iklan iwb

2008_Ninja250RJudul diatas IWB comot dari surel bro Riky yang dikirim dari Korea. Sebagai biker yang bekerja diluar negeri, doi merasa sangsi atas info yang diberikan oleh satu dealer Kawasaki tentang penambahan BBN untuk produk keluaran 2013.? Bro Riky berdomisili diSurabaya….bermaksud memboyong Ninja 250FI, namun penjelasan yang diutarakan lumayan membuat bingung. Berikut penuturannya seperti yang disampaikan ke IWB……460x170-2iwanbanaran_newfino

Mas Iwan perkenalkan nama saya Riky. Tadi siang (12-3-2013) saya suruh istri telpon salah satu dealer Kawasaki diSurabaya (saya masih kerja diluar negeri mas rencana bulan 9 pulang). Rencana sih mau inden Ninja 250ABS, istri saya tanya harganya dan kata salesnya 59juta 150 ribu OTR, tapi katanya belum termasuk BBN-nya, dan besarnya BBN itu nanti taunya kalo STNK udah keluar. Nah istri saya nggak ngerti masalah gitu-gituan….

Nggak pake lama istri sms saya, suruh saya aja yang telpon langsung ?ke dealernya. Nggak pake lama juga saya langsung telpon, terus si-sales jelasinnya gini…..”Pak Riki, harga 59 juta 150 ribu itu harga yang untuk produksi 2012, nah kalau pak Riky nanti dapat yang produksi 2013, maka yang 59juta 150 ribu itu ditambah BBN lagi, dan besar kecilnya BBN itu ketahuannya nanti kalo STNK udah keluar….

iklan iwb

Mas Iwan sepengetahuan sampean, apa memang begitu? atau sampean tau nggak saya harus bertanya ke siapa? kalo memang seperti itu saya tidak keberatan. Tapi yang saya kawatirkan justru salesnya yang mau ambil ceperan. Jadi tolong mas Iwan barang kali sampean punya teman, atau komentator-komentator di Blog sampean ada yang tau?. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih mas Iwan. Salam dari Korea.

Yup…itulah surel bro Riky yang dikirim ke warung IWB. Sebagai informasi, pertanyaan tersebut banyak dilontarkan para biker yang ingin membeli produk Kawasaki. Jadi, artikel ini sekaligus menjawab kebingungan bro-bro yang belum sempat IWB reply via email. Inilah alasan yang IWB bisa kemukakan…

TVSMotorPemerintah memang menaikkan biaya BBN atau biasa disebut bea balik nama serta pajak kendaraan bermotor dibulan Maret 2013 ini. Sayang…besarnya kenaikan belum diputuskan sehingga produsen tidak punya patokan baku sebagai pegangan. Selain itu…..presentase kenaikan perwilayah juga tidak sama. Tergantung kebijakan masing-masing daerah. Tidak heran…mayoritas produsen baru bisa memberikan informasi biaya BBN setelah STNK keluar……

Uniknya….yang yang banyak mengeluh adalah para pembeli Kawasaki. Sedang pabrikan lain belum IWB temui. Kemungkinan….geng ijo sudah start duluan mengikuti peraturan berjalan dengan menaikkan banderol produknya. Sedang pabrikan lain….sepertinya masih “wait and see”. So…buat bro Ricky, IWB yakin si-sales tidak cheating atau cari ceperan. BBN pasti tetap ada walau sampeyan membeli produk Ninja 2012. Yang membedakan tentu saja besarnya jumlah yang kudu dibayar dibanding versi Maret 2013 keatas sesuai kenaikan yang terjadi. So…selisihnya tersebut yang dibebankan kekonsumen. Mungkin begitulah kira-kira. Ada yang mau nambahin brosis??…..(iwb)

