iklan iwb

2008_Ninja250RJudul diatas IWB comot dari surel bro Riky yang dikirim dari Korea. Sebagai biker yang bekerja diluar negeri, doi merasa sangsi atas info yang diberikan oleh satu dealer Kawasaki tentang penambahan BBN untuk produk keluaran 2013.? Bro Riky berdomisili diSurabaya….bermaksud memboyong Ninja 250FI, namun penjelasan yang diutarakan lumayan membuat bingung. Berikut penuturannya seperti yang disampaikan ke IWB……460x170-2iwanbanaran_newfino

Mas Iwan perkenalkan nama saya Riky. Tadi siang (12-3-2013) saya suruh istri telpon salah satu dealer Kawasaki diSurabaya (saya masih kerja diluar negeri mas rencana bulan 9 pulang). Rencana sih mau inden Ninja 250ABS, istri saya tanya harganya dan kata salesnya 59juta 150 ribu OTR, tapi katanya belum termasuk BBN-nya, dan besarnya BBN itu nanti taunya kalo STNK udah keluar. Nah istri saya nggak ngerti masalah gitu-gituan….

Nggak pake lama istri sms saya, suruh saya aja yang telpon langsung ?ke dealernya. Nggak pake lama juga saya langsung telpon, terus si-sales jelasinnya gini…..”Pak Riki, harga 59 juta 150 ribu itu harga yang untuk produksi 2012, nah kalau pak Riky nanti dapat yang produksi 2013, maka yang 59juta 150 ribu itu ditambah BBN lagi, dan besar kecilnya BBN itu ketahuannya nanti kalo STNK udah keluar….

iklan iwb

Mas Iwan sepengetahuan sampean, apa memang begitu? atau sampean tau nggak saya harus bertanya ke siapa? kalo memang seperti itu saya tidak keberatan. Tapi yang saya kawatirkan justru salesnya yang mau ambil ceperan. Jadi tolong mas Iwan barang kali sampean punya teman, atau komentator-komentator di Blog sampean ada yang tau?. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih mas Iwan. Salam dari Korea.

Yup…itulah surel bro Riky yang dikirim ke warung IWB. Sebagai informasi, pertanyaan tersebut banyak dilontarkan para biker yang ingin membeli produk Kawasaki. Jadi, artikel ini sekaligus menjawab kebingungan bro-bro yang belum sempat IWB reply via email. Inilah alasan yang IWB bisa kemukakan…

TVSMotorPemerintah memang menaikkan biaya BBN atau biasa disebut bea balik nama serta pajak kendaraan bermotor dibulan Maret 2013 ini. Sayang…besarnya kenaikan belum diputuskan sehingga produsen tidak punya patokan baku sebagai pegangan. Selain itu…..presentase kenaikan perwilayah juga tidak sama. Tergantung kebijakan masing-masing daerah. Tidak heran…mayoritas produsen baru bisa memberikan informasi biaya BBN setelah STNK keluar……

Uniknya….yang yang banyak mengeluh adalah para pembeli Kawasaki. Sedang pabrikan lain belum IWB temui. Kemungkinan….geng ijo sudah start duluan mengikuti peraturan berjalan dengan menaikkan banderol produknya. Sedang pabrikan lain….sepertinya masih “wait and see”. So…buat bro Ricky, IWB yakin si-sales tidak cheating atau cari ceperan. BBN pasti tetap ada walau sampeyan membeli produk Ninja 2012. Yang membedakan tentu saja besarnya jumlah yang kudu dibayar dibanding versi Maret 2013 keatas sesuai kenaikan yang terjadi. So…selisihnya tersebut yang dibebankan kekonsumen. Mungkin begitulah kira-kira. Ada yang mau nambahin brosis??…..(iwb)

118 COMMENTS

  1. bbn katanya pengaruh dr tahun pembuatan/perakitan motor. tiap wilayah jg bisa beda. sales hanya antisipasi apabila ada kenaikan BBN ditahun perakitan 2013 yg belum pasti….jd user biar tidk kaget bila ada kenaikan bbn. seandainya bbn tetap ya tidak ada biaya bbn lg. imho. seperti pembelian motor yg inden desember 2012 akhir jg dpt info, “harga belum termasuk kenaikan bbn tahun 2013.

