Iwanbanaran.com » Plat nomer depan sudah tidak digunakan diluar negeri. Indonesia kapan??…
About these ads
jump to navigation

Plat nomer depan sudah tidak digunakan diluar negeri. Indonesia kapan??… September 18, 2016

Posted by iwanbanaran in : Otomotif , trackback
iklan iwb iklan iwb
"Honda CBR150R Thailand....tanpa plat nomer depan"

“Honda CBR150R Thailand….tanpa plat nomer depan”

Iwanbanaran.com – Wis suweee cak…sudah lama sebenarnya IWB mendapatkan banyak pertanyaan dari para pembaca warung. Pertanyaan yang menyoroti status plat nomer depan diluar negeri yang tidak dipasang seperti halnya ditanah air. Merekapun bingung….kenapa plat nomer disana hanya ada dibelakang??. Apakah hanya karena regulasi semata tanpa ada alasan tertentu??….

Sebenarnya bukannya tanpa alasan mzbro. Diluar negeri seperti Eropa khususnya….plat nomer depan pada kendaraan roda dua hanya dipasang pada bagian belakang. Mungkin sampeyan penasaran….kenapa hanya depan?. Apakah hanya kebetulan atau memang ada alasan khusus?. Mencari beberapa referensi dan akhirnya sampai pada satu kesimpulan……plat nomer depan dianggap berpotensi membahayakan…..

iklan iwb

Yup….dengan posisi didepan, plat dianggap membahayakan rider dibelakangnya. Walau mungkin kasus ini jarang terjadi namun baut lepas tetap menjadi konsen pihak federal atau pihak polantas. Mungkin tidak melukai akan tetapi jika itu terjadi, fokus pengendara pecah dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Saking konsennya terhadap safety…sudah cukup lama plat depan tidak diberlakukan pada motor dan hanya bagian belakang….

"Yamaha T-Max Singapura...."

“Yamaha T-Max Singapura….”

Regulasi ini juga diikuti beberapa negara Asean termasuk Thailand contohnya. Sedang diSingapura serta Malaysia, karena mereka merasa nomer depan perlu…..mereka tetap mewajibkan namun tidak menggunakan plat atau material solid lain. Melainkan hanya stiker yang ditempel dibagian body depan serta fender. Dari sini kita baru sadar betapa berharganya nyawa bagi mereka hingga urusan plat nomer sampai diperhatikan sedemikian rupa. Sedang Indonesia kapan??….

Entahlah…..sulit memang mzbro. Kita tidak bisa banyak berharap sebab jangankan urusan plat nomer depan…..jalanan rusak berlubangpun kadang berbulan-bulan baru diperbaiki. Kendati banyak korban biker meregang nyawa…seakan mereka berusaha menutup telinga sibuk dengan urusannya sendiri. Padahal jika dinegara maju saja mengaplikasikannya…kenapa kita tidak mencontoh mereka??. Mung iso garuk-garuk brengos lan jidat cak……(iwb)

About these ads
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Comments»

1. cukin - September 18, 2016

pertamax?

Rider Tua Bangka - September 18, 2016

Di sini udah jarang yg pake plat nomer kang… apalagi kalo di daerah cijayanti muehehehehehe

アℜ㊣∂ąț❂ℜ☞RI1___ - September 18, 2016

haiyyaaa motor kita ouwlang H2R jg kgk pake plat depan waaa

paman tang - September 18, 2016

percuma,,ngapain ngurusin plat nopol…urus aja modifan yg bikin gak.safety,,spion dikecilin,,spakbor belakang diilangin,,spiom dilipat,,kasih hukuman dgn denda yg banyak,,misal spakbor belakang dicopot,tilang 3 juta…spion dilipat,denda 2 juta,,dijamim ampuh…uang damainya juga pasti lebih gede

Jokondokondo - September 18, 2016

Nah.. itu tuh yang bikin ane geleng2 95% motor full fairing di Sidoarjo kebanyakan di lipat, sebagian malah benar2 di copot tuh spion + spakbor belakang di copot, sebenar nya motor nya keren berhubung si user udik motor nya malah jadi kelihatan culun.
mungkin di pikir bak MotoGP ppfftt… MotoGP buatok mu kui…

Old lady biker - September 18, 2016

BESOK KALO GSX250R DAH MBROJOL DINDJAMIN GAX PAKEK PLAT DPAN

Kimp3t ndobleh - September 18, 2016

Kapan brojole mbak’e??
Dilere wes do tutup arep didol ng ndi?

