iklan iwb

460x110_tire

dealer suzuki tutupa

Iwanbanaran.com – Kangbro…sejak IWB merilis artikel dealer Suzuki yang berganti menjadi KTM, banyak pembaca bereaksi. Dari sekian banyak respon, IWB cukup tertarik dengan Info yang menyoroti strategi pabrikan dan dealer. Dan percaya atau tidak….ternyata sejak awal Suzuki sudah kurang berminat mengelola bisnis roda dua. Indikasi ini IWB dapatkan dari salah satu mantan dealer Suzuki yang kini banting stir keusaha lain. Menurutnya….Suzuki ingin mengalihkan segala sumber daya disektor industri roda empat. Woalaaahhh…..

iklan iwb

Dari informasi bro X (sebut saja demikian), paman doi merupakan mantan pemilik dealer besar disebuah daerah yang kini banting stir selingkuh ke brand lain. Bukan karena alasan….tapi karena prospek dan masa depan pabrikan S ini menurutnya sudah tidak bisa diandalkan. Sebuah informasi yang jelas membuat IWB lumayan terkejut. Berikut surel lengkap bro X…..

“Sepertinya susah Suzuki akan bangkit Kang. Sebenarnya bagi Main Dealer, hal ini bukan tidak diprediksi. Kebetulan paman saya Main Dealer Suzuki di B*****. Pernah ada meeting dg prinsipal Suzuki di Jepang. Paman saya mengeluh karena prinsipal memang mengalihkan fokus mereka ke roda 4 daripada roda 2. Sejak meeting itu, Suzuki roda 2 seperti ini…“serunya. Jelas info tersebut lumayan mengejutkan hingga IWB ulangi dengan pertanyaan….benarkah info tersebut. Doi menjawab….

“Benar Kang. Makanya kan sangat kentara banget perbedaannya. Dulu Suzuki rajin banget R&D. Malah sempat tagline’nya ‘inovasi tiada henti’. Entah angin apa yg buat Prinsipal di Jepang banting haluan ke Roda 4. Sejak itu, R&D roda 2 terasa mandeg. Coba aja Akang lihat, berapa banyak product baru Suzuki? Berapa banyak teknologi / inovasi baru yg ditanamkan?…

dealer-suzuki-kektm

“Ada issue Gixxer aja uda telat banget kan banding Yamaha dan Honda? Padahal dulu Suzuki malah merajai kelas sport dg Thunder 125. Beliau aja sampe alih main business ke Hino (truk), Renault, Viar dan Happy sekarang. Padahal dulu jaya banget. Terutama di era’nya Shogun 110 gen 2…” tuturnya. Byuh…..bener-bener mumet ki cak kalau kayak gini. Pantes perputarannya lambat banget ki motor Suzuki….

Itulah fakta yang sekarang terjadi ditubuh Suzuki. Tidak heran banyak dealer bertumbangan serta mencari usaha lain. IWB sendiri sebagai biker cukup bersedih dengan kondisi pabrikan S yang makin terpuruk. Apalagi dari pengalaman…..bangkit lebih sulit dari membangun dari awal. Mengembalikan kepercayaan konsumen kuwi abot lho cak. Informasi diatas seakan memberikan gambaran betapa menderitanya para dealer yang bernaung dibawah Suzuki. Diperparah aksi para loyalis yang “kabruk” sana-sini memaki dan memusuhi siapapun yang memberikan kritikan. Padahal mereka tidak sadar tiap tulisan ataupun kritikan adalah demi kemajuan dan kebangkitan merk yang mereka puja. Piye ora makin dower cak…

Last…..kita berharap, PT SIS bisa bergerak lebih gesit dengan merilis produk baru yang tepat sasaran. Bukan asal rilis seperti pengalaman Young Star yang gagal total dipasaran. Pelajari keinginan pasar dan yang terpenting yakinkan para Jepang dinegeri sana…bahwa potensi pasar roda dua dinegeri ini sangat besar. Mosok roda empat thok….yo empot-empotan cak. Ertigapun kini sudah cukup kesulitan dengan hadirnya Mobilio, new Avanza dan sekarang mbak Calya serta Sigra….opo ora makin mawut. Hayooooo, bangkit dong Suzukiii. Koyok era 1990an biyen ngono lho rek-rekkkk :mrgreen: ..…(iwb)

147 COMMENTS

  1. Namanya jga mantan blogger,,
    Kasihan dia umurnya singkat di-dunia maya,
    Daripada nganggur gag kepake’ ea’ dijual,,

    • ekekekek fbh sama fby baru ngeh omongan gw.so bntar lg jg ni lapak ambruk akibat gak kuat nampung ampleyeop yg menggoda imron jd da gak netral lg.