  2. lebih mudahnya, minta foto copy stnk kawasaki 250fi 2012 rakitan 2012, kemudian stnk 2013 rakitan 2012, dan stnk 2013 rakitan 2013. kemudian lihat harga masing2

  3. lebih mudahnya, minta foto copy stnk kawasaki 250fi 2012 rakitan 2012, kemudian stnk 2013 rakitan 2012, dan stnk 2013 rakitan 2013. kemudian lihat harga masing2 BBN apakah ada perubahan..

  4. @bayu junior
    di jogja OTR ninject non abs bisa selisih sampe 5jt dibanding jakarta. harga z250 OTR kabarnya sekitar 53, sama selisih 5jt kan dibanding jakarta. padahal harga OTR inazuma cuma selisih 700rb dibanding jakarta. gimana nih mas iwan.

  5. kok gitu ya,,,,makin g kebeli
    ariblogmotor.wordpress.com/2013/03/13/cb150r-dari-karatan-bunyi-klotok2-dan-shockbreker-bocor/

  6. sekedar info mas Iwan, saya tinggal dikota kecil Ponorogo jawa timur…OTR Ninja250 non ABS 55jt,ABS 59jt+kenaikan BBN(bukan BBN)

  7. baru tau ada modus model kayak gitu…kalo konsumen tahunya ya harga yg tercantum di pricelist itu uda termasuk semua admin bbn dsb….kecuali kalo pilih plat nomer ya beda cerita

  8. Utk mas iwan pertama saya ucapkan terima kasih..
    Utk mas mas komentator semua ini.adanya di dealer Hr Muhammad sebenarnya saya sempt bingung katanya OTR tapi kok ada biaya lagi kl misalkan di bilang ini harga sekarang pak dan bisa naik sewaktu waktu kl bilang kayak gitu lebih enak dibanding kata belum termasik bbn.

  9. pajak digunakan untuk kemakmuran rakyat…

    pejabat negara juga rakyat..

    galakkan pajak untuk kemakmuran pejabat/ rakyat

  10. BBN sudah pasti ada setiap penjualan kendaraaan bermotor

    maksudnya adalah bilamana ada kenaikan tarif BBN di tahun baru karena pejabat/rakyat masih kurang makmur maka konsumen akan ditagih lagi kekurangannya .

    OM IWb judulnya bgak pas

  11. @ 53. pudak
    Bagus idenya.
    @ 54. anton nugroho
    Walah..larang tenan 🙄
    @ 59. etor
    Kalau saya tangkap begitu bro
    @ Riky
    Ancen mending dijadikan satu dengan hrga OTR-nya ketimbang terpisah soalnya kesannya jadi nggak resmi. Anyway semoga Kawasaki bisa memberikan pencerahan biar konsumen nggak bingung….
    @ 67. Kim Jong Un
    Thank u masukannya mzbro….

  12. tmcblog.com/2013/03/13/isle-of-man-tt-akan-jadi-ajang-pembuktian-cbr-500r-melawan-ninja-650/#comments
    ======================================================
    Honda gillaaaa…!!!!

  13. Analisa ane justru geng ijo blm ambil keputusan besarnya kenaikan bbnkb, malah 2 raksasa yimm n ahm udah duluan mutusin besarannya.
    Kemaren waktu ane tanya harga nvl bulan des 12, yimm sudah ngasih bocoran kalo kenaikan bbnkb untuk jatim 500 rb. Terbukti pas ane byr nvl d januari harga otr nya 23.320 rb.
    Mestinya kawasaki segera memutuskan besarannya agar konsumen tdk d buat galau.

  14. Bentar lagi ninja bakal ada lawan bro makanya mumpung blm brojol lawannya mending dinaikin saja harganya, toh bentar lagi ninja 250fi bakal distop produksi ganti yg 300cc sambil nyari untung kembalikan modal heheeee

  15. sy jadi mikir lagi untuk meminangnya,bukan masalah harganya,tp caranya,,saya kurang sreg,tapi ada rasa galau juga,kira2 yamaha kapan ya ngeluarin yg 250 cc ini,pengen tau,,kaya apa,kl yamaha lebih bagus,dan harga sama kayaknya mendingan yamaha,asalkan 2 silinder.