Uovariso - September 18, 2016

Hayooo duluan gsx brojol apa suzuki r2 indonesia bangkrut?

Bhendjol - September 18, 2016

Psst emang SIS masih jualan motor?

Marquezz - September 18, 2016

Plat didepan jelek bgt lek untuk motor sport,untung ane pintar,plat ane taruh dibelakang windshield???

Zlubbbhhh - September 18, 2016

Ra takon.

marqovet - September 18, 2016

ora takon???

bikers - September 18, 2016

Secara gga langsung lu mengakui kalao posisi plat nomor motor Honda AHM dibawah fairing itu emang bahaya.
yg benar itu ya dijidat kayak motor moge Honda.

ipal ipul - September 18, 2016

ekekekeeekk

besok pake soft gak pake plat.

Antoni - September 18, 2016

Mas kalo g salah, tatakan plat nomer depan di motor matic honda dari plastik mas, bahaya ga tuh mas?, soalnya plastik kan gampang aus, takutnya lepas bautnya. Dulu perasaan dari lempengan besi, kok sekarang2 tatakan plat nomer depan honda pada pke plastik sih.

gerubag - September 18, 2016

liat posisi plat dpn cbr new 150 wih ngeri…

bikers - September 18, 2016

AHM emang govlok plat nomor motor fairing ditaruh dibawah gitu, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain.
Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.

marqovet - September 18, 2016

selain itu juga jadi wagu pol???

mbahmu - September 18, 2016

Gak takok su

bikers - September 18, 2016

Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
AHM emang 11 12 pekokny kayak FBH.

bikers - September 18, 2016

Kang,
coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya.
Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

Ahim Kadmira - September 18, 2016

Plat nomer belakang klo lepas membahayakn biker d belakang jd tolong dilepas juga..

gokong - September 18, 2016

harusnya dicat aja klo gitu, atau yg bentuk 3d kyk nama mobil, intinya yg nempel. bgtu pasti jalan tengah antara bahaya dan fashion.

Simple mind - September 18, 2016

Ipoelllz takon kapan negara kita gak pake plat nomer depan?

It’s simple poelz.

Selama fbh masih bego dalam berkomentar,selama fbh masi tipu2 dan giring opini bodoh keknya gak bisa poelz.
Ekekeke krn saleskutang sama fbh itu guoblok

2. Bentol - September 18, 2016

Kapan kapan

ngosselog - September 18, 2016

Negara maju udah ga
gunakan plat nomor
depan, trus kita kapan?
Yaa kalau kita udah
maju donk,
Mari tanya diri sendiri
dulu, udah maju belum?
Jngan kyk piston, udah
maju eh mundur lagi,
jadinya maju mundur,
mak slog oselogg
oseloggg oseloggg

dukun nyambi nyales - September 18, 2016

Ngomong2 masalah motor memang honda rajanya.selain irit tanguh, bertenaga, kencang,dan semakin panas semakin gahar jadi belilah motor honda
Masalah plat nomer di bawah fairing itu ada maksudnya bung, itu adalah teknologi moto gp yg di terapkan di motor honda supaya tidak ngangat roda depan

3. cukin - September 18, 2016

“kenapa plat nomer disana hanya ada didepan??. Apakah hanya karena regulasi semata tanpa ada alasan tertentu??….” *maksutnya “dibelakang” kali ya om IWB?

4. bukan fansboy - September 18, 2016

sudah gak zaman sebenarnya Kang

5. euan - September 18, 2016

Biar polisi bisa gampang liat kalau mau nilang plat luar kota.. wkwkwkkw

6. Susan Pohan - September 18, 2016

Negoro’ne rung maju Pak.. Rung iso melu mikir semono..

7. Dicka - September 18, 2016

Sabar ae cak. Ming iso nyawang karo mbatin

8. angga - September 18, 2016

Gak mungkin kalo di tmpt kita kang, nanti klo plat nomer hnya di blkng, kasihan pak polisi kalo mau tilang, hrs jln ke blkng dlu lihat plat nomor kendaraan…. ???

Kami suka DOHC - September 18, 2016

Pak polisi lihat plat belakang, kita tancap gas :v

9. Wong edan - September 18, 2016

Klo tax amnesty dah beres baru indonesia ga pake plat nomer depan blkng.

