iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….jiannn hot tenan iki karena IWB mendapatkan sebuah bocoran dari Mr. X (sebut saja demikian) yang ngeshare perihal indikasi PT SIS atau PT Suzuki Indonesia diam-diam sudah menyiapkan kejutan untuk meluncurkan Burgman dan Swish ditanah air. Wahhh seriusan kieeee ??

Sebuah percakapan whatsAp yang memuat perihal indikasi persiapan Suzuki untuk meluncurkan Swish 125 dan Burgman 125 tergali. Beberapa poin kalimat yang menarik cak, dari Mr. X ini menggaris bawahi kemungkinan akan diluncurkannya kedua matic ke Indonesia. Berikut percakapan yang IWB terjemahkan ke Bahasa Indonesia..

Q : Burgman dan Swish mau dirilis ya mz ?

iklan iwb

Mr. X : Kayaknya gitu kang, pokoknya kalau mekaniknya training sudah pasti 99% rilis. Ini masih belum training

Q : Keduanya ya mz ? (Burgman dan Swish)

Mr. X : Betul….

 

Nahh…memang rada ambigu cak percakapan diatas. Yang pertama adalah….Burgman dan Swish mau dirilis ?? jawabannya…” kayaknya iya”…

Tapi pada kalimat berikutnya…masih belum training dan jika sudah, potensi dirilis adalah 99%. Yang jadi pertanyaan….benarkah Suzuki Indonesia diam-diam sudah training Burgman dan Swish ??

Sebagai informasi Suzuki Swish dari kacamata pribadi memang cukup ganteng cak. Suzuki Swish 125 2022 dibekali dengan mesin 4 stroke Suzuki Eco Performance (SEP) single silinder berkubikasi 124cc dengan sistem pendinginan udara. Dengan mesin tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 9.4 PS di 7000 Rpm dan torsi maksimal di angka 10 Nm di 6000 Rpm. Bobot skutik ini cukup ringan yakni mencapai 114 kg, tinggi jok 76cm yang tentunya ramah bagi biker, dan pada bagian roda mengadopsi ban depan berukuran 100/90-10 56J dan ban belakang berukuran 100/90-10 inci….

Sementara untuk Brugman 125, motor terbaru juga sudah berubah tidak lagi mengadopsi ban belakang 10inch. Yesss…pada gen baru Suzuki sudah merombak ban belakang. Jika sebelumnya komposisinya adalah 12 inch depan dan 10 inch belakang maka pada gan baru diperbesar menjadi 12inch. Artinya sekarang ukurannnya normal 12 inci depan belakang dengan  profil 100/80. Yess ini lebih besar dan lebih lebar dari roda 10 inci sebelumnya. Walau IMHO masih kurang gede sih size belakangnya seharusnya bisa 120. Untuk mesin sih sama-sama 125cc cak. Yang jadi pertanyaan…benarkah motor ini akan dirilis di Indonesia tahun depan ?

Nahh….dari beberapa informasi dan hasil terawangan yang IWB kumpulkan, untuk Burgman memang terbuka lebar. Namun untuk Swish…rasanya sangat kecil mengingat Suzuki Swish tidak diracik di India. Kenapa India lagiiii ??

Ini berhubungan dengan pajak import serta kebijakan Suzuki pusat yang mana mereka rata-rata mencurahkan semuanya disana sehingga Suzuki Jepang lebih suka memasarkan dari India ketimbang negara lain. Ini juga berhubungan dengan equity atau saham dimana Suzuki memiliki porsi cukup besar di India ketimbang negara lain seperti Taiwan misalnya. Apapun itu selentingan bocoran ini patut kita tampung dan mari kita pantau saja akan seperti apa ceritanya nanti. So…Burgman dan Swish dirilis di Indonesia ? sampeyan yeesss oraa ? monggo berikan opininya…(iwb)