iklan iwb

suzuki-rgr150-1989

Iwanbanaran.com – suara knalpot nya sangat khas…..bindeng dengan raungan bak pendekar yang siap tempur. Saat melintas sampeyan tidak perlu untuk menoleh jika ingin sekedar mengetahui bahwa yang lewat adalah jawara pada eranya. ?Jujur kangbro…..saat itu IWB langsung terpesona. Hati berdegup kencang bak pria menemukan gadis pujaaan. Tidak bisa diingkari….IWB benar-benar jatuh cinta…..

iklan iwb

Ketika seluruh pabrikan masih berkutat dan bermain di kelas 135cc 2 tak, sang jawara ini menggebrak pasar dengan kubikasi 150cc. Disaat pabrikan lainnya tidak perduli dengan performa, hati para biker penyuka kecepatan dibuat bergetar. Lahir di tahun 1989, motor yang dilahirkan oleh Suzuki ini langsung menjadi idola. Siapa lagi kalau bukan Suzuki RGR 150…..

Mengusung mesin 2 tak 150cc motor yang dikenal lewat beberapa nama di luar negeri seperti RG150/RGV150, Suzuki dibawah payung Indomobil memboyong RGR 150 dari Thailand. Sontak pabrikan yang mengusung slogan “Inovasi Tiada Henti” tersebut membuat geger. Dilirik cak. Di awal kemunculannya….Suzuki menarik perhatian atas keberaniannya menyodorkan motor dengan bentuk sangat ramping berbuntut kotak menyempit. Namun dibalik body yang slim kita akan melihat sebuah dapur pacu dengan ukuran cukup besar di masanya….

Mesin yang digendong memiliki kubikasi 150 cc 2 tak….terbesar dikelasnya. Tidak hanya itu, disaat produk yang hadir di tanah air masih dibekali dengan frame model Diamond serta double Cradle….. Suzuki RGR sudah menganut model Twin spar. Alasannya jelas untuk meredam?letupan mesin 150cc yang mengusung teknologi super scavenging system. Teknologi yang memiliki sebutan SSS inilah yang membuat akselerasi RGR luar biasa njengat saat dibetot…

Yup…Suzuki meracik sebuah lubang khusus pada blok mesin yang dikoneksikan dengan selang menuju tempat penyimpanan udara. Jadi ibarate cadangan cak. Saat RPM melengking tinggi praktis membutuhkan hisapan udara sangat besar. Dan sistem SSS inilah yang akan memberikan asupan udara tambahan sehingga memberikan sensasi ngeplong. Dikombinasikan dengan?teknologi SIPC (Suzuki Intake Pulse Control)…RGR memiliki akselerasi nggegirisi….

bikepics-2734414-full

Ambrolll nyaline kangbro. Awal hanya merasakan RXZ/RZR (untuk 2 tak), geber RGR bener-bener tak terlukiskan sensasinya. Itulah pertama kalinya IWB dibikin keder saat membetot motor. Masuk speed 175 km/jam cingcai banget. Dengan power?26.5 PS/9500 rpm dan bobot kosong hanya 99,8 kg…wis sampeyan bayangne kayak apa gerak motor saat dibetot. Badan seperti dilempar kebelakang. Piye jal ora jatuh cinta. Sekarang aja dengan mesin sudah tua, RGR masih menyisakan bekas kejayaannya saat dites para biker….

Sayang, kala itu hanya anak orang berada yang bisa membeli sang kuda besi. Hargane cakkk….mahall tenan. Dengan banderol sekitar 6,4 juta….anak wong ndeso seperti IWB mung iso ngulu idu (nelan ludah). RGR seperti idola biker pria.?Bak sihir…sekali kerling cewek nempel saat sampeyan nunggang RG. Mau wajah sampeyan jidat nempel dipipi, kalau sudah nunggang?Erji tertutupi cak. Terlihat ganteng wis pokoke. Dikalangan lingkungan, sampeyan nunggang RG juga akan disegani. Wiss pokoke?super tenan….

