iklan iwb

banner-460x110(1)

daytona (2)

Bro dan sis sekalian….sopo ora mumet kalau knalpot mahal-mahal dengan desibel sudah tersertifikasi lulus uji tetap digaruk polisi ketika ada operasi. Kebanyakan hanya mengandalkan panca indera dari para petugas polantas membuat knalpot dengan Db killer-pun seperti tak digubris. Ternyata hal itu dipikirkan betul oleh produsen aksesories rekanan Yamaha POD yakni Daytona disela demo komponen dipabrik mereka Cibitung Jawa Barat…..

iklan iwb

muffler

R & D Manajer Daytona Indonesia Faris Aldino mengungkapkan….fenomena kecenderungan petugas lapangan yang memukul sama rata knalpot freeflow tanpa sertifikasi dengan exhaust lulus uji Db killer seperti Daytona membuat mereka putar otak. Salah satu cara yang ditempuh, mereka berencana akan memberikan sertifikat tingkat kebisingan dengan stempel khusus yang diketrik pada silincer knalpot Daytona…..

DiJepang sendiri ada lembaga konsumen yang mengawasi tingkat kebisingan knalpot yang nantinya akan memberikan setifikat khusus produk after market untuk memudahkan supervisi. Tapi cara ini tidak bisa diaplikasi disini karena menunggu regulasi dari pemerintah. Jadi sebagai opsi, kita kedepan berencana akan memberikan informasi tingkat kebisingan melalui stempel yang diembos pada bagian silincer. Hal ini bertujuan agar polisi tahu berapa tingkat kebisingan (desibel) Daytona. Selain itu kami juga sedang melakukan riset untuk membuat knalpot seadem versi standart namun mampu meningkatkan power…” seru Faris….

Last…tindakan Daytona tentu akan menjadi hal baru dan berdampak positif pada para biker yang was-was dengan sistem sikat habis seluruh model knalpot racing. IMHO memang tidak serta merta efektif mencegah tilang sebab kadangkala petugas dilapangan tidak perduli dengan alasan apapun. Tapi setidaknya ada harapan ketika produsen sekelas Daytona sudi melakukan langkah maju dan berusaha menyodorkan data tersertifikasi yang bisa dipertanggung jawabkan secara hukum. Kalau sudah begini nunggang R15, Vixion ataupun R25 ati nanti ayem tentrem saat ada operasi lalin. Petugas ora duwe alat…tinggal sodorkan stempel angka tingkat kebisingan. Ora percoyo?. Kon moro nang Cibitung wae ben debat sama Daytona langsung. Bener ora kang :mrgreen: . Semoga segera terealisasi….(iwb)

daytona (1)

128 COMMENTS

  1. Cita-cita saya dulu jadi Polisi atau Tentara, karena Bapak saya Satpam komplek perumahan Banjar Wijaya Tangerang. Tapi karena ijazah saya cuma mentok SD terpaksa saya jadi tukang kebun di perumahan Banjar Wijaya Tengerang. Saya pakai motor Supra Fit tahun 2004 pinjaman majikan saya, dispakboar belakang saya pasang stiker Repsol 93. Sehabis nyiramin kebun majikan saya ada waktu lengang buat komentar diblog ini.

  2. Ya mending pabrikan atau knalpot standarnya udah recing aja… Jadi lita beli motor.knalpotnya udah asli recing setandarnya. Klo d tnya ma polisi jawab aja. Pak ini kan knalpot standar dri pabrikan emang udah kyk gini…

  3. nah harusnya begitu pabrikan knalpot juga bertanggung jawab jangan cuma jual doank
    orongorong.com/2015/10/20/ini-dia-blogger-ternak-yimm-dagelan/

  4. saya penunggang CBR150 thailand punya,, ganti knalpot remus,, yang secara kebisingannya ga melebihi 90db,, yo tetep ditilang pak,,,, alih2 buru2 saya tempelin aja 1 lembar warna Biru ( Rp 50.000 ) lolos,, pas lagi apes aja duitnya biru smua,,, biasanya ada lembaran ijo juga mau kok polisinya,,,
    ini real di daerah cirebon…

  5. Halah tetep wae kena tilang nek polkise pancen mung carmuk tur golek duit tambahan. Nek polkis sing apik tur jujur yo rapopo nggo knalpot aftermarket asal numpake ora ugal2an tur ora dolanan gas dibleyer2. Tp sayange sing apik tur jujur mung sak upil wae 😛

  6. kalao batas kebisingan ngoroknya mesin berapa db kang ???