  2. Thunder stroke 48,8mm 125cc kompresi cukup tinggi 9,5:1 secara spec performanya setara dengan sonic/cs1 cuma karna header kebesaran, performanya kurang. Harga second 3juta-an saja.
    Shogun 125cc, hayate 125cc Skywave, stroke 55mm secara spec diatas vario125. Krn Header kebesaran 23mm atau relatif pendek maka torsinya kurang nendang. Beda dgn next/adress header 20mm panjang sampai kedalam silincer.
    Satria fu karbu, meski cuma dibekali karbu 26mm untuk bebek underbone ban kecil cukup lah, yg parah header kebesaran 25,5mm jd torsinya kurang nendang. Secara spec diatas cbr150r gen1.
    Satria Fu fi downgrade crankshaft fu karbu, jika header diganti lbh besar dan relatif pendek, dijamin tenaganya ngempos.
    GSX-R250 stroke 55,2mm secara spec sepadan dgn cbr250rr stroke 41,4mm *jika sudah full tuning oleh suzuki, GSX-R250 vs cbr250rr secara performa 11-12.
    ada harga ada performa, ya itu realitanya. konsumen lebih menyukai yang sudah full tuning.
    adalah produk honda rata2 sudah ready, tinggal pake wajar sekarang menjadi market leader, meski harganya jauh lebih mahal atau harga sama meski spec dibawah suzuki.

    ini ada sebab akibat, imbas kurangnya unit yang dijual, menyebabkan produk suzuki jarang diupdate (desain, model, varian, sasis, inj dll). bisa juga sih petinggi SIS dilarang (sama orang jepangnya) update performanya supaya head to head dengan kompetitor. coz specnya diatas kompetitor.

    contoh kasus:
    supra x125 series stroke 57,9mm, supra GTR150 stroke 57,8mm vs shogun125 series stroke 55,2 mm.

    supra x125 bore/stroke = 52,4mm/57,9mm= 0,9050
    Supra GTR150 bore/stroke= 58mm/57,8mm =1,00346
    shogun 125 bore/stroke= 53,5mm/55,2mm = 0,9692

    itu artinya performa sebenarnya shogun 125 diatas supra x125 series, tetapi sedikit dibawah supra GTR150,
    karena shogun 125cc/ hayate125cc sudah ada lawan sepadan yaitu supra Gtr150/ Vario 150cc seharusnya sudah saatnya shogun125 dan hayate/skywave/spin125 upgrade performa. namun sepertinya suzuki belum bisa fokus ke roda dua.

    Cs1/sonic125 stroke 47,2mm vs Reader125/Thunder125 stroke 48,8mm. silahkan dianalisa sendiri?..

    vario 125/vario 150cc stroke 57,9mm vs skywave125, hayate125, spin 125cc stroke 55,2 mm, silahkan dianalisa sendiri?..

    CBR150r stroke 47,2mm s/d NCB/Sonic/NCBR150 stroke 57,8mm vs fxr150/Satria fu karbu/Satria Fu Fi stroke 48,8mm. silahkan dianalisa sendiri?..

    Kesimpulan:
    Rata? produk suzuki specnya sepadan atau diatas rival, cuma karena belum full tuning (header kegedean & relatif pendek) harganya bisa lbh murah.

    • Udah nulis panjang malah keliatan salesnya
      1. Thunder vs cs1? Sama mio aja empot2an
      2. Hayate dkk diatas vario? Sory bro mesin jadul mana bisa ngalahin radiator injeksi ?
      3. Satria fu karbu secara spec diatas cbr gen1 situ dah gila ya haha sama jupiter mx king aja ketinggalan jauh, ini mau sama cbr old yg over bore??
      4. gsx 250r itu mesin inajumpret 24hp boy, boro2 mau lawan cbr 250rr, lawan satria fi aja udah sukur
      5. Klo mau analisis jangan liat dari stroke nya, liat material pendukung, mesin suzuki itu kasar teknologi jadul mangkanya gabisa bersain sama produk y+h, orang kita itu masih liat kualitas cuman dari ketebalan, gatau klo teknologi material udah berkembang, lebih ringan tipis dan durable

  3. absen lek

    “Catet Omongan Saya” (huahahahaha, nangis g leren)

    ayo lek siap2 neker seng akeh gawe nagih janjine endrow, nek g di tepatin pabrik e sizuki di uruk neker wae..

    #Gila luu ndrow janji asal njeplak#

  4. Satria-address-inazuma-shogun-smash…tu semua produk sijuki yg bagus tp tetep g bs ngalahin carry,,tu mkny drpd cape2inovasi mending ngembangin carry aj dah

  5. Wah kalau gini pemerintah bisa menyelamatkan suzuki rd 2 dngan cara beli semua sahamnya,ganti dng motor nasional,kan tinggal lanjutkan buat desain,vendor vendor sudah ada,hidup motor nasional kwalitas suzuki

  6. Mungkin pricipal mikirnya lebih untung bikin mobil..
    Meski jualan lambat tapi sekali untung langsung gede + gak perlu mikirin sering” facelift kyk roda dua jd lbh hemat dana..
    Entahlah..

