iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Hari ini, PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) secara resmi mengumumkan kehadiran Ninja Anniversary series ke 40 tahun melalui media sosial. Tepat pada tanggal 14 Maret 2024 pekan lalu, Ninja series 40 tahun mendarat di Tanah Air dan tidak pakai lama, ketiga series tersebut langsung dikirim dan sudah ada di Kawasaki Abdul Muis. Dan gilaanyaaa Ninja 40th anniversary ini dijual secara terbatas. Waahhh…

Lewat update-an di Instagram resmi Kawasaki Indonesia, KMI menggegerkan banyak media dan Kawasaki Lovers dengan memunculkan motor berjumlah tiga unit yang terselubung kain hitam. Tidak sedikit pula yang menanyakan atau menebak-nebak motor baru apakah yang akan launching pada tanggal 21 Maret 2024 tersebut. Dengan jarak waktu kurang lebih seminggu, KMI akhirnya mengumumkan kepada media dan Kawasaki Lovers melalui sosial media bahwa ketiga motor yang hadir di Tanah Air adalah Kawasaki Ninja Anniversary series 40 tahun (Ninja ZX-10R, Ninja ZX-6R dan Ninja ZX-4RR).

Retro livery tahun 1990-an, motor tipe sportbike ini mulai melejit kembali setelah digunakan oleh Jonathan Rea tiga tahun lalu pada ajang balap motor tahunan di WSBK Mandalika. Menyesuaikan dengan nama pendahulunya yakni Kawasaki ZXR750, memiliki tiga warna yang identik Lime Green, Pearl Crystal White and Blue. Logo “Kawasaki” besar di fairing samping dan lambang HUT ke-40 juga menjadi salah satu ciri khas dari keluaran di seri 40 tahun ini….

iklan iwb

Rangka serta swingarm di cat perak sebagai tanda bahwa Kawasaki tidak setengah-setengah dalam membuat desain yang tidak kalah menarik dengan tipe sportbike lainnya. Memiliki spesifikasi mesin yang berbeda-beda, Ninja ZX-10R bertenaga 156.8 {213 PS} / 13,200 rpm with Ram Air. Sementara power untuk Ninja ZX-6R adalah 95.2 kW {129 PS} / 13,000 rpm (with Ram Air) dan Ninja ZX-4RR yakni 56.7 kW {77 PS} / 14,500 rpm (with Ram Air).

Berbicara mengenai tenaga yang dihasilkan dari masing-masing tipe Ninja tersebut, Kawasaki selalu menggemparkan jagat raya dengan semakin upgrade-nya tenaga yang dimilikinya. Mengingat livery yang digunakan oleh Jonathan Rea untuk balap, three-colour livery yang memiliki ciri khasnya tersendiri ini memberikan gelar pertama WorldSBK buat Kawasaki. Saat itu ZXR750 H2 dikendarai oleh Scott Russell dari tim Muzzy Kawasaki dan mematahkan dominasi tim Ducati…

“Hadir dengan jumlah terbatas. Untuk Ninja ZX-10R sebanyak 5 unit, Ninja ZX-6R sebanyak 10 dan untuk ZX-4RR sebanyak 10 unit. Banyaknya antusias Kawasaki Lovers dengan kehadiran Ninja 40th Anniversary Edition ini tidak sedikit, maka dari itu kami mengucapkan banyak terima kasih atas antusiasme positif dari Kawasaki Lovers dan masyarakat Indonesia yang telah ikut meramaikan dunia otomotif khususnya sportbike dan merupakan salah satu collector’s item untuk penggemar Kawasaki.”, ucap Bapak Michael C. Tanadhi selaku Dept. Head Sales & Promotion PT. KMI. Beberapa poin NInja 40th anniversary…

Identik dengan warna biru yang digunakan ulang pada Ninja 40th Anniversary dan dipadukan warna putih hijau, mengingatkan pada warna yang digunakan ZXR750 di tahun 1989. Mesin supersport ini juga memiliki gaya identik dengan pembalap.

Pada tangki bensin terdapat logo 40th Ninja Anniversary yang dirancang dengan gaya mirip dengan stiker kejuaraan dan mengingatkan balap tahun 1980-an.

Logo Kawasaki yang bertuliskan warna biru dan warna dasar putih ini ada pada fairing samping diposisikan dengan ukuran dan keseimbangan ideal untuk setiap model.

Rangka dan swingarm Ninja ZX-10R, Ninja ZX-6R dan Ninja ZX-4RR di cat perak, mengingatkan pada bagian aluminium yang digunakan tahun 80 dan 90-an.

Front fork dari Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-6R di cat warna emas, terinsipirasi dari front fork ZXR400/250. Warna emas yang digunakan seri Anniversary ini warnanya lebih cerah dibandingkan dengan pendahulunya.

Warna Lime Green pada roda bagian depan dan belakang motor pada seri Anniversary ini menjadi ciri khas 40 tahun Ninja….(PT KMI PR)

 

 

1 COMMENT

Comments are closed.