    #sambil liat cebong dan pariyem. . . .

    paaarrr ppoooouurrr. . . . .

    hHhHhhH

  7. Bukannya semua jenis knalpot aftermarket diperuntukkan hanya buat race …. atau buat daily use sih? kalau bisa buat yg suara adem tp power naik knp ga dari dulu?

  8. knalpot standard namun bobokan dan suara daytona ae lik,
    monggo yg ngerti fluida dan aspek akustik sisi teknis (dunia otomotif)
    lahan garapan nih,

  9. Q ra terimo main tilang aja sama knalpot… hak kita sebagai konsumen ternodai. Mesti di demo ni biar jelas ga asal tilang sa kerepe wudele dewek. Beli mahal2 dgn santai di tilang / di gerinda. Klu knlpot bobokan bisa diterima lah.

  10. Ngga ngaruh bro kalo di Bandung mah. Selama wujudnya bukan knlpot standar, yah siap2 di gergaji atau kena denda 250ribu.

  11. yo wes…ra sah tku knalpot racing ben DAYTONA Gulung koming, nanti salahkan saja begal sragam aparat keparat. Ngono ? kok repot.

  12. di bobok ae knalpot e..lo pas rajia mattin tuh mesin wes aman..kecuali mo rajia ente ngebut tau2 berhenti dengan suara knlapot blarr..blarrr.hahha malah jadi bahan perhatian semua yang kena rajia termaksud polkisnya sendiri.

  13. ah ga yakin bakalan mempan.. paling polisi ga mau tau..kan tau aja polisi ga mau kalah debat.. tetap di sikat abis kalo razia..

  14. coba dibaca uu lalulintas no 22 tahun 2009, ayat 48, disitu pada ayat 1, 2, 3, 4, jelas tertera, segala sesuatu pada kendaraan harus laik jalan dan lolos uji. uji yang dimaksud bukan hanya kebisingan, tapi juga emisi,
    dan ada maksudnya knalpot standar itu tidak free flow namun ada saringan2 dari logam khusus yang berfungsi sebagai catalyst. jika knalpot free flow, dipastikan tidak dipasang katalis, sehingga tidak mungkin lolos emisi euro 3.
    perlu badan sertifikasi khusus dan diatur oleh undang2 dan PP, jika UU dan PPnya belum mengatur, dipastikan ilegal secara hukum.

    jadi kesimpulannya, polisi berhak menilang, bahkan tidak hanya ditilang, berhak disita kendaraannya karena tidak laik jalan. jika anda ngeyel maju ke pengadilan, silakan, pake lawyer terbaik sekalipun dipastikan kalah dari segi hukum.
    jadilah orang yang selalu menaati aturan, niscaya negara ini akan maju.

  15. Sudah lah?. motor komuter / harian gak usah pakai knalpot aftermarket karena BERISIK, kalo pingin motor power yang memadai ya beli motor 250cc kalo masih kurang power nya beli moge gak bisa beli moge ya di syukuri motor yang ada gak usah alasan gara2 power pingin nambah jadi pakai knalpot aftermarket = kentut
    ?apa lagi motor single cylinder pakai knalpot aftermarket manapun juga tetep gak enak suaranya jadi sudah suara gak enak di tambah berisik? (ane gak bilang kalo 2 cylinder boleh pakai knalpot aftermarket karena tetap saja BERISIK)
    wong sekarang saja sudah euro 3 bagaimana cara nya emisi & suara yang di keluarkan oleh knalpot harus lebih halus dari sebelumnya.
    lagian knalpot aftermaeket di jual awalnya di buat untuk keperluan race / balapan bukan untuk race / balapan harian.

    pikirrrr??.