  7. Suzuki mimpin World Endurance, saat ini sedang Live di Eurosport2. Kawasaki, Honda, Yamaha dan Ducati terbelakang semua.

    • Suzuki sudah 20jam (600 lap) mimpin, 4jam lagi buruan tonton. BMW juga ikutan tapi tetap jauh terbelakang semua.

  8. Masukin motornya baja hitam rx aja di facelift. Itu kan suzuki jg.
    Atw klo g trjun di motor roda 3 aja. Macam tricity.

  9. Katanya menidng tornado seken wan, lebih berkarisma, daripada pake satria new, entah itu otak fbs asli, apa fby nyamar jadi fbs, karena sop dsri fby adalah malu mengakui kalau mereka itu fby

    Mirip sama juragan mazapahitnya lah

  10. ah yang bener wan..ngapain aktif lagi di moto gp kalau gak fokus di roda 2. suzuki sponsor utama bt sport di moto gp loh.
    roda 4 dan roda 2 kan 2 makhluk yang sangat berbeda, gak bisa saling menggantikan, fungsinya beda jauh.

  11. Makanya belilah motor honda
    Karena honda adalah kenyamanan,kepuasan,irit,tanguh,bandel sparepart melimpah
    Ingat honda semakin panas semakin gahar

  12. Lah….padahal di roda 4 suzuki jg gak moncer2 amat, cuma grand vitara yg bentuknya masih enak dupandang mata, lainnya blangsak semua

  13. kayanya bakal ada perusahaan cina yg re branding motornya dengan label “S” .. mirip kasus benelli dan hummer. #savesuzuki

  14. Masuk logika juga informasinya.sesuai dgn knyataan sekarang.miris bngt.uda ada nama malah disia2in yah itu mah hak suzuki sih.klo uda tau bgini beli sepeda motor suzuki sekrg mending pikir 1000x buat kedepanya bagaimana.turut sedih juga lesu dengernya ga rame berharap ada pengganti nya biar produk bervariasi

  15. Mungkin nanti suzuki indonesia akan diakuisisi sama astra grup.. Namanya jadi ASM astra suzuki motor..
    #analisasoktau ?????

  16. Ane ada suzuki 1 ekor itu..crystal tune 94 smpai sekarang masih ngacir bukti kualitas sebenarnya jempolan
    Sayang malah mau stop ealah suz..suz…

  17. Makanye seri baca koran degar radio nontn barita dtvi biar otk ga mndam yg cma tau blog iwb cmnt jlkin pruduk orang cba aje cari tu info mobil yg bnyak ato yg mnguasai pasar indonesia. Lht smbhn ente hnda nmor brpe die… pcuk pimmpinan mash di penggang toyota taun kmrn szli brckol di urutn ke 3 setlh dhaihtshu…

  18. apologi dan pembenaran apa pulak ini? dikira kita kita orang ini tol*l luar biasa apa? hari ini jualan sate ayam, hari ini laku eh besok gak laku, trus banting stir jual soto ayam, hari ini laku eh besok gak laku, trus banting stir jual kacang goreng, begitu seterusnya?

    bukan masalah tentang apa yang kau jual! tetapi seberapa laku apapun itu tadi yang kau jual! paham! ini bicara tentang kepuasan konsumen, menjaga kepercayaan konsumen, ini tentang bagaimana kau rebut hati konsumen, dan kau pertahankan hati konsumen yang telah kau rebut tadi, titik!

  19. Kalau ane gak percaya info ini.
    Secara Suzuki baru nyemplung MotoGP.
    Mau ngapain coba nyemplung ke MotoGP kalau gak jualan motor???

  20. untuk market di indonesia memang begitu kang. SIS membawahi 2 produk sekaligus dalam 1 managemen. beda dengan astra. jadi mana yg menguntungkan pasti dipertahankan. murni karena bisnis kang.

  21. Oalah serius ini? tapi kog lagi develop GSX 150 series tho? mungkin narasumber kang Iwan menceritakan cerita jaman beberapa tahun lalu kali? Klo liat moge2 nya pun memang belum ada product baru sih selain SV650 2016 kayanya…

  22. Kalau bisa punya dua lini roda 2 dan roda 4 kan bisa lebih fleksibel kalau satu lini kurang bisa disubsidi lini yang lain, lha kalo roda 2 disuntik mati terus tanggung jawab prinsipal jepang kepada para dealernya gimana tuh? belum kepada konsumen..

Comments are closed.