118 COMMENTS

  1. setahu saya memang ada, kemarin saya beli vario bln 12..stnk jadi bln januari..blm kena bbn..trus saudara saya beli vario jg, bln januari memang harganya naik kena bbn..kisaran 2 %..
    dimana2 emang gitu..kan tahun perakitan jg beda..jadi kalo mau beli mending pas bln desember aja, trus stnk nya minta di jadiin januari…gk ada biaya tambahan, lagian sales jg ngejar setoran tutup taun..biasanya dpt diskon lumayan.
    http://www.masshar2000.wordpress.com

  2. Tepat sekali Bang Iwan…Terima Kasih telah membantu kami untuk meng Clear-kan tentang masalah BBN di JawaTimur ini.

    Kami dari Kawasakijatim.com juga memberikan harga seperti itu, karena pemerintah daerah sendiri belum memberikan kepastian pemberian BBN untuk tahun 2013 dan kami selalu wait n see untuk Penetapan BBN tahun 2013 yang sampai hari ini belum ditentukan.
    Sekalian Ijin untuk share ke Para Konsumen Kawasaki khususnya di Jawatimur agar semakin mengerti tentang peraturan BBN ini..

    Terima Kasih

    Artina Dewi
    http://www.kawasakijatim.com/

  3. akankan kawasaki ninja 250 fi akan terus berjaya
    sekarang bisa seenaknya nentukan harga. tapi
    tunggu saja ketika lawan sepadan datang,,,
    bisa-bisa turun harga
    yudhadepp.blogspot.com/2013/03/yimm-merebut-tahta-250cc-bila.html?m=0

  4. kejadian diatas bisa terjadi dalam sistem monopoli pasar.
    produsen bisa menentukan harga sesukanya terhadap
    konsumen karena enggak ada produk yang sama pada
    pasar.
    yudhadepp.blogspot.com/2013/03/motor-injeksi-ibarat-mawar-berduri.html?m=0

  5. Maksudnya itu gini Lik Iwan:

    Harga 59.jt150rb itu tuk Harga Ninja 250ABS taon produksi 2012.

    Sedangkan untuk Taoun produksi 2013 Harga Off The Road nya sama, tapi tarif BBN nya berbeda, karna tiap taonnya emang BBN hampir selalu naik.

    Mungkin si Salesmannya blm tahu berapa tarif BBN tuk Ninja yg tahun 2013. Jadi ada selisih tarif BBN untuk tahun 2013 dg tahun 2012.

  6. mahal bgt 59jt masih nambah tp murah jg drpd DTracker 250 masih nambah 20jt lg, sukurlah orang indonesia skrg dah tbh kaya

  7. komentator2 yg atas2 cuman bsnya blg”pertamax”, “keduax”, dan komentar yg gk mutu. mw pamer bandwidth? gk dsini tempatnya bro…

  8. bru yudha depp masih sodaraan sama bucek depp atau johny depp?? Pictnya lbh kliatan spt boysband daripada seorang blogger motor…hehehehe kidding bro

  9. Masalah Harga OTR memang tiap daerah berbeda, disamping jarak dgn Jakarta yg berpengaruh thdp biaya distribusi, komponen harga yg paling berpengaruh adalah BBN.

    Dimana besaran BBM itu ditetapkan lewat PERDA jd tiap daerah bisa saja tarifnya berbeda. Sebagai contoh :

    Harga OTR CBSF di Jkt : 22.2jt tapi dilampung yg jaraknya gk lebih jauh dari JKT kerawang harga CBSF dilepas dg bandrol 23.3jt.

    Verza CW di Lampung 18.1jt. Hal ini disebabkan tarif BBN di lampung 12.5% dari Harga Faktur = lebih besar dari Jkt.