Uovariso - September 18, 2016

Gak bakalan ilang dong bro plat depan kalo nunggu tax amnesty beres hahahha

10. biker pct - September 18, 2016

Demi keamanan hrs depan belakang
Jgn cm karena untuk bergaya aja plat nomor depan dihilangkan

sliding sugar - September 18, 2016

keamanan ap? kalau ngebut plat nomer depan gag keliatan
kalau dikejar yg keliatan plat nomer belakang bukan depan

bima93 - September 18, 2016

Aman dari mana .? Kalo motor sport kayak Cbr150 plat taruh bawah gasruk spakbor .. Kalo taruh di windshield nutupin jalan ketika speeding .. Yo ra usah dipasang sekalian . belakang ae wes cukup

Cbrider - September 19, 2016

Mana ada plat nomor dibawah dimotor honda yg gasruk spatbor,yg mentok spatbor itu bajaj pulsar 220 dan plat nopol yg dimodifikasi dr jidat motor pindah ke bawah..kalo bece itu yg jelas2 ajalah..dasar sales

11. sadar - September 18, 2016

Sebenernya plat depan gak perlu kan bahannya bisa buat ajang korupi atau dibagi2 buat pejabat lumayan kan 1 plat x jumlah motor yg beredar
Plat satu atau dua bayar nya pajak juga tetep
Wkkkkkkkkkk

12. awas - September 18, 2016

smoga segera,
selain faktor safety, hemat material dari plat nomor jg menjadi pertimbangan, .. jadi gak perlu dobel plat, irit 50% bea pembuatan, motorpun menjadi lebih cakep..

ditunggu saja

13. imaginer - September 18, 2016

jiah di indo yg plat belakang z masih ada yg naroh di kolong,biar keren katanya,fender belakang di gergaji biar kayak motor balap motogepeh,padahal motor didesign sedemikian rupa antara fungsional dan fashionable,spion ditekuk,lumyan nambahin speed 0,0025%,lupa kali kalo anj*ng ga pake spion,

14. Smoke - September 18, 2016

Ada plat nomer ga masalah sih, tp mbok ya yg bagusan dikit desainnya.. jangan lebar2, entar dikira winglet sama dorna.

Uovariso - September 18, 2016

Huahahah lucu smoke komen mu!!

Zlubbbhhh - September 18, 2016

Winglet? Ngoahahaha….. Ada2 aja..

marqovet - September 18, 2016

ckckck???

bikers - September 18, 2016

Iya kayak posisi plat nomor New CBR150 dibawah fairing udah kayak winglet motoGP.

FBO - September 18, 2016

??
Gw juga sempet kepikiran ukuran plat motor sekarang udah kyk winglet, soalnya oversize..

15. DIRMAN banjarnegara - September 18, 2016

Indonesia ku merdeka…

16. Setya6 - September 18, 2016

Setuju banget kalo plat depan itu ga penting

17. Dhanang Sukmana Adi - September 18, 2016

kadang indonesia kebanyakan aturan ya om, eh malah dilanggar..khusus motor sport mungkin plat nomor belakang saja, karena lebih berguna..didepan jarang diliat 😀

18. mas abdul - September 18, 2016

welcome to indonesiadimanarambu lalu lintas di anggap hiasan, peraturan di anggap halangan, demokrasi hanyalah latar belakang UUD (UJUNG UJUNGNYA DEMO) partai hanyalah kedok kelompok pengemis cari duit

19. SUDOSO - September 18, 2016

sekedar meluruskan Saja lek
Kalau plat depan sangat berguna
1.ketika kita Ada di parkiran Cctv langsung bisa buka panlang kalau di mall
2.jalanan indonesia Satu jalan masih 2 lajur dan berpapasan Hal ini bisa jadi monitoring Misal kalau mudik Kendaraan rata rata ber plat B meskipun sudah berada di cirebon atau indramayu
3.masih ada kegunaan lg misal polisi mencari kendaraan A ber pelat xccc dan polisi bisa menyetop langsung menggadang
4.belum lagi sistem ganjil genap dan polisi bisa meminggirkan dg menyetop dari depan tak perlu mengejar
.
secara Kalau Plat nopol di belakang masih belum cocok di indonesia
.
kekurangan nya Saya rasa hampir ga ada lah

unyu2 - September 18, 2016

Coba disimak baik2 dong artikelnya.
tanda nomer kendaraan di depan bisa digantikan stiker, mungkin dari samsat yg aplikasikan sehingga resmi.