Last…..RGR150 mulai tertekan saat Honda memasukkan NSR150R. Lalu tidak lama Kawasaki kembali ketanah air dan membawa nama Ninja150. Sempat merevisi desain hingga 4 kali….Suzuki RGR mulai ditinggalkan. Alasannya simpel….secara engine, RG jadi terlihat usang dibanding Ninja 150 dan NSR. Apalagi mesin RG emang borosss amit-amit. Mandeknya evolusi dari Suzuki ditambah desain yang stagnan membuat penjualan RGR terjun bebas dan memaksa PT SIS menyetop produksi selamanya ditahun 2000. Namun 11 tahun berkiprah jelas tetap memberikan ?kenangan tersendiri bagi para 2 stroke lovers. Sebuah motor yang mampu mengubah persaingan market sport 2tak ditanah air. An unforgettable legend bike….Suzuki RGR150SSS !!!!! (iwb)

Spesifikasi dan profile Suzuki RGR150R

Perusahaan induk Suzuki Motor Corporation
Tahun Produksi 1989 – 2000
Model berikutnya Suzuki RG-R (150) ss
Suzuki RGR 150 Gamma II

Mesin 147 cc, 2 langkah, piston and reed valve, berpendingin udara
Daya kuda 26.5 PS / 9500 rpm
Torsi 2.1 kg.m. / 8000 rpm
Sistem transmisi 6 percepatan, wet multi-plate type
Suspensi Depan: Telescopic, coil Spring, oil dampened
Belakang: Swinging arm, oil dampened
Rem Depan: cakram double piston
Belakang: tromol
Ban Depan: 2.75 ? 18 4PR
Belakang: 3.00 ? 18 4PR
Sudut kemiringan suspensi depan 59.0 x 54.0 mm
Dimensi keseluruhan P 680 mm
L 780 mm
T 1.970 mm
Tinggi jok dari lantai 1.120 mm
Berat 99,8 kg (wet)
Kapasitas Tangki 11 liter

189 COMMENTS

  1. syg ngga dteruskan ke seri rg 150 gamma…… padahal di luar diteruskan ke rg 150 gamma dgn mesin 150 cc radiator dan katup AETC , seperti superkips di ninja atau rc valve di honda…..
    kenapa suzuki indonesia dulu ngga masukin ya???

  2. Brarti piksen juga termasuk motor 2 tak soalnya digeber dikit ngebul ??

  3. Brarti miong juga termasuk motor 2 tak soalnya borosnya amit2 jabang bayi kyk kencing kebo ??

  4. Kalo piksen & mio memang motor 2 tak harusnya kan kenceng and akselerasinya bagus ya om iwebeh, tapi ini kok malah lemot n tarikannya ngeden padahal di satu sisi ngebulnya n borosnya dapet??? ??
    Aneh yaa ??

  5. jaman itu motor pul pairing y enak di lihat cuman NSR sama RGR kang.. nah motor yaMaho TZM apa TarZanMania itu namae walah dalah Pairingnya macem Ember mandi Bayi luebar njebeber polll

  6. kalo mau liat sih kelakuan suzuki memang dari dulu begitu, fokus di satu produk tuk menjadi raja dan kemudian lupa berinovasi, sampai akhirnya tumbang sendiri…

  7. Dari ketiga motor pul pairing pada jaman itu Honda NSR, Sujuki GRG, sama yaMaho TZM.

    yang buruk rupa cuman yaMaho TZM aka TarZanMania kang.. dari depan pairingnya macem ember mandi bayi njebeber pol kotak kotak. kl mogok pairing bisa di fungsikan sebagai tenaga angin layar. macem perahu layar angin. sumpeh ane zuzur kang..

  8. Bener kata kang Iwan. Motor pul pairing jaman dulu emang Honda NSR sama sujuki RGR yang di akui anak muda kang… kl yaMaho TZM aka TarZanMania mah hora di akui.. cukup buat pajangan di dealer yaMaho aj… buorosnya amit amit tampangnya buruk rupa lagi..

  9. “Last?..RGR150 mulai tertekan saat Honda memasukkan NSR150R. Lalu tidak lama Kawasaki kembali ketanah air dan membawa nama Ninja150.”

    Pertanyaannya, pabrikan Y kemana yaa kok gak disebut, apa lagi bobo cantik?? ????

  10. jaman dulu motor masih sedikit di jalanan kang jadi pas lampu merah walaupun asep ngebul masih bisa di toleransi… nah skrng jamnnya motor 4 tak juga masih ad y ngebul kang…

    apalagi dari pabrikan itu tu bikin motor 2 tak apa 4 tak ko sama sama ngebul.. sama sama ngeden bin lemot juga… Lirik yaMaho ngebul Mania… wkwkkkwkw

  11. jaman dlu FBH motor 2 tak pake NSR 150 sama NOVA Dash 125 josh ghandoss…

    FBS pake motor GRG150 sama Crystal Joss Ghandoss

    Nah FBY jaman dlu pake motor buruk rupa Ember mandi bayi TZM aka TarZanMania sama yaMaho Alfayet… lebih parah lagi motor Alfayetnya ndilalah punya emaknya buat belanja ke pasar.. wkwkwkwkwkkw

  12. untuk mengenang punahnya motor 2 tak. yaMaho mengalihkan teknologi 2 taknya pada motor motornya jaman skrng… Koyoto..: yaMaho PigSon ngebul khas 2 tak, miong knalpot nembak nembak khas 2 tak… wkwkwkwkkwkw

  13. 6.4jt itu harga 1995 kalo yg awal 1992 lampu crystal 5.7jt. Saya pake yg pertama kali full fairing. Paintwork nya mirip rgv 250 vj21.
    Puji syukur skrg saya punya yg asli rgv 250 nya dengan kondisi 100% ori dan km baru 2200 dan ada tanda tangan kepin szcuan nya pula.