  16. mencari pembenaran adlh tugas polisi lalu lintas,. mereka mana mau nerima setakat stamp gituan,. yg mereka mau duit,,, duit dan duit,!!!

  17. klo ma oknum tetep aja dtilang, oknumnya bnyk yg katro n gaptek tp sok tau n sok pinter….

    smoga para oknum cepet struk..

  18. Yg pake knalpot racing free flow yg bikin telinga stress, segera saja insaff.. Pasang lagi knalpot standart lagi.
    Ente pasang knalpot kayak gitu juga paling nambah berapa HP? Ga bakal nambah sampe 2x lipat. Yg ada bikin orang sekampung marah 2x lipat.
    Klo emang pengen motornya lebih powerfull, gampang! Jual tuh motor sekarang.. tuker tambah sama yg lebih bagus yg tenaganya lebih gede.
    Kalo skrg cuman punya 110cc, tuker sama yg 150cc. Klo mo lebih, silahkan tambah ke 250cc, moge, supersport, superbike dst..

  19. Tetep bakal digerinda om.. DBkill yg ada aturanya dan bisa didengar dr suara aja disikat apalagi cuma embose yg bisa dipalsu wkwkwk

  20. Haha polisi polisi , bnyak aja alasanya , ya klo mau dicek ya harus punya alatnya db meter , mreka kadang cuma berpatokan pd bentuknya gak stdr , pokoknya harus standar semua , pdhal yg dipermasalahkan suarane , la piye nek alesane polisine harus stdr semua termask knalpot jd polisi g bsa dsalahkn krn gak perlu make db meter ? , pak pol memg pinter aja cri alasan , berarti kalo gt misal ban stdr pabrik merek irc , ganti mrk fdr di tilang , dop pentil diganti jg di tilang , ada spare part kw ditilang , oli bukan standart ditilang , wkwkwk part g stdr , g jelas bener pdhal belum tentu part non stdr mlh jelek, knp gak produsen knalpotnya aja yg dtilang , atau harus di definisikan arti STANDAR itu gmn , hrus ada standarisasi seperti helm harus sni biar jelas ,jd pengguna motor g jd sasaran empuk oknum2

  21. klw pulisny rata2 matanya ijo klw senalpot racing, yakin gak ngaruh, kcuali pabriknya kasih upeti bulan atw tahunan ke pulis pusat

  22. Kayake di lapangan ttp ada aja halangan terealisasi. Oknum polisi tau lah sdm nya seberapa. Ya mai gimana lagi.ajulah Indonesia ku!!

  23. Kalo free flow dianggap ilegal dipake harian atau utk umum knp gak ditutup atau ditangkap aja penjual atau pemasoknya. Jika alasan diperuntukkan race, ya dijual terbatas aja. Kalo seperti ini konsumen yg jadi korban. Toko dan pabriknya dibiarin jualan bebas tapi setelah dibeli ditangkap polisi. Kayak kejebak. Nasib konsumen yg sdh beli mahal2 gimana tuh… contohnya morfin. Di toko obat gak ada yg jual tuh. Tapi di rs ada. Buat yg memerlukan…

  24. Mending buat sosialisasi ke plokisnya
    Mereka gk mgkn capek2 liat stiker desibel, yg diliat gak ori lgsg tilang.
    Dan lg golongan 2 silinder keatas jarang sekali yg kena, aplgi HD

  25. Ribet amat pada, knalpot standar dibobok udah bikin naik performa, knalpot standar dibobok suaranya lebih adem asal boboknya pake aturan, polisi nggak terlalu curiga kecuali ente lagi apes.

  26. setuju lanjutkan razianya pak polantas

    di jalan raya / umum = knalpot musti standar pabrikan

    di sirkuit = knalpot bobokan / racing / balap / resing
    apalah apalah namanya / ga pake knalpot
    …terserah

    ga mau diatur… pake ajah sepeda / gowes wkwkwkwkwk
    gitu ajah kok repot…

  27. menurut pendapat ane masih belum bisa dipraktekkan saat ini di indonesia…karena oknum aparat selalu bernaung pada kata “standard dan non standard” bukan berdasarkan nilai/ukuran “desibel”…cmiiw

Comments are closed.