iklan iwb

Scoopy 460x110-loop460x110_ok

135309_620

Bro dan si sekalian……kali ini IWB ingin sharing artikel ringan. Sebuah kisah nyata…..kejadian yang menimpa bro Lutfi Hakim terlampir dibawah bisa berguna untuk para penunggang Ninja dan R series saat melewati jalur Cirebon. Lah…emang kenapa??….
IWB-TMC-Banner (2)
460x110 prj

iklan iwb

viar 460x160

Diceritakan langsung oleh kang Lutfi dari Indramayu, secara khusus via artikel ini doi ingin mengingatkan pada pengendara yang melintas didaerah Cirebon untuk selalu waspada dan mengecek kelengkapan kendaraan motornya…..

Assalaamu’alaikum om Iwan

Gini, saya mau cerita om soal isu yang berkembang di daerah saya (Indramayu). Semuanya sering bilang awas hati-hati kalau lewat daerah Cirebon kab/kota jalan baypass-arah Jawa Tengah, polisi di sana terkenal suka mencari kesalahan terutama plat nomor yang non-E Cirebon (punya saya E-Indramayu). Pengalaman saya sendiri sempat berdebat dengan polisi perihal lampu siang hari, kondisi lampu motor saya vario mati lampu sebelah, tetapi semua komplit, standar pabrikan ting-ting (kecuali silinder udah oversize-50 heuheu maklum mesin tua om)…..

Saya ngotot nggak ngelanggar soalnya lampu nyala walau sebelah. Terus dia bilang ‘harus nyala dua-duanya”.? “Lah bukannya R15/R25/N250 juga nyala sebelah pak?” tanya saya. “Nggak, itu nyala semua” cetusnya. Nih polisi kurang Product Knowledge-nya. Ya udah…..setelah debat dan nunggu 2 jam lebih, terpaksa tilang. Anehnya setelah itu dia ngejar saya dan bilang “udah berapa aja” (wtf?). Saya nyodorin 5.000, (bener 5 ribu perak pake nol 3 gambarnya Imam Bonjol). Dan disamberlah uang itu dan STNK saya dikasih. Dalam hati nggrundel juga kenapa ngasih 5rb, mestinya 500 aja 😀 (berasa nggak rela ngasih, lha saya nggak salah).

Tips saya buat pemudik yang sering lewat jalur Cirebon yang punya R15/R25/N250 baiknya nyalain lampu jauh, kalo bisa dimodif aja kelistrikan biar nyala dua-duanya, ini bisa jadi celah polisi ‘nakal’. Suwun mas Iwan,? wassalamu’alaikum

Waallaikumsalam wr.wb. Sebuah cerita yang cukup berguna ki….suwun bro Lutfi. Memang cukup sulit jika sudah membicarakan tentang “oknum”. Kenapa??. Sebab seperti keluarga…..ada saja yang mungkin bengal susah diatur. Padahal buanyaakkk pak Polisi yang baik hati dan jujur jadi tercederai karena ulah aknum tersebut. Mereka-mereka yang menjalankan tugasnya dengan baik serta amanah. Btw…..dari informasi diatas, maka akan lebih baik untuk pengendara Ninja serta R series menghidupkan lampu jauh sekaligus saat melewati jalur yang disebutkan diatas. Memang sih kurang safety sebab Ninja serta R series mengaplikasi dual sistem light on dimana lampu baru nyala sebelah saat low beam dan “on” dua-duanya ketika “high beam”. Tapi mungkin itu lebih ketimbang kita harus berdebat dengan “oknum” yang memang sengaja mencari-cari kesalahan…….(iwb)

177 COMMENTS

  1. Emang iku R series horraaa pantes nongol dijalan

    Pantesnya di comberan

    Muehehehehheheheh

  2. Wkwkwkwwkwkw

    Cbr gk ?? anggap sport bozzzz

    Yo maklum lah,ngaku sport tp kok fitur persis bebek kwek kwekkk

    Ngoahahhahahahaa

    • Nyatanya penjualannya bisa melampaui r15 om. Kesimpulannya bahwa para komentator di blog ini bila bibandingkan dg pemakai honda itu jauh lebih pinter pemakai yg sdh memilih cbr… Hokkyyaaaa..

  3. Wkwkwkwkw

    Ngapain beli cbr

    Orang beli motor harga 13juta ?????j? dah dapet fitur persis cbr

    Ngoahahahaha

    • Membunuh lewat santet dosa besarnya jadi double loh gan, Musyrik/syirik plus dosa membunuhnya. Memang bisa lolos dari hukum dan penjara dunia, namun apa bisa lolos dari hukum Allah?
      😀

  4. cerita lama yang selalu berulang, emang tuh vulici cerbon huwasyuuuuuuu tahun 2007 pakai thunder 125 knalpot racing ngoto diminta 250rb po ra kuampvrettttt kuwi vulici

  5. Mas IWB

    Ada baiknya Mas IWB menyampaikan berita ini kepada ATPM YIMM dan KMI, spy mereka membuat tembusan kepada KORLANTAS POLRI tentang fungsi lampu pada motor sport fairingnya, agar tidak ada lagi korban kenakalan oknum polantas dikemudian hari.
    Seperti diketahui baik moge berfairing dan juga beberapa motor kecil spt Ninja 250, R25 dan R15 yang dual headlamp menganut sistem nyala sebelah pada saat ON.
    Hal ini harus segera diinfokan pihak pabrikan kepada KORLANTAS POLRI.

    • Debatin aja gan, bilang klo nyala satu gk boleh knapa di loloskan oleh dishub (CMIIW), klo bawaan pabrik mah gpp ya, klo kasus yg diatas kan bawaannya nyala dua
      Lagi pula di pasalnya ditulis menyalakan lampu utama, bukan harus dua duanya

      • Bukan Dishub kayanya bro, bukankah ini diluar domain Dishub? tapi kementerian perindustrian dan perdagangan.
        Dan ini juga jadi tanggung jawab pabrikannya agar segera menginfokan kepada jajaran KORLANTAS POLRI.

        • Thanks dah koreksi, iya maksud ane juga gitu.
          Di kota besar ane rasa polisinya dah ngeh kok masalah ini, mungkin cuma yg di daerah yg jarang melihat motor seperti ini atau memang cuman oknum tertentu

    • Jadