BBN Kawasaki Ninja250 keluaran 2013 diSurabaya lebih mahal??…..

2008_Ninja250RJudul diatas IWB comot dari surel bro Riky yang dikirim dari Korea. Sebagai biker yang bekerja diluar negeri, doi merasa sangsi atas info yang diberikan oleh satu dealer Kawasaki tentang penambahan BBN untuk produk keluaran 2013.  Bro Riky berdomisili diSurabaya….bermaksud memboyong Ninja 250FI, namun penjelasan yang diutarakan lumayan membuat bingung. Berikut penuturannya seperti yang disampaikan ke IWB……460x170-2iwanbanaran_newfino

Mas Iwan perkenalkan nama saya Riky. Tadi siang (12-3-2013) saya suruh istri telpon salah satu dealer Kawasaki diSurabaya (saya masih kerja diluar negeri mas rencana bulan 9 pulang). Rencana sih mau inden Ninja 250ABS, istri saya tanya harganya dan kata salesnya 59juta 150 ribu OTR, tapi katanya belum termasuk BBN-nya, dan besarnya BBN itu nanti taunya kalo STNK udah keluar. Nah istri saya nggak ngerti masalah gitu-gituan….

Nggak pake lama istri sms saya, suruh saya aja yang telpon langsung  ke dealernya. Nggak pake lama juga saya langsung telpon, terus si-sales jelasinnya gini…..”Pak Riki, harga 59 juta 150 ribu itu harga yang untuk produksi 2012, nah kalau pak Riky nanti dapat yang produksi 2013, maka yang 59juta 150 ribu itu ditambah BBN lagi, dan besar kecilnya BBN itu ketahuannya nanti kalo STNK udah keluar….

Mas Iwan sepengetahuan sampean, apa memang begitu? atau sampean tau nggak saya harus bertanya ke siapa? kalo memang seperti itu saya tidak keberatan. Tapi yang saya kawatirkan justru salesnya yang mau ambil ceperan. Jadi tolong mas Iwan barang kali sampean punya teman, atau komentator-komentator di Blog sampean ada yang tau?. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih mas Iwan. Salam dari Korea.

Yup…itulah surel bro Riky yang dikirim ke warung IWB. Sebagai informasi, pertanyaan tersebut banyak dilontarkan para biker yang ingin membeli produk Kawasaki. Jadi, artikel ini sekaligus menjawab kebingungan bro-bro yang belum sempat IWB reply via email. Inilah alasan yang IWB bisa kemukakan…

TVSMotorPemerintah memang menaikkan biaya BBN atau biasa disebut bea balik nama serta pajak kendaraan bermotor dibulan Maret 2013 ini. Sayang…besarnya kenaikan belum diputuskan sehingga produsen tidak punya patokan baku sebagai pegangan. Selain itu…..presentase kenaikan perwilayah juga tidak sama. Tergantung kebijakan masing-masing daerah. Tidak heran…mayoritas produsen baru bisa memberikan informasi biaya BBN setelah STNK keluar……

Uniknya….yang yang banyak mengeluh adalah para pembeli Kawasaki. Sedang pabrikan lain belum IWB temui. Kemungkinan….geng ijo sudah start duluan mengikuti peraturan berjalan dengan menaikkan banderol produknya. Sedang pabrikan lain….sepertinya masih “wait and see”. So…buat bro Ricky, IWB yakin si-sales tidak cheating atau cari ceperan. BBN pasti tetap ada walau sampeyan membeli produk Ninja 2012. Yang membedakan tentu saja besarnya jumlah yang kudu dibayar dibanding versi Maret 2013 keatas sesuai kenaikan yang terjadi. So…selisihnya tersebut yang dibebankan kekonsumen. Mungkin begitulah kira-kira. Ada yang mau nambahin brosis??…..(iwb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  1. setahu saya memang ada, kemarin saya beli vario bln 12..stnk jadi bln januari..blm kena bbn..trus saudara saya beli vario jg, bln januari memang harganya naik kena bbn..kisaran 2 %..
    dimana2 emang gitu..kan tahun perakitan jg beda..jadi kalo mau beli mending pas bln desember aja, trus stnk nya minta di jadiin januari…gk ada biaya tambahan, lagian sales jg ngejar setoran tutup taun..biasanya dpt diskon lumayan.
    http://www.masshar2000.wordpress.com

  2. Tepat sekali Bang Iwan…Terima Kasih telah membantu kami untuk meng Clear-kan tentang masalah BBN di JawaTimur ini.

    Kami dari Kawasakijatim.com juga memberikan harga seperti itu, karena pemerintah daerah sendiri belum memberikan kepastian pemberian BBN untuk tahun 2013 dan kami selalu wait n see untuk Penetapan BBN tahun 2013 yang sampai hari ini belum ditentukan.
    Sekalian Ijin untuk share ke Para Konsumen Kawasaki khususnya di Jawatimur agar semakin mengerti tentang peraturan BBN ini..