Tanda nomer kendaraan bentuknya tidak mesti solid spt plat yg tajam, walaupun bisa pake cover. Tapi tidak semua motor plat nomer dpn dipasang cover plat.

bikers - September 18, 2016

coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu udah, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya.
Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

20. Aanrossifumi - September 18, 2016

This is indonesia,, plat nomer warnanya pudar aja jd mslah apa lg smpe ngk pasang plat dpn bisa jd kena pasal 50rb atau 100rb . . .
Inilah Indonesia

21. sOerya - September 18, 2016

tidak menghasilkan uang, gak bisa diaplikasikan di sini! hhhh
di taiwan plat nomer cuma 1 buat seumur motor, sim juga buat cuma sekali untuk seumur hidup!
di sini 5th sekali bayar lagi…. hhhhh

22. bang herman - September 18, 2016

di saat di sana sudah tidak menggunakan plat kArena berpotensi menimbulkan bahaya
parahnya di Indonesia
malah makin lebar platnya
heran saya

bikers - September 18, 2016

Coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu sangat bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya.
Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

23. orang gila - September 18, 2016

mi burung puyuh enaknya nyambung teruuuusss

24. SUDOSO - September 18, 2016

yang bilang plat nopol depan itu ga ada gunanya ya gak usah di pasang Biar di tilang mayan kan Kondangan ke polisi
Tutup pentil aja di permasalahkan
karna alasan Kalau dop nya sampe njepat terus ban nya langsung kempes kan bahaya
Di atur ko ga mau

Riky - September 18, 2016

Orang kolot nih ☝?️
Kan bisa tiru negara sebelah yg aplikasikan stiker

25. kamenrider - September 18, 2016

desain motor sudah bagus harus dicederai oleh plat nomor yang njebeber ambane ora lumrah bhannya kaku dari seng (buang2 anggaran) aturan rempong.

26. upil.badak - September 18, 2016

nopol depan diilangin?? wereng coklat bisa menjadi jadi….miring dikit aja 50 rebu..

27. siEG - September 18, 2016

Indonesia nanti kang kalo statusnya uda jadi negara maju skrg kan statusnya masih negara berkembang hehehe piss!

28. k@njeng mohmok - September 18, 2016

ekekekeekk

lebih bagus plat depan diganti softek.

29. Eng - September 18, 2016

Pertanyaan yang menyoroti status plat nomer depan diluar negeri yang tidak dipasang seperti halnya ditanah air. Merekapun bingung….kenapa plat nomer disana hanya ada didepan??

membingungkan mas hehe

30. muzaku - September 18, 2016

Podo cak, mung iso bathin… kapan ?!!

31. laguzer - September 18, 2016

Wah, bagus banget ya di luar negeri sana.. hmm, kapan hal ini diterapkan di negara kita tercinta nya ?

32. aNDI - September 18, 2016

[JUST MY OPINION AS BIKER ENSURING THAT SAFETY FIRST]

Gua speechles kalo liat aturan di Indonesia.
Mulai dari masalah PAJAK/TAX. liat deh statusnya om Leopold Sudaryonodi Aussy harga moge masih masuk akal, itu karna pajak di sono gk se tragis di indo, jalanan pun gak se ajurr di Indonesia. Sementara di Indo pajak buat moge aja kena PPNBM125% plus PPN 10% plus PPH22 5% plusBPKB 10% plusPKB 1.5% belum lagi gk sebanding ama jalanan yg AJURR parahh. nunggu ada korban KLL atau demo baru dibenerin tuh jalan bolong.. ajur tuhhh safetynya ,,, entah uangnya itu lari kemana??? sekarang aja jokowi disamping ngambil pajak buat pemasukan anggaran negara, isunya lagi ngambil Zakat” dari orang islam… mending buat anggaran negara,, kenyataannnya ????

ehhhh, skrg bahas plat nopol depan,, knapa di indo gak dicopot aja niru diluar negri?? Kalao jawabannya buat pengenal/identitas motor kenapa kok gak pake sticker aja juga bisa kayak di malaysia….
jawaban simple, apakah kalo plat nopol depan dicopot negara bisa untung? enggak. ya itu jawabnnya. karna gak ada untungnya, sementara kalo diwajibkan nopol depan, itu bisa dibuat alasan pejabat buat nyari anggaran dari diwajibkan nopol depan!!
intinya sih “UANG” “UANG”

33. ard - September 18, 2016

Di taiwan..regulasi plat nomer berdasarkan cc..rada mirip pajak indonesia..0-250(warna plat nomer putih,tanpa plat nomer depan),251-600(warna plat nomer kuning,tanpa plat nomer depan),601<(warna plat nomer merah,depan pake stiker nomer warna merah)..

