iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Kawasaki memang beda cak. Pabrikan ini senantiasa bikin kejutan. Terbukti setelah pengumuman lahirnya Ninja Listrik pertamanya, Kawasaki telah mengambil langkah besar menuju masa depan netral karbon dengan mengungkapkan detail tentang sepeda motor hybrid pertamanya. Berbeda dengan Ninja e-1 dan Z e-1, Kawasaki Ninja 7 Hybrid 2024 diracik bukan hanya sekedar bertujuan untuk menjadi motor komuter perkotaan. Namun motor ini menawarkan performa instan yang dianggap setara dengan mesin 1000cc. Wowww…ini baru gebrakan. Seperti apa sosoknya ? intip detilnya dibawah ini…

Kawasaki USA baru saja mengumumkan kelahiran New Ninja 7 Hybrid yang akan menjadi motor fairing pertama produksi massal dari pabrikan besar dengan sistem “strong hybrid”, artinya dapat dijalankan dengan bahan bakar saja, listrik, atau kombinasi keduanya. Mengusung nama “Ninja 7 Hybrid”, Kawasaki memastikan niatnya untuk bersaing dengan model 600-700cc. Meski diberi nama 7, Ninja 7 Hybrid sebenarnya hadir dengan mesin Parallel-Twin 451cc berpendingin cairan….

Sayang Kawasaki belum memberikan banyak detail mengenai hal itu, namun dari spek kubikasi mesinnnya diduga menggunakan Ninja 400. Namun dengan crank case berbeda dan sisi kiri terdapat corong ram air. Kawasaki mengklaim mesinnya menghasilkan tenaga 58,3 hp. Foto tampilan speedometer TFT menunjukkan red line bermain diangka 11.000 rpm. Eitt tapi tunggu dulu cak, spek ini belum termasuk hybrid aktif. Sebab  dengan motor listrik yang nyantol maka output ledakan tenaga bisa meloncat hingga 68,5 hp. Itu akan membuat Ninja 7 Hybrid sedikit di depan Ninja 650 dan Z650 yang diklaim memiliki tenaga 67,3 hp pada 8.000 rpm. Juozz tenan….

iklan iwb

Memang cak….belum ada spek torsi yang muncul, namun kabarnya torsi spontan dari motor listriknya membuat Ninja 7 Hybrid memiliki tingkat akselerasi yang mampu menyaingi superbike. Hybrid sendiri hadir dengan tiga mode berkendara yakni Sport-hybrid, Eco-hybrid, atau EV. Sport-hybrid dan Eco-hybrid memberikan karakteristik berkendara yang berbeda, dengan fokus antara performa serta penghematan bahan bakar. Kawasaki tidak memberikan rincian apa pun, namun klaimnya motor ini akan sehemat seperti motor 250cc…

Sedang EV adalah mode full listrik dengan kecepatan terbatas yang dirancang untuk berkendara di area yang mungkin peka terhadap kebisingan, seperti area pemukiman yang sepi. Seperti model e-1, ada juga “mode berjalan” yakni mode melaju pelan maju atau mundur dengan bantuan listrik saat manuver pada kecepatan rendah. Berbeda dengan motor listrik, Ninja 7 Hybrid hadir dengan transmisi enam percepatan, namun berbeda dengan motor manual, koplingnya otomatis. Tidak ada tuas kopling atau tuas gear pada foot step. Sebagai gantinya, switchgear kiri dilengkapi tombol untuk beralih antara transmisi otomatis dan manual, bersama dengan tombol “+” upshift di bagian depan dan tombol “-” downshift….

Kawasaki juga merancang mesinnya dengan fungsi idling stop, yaitu mematikan mesin saat berhenti total guna menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Yang keren cak…Kawasaki menambahkan apa yang disebutnya fungsi Automatic Launch Position Finder yang secara otomatis berpindah ke gigi satu saat start dari posisi diam. Oh ya cak….Ninja 7 Hybrid menggunakan rangka teralis baja baru dengan mesin, motor, dan baterai lithium-ion 48V yang disimpan di bawah jok. Kawasaki mengatakan elemen-elemen ini diposisikan untuk mengoptimalkan distribusi bobot…..

Komponen mekanisnya ditutupi oleh fairing dengan intake scoop di kedua sisi pipa header. Intake kiri mengalirkan udara pendingin ke powertrain, sedangkan intake kanan mengarah ke terowongan yang fokus pada pendinginan baterai. Di bagian depan, Hybrid menggunakan fairing dengan dagu menonjol yang biasa kita temukan pada model Ninja lainnya. Yahh moncong depannya jadi mirip New ZX6R cak. Indikator lampu sein juga disematkan pada fairing depan seperti pada anggota keluarga Ninja lainnya. Kawasaki tidak membeberkan detail mengenai sistem suspensinya, namun jika dilihat secara visual terlihat garpu teleskopik yang mirip dengan yang ada pada Ninja 400….

Lengan ayunnya juga mirip dengan Ninja 400, namun pada Ninja 7 Hybrid menggunakan sistem linkage yang berbeda. Velgnya juga tampak mirip dengan Ninja 400, termasuk bannya menggunakan ban tubeless Dunlop Sportmax Q5A, dengan ukuran 120/70ZR17 depan dan 160/60ZR17 di belakang. Roda depannya menggunakan dual disk brake dengan kaliper dua piston Nissin yang sama dengan Ninja 650. Namun, roda belakang memiliki kaliper Nissin dua piston, bukan kaliper piston tunggal seperti versi 650. Hingga detik ini belum tergali cak berapa harga yang akan dipasang Kawasaki. Namun yang jelas Ninja 7 Hybrid ini sudah masuk masspro dan siap dirilis kepasar. Ediann…Kawasaki memang beda euy….(iwb)

10 COMMENTS

  1. Overall design kalah jaoh sama ninfi tetangga gua padahal udah hampir 10 taun yg lalu. Dongred full secara design nih
    Arm swing kotak tahu pula hadeuuuhh

Comments are closed.