    Terima Kasih

    Artina Dewi
    http://www.kawasakijatim.com/

  3. Maksudnya itu gini Lik Iwan:

    Harga 59.jt150rb itu tuk Harga Ninja 250ABS taon produksi 2012.

    Sedangkan untuk Taoun produksi 2013 Harga Off The Road nya sama, tapi tarif BBN nya berbeda, karna tiap taonnya emang BBN hampir selalu naik.

    Mungkin si Salesmannya blm tahu berapa tarif BBN tuk Ninja yg tahun 2013. Jadi ada selisih tarif BBN untuk tahun 2013 dg tahun 2012.

  4. mahal bgt 59jt masih nambah tp murah jg drpd DTracker 250 masih nambah 20jt lg, sukurlah orang indonesia skrg dah tbh kaya

  5. komentator2 yg atas2 cuman bsnya blg”pertamax”, “keduax”, dan komentar yg gk mutu. mw pamer bandwidth? gk dsini tempatnya bro…

  6. bru yudha depp masih sodaraan sama bucek depp atau johny depp?? Pictnya lbh kliatan spt boysband daripada seorang blogger motor…hehehehe kidding bro

  7. Masalah Harga OTR memang tiap daerah berbeda, disamping jarak dgn Jakarta yg berpengaruh thdp biaya distribusi, komponen harga yg paling berpengaruh adalah BBN.

    Dimana besaran BBM itu ditetapkan lewat PERDA jd tiap daerah bisa saja tarifnya berbeda. Sebagai contoh :

    Harga OTR CBSF di Jkt : 22.2jt tapi dilampung yg jaraknya gk lebih jauh dari JKT kerawang harga CBSF dilepas dg bandrol 23.3jt.

    Verza CW di Lampung 18.1jt. Hal ini disebabkan tarif BBN di lampung 12.5% dari Harga Faktur = lebih besar dari Jkt.

  8. mas iwan,

    iya saya juga kena biaya BBN untuk pembelian kawasaki new ninja RR perakitan 2013, sebesar 161rb (setelah stnk keluar)

  9. aneh!! ane kok ga ya bero pembelian februari… :D kalau udah OTR ya tinggal pake aja masa ada biaya lagi… On the Road (tinggal di gas red)

  10. setahu saya pajak BBN itu jika pembeli/konsumen membeli secara cash maupun kredit, OTR tidak dikenakan biaya lagi BBNnya.
    jadi sesuai harga OTR yang ditetapkan dealer itu semua sudah menyangkut BBNnya pula. saya sendiri baru tahu jika ada cara purna jual dari dealer seperti ini?
    did you know mengapa demikan?

    secara dealer tersebut sudah mengantongi ijin perdagangan. dan KMI/atpm yang bersangkutan sebagai produsen yang menjual part dan motor dan mendistribusikan ke berbagai pelosok dealer setempat, tapi beban bea balik nama(BBN) ditanggung dealer setempat lah yang mengurusinya. sampai STNK plat nomor dan nama pemilik semua ditanggung dealer. konsumen hanya mengeluarkan uang OTR saja dan tidak lagi dikenakan BBN!

    sudah menjadi ketentuan karena setiap daerah berbeda plat nomor polisi. apa iya KMI yang repot2 mengurusi plat nomor? bukan dong. pastinya dealer setempat. jadi menurut saya alasan dealer ini terbilang membodohi konsumen yang awam masalah pajak dan bea nama balik.

  11. @bro Riky

    sedikit gambaran dari saya pengguna cbr15 pgm-F1 lansiran 2012 akhir

    harga OTR RP.33 juta dan tercantum pula BBN di STNK sebesar 2jutaan (pajak motor CBU).
    saya beli secara cash tapi tidak ada pungutan dari dealer lagi seperti keluhan sampeyan.

    waktu pertama beli bikin tanda jadi Rp.2 juta..sisanya berarti Rp. 31 juta. dan sudah selesai segala urusan pajak. stnk. plat nomor, dan bpkb semua dikerjakan dan diurusin dealer setempat.
    kita sebagai konsumen hanya duduk manis saja. untuk pengerjaan itu semua maklum agak lama. karena memang tabiat orang dealer sudah mendarah daging. seperti uang rokok itu pastilah ada

  12. mau gimana juga jawa timur itu kadang memang mahal bro, pajeknya aja kadang lebih mahal dibanding provinsi lain di jawa.