34. Kangbaso - September 18, 2016

Plat no depan dihilangkan? Yaelah… Yang kagak ada plat no nya juga banyak wara wiri di daerah .. ???

35. Agung - September 18, 2016

Keluar parkir susah klo gk ada plat depan ?

36. Si Om - September 18, 2016

di malaysia juga, diganti sama stiker doang bagian depannya…

37. lemontea - September 18, 2016

plat ngarep….ben polisine gampang nyekel plat luar kota ning lampu bang jo…
plat mburi… ben polisine gampang nyekele pas rep mlayu rep ditilang… mosok motor ning indonesia akeh honda beat… kan angel nitenane.. paling niteni gampang yo plat nomor…

38. Obay - September 18, 2016

Repot bin ribet om….
Soalnya sudah kena embel embel BIROKRASI

39. prabu - September 18, 2016

Wong Indonesia ki,angel nek dijak berubah mas Iwan.
Paling jawabane : Indonesia bedo karo Thailan.

40. motor cool - September 18, 2016

plat nomer habis diganti nang samsat wes setahun belum jadi jadi lek lek …

41. mukidi - September 18, 2016

Sebenarnya bagus mas,, harusnya wajib di belakang aja,, biar polis ga asal tilang kalo liat plat daerah laen lewat,, yg malah jd ajang cari” kesalahan pengendara & ujungnya duitt

42. Bejo - September 18, 2016

Iya Kang plat NOPOL di depan berpotensi bahaya apalagi di atas headlamp (naked bike) pinggir platnya tajam tu Kang.

bikers - September 18, 2016

Kang,
coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya..
Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

43. ngosselog - September 18, 2016

Negara maju udah ga gunakan plat nomor depan, trus kita kapan?
Yaa kalau kita udah maju donk,
Mari tanya diri sendiri dulu, udah maju belum?
Jngan kyk piston, udah maju eh mundur lagi, jadinya maju mundur, mak slog oselogg oseloggg oseloggg

crutt - September 18, 2016

peraturan yang membentuk negara maju
bukan negara maju yg membentuk peraturan

gblk

44. laguzer - September 18, 2016

Gk pindah negoro ae ta cak ? Wkwkwk..

45. Tiwul - September 18, 2016

Artikel menarik nih…. Kedepannya kayaknya mesti diberlakukan di Indonesia. Selain dpt menyebabkan kecelakaan jg dapat merusak estetika motor

46. Pengendara Malam - September 18, 2016

Negara kita sudah sangat maju lek, malah jadi salah satu negara termaju dalam bidang korupsi, bravo pejabat tanah air

47. ian - September 18, 2016

Indonesia? Oh ya sudah lama ndak pakai plat nomer depan belakang … Plat almini langka soalnya. Awesome kan?
Masa ga tahu on Iwan?

48. bikers - September 18, 2016

Kang.
coba itu lihat motor fairing AHM posisi ditaruh dibawah gitu, bahaya mentok spakboard dan juga bahaya buat pengendara lain. juga mengganggu estetika bentuk fairingnya.
Yang benar itu posisi plat motor fairing ya di jidat kayak kebanyakan moge atau motor lokal spt R15 R25 atau Ninja250.
Padahal posisi plat nomor motor Fairing moge Honda global rata rata di jidat.
AHM emang 11 12 pekoknya kayak FBH.