  10. mas iwan,

    iya saya juga kena biaya BBN untuk pembelian kawasaki new ninja RR perakitan 2013, sebesar 161rb (setelah stnk keluar)

  11. aneh!! ane kok ga ya bero pembelian februari… 😀 kalau udah OTR ya tinggal pake aja masa ada biaya lagi… On the Road (tinggal di gas red)

  12. setahu saya pajak BBN itu jika pembeli/konsumen membeli secara cash maupun kredit, OTR tidak dikenakan biaya lagi BBNnya.
    jadi sesuai harga OTR yang ditetapkan dealer itu semua sudah menyangkut BBNnya pula. saya sendiri baru tahu jika ada cara purna jual dari dealer seperti ini?
    did you know mengapa demikan?

    secara dealer tersebut sudah mengantongi ijin perdagangan. dan KMI/atpm yang bersangkutan sebagai produsen yang menjual part dan motor dan mendistribusikan ke berbagai pelosok dealer setempat, tapi beban bea balik nama(BBN) ditanggung dealer setempat lah yang mengurusinya. sampai STNK plat nomor dan nama pemilik semua ditanggung dealer. konsumen hanya mengeluarkan uang OTR saja dan tidak lagi dikenakan BBN!

    sudah menjadi ketentuan karena setiap daerah berbeda plat nomor polisi. apa iya KMI yang repot2 mengurusi plat nomor? bukan dong. pastinya dealer setempat. jadi menurut saya alasan dealer ini terbilang membodohi konsumen yang awam masalah pajak dan bea nama balik.

  13. @bro Riky

    sedikit gambaran dari saya pengguna cbr15 pgm-F1 lansiran 2012 akhir

    harga OTR RP.33 juta dan tercantum pula BBN di STNK sebesar 2jutaan (pajak motor CBU).
    saya beli secara cash tapi tidak ada pungutan dari dealer lagi seperti keluhan sampeyan.

    waktu pertama beli bikin tanda jadi Rp.2 juta..sisanya berarti Rp. 31 juta. dan sudah selesai segala urusan pajak. stnk. plat nomor, dan bpkb semua dikerjakan dan diurusin dealer setempat.
    kita sebagai konsumen hanya duduk manis saja. untuk pengerjaan itu semua maklum agak lama. karena memang tabiat orang dealer sudah mendarah daging. seperti uang rokok itu pastilah ada

  14. khe-head pada Maret 13, 2013 pada 5:31 PM

    bru yudha depp masih sodaraan sama bucek depp atau johny depp??
    Pictnya lbh kliatan spt boysband
    daripada seorang blogger motor?hehehehe kidding bro
    ———–
    Harap dimaklumin ya sobat
    maklum waktu SMA saya kan model Aneka Yess
    hahhaaaa kabuuuuuuuur,,,,,,

    buat yang suka ngebut saya undang ke sini

    yudhadepp.blogspot.com/2013/02/mau-ngebut-180-kpj-ini-jalannya.html?m=0

  15. mau gimana juga jawa timur itu kadang memang mahal bro, pajeknya aja kadang lebih mahal dibanding provinsi lain di jawa.

  16. Tentang BBN setiap daerhny berbeda gan… tiap tahunya naik..dlu ane bli old ninja SE awal 2011 juga-,,nunggu harga pasti plus BBN thun 2011 …..
    N kmrin ane ambil ninja fi bulan november d prwkrto masih 53,5 jta n awal 2013 naik mnjadi 55,5 jta..apa iya BBN naikny tinggi bngt sampe 2jta..n buln ini
    ktanya mau naik lagi …skdar info aja gan kawasaki z250 d prwokrto d bandrol 55 jta..

  17. di prwokrto ko ninja 250 fi ABS mahal bener y gan sampe 60,5 jta ….apa delerny yg nakal ya gan

  18. @IWB

    mohon berikan info buat bro Riky di korea itu. namanya beli motor baru berarti sebagai pemegang pertama sesuai dengan nama antara BPKB dan nama KTP si pembeli. urusan pajak itu sudah tanggungan dealer! kasihan bro Riky kalau sampai mau bayar BBN diluar biaya OTR tadi..

    apalagi Ninja 250cc BBNnya bisa 3kali lipat harga BBN cbr150 saya. ini motor CBU masalahnya!

Comments are closed.