iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk… jika kita membicarakan Suzuki tentu tidak lepas dengan mindset motor yang memiliki kualitas di atas rata-rata. Built quality konsisten tebal dan juga solid, engine kencang dan juga minim rewel. Tapi Suzuki juga tidak lepas dari Perhatian para Bikers yang sangat mengharapkan gebrakan dari pabrikan S ini. Dilalah isu beredar bahwa Suzuki sedang mempelajari 3 motor sport 250cc untuk dimasukkan di tanah air. Wowww….

Jika kita membicarakan Suzuki memang tidak lepas dari pergerakan riset and development yang tidak seagresif Yamaha, Honda ataupun Suzuki. Mungkin karena posisi kontrol sepenuhnya dilakukan dari Suzuki Jepang Sehingga memasung pergerakan lokal untuk maju ke depan. Selain itu dengan kondisi market yang tidak terlalu besar juga melemahkan daya gempur Suzuki dalam pengembangan produk baru. Apalagi regulasi yang dipatok Suzuki adalah…. setiap negara mendapatkan jatah untuk memproduksi produk yang akan dipasarkan..

Artinya tidak semua produk bisa diproduksi di tanah air. Jika Indonesia mendapatkan jatah memproduksi Suzuki Satria F150, Suzuki GSX R150 dan turunannya seperti GSX R150 ataupun Bandit 150..Nex II dan juga turunannya yang dipecah Dengan hadirnya Suzuki Nex 2 Cross Over…. maka untuk produk lain seperti Suzuki GSX 250R, ataupun Gixxer masing-masing diproduksi di Hajoue Cina serta India. Oleh karena itu jalan satu-satunya jika Indonesia ingin memasarkan produk tersebut adalah import CBU…

iklan iwb

Itulah yang cukup menyulitkan karena dengan import ini berarti bandrol yang akan dipasang tidak akan semurah lokal. Lawong ada pajak impor yang mengikuti cak. Namun bukan berarti kans untuk memasarkan produk-produk tersebut tertutup. Terbukti IWB mendengar kasak-kusuk Suzuki Indonesia sedang mempelajari setidaknya 3 produk motor sport 250cc guna dipasarkan di tanah air. Yang pertama adalah GSX 250R, yang kedua adalah Gixxer 250 SF dan ketiha versi nakednya. Nah…. untuk Gixxer 250 SF atau nakednya, motor akan didatangkan secara import dari India, sedang jika GSX250R bisa jadi dari Cina….

Untuk Gixxer250, jika kita melihat spesifikasi motor ini memang masih mengusung mesin 1 silinder. Tapi justru powernya lebih baik dibandingkan dengan GSX250R yang hanya memiliki power 24 hingga 25PS walaupun mesinnya sudah 2 silinder. Sementara untuk Gixxer 250 versi India ini sudah mengusung mesin 1 silinder 4 katup yang mampu memuntahkan tenaga hingga 26 PS. Bobot motor ini juga cukup ringan yakni berada di Kisaran 150-an kg. Untuk lain-lainnya tidak perlu kita jabarkan mengingat motor ini bukanlah motor baru dan pernah dibahas dalam artikel sebelumnya….

Last…. dalam artikel ini IWB hanya ingin meminta opini sampeyan bagaimana jika betul salah satu dari? dua motor tersebut dibawa ke tanah air? Apakah bakal mampu membuat sampeyan tergiur? Atau Adakah syarat tertentu supaya sampeyan bisa menerima motor ini sebagai tunggangan? Terlepas benar atau tidak isu ini Monggo berikan opininya supaya dibaca oleh Suzuki. Gixxer 250 ? masuk ora cak kiro-kiro ?…(iwb)

98 COMMENTS

  1. Gw user gsx r150 lek & kalo mau naik kelas, opsi paling logis ya ke CBR250RR ato ZX25R kalo ada dana lebih.

    Sedikit pun gak akan mau lirik si india gak jelas dan cina yg lemah power kaya gitu!!!

    Yg pernah ngerasain sensasi overbore mini supersport real bungkuk2 yakin 1000% gak bakal liril 2 produk ini. Terutama Gw lek.

  2. Cak saya tanya serius… kenapa klo impor cbu pabrikan jepang jadi lebih mhaal pakai banget…sementara kalo pabrikan india (bajaj) masuk ke.indo harganya masih g jauh2 amat dibanding aslinya….