49. The Boss - September 18, 2016

Saya setuju dgn pendapat oom sudoso… di Indonesia bukan hanya Plat depan yg hilang, belakang pun hilang pula, Safety bukan cuma di Plat namun secara keseluruhan, Indonesia banyak Alay nya… VR 46 pun tidak akan bisa bicara jk bertemu dgn Biker Alay jika bicara safety

50. SEN - September 18, 2016

Gak sulit koq, tinggal seseorang yg ngerti hukum ngajuin ke MK, punya alasan bagus & kuat, bisa dihapus tuh. Udah banyak koq kasus beginian menang terhadap Negara di MK

51. Oreomandr94 - September 18, 2016

Kalau plat cuman satu, ada yg dagangannya berkurang Kang…wis ngono ae

52. kopi - September 18, 2016

Kalo orang indonesia safety no sekian, yang penting ganteng. Gaya berkendara masyarakat indonesia lebih mematikan daripada plat di depan.

53. mbah gambleh - September 18, 2016

numpak dokar ae….plat’e ditemplekne ng bokonge jaran…

54. Pirlo - September 18, 2016

Nek plat nomor depan ilang, nyusahin tukang parkir nyatet nomor Lek..

55. Derasta - September 18, 2016

Coba buat petisi aja kang terkait peraturan ini, udah obsolete banget, roda dua kok pake plat nomor di depan?. Sertakan alasan yang cukup logis dan contoh faktual aturan yg diterapkan negara lain seperti apa terkait pemasangan plat nomor di kendaraan roda dua. Aturan lawas/sudah tidak relevan/berpotensi membahayakan semestinya bisa dirubah agar lebih baik

56. ule - September 18, 2016

selama potensinya mengurangi pendapatan pasti tidak akan di follow up.. klo yg berpotensi menghasilkan pendapatan pasti langsung dilaksanakan (menunggu yg melakukan kesalahan) seperti hal nya lampu utama ON disiang hari, pabrikanpun berlomba” membuat produk nya jd AHO khusus motor, padahal knpa yg AHO harus lampu utama, knpa ga di aplikasikan DRL aja yg jelas” karakter nya sesuai jika nyala di siang hari. klo lampu utama yg ON kurang efisien (karakter lampu utama low beam itu ga silau, kecuali Hi beam)…

57. FBO - September 18, 2016

Jangankan bahas motor tanpa plat depan, plat motor sekarang aja makin nggilani ukurannya..

58. Race Again - September 18, 2016

Loh kok cbr150r masing-masing negara bikin ya!?
Ohhh…

59. test - September 18, 2016

Yups lebih bagus kedepannya ada kebijakan :
Plat Nomor Depan untuk kendaraan roda dua diganti dengan Stiker Nomor Resmi (berhologram misalnya) dr samsat dan telah terstandarisasi ukurannya
Plat Nomor Belakang untuk kendaraan roda dua boleh tetap seperti sekarang namun dengan kualitas logam dan cat yg lebih baik seta ukurannya diatur agar jgn terlalu lebar

60. Michael Learns To Ride - September 18, 2016

Loh kalo di indonesia justru terbalik cak. Justru sering kita lihat malah plat nomor belakang yg sering gak dipasang sm ridernya. Entah apa alasannya, mungkin motornya nunggak angsuran x jd untuk menyamarkan dari colector yg mw sita motor plat nomornya copotin satu.

61. Bunda - September 18, 2016

Pasti ini yg Salah Jokowi Dan Ahok

62. Michael Learns To Ride - September 18, 2016

Di indonesia malah plat nomor belakang yg sering dicopot sm ridernya. Entah apa alasannya, mungkin untuk menyamarkan dari para mata elang x

63. Cay - September 18, 2016

disini nyawa pengendara ga ada harganya buat pemerintah..

64. Rider - September 18, 2016

Pantasan ahaem gak dianggap disono. Soal bikin rangka aja bisa patah..

Cukup tipu tipu disini ajah..

Kasihaaan.

65. FU'ers - September 18, 2016

Klo dibekasi sekarang jalanan pada diperbaiki semua om iwb, kan dikit lagi mau ada pemilu dibekasi 😀

66. Koil - September 19, 2016

Plat nomor pembelian Juni 2013 ane kok belum nongol ya?,
3tahun plat resmi blm jadi!

Ada yang bisa beri info dari sales/dealer Yamaha Jogja/ katamso?,
Bolak-balik tanya administrasi kok jawabannya mesti belum jadi!
Pembelian cash apa pelayanan dianak-tirikan dealer?