    IWB kalo mau ngetest boleh koq….

    Yg difoto sih sprinter….dirumah tante saya masih ada tuh posternya yg di tempel ke kayu, khas frame jadul buat material promosi.

  14. ekekek…

    yamaha main fiz r ..
    onda main super cup ..
    motor bekicot pada zamannya ..

    HAHAHA

    ????

  15. “Last?..RGR150 mulai tertekan saat Honda memasukkan NSR150R. Lalu tidak lama Kawasaki kembali ketanah air dan membawa nama Ninja150.”
    Nah pertanyaannya, kok pabrikan Y gak disebut?? apakah lagi bobok cantik kyk fansboy nya yg kemayu?? ????

  16. kang Iwan kenapa ko yang di sebutkan cuman motor Honda NSR, Sujuki RGR, sama ninja kang…

    Nah motor yaMaho sesembahan FBY aka motor TZM TarZanMania pairing ember mandi bayi ko gk di sebutkan kang..??? apakah itu motor yaMaho TarZanMania pada jamannya tidak di akui kang…???

  17. Ah ini motor teknologi nya justru msh kepake di motor 2 tak off road. Teknologi power valve macam KIPS/YPVS/RC Valve cuma bikin motor makin lemot.

  18. haiyyaaa jaman owe SMA modal rgr pernah bonceng sandra dewi dan luna maya , skrg pake Z1000 raisa, isyana sampe ARIANA GRANDE pengene digonceng ngamplok koyok prangko… 😎

  19. Sedikit koreksi……

    Sepertinya ada sedikit kesalahan
    Kebetulan saya pernah punya motor ini, saya beli tahun 91 dan saat itu harganya cuma 4,2 juta , RX-Z saat itu 4,1 dan RX-KING saat itu masih 3,9 jt
    Top speed standard benar 175 km/ jam
    Dan satu hal lagi, setau saya motor ini dirilis tahun 1991 di Indonesia, bukan tahun 1989

    Thanks

    • itukan setahu ente, emangnga ente yg impor yg masarkan ne barang jadi bisa patokan kalo yg setahu ente mutlak bener? oya intinya ra neng seng takon.

    • @Debian
      Bener banget bro, versi 1993 punya ane dulu cuma mengalami kenaikan dikit harganya swkitar 4jutaan gak sampe 4,5 juta.
      Dan emang bener Rxz dan RZR lebih murah drpd RGR sekitar 4 jutaan.
      Top speed sekitar 170 an lah…170 aja udah megap2. Hehehe..tp buat ukuran si Super Scavenging System (masih inget khan tulisan SSS di blok mesin kanan) yg sederhana ya termasuk hebat.

  20. Selain model lampu belakang kotak dan lampu “tornado” suzuki RGR ada model juga lampu “kristal” , kalau di sby hampir semua erji diprotoli bodynya waktu itu, jaman waktu itu spion satu masih diperbolehkan…

    Mas IWB iso iso ae lak ngejak mengenang masa lalu…

    Sukses mas…

    Suwun

  21. ?????????KAWAII^^^ – September 30, 2016
    haiyyaaa jaman owe SMA modal rgr pernah bonceng sandra dewi dan luna maya , skrg pake Z1000 raisa, isyana sampe ARIANA GRANDE pengene digonceng ngamplok koyok prangko? ?

    Reply
    =========================================

    tukang poster ngayalnya kebangetan.. akkakakakakak

    • Soichiro on September 30, 2016 at 10:35 am
      Insinyur yamaho masih terbawa 2tak,buktinya bikin 4tak lemot plus masih aja ngebul 8000 rpm???

      ………..

      Otak lho ngebul cuman mampu nyicil Mbiit… wakwakwak bosoooook.

  22. insinyur ahaem pas bikin mtr msh baper jaman gerobak sapi…buktinya bikin motor msh suka bunyi “klotok klotok” hahahahahahahaha…….piss bro

  23. Sayang ini motor paling jawara kl diajak balapan kang.. mksdnya balapan ke Pom Bensin pasti finish duluan..

    Maklum mesinnya buoros pol macem kencing kebo..