  13. Tentang BBN setiap daerhny berbeda gan… tiap tahunya naik..dlu ane bli old ninja SE awal 2011 juga-,,nunggu harga pasti plus BBN thun 2011 …..
    N kmrin ane ambil ninja fi bulan november d prwkrto masih 53,5 jta n awal 2013 naik mnjadi 55,5 jta..apa iya BBN naikny tinggi bngt sampe 2jta..n buln ini
    ktanya mau naik lagi …skdar info aja gan kawasaki z250 d prwokrto d bandrol 55 jta..

  14. di prwokrto ko ninja 250 fi ABS mahal bener y gan sampe 60,5 jta ….apa delerny yg nakal ya gan

  15. @IWB

    mohon berikan info buat bro Riky di korea itu. namanya beli motor baru berarti sebagai pemegang pertama sesuai dengan nama antara BPKB dan nama KTP si pembeli. urusan pajak itu sudah tanggungan dealer! kasihan bro Riky kalau sampai mau bayar BBN diluar biaya OTR tadi..

    apalagi Ninja 250cc BBNnya bisa 3kali lipat harga BBN cbr150 saya. ini motor CBU masalahnya!

  16. bbn katanya pengaruh dr tahun pembuatan/perakitan motor. tiap wilayah jg bisa beda. sales hanya antisipasi apabila ada kenaikan BBN ditahun perakitan 2013 yg belum pasti….jd user biar tidk kaget bila ada kenaikan bbn. seandainya bbn tetap ya tidak ada biaya bbn lg. imho. seperti pembelian motor yg inden desember 2012 akhir jg dpt info, “harga belum termasuk kenaikan bbn tahun 2013.

  17. lebih mudahnya, minta foto copy stnk kawasaki 250fi 2012 rakitan 2012, kemudian stnk 2013 rakitan 2012, dan stnk 2013 rakitan 2013. kemudian lihat harga masing2

  18. lebih mudahnya, minta foto copy stnk kawasaki 250fi 2012 rakitan 2012, kemudian stnk 2013 rakitan 2012, dan stnk 2013 rakitan 2013. kemudian lihat harga masing2 BBN apakah ada perubahan..

  19. @bayu junior
    di jogja OTR ninject non abs bisa selisih sampe 5jt dibanding jakarta. harga z250 OTR kabarnya sekitar 53, sama selisih 5jt kan dibanding jakarta. padahal harga OTR inazuma cuma selisih 700rb dibanding jakarta. gimana nih mas iwan.

  20. sekedar info mas Iwan, saya tinggal dikota kecil Ponorogo jawa timur…OTR Ninja250 non ABS 55jt,ABS 59jt+kenaikan BBN(bukan BBN)

  21. baru tau ada modus model kayak gitu…kalo konsumen tahunya ya harga yg tercantum di pricelist itu uda termasuk semua admin bbn dsb….kecuali kalo pilih plat nomer ya beda cerita

  22. Utk mas iwan pertama saya ucapkan terima kasih..
    Utk mas mas komentator semua ini.adanya di dealer Hr Muhammad sebenarnya saya sempt bingung katanya OTR tapi kok ada biaya lagi kl misalkan di bilang ini harga sekarang pak dan bisa naik sewaktu waktu kl bilang kayak gitu lebih enak dibanding kata belum termasik bbn.

  23. pajak digunakan untuk kemakmuran rakyat…

    pejabat negara juga rakyat..

    galakkan pajak untuk kemakmuran pejabat/ rakyat

  24. BBN sudah pasti ada setiap penjualan kendaraaan bermotor

    maksudnya adalah bilamana ada kenaikan tarif BBN di tahun baru karena pejabat/rakyat masih kurang makmur maka konsumen akan ditagih lagi kekurangannya .

    OM IWb judulnya bgak pas

  25. @ 53. pudak
    Bagus idenya.
    @ 54. anton nugroho
    Walah..larang tenan :roll:
    @ 59. etor
    Kalau saya tangkap begitu bro
    @ Riky
    Ancen mending dijadikan satu dengan hrga OTR-nya ketimbang terpisah soalnya kesannya jadi nggak resmi. Anyway semoga Kawasaki bisa memberikan pencerahan biar konsumen nggak bingung….
    @ 67. Kim Jong Un
    Thank u masukannya mzbro….