  3. Saia pilih gixxer 250sf, kalo bisa tuk bandrol selisih 2,5 juta sampai 3 juta dari gsxr150 abs. Hehe moga terwujud.

  4. Cocok Cak kalau harganya persis versi kawasaki dengan duo RR mono dan ninja SL nya. 250 harganya ga jauh dari 150 malah lebih murah. Lumayan lagh desainnya kalo harga Murah..Ketiganya bakal laku sih menurut saya. Kalo yg versi advance tetep ditungguuuuuu 4cyl gsxR250 nya. Saingannya ZX atau 2cyl dohc saingan CBRSP. Tolong sampaikan cak kr Suzuki Indonesia. Suwun

  5. Gixxer india, bawa kemari banderol 35jt ,,,, semoga laris.

    GSX150 30jt

    GSX250 35jt

    harga logis, soalnya power terpaut 6ps doank,,,, mantap

  6. klo harga tidak nyampe 40 jt,mungkin masih bisa dipertimbangkan.

    klo harga lewat dari itu,lebih baik ga usah

    masih bingung,kenapa tidak buat produk sesuai pasar Indonesia aja.

  7. Tolong sampein ke Suzuki Jan bawa produk yg malu2in pa lagi dr India ma China tar nasibnya kaya Inazuma,

  8. Mekaniknya aja udah training GSX 250 cc SOHC 1 silinder mulai akhir tahun kemarin. Please Suzuki ga usah aja lah..

  9. drpd jadi produk ga laku, mending ga usah dibawa, refresh gsx R 150 saja, selera konsumen tiap negara beda

  10. Suzuki Jgn pernah import mtr india atau china cak bisa bubar ngga ada yang beli.. krna di industri motor roda 2 ini, local pride kita tinggi dgn selera design yang khas agresif dan sporty , kiblatnya yamaha dan honda..

  11. GSX 150 itu udah jadi standar kualitas Indonesia. So, klo udah standar itu jangan di turunkan takut rubuh….hahaha

  12. Hype pasar untuk kelas Sport Fairing 250 sudah mulai redup Cak, lihat aja CBR 250 RR perlahan tapi pasti sudah menjadi hal yang biasa, Ninja 250 FI awalnya saja yang kemudian disusul ZX 25 R yang akhirnya sudah menjadi hal yang biasa saja. Pada akhirnya pabrikan Suzuki hanya bisa menempatkan produk kelas 250 cc keatas nya di Indonesia menjadi sasaran Penghobi saja, Layaknya beberapa pabrikan Eropa yang ada di Indonesia. di Indonesia punya pasar dengan khas “Selera rasa Indonesia” tersendiri untuk produknya motor yang dipasarkan umumnya yang memiliki penjualan bagus dan sesuai selera pasar adalah yang dilakukan dengan riset pasar dan “selera” yang dominan dari masyarakat Indonesia itu sendiri. Suzuki secara pabrikan di Indonesia sudah tertinggal jauh dibanyak aspek dari pabrikan jepang lainnya khususnya layanan Purnal Jual. Untuk Desain dari Negara khusus untuk market lokal Indian dan Cina kayaknya jangan masuk Indonesia,rhaamasok.

  13. Tertarik sm gixxernya yg naked. Mungkin bisa jd opsi buat yg suka sport touring jg. Asal harganya bisa mepet 150 cc sebelah sih menarik. Klo yg fairing mending ga usah deh. Udah modelnya bukan selera mayoritas org sini trus powernya cm segitu lg. Mau dijual murah jg kyknya berat.

  14. Suzuki ini aneh bgt cara melihat pasarnya, kyk gak pernah mau dengar voice of customer, ga melihat trend.

    Tidak saja melukai fans fanatik suzuki yg lama lama bakal gerah, tapi sangat membantai jaringa dealer mreka yg saat ini mati segan idup tak mau.

  15. Ojo cak, yakin wes dibully, bukan karena desain ato build quality, liat aja ninja mono ngos2an, pride 250cc itu di multisilinder, moso juara motogp kalah sma wsbk. Wes ga bakal dilirik kecuali FBS militan. Inget kasus inazuma, orang dimari itu ga peduli mau motor seprot motor turing, pokoknya 250cc kalo mau laku ya multisilinder dan suaranya stereo

  16. Renderan Suzuki 250 udah dari tahun kapan waktu itu TMC blog yg bikin heboh tapi nyatanya sampe sekarang zonk juga

  17. Sy pribadi lebih suka dgn gixxer 250 trutama yg naked dr waktu awal rilis.. desainnya ga keliatan selera india kok, ga jelek2 amat, makin diliat makin cantik, sama casenya dulu pertama liat gsxs150.. suzuki ahlinya bikin desain yg everlasting.. power atau jumlah silinder sih no prob buat sy, asal hrg bersahabat pasti ane sikat.. dan yg penting aftersales dibenerin semua.. di kota sy dealer dan bengkelnya aduuh sprti ga niat jualan..

  18. Kalo aja, rider suzuki tuh dikasih “image value lebih” layaknya geng ijo..

    harusnya, mereka gak perlu ketar ketir saat mau mbrojolin barang baru di indonesia..

    Tapi yaa gitu deh, emang beda orang, beda rasa

  19. Baru ngeh yang dua silinder kalah tenaga, belum lagi power to weight ratio nya segede Inazuma, padahal saya demen banget desainnya 🙂

Comments are closed.