak mesti solid spt plat yg tajam, walaupun bisa pake cover. Tapi tidak semua motor plat nomer dpn dipasang cover plat.

    • coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu udah, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya.
      Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
      Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
      AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

  8. This is indonesia,, plat nomer warnanya pudar aja jd mslah apa lg smpe ngk pasang plat dpn bisa jd kena pasal 50rb atau 100rb . . .
    Inilah Indonesia

  9. tidak menghasilkan uang, gak bisa diaplikasikan di sini! hhhh
    di taiwan plat nomer cuma 1 buat seumur motor, sim juga buat cuma sekali untuk seumur hidup!
    di sini 5th sekali bayar lagi…. hhhhh

  10. di saat di sana sudah tidak menggunakan plat kArena berpotensi menimbulkan bahaya
    parahnya di Indonesia
    malah makin lebar platnya
    heran saya

    • Coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu sangat bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya.
      Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
      Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
      AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

  11. yang bilang plat nopol depan itu ga ada gunanya ya gak usah di pasang Biar di tilang mayan kan Kondangan ke polisi
    Tutup pentil aja di permasalahkan
    karna alasan Kalau dop nya sampe njepat terus ban nya langsung kempes kan bahaya
    Di atur ko ga mau

  12. desain motor sudah bagus harus dicederai oleh plat nomor yang njebeber ambane ora lumrah bhannya kaku dari seng (buang2 anggaran) aturan rempong.

  13. Pertanyaan yang menyoroti status plat nomer depan diluar negeri yang tidak dipasang seperti halnya ditanah air. Merekapun bingung….kenapa plat nomer disana hanya ada didepan??

    membingungkan mas hehe

  14. [JUST MY OPINION AS BIKER ENSURING THAT SAFETY FIRST]

    Gua speechles kalo liat aturan di Indonesia.
    Mulai dari masalah PAJAK/TAX. liat deh statusnya om Leopold Sudaryonodi Aussy harga moge masih masuk akal, itu karna pajak di sono gk se tragis di indo, jalanan pun gak se ajurr di Indonesia. Sementara di Indo pajak buat moge aja kena PPNBM125% plus PPN 10% plus PPH22 5% plusBPKB 10% plusPKB 1.5% belum lagi gk sebanding ama jalanan yg AJURR parahh. nunggu ada korban KLL atau demo baru dibenerin tuh jalan bolong.. ajur tuhhh safetynya ,,, entah uangnya itu lari kemana??? sekarang aja jokowi disamping ngambil pajak buat pemasukan anggaran negara, isunya lagi ngambil Zakat” dari orang islam… mending buat anggaran negara,, kenyataannnya ????

    ehhhh, skrg bahas plat nopol depan,, knapa di indo gak dicopot aja niru diluar negri?? Kalao jawabannya buat pengenal/identitas motor kenapa kok gak pake sticker aja juga bisa kayak di malaysia….
    jawaban simple, apakah kalo plat nopol depan dicopot negara bisa untung? enggak. ya itu jawabnnya. karna gak ada untungnya, sementara kalo diwajibkan nopol depan, itu bisa dibuat alasan pejabat buat nyari anggaran dari diwajibkan nopol depan!!
    intinya sih “UANG” “UANG”

  15. Di taiwan..regulasi plat nomer berdasarkan cc..rada mirip pajak indonesia..0-250(warna plat nomer putih,tanpa plat nomer depan),251-600(warna plat nomer kuning,tanpa plat nomer depan),601<(warna plat nomer merah,depan pake stiker nomer warna merah)..

  16. plat ngarep….ben polisine gampang nyekel plat luar kota ning lampu bang jo…
    plat mburi… ben polisine gampang nyekele pas rep mlayu rep ditilang… mosok motor ning indonesia akeh honda beat… kan angel nitenane.. paling niteni gampang yo plat nomor…

  17. Sebenarnya bagus mas,, harusnya wajib di belakang aja,, biar polis ga asal tilang kalo liat plat daerah laen lewat,, yg malah jd ajang cari” kesalahan pengendara & ujungnya duitt

    • Kang,
      coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya..
      Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
      Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
      AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

  18. Negara maju udah ga gunakan plat nomor depan, trus kita kapan?
    Yaa kalau kita udah maju donk,
    Mari tanya diri sendiri dulu, udah maju belum?
    Jngan kyk piston, udah maju eh mundur lagi, jadinya maju mundur, mak slog oselogg oseloggg oseloggg

  19. Artikel menarik nih…. Kedepannya kayaknya mesti diberlakukan di Indonesia. Selain dpt menyebabkan kecelakaan jg dapat merusak estetika motor

  20. Kang.
    coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya.
    Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
    Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
    AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

  21. Saya setuju dgn pendapat oom sudoso… di Indonesia bukan hanya Plat depan yg hilang, belakang pun hilang pula, Safety bukan cuma di Plat namun secara keseluruhan, Indonesia banyak Alay nya… VR 46 pun tidak akan bisa bicara jk bertemu dgn Biker Alay jika bicara safety

  22. Gak sulit koq, tinggal seseorang yg ngerti hukum ngajuin ke MK, punya alasan bagus & kuat, bisa dihapus tuh. Udah banyak koq kasus beginian menang terhadap Negara di MK

  23. Kalo orang indonesia safety no sekian, yang penting ganteng. Gaya berkendara masyarakat indonesia lebih mematikan daripada plat di depan.