  24. cuman Motor 2 tak yaMaho pada jaman itu sunguh tidak diakui sama anak muda pada jamannya.. lirik yamaho buruk rupa TZM aka TarZanMania pairing njebeber macem bak mandi bayi… kwkwkwkwkw

  25. maksud ente apa bruud?emang mtr 2 tak yamaha cm TZM doang ya….ada rxking,rxz,rxs,rx100 dll,kl mau komen mikir dikit laaah,jgn cm nyembah honda yg cm punya nsr doang,ngacaa…

  26. Intinya ninja yang eveslating kang n bertahan produksi sampe 2015. nsr dikata lbh kenceng juga gak laku, akhirnya stop produksi awal 2000 an. ckckckckck

    • Yamaha : f1zr,, Rx king ,Rx z,RzR, YAMAHA touch125( gak laku alias gagal) yamaha 125z , YAMAHA tiara 120( gagal)

      Suzuki : RgR150, satria120, tornado 110, rk cool,

      Honda : NsR R150(ASTRA) NSR SP150(THE KING).,NOVA DASH 125.

      * NSR SP PALING EXCLUSIVE AND NOVA DASH 125

      • NSR SP buat yg ngikutin FAARC…pasti masih inget kalo SP mengalami penurunan top speed. Versi SP ngejar handling, berkat monoarm.
        Di trek lurus agak sedikit kurang dibanding versi sebelumnya persis, bukan NSR RR yg lampunya bulet.

  27. eleng jaman biyen nek pas nyanyi lagu anoman neng di plesetno.. lagune ngene lek.. “anoman tumpak ane poswan, saingane RGR protolan.. neng anoman ora ketinggalan, neng anoman ora ketinggalan”…

  28. yaMaho TZM aka TarZanMania tidak di akui anak muda pada jamannya selaen buoros pol jug LEMOTNYA GK KETULUNGAN KHAS YAmAHO

  29. suara knalpot standarnya deuh berat-berat ngangenin. merdu pokonya.

    putaran atasnya nguuuukkkkkk…..suara mesin kaya kepleset. makin mendekati redline makin kenceng.

  30. sing paling tak syukuri kang iwan,sampek saiki aku sek duwe sing jenenge suzuki rgr tur yo terawat dengan baik..lek pas pikiran mumet nguwasi motor jaman nom2an biyen rasane plonnggg hehe

  31. Spek RGR bukanya 24 Dk to cak…ane dulu semoet punya yg item strip merah biru..
    Minusnya skoknya gampang ambles.
    Plusnya tarikannya asooyy…too speed cuma 170 kmh.
    Masih inget letak lubang oli sampingnya deket lubang bensin…

  32. RGR kenceng bgt tp boros bgt jg, Q masih punya NSR R ’97 iseh ori cuma kaki2 pake punya NSR SP,alhamdulillah motor sehat sampe sekarang

    • 97 berarti yg warna ijo gelap strip kuning. Atau yg ungu.
      ..versi 94 ane sama versi 96 / 97 cuma beda di behel belakang doang..versi 94 pake pipa yang 96 keatas pake diecast.
      Kalo masih sehat brarti jos perawatannya…benernya cuma di RC valve nya doank yg butuh perawatan.

  33. Artikel nostalgia,,penuh romantisme,,wapikk iki lek,,salah satu yg ditunggu dr warung sampeyan,,ulas jg dong yg lain,,rzr,touch,,nsr r – rr,f1zr,,n satria 2 tak

  34. “The flying machine” belum lama coba merayu temen buat meminang yang versi gamma, ngga dikasih krn barang kolektor.

  35. tsk, rgr 250 gamma sempet mau masuk indo, udah sampe masuk tahap soft launching tapi dibatalin karena dulu krismon th 98…………

  36. pernah pake rgr jaman sma…msin msh standar….150km/jam udah ngewel mau gas mentog….wkwkwkw….borosnyaa ga ktulungan…

  37. Keren motor sport jaman dulu. Bobot enteng, body ga lebay – sesuai power & ccnya. power to weight ratio hebat, dan masih fungsional maksimal, liat nih motor sport aja punya standar tengah.

    Motor sport sekarang udh cc kecil, tenaga ga sberapa bobot berat pke besi murah, body dibikin sgede gedenya makin moge look makin dipuja, fungsional dipangkas habis, ga ada standar tengah, ga ada kick start, ga ada behel blkg, ga ada saklar lampu, yg penting tampang & gengsi nomor satu

  38. Aku tetep cinta ama kakaknya SUZUKI TRS .nyesel ku jual 500 ribu karna ga adatempat nyimpenya maklum perumaham sempit

Comments are closed.