  16. bbn d naikin n emisi d sruh bayar pajak.lo pemasukan negara uda naik buru buru

    KORUPSI DI GEDEIN

    sekali lagi

    KORUPSI DI GEDEIN

    one more

    KORUPSI DI GEDEIN

    KWAKWAKWAKWAKWAKWAK

    PEJABAT GILA PNATASNYA BUWAT

    DI BUAKARRRRRRRRRRRR

  17. PM
    bbn d naikin n emisi d sruh bayar pajak.lo
    pemasukan negara uda naik buru buru
    KORUPSI DI GEDEIN
    sekali lagi
    KORUPSI DI GEDEIN
    one more
    KORUPSI DI GEDEIN
    KWAKWAKWAKWAKWAKWAK
    PEJABAT GILA PANTASNYA BUWAT
    DI BUAKARRRRRRRRRRRR

  18. 59jt 150rb On The Road= sudah biaya semuanya alias pembeli sdh tdk tambah apa2 lagi.
    kalo msh nambah bbn itu berarti Off The Road.

  19. kok ijik murah???
    Desember kemaren dapet 59,9jt karisidenan surakarta… 🙁

    kalo keaikan BBn paling naik 200-500rb… masih mending dari harga ninja 2012

  20. dealer kaoskaki paling aneh. Kalo honda yg namanya OTR ya sesuai brosur tp kalo cash malah dapat potongan 250-400rb kita dah gak perlu kluar uang lagi.
    pajak di jatim memang tinggi banget. Mangkane gajih gub jatim paling tinggi se Indonesia sampai 600jt lebih/bln tp setoran ke negara juga paling GEDE.

  21. Iya betul bang IWB..sesuai penjelasnnya..saya 3 kali beli kawasaki ninja dealernya di solo..juga begitu kejadiannya,beli harga otr..kmudian,diawal beli dibilangin,.”Mas,ini nanti dikenakan tambahan biaya kenaikan BBN ya”…..xiixix..***gak pernah dapat cash back klao beli Ninja,knapa ya..?..hehee..

  22. surabaya emang mahal mas
    versa cw aza 18,3 jt
    cb150f 23,6
    cbr 150 37 jt
    vixion selisin 1 jt ma OTR Jakarta

  23. Memang hanya kawasaki yg beda banget antara harga jkt dan surabaya. Kalau honda hanya beda 100rb, tp kawasaki bisa sampai jutaan. Nyebelin banget emang kawasaki jatim nih…..

  24. Kok bisa ya, sudah maret 2013 tapi barang kok produksi 2012, berarti barang nggak laku dong?, padahal ini pake inden. Tlg jelasin dong yg ngerti..

  25. Di jatim cm ada main dealer lsg buka cabang dimana2, surapita unitrans. Kemungkinan upping price oleh main dealer lsg. Ama jateng aja mahalan sini jauh…..dan uniknya selisih harga segitu jauh hanya di kawasaki……

  26. bbn jatim emang kelewatam mahalmya. ni.ja 250 yg lama aj dl harganya ampe 52 jt yg std pdhl di jakarta 46.5 jt. kl motor bisa lewat tol se gpp bbn mahal

  27. bukan salah dealernya tp emang bbn jatim yg mahal. motor harga 15-20 jt selisih 1 jtaan dg jkt, motor 30an jt slsih 2 jtaan dan diatas 50 jt selisih 4 jtan. 2 th lalu ane beli terios aj selisijnya 12 juta dg otr jakarta dg tipe yg sama

  28. buat apa aja pajak motor segitu besarnya. kualitas jalan aja ecek2..masa jalan baru diaspal rentang 3-4 bl dah hancur lagi..apa uang rakyat dihamburkan seperti ini terus dan pajak target naik terus tiap tahun

  29. ….kok jauh2 jawa timur, jakarta-depok, udah beda, beda 200rb untuk motor 40jt++++, klo 30jt++ = 150rb…, 20jt+++= 100rb :(( …. semakin jauh dari jakarta makin mahal…. 😀 …. padahal jakarta – depok tinggal “ngesot” juga sampai….

Comments are closed.