  24. Coba buat petisi aja kang terkait peraturan ini, udah obsolete banget, roda dua kok pake plat nomor di depan?. Sertakan alasan yang cukup logis dan contoh faktual aturan yg diterapkan negara lain seperti apa terkait pemasangan plat nomor di kendaraan roda dua. Aturan lawas/sudah tidak relevan/berpotensi membahayakan semestinya bisa dirubah agar lebih baik

  25. selama potensinya mengurangi pendapatan pasti tidak akan di follow up.. klo yg berpotensi menghasilkan pendapatan pasti langsung dilaksanakan (menunggu yg melakukan kesalahan) seperti hal nya lampu utama ON disiang hari, pabrikanpun berlomba” membuat produk nya jd AHO khusus motor, padahal knpa yg AHO harus lampu utama, knpa ga di aplikasikan DRL aja yg jelas” karakter nya sesuai jika nyala di siang hari. klo lampu utama yg ON kurang efisien (karakter lampu utama low beam itu ga silau, kecuali Hi beam)…

  26. Yups lebih bagus kedepannya ada kebijakan :
    Plat Nomor Depan untuk kendaraan roda dua diganti dengan Stiker Nomor Resmi (berhologram misalnya) dr samsat dan telah terstandarisasi ukurannya
    Plat Nomor Belakang untuk kendaraan roda dua boleh tetap seperti sekarang namun dengan kualitas logam dan cat yg lebih baik seta ukurannya diatur agar jgn terlalu lebar

  27. Loh kalo di indonesia justru terbalik cak. Justru sering kita lihat malah plat nomor belakang yg sering gak dipasang sm ridernya. Entah apa alasannya, mungkin motornya nunggak angsuran x jd untuk menyamarkan dari colector yg mw sita motor plat nomornya copotin satu.

  28. Di indonesia malah plat nomor belakang yg sering dicopot sm ridernya. Entah apa alasannya, mungkin untuk menyamarkan dari para mata elang x

  29. Plat nomor pembelian Juni 2013 ane kok belum nongol ya?,
    3tahun plat resmi blm jadi!

    Ada yang bisa beri info dari sales/dealer Yamaha Jogja/ katamso?,
    Bolak-balik tanya administrasi kok jawabannya mesti belum jadi!
    Pembelian cash apa pelayanan dianak-tirikan dealer?

  30. ga usah ikutan negara lain yang mungkin kelakuan rider nya beda dengan indonesia…

    di indo malah pada gapake plat no belakang.. biasanya ugal-ugalan dijalan… anak alay spesialis cabe-cabean..wkwkwk

    di indonesia wajib pake plat nomer dengan alasan ketertiban dan keamanan dan kedisiplinan dijalan raya..

  31. Justru itu buat ladang polisi indo…..kalo dihilangkan bisa kalang kabut…..mau nyamber duit panas dari mana lagi….tulllll gak sodara sodara sebangsa dan setanah air….kaya gak tau polisi indo aja….

  32. Kalo Plat depan di tiadakan dan Material plat di bebaskan pembuatannya, Nanti polantas ga ada lagi alesan buat TILANG-TILANG tentang PLAT NOMOR, kasian tau sampingan nya ilang, nanti jadi kurus kering klo ga dapet sampingan.

  33. Lah di indo udah banyak kali yang g pake plat nomor
    baik depan baik belakang

    udah ga aneh kali gan
    lebih banyak lagi yang belakang ga ada plat nya

    katanya sih takut debt collector dijabel motornya

  34. Gausah ada nopol aja harusnya, baik depan maupun belakang. Gausah ditempel stiker juga. Buat apaan emg gunanya? Manusia2 jaman dulu aja naik Kuda, Onta, Gajah,dll tanpa plat nomor dan itu hewannya gabakal ketuker kalo lagi dikumpulin dgn sesama jenisnya.
    #katakantidakuntukpemasanganplatnomor

  35. plat nomer depan memang ga ada gunanya
    paling cuma buat masuk parkiran/pengecekan ama tukang parkir yang pake gerbang
    sama buat polisi nakal
    selebih ya aga ada gunanya, bener kan?
    kalo tabrak lari ya yang diliat belakangnya dong,
    kecuali larinya mundur, wkwkkwkw

  36. Plat nomer depan buat ngebantu pak Polisi Cirebon mencari mangsa Plat dari luar kota untuk segera di kasih Souvenir khas Cirebon lembaran kertas tilang…

  37. Masalah bertambah lagi dengan ukuran plat nomer indonesia Luebar pol aka buoros material njebeber banget macem muke motor motor RRRRRijekan India SOHC Operstruk…. muke apa jemuran dendeng…??

  38. Oh gitu alasannya. IMHO kalo gak pake plat depan motor keliatan lebih keren karena gak ketutupan plat, tapi ya kalo mau diterapkan harus ada sosialisasi secara menyeluruh.

  39. Lawong kualitas plat no wae sangat buruk kang,mleot sana sini,kadang no plat pun asal ngecat,sya slalu buat sndiri d bgkel” smpig jalan,la wong beli motor platnya keluar 6 bulan kemudian.po yo ora mumet sirahe

  40. Setuju kang. Plat nomer depan gk perlu. Selain membahayakan, jg merusak estetika desain. Lebih baik diganti pake stiker khusus berhologram

  41. ga usah aneh, kita tuh negara terbelakang, termasuk komen yg kampungan. dan herannya yg dibela tuh merk penjajah. Pdhl yg didapet ga ada sm skli.

Leave a Reply