  26. Analisa ane justru geng ijo blm ambil keputusan besarnya kenaikan bbnkb, malah 2 raksasa yimm n ahm udah duluan mutusin besarannya.
    Kemaren waktu ane tanya harga nvl bulan des 12, yimm sudah ngasih bocoran kalo kenaikan bbnkb untuk jatim 500 rb. Terbukti pas ane byr nvl d januari harga otr nya 23.320 rb.
    Mestinya kawasaki segera memutuskan besarannya agar konsumen tdk d buat galau.

  27. Bentar lagi ninja bakal ada lawan bro makanya mumpung blm brojol lawannya mending dinaikin saja harganya, toh bentar lagi ninja 250fi bakal distop produksi ganti yg 300cc sambil nyari untung kembalikan modal heheeee

  28. sy jadi mikir lagi untuk meminangnya,bukan masalah harganya,tp caranya,,saya kurang sreg,tapi ada rasa galau juga,kira2 yamaha kapan ya ngeluarin yg 250 cc ini,pengen tau,,kaya apa,kl yamaha lebih bagus,dan harga sama kayaknya mendingan yamaha,asalkan 2 silinder.

  29. bbn d naikin n emisi d sruh bayar pajak.lo pemasukan negara uda naik buru buru

    KORUPSI DI GEDEIN

    sekali lagi

    KORUPSI DI GEDEIN

    one more

    KORUPSI DI GEDEIN

    KWAKWAKWAKWAKWAKWAK

    PEJABAT GILA PNATASNYA BUWAT

    DI BUAKARRRRRRRRRRRR

  30. PM
    bbn d naikin n emisi d sruh bayar pajak.lo
    pemasukan negara uda naik buru buru
    KORUPSI DI GEDEIN
    sekali lagi
    KORUPSI DI GEDEIN
    one more
    KORUPSI DI GEDEIN
    KWAKWAKWAKWAKWAKWAK
    PEJABAT GILA PANTASNYA BUWAT
    DI BUAKARRRRRRRRRRRR

  31. 59jt 150rb On The Road= sudah biaya semuanya alias pembeli sdh tdk tambah apa2 lagi.
    kalo msh nambah bbn itu berarti Off The Road.

  32. kok ijik murah???
    Desember kemaren dapet 59,9jt karisidenan surakarta… :(

    kalo keaikan BBn paling naik 200-500rb… masih mending dari harga ninja 2012

  33. dealer kaoskaki paling aneh. Kalo honda yg namanya OTR ya sesuai brosur tp kalo cash malah dapat potongan 250-400rb kita dah gak perlu kluar uang lagi.
    pajak di jatim memang tinggi banget. Mangkane gajih gub jatim paling tinggi se Indonesia sampai 600jt lebih/bln tp setoran ke negara juga paling GEDE.

  34. Iya betul bang IWB..sesuai penjelasnnya..saya 3 kali beli kawasaki ninja dealernya di solo..juga begitu kejadiannya,beli harga otr..kmudian,diawal beli dibilangin,.”Mas,ini nanti dikenakan tambahan biaya kenaikan BBN ya”…..xiixix..***gak pernah dapat cash back klao beli Ninja,knapa ya..?..hehee..

  35. Memang hanya kawasaki yg beda banget antara harga jkt dan surabaya. Kalau honda hanya beda 100rb, tp kawasaki bisa sampai jutaan. Nyebelin banget emang kawasaki jatim nih…..

  36. Kok bisa ya, sudah maret 2013 tapi barang kok produksi 2012, berarti barang nggak laku dong?, padahal ini pake inden. Tlg jelasin dong yg ngerti..

  37. Di jatim cm ada main dealer lsg buka cabang dimana2, surapita unitrans. Kemungkinan upping price oleh main dealer lsg. Ama jateng aja mahalan sini jauh…..dan uniknya selisih harga segitu jauh hanya di kawasaki……

  38. bbn jatim emang kelewatam mahalmya. ni.ja 250 yg lama aj dl harganya ampe 52 jt yg std pdhl di jakarta 46.5 jt. kl motor bisa lewat tol se gpp bbn mahal

  39. bukan salah dealernya tp emang bbn jatim yg mahal. motor harga 15-20 jt selisih 1 jtaan dg jkt, motor 30an jt slsih 2 jtaan dan diatas 50 jt selisih 4 jtan. 2 th lalu ane beli terios aj selisijnya 12 juta dg otr jakarta dg tipe yg sama

  40. buat apa aja pajak motor segitu besarnya. kualitas jalan aja ecek2..masa jalan baru diaspal rentang 3-4 bl dah hancur lagi..apa uang rakyat dihamburkan seperti ini terus dan pajak target naik terus tiap tahun

  41. ….kok jauh2 jawa timur, jakarta-depok, udah beda, beda 200rb untuk motor 40jt++++, klo 30jt++ = 150rb…, 20jt+++= 100rb :(( …. semakin jauh dari jakarta makin mahal…. :D …. padahal jakarta – depok tinggal “ngesot” juga sampai….