Sunaji - September 19, 2016

Iku ya ente sek gk tegas coy

67. (penikmat cikopi+gorengulen dipagi hari) - September 19, 2016

ga usah ikutan negara lain yang mungkin kelakuan rider nya beda dengan indonesia…

di indo malah pada gapake plat no belakang.. biasanya ugal-ugalan dijalan… anak alay spesialis cabe-cabean..wkwkwk

di indonesia wajib pake plat nomer dengan alasan ketertiban dan keamanan dan kedisiplinan dijalan raya..

68. AuAhAuAhAuAh... - September 19, 2016

Justru itu buat ladang polisi indo…..kalo dihilangkan bisa kalang kabut…..mau nyamber duit panas dari mana lagi….tulllll gak sodara sodara sebangsa dan setanah air….kaya gak tau polisi indo aja….

69. Sunaji - September 19, 2016

Bhua ha haa ha pada ribut baek yak
Wetenge kencot padaa yaak xixixixixix

70. ZR 250 - September 19, 2016

Kalo Plat depan di tiadakan dan Material plat di bebaskan pembuatannya, Nanti polantas ga ada lagi alesan buat TILANG-TILANG tentang PLAT NOMOR, kasian tau sampingan nya ilang, nanti jadi kurus kering klo ga dapet sampingan.

71. toa.masjid - September 19, 2016

Lah di indo udah banyak kali yang g pake plat nomor
baik depan baik belakang

udah ga aneh kali gan
lebih banyak lagi yang belakang ga ada plat nya

katanya sih takut debt collector dijabel motornya

72. Lord Duarte - September 19, 2016

Gausah ada nopol aja harusnya, baik depan maupun belakang. Gausah ditempel stiker juga. Buat apaan emg gunanya? Manusia2 jaman dulu aja naik Kuda, Onta, Gajah,dll tanpa plat nomor dan itu hewannya gabakal ketuker kalo lagi dikumpulin dgn sesama jenisnya.
#katakantidakuntukpemasanganplatnomor

73. 0yoo - September 19, 2016

hrsnya, bs tiru lebar plat nopol di thailand, cendrung kotak g terlalu ganggu boncenger, ukuran plat nopol kita makin lebar slnya.

74. The Biker Stig - September 19, 2016

plat nomer depan memang ga ada gunanya
paling cuma buat masuk parkiran/pengecekan ama tukang parkir yang pake gerbang
sama buat polisi nakal
selebih ya aga ada gunanya, bener kan?
kalo tabrak lari ya yang diliat belakangnya dong,
kecuali larinya mundur, wkwkkwkw

75. Bruud - September 19, 2016

Plat nomer depan buat ngebantu pak Polisi Cirebon mencari mangsa Plat dari luar kota untuk segera di kasih Souvenir khas Cirebon lembaran kertas tilang…

76. Bruud - September 19, 2016

Masalah bertambah lagi dengan ukuran plat nomer indonesia Luebar pol aka buoros material njebeber banget macem muke motor motor RRRRRijekan India SOHC Operstruk…. muke apa jemuran dendeng…??

77. Farrel - September 19, 2016

Oh gitu alasannya. IMHO kalo gak pake plat depan motor keliatan lebih keren karena gak ketutupan plat, tapi ya kalo mau diterapkan harus ada sosialisasi secara menyeluruh.

78. Adamkhan - September 19, 2016

Lawong kualitas plat no wae sangat buruk kang,mleot sana sini,kadang no plat pun asal ngecat,sya slalu buat sndiri d bgkel” smpig jalan,la wong beli motor platnya keluar 6 bulan kemudian.po yo ora mumet sirahe

79. paijo - September 19, 2016

ayo prakasai petisi penghapusan nopol depan mas iwan !!

80. Sempak Semar - September 19, 2016

Jangankan plat nomer depan, lampu sein, spion sama lampu depan aja byk yg ga pake disini,, eh ga dipake alias mubadzir

81. Ful Ary - September 19, 2016

T Max, Ikan Nemo dikejar sm Hiu takot aer.. :v

82. merkesenk - September 19, 2016

Setuju kang. Plat nomer depan gk perlu. Selain membahayakan, jg merusak estetika desain. Lebih baik diganti pake stiker khusus berhologram

83. hahaha - September 19, 2016

Cuma disini n India yg maai pakai plat nomer depan..

84. vegadeth - September 20, 2016

ga usah aneh, kita tuh negara terbelakang, termasuk komen yg kampungan. dan herannya yg dibela tuh merk penjajah. Pdhl yg didapet ga ada sm skli.