  42. Benar mas Dab, kmrn Des 2012 inden motor Honda, Januari diantar dan dapat produk tahun 2013 dapat bonus tambahan biaya Balik Nama Rp. 100 ribu dari WahanaTangerang untuk B6735GAS….tapi dikasih tahu biaya tambahan sebelum motor dikirim tuh…

  43. si sales pastinya udah ditraning cara cara ngibulin konsumen dengan bilang harga On The Road tapi ++ BBN baru…seperti pabrikannya laghh yg ogah rugi ngeganti fairing meleleh kalo ngga dipublikasi lebih dulu …jadiiii…kalo ngga gitu, tu sales mau makan apa ?..*quote: Jaos Dewa dungu FBY*

  44. BBN opo toh?!??!?!? arep tuku seng luwih apek wae ndadak di angeli….. onone seng klotok klotok, moge look doang… yo uwis anane disuguhi kuwi nek arep seng murah…

  45. pajak mahal kalo emang sesuai aturan sih, ngga masalah… cuma ini kan bilangnya On the road… bilang aja off the road, atau harga naik.. kan enak kalo gitu… ngga usah ngibul….

  46. mungkin OTR yg dimaksud itu BBN nya sementara pakai besaran BBN 2012.tp karena ada kepastian bbn naik,ya salesnya bilang dari awal ada”tambahan kenaikan bbn”.sama halnya kalo ternyata bbn 2013 besarannya turun.mesti si sales bakal bilang nanti ada cash back “kelebihan pembayaran bbn” (tp mgkin ga ya… :p)
    miscom aja ini mah :D

  47. Amatlah banyak yg di berikan rakyat kita kpd pmrntah(tkg perintah),tapi apa yg di dapatkan rakyat darp pmrntah???? Kecuali tiap gundul di palakin pajak yg beraneka ragam. Pmrntah emang preman legal,yg selalu membebani rakyatnya dgn hutang2 dia. Pmrntah emang theloghok!!!!

  48. Pemerintah ki pancen asu. Pajak munggah2 terus, tapi manfaate ora ono. Opo nek ono manfaate yo ora sepiro.
    Ayo, pengunjung warunge mas Iwan, do ora usah bayar pajak kendaraan bermotor wae nganti pemerintah genah.

  49. Benar sekali Bro, memang seperti itulah peraturan pemerintah kita…

    Untuk para nggemar ( NINJA MANIA) ditawarkan untuk dijual :

    Jenis Barang : Kawasaki Ninja 250 cc, SE, ABS.
    Kondisi : Brand New ( Asli / Resmi dealer )
    Tahun : 2013
    Warna : Bisa pilih warna sesuai kesukaan
    Harga : Rp 57.500.000,00 saja ( on the road )
    Lokasi : Surabaya Jawa Timur
    Sistem : Inden

    Semoga kami bisa menjadi solusi bagi para penggemar Ninja Maniadi kota pahlawan

    Kontak :

    Alamsyah
    Jl. Sukodami III surabaya-Jawa Timur
    Mobile Phone : 087853302010 (XL)
    Pin BB : 28E52357
    Email : m.firman_aa@yahoo.co.id

  50. Keterangan Tambahan : On the road yang kami maksud adalah harga tersebut sudah termasuk biaya BBn dan pembeli sudah menerima STNK atas nama pembeli sendiri. Terima kasih….semoga berkenan…

  51. Have you ever considered about adding a little bit more than just your articles?
    I mean, what you say is fundamental and everything. But just imagine if you added some great visuals or video clips to give your posts more,
    “pop”! Your content is excellent but with images and videos,
    this blog could definitely be one of the best in its field.
    Very good blog!

  52. Exceptional post however I was wondering if you could write a litte more on this
    subject? I’d be very thankful if you could elaborate a little bit further. Cheers!

  53. Just info Stnk Nining 250cc FI 2013 saya sdh keluar Dan ini yg tertera di Stnk Nya:

    Bnb.Kb : Rp.4.120.000
    Pkb : Rp.824.000
    Swdkljj : Rp.35.000
    Adm.stnk : Rp.50.000
    Adm.Tnkb : Rp.30.000

    Total : Rp.5.059.000 ( Stnk smp Tgl 01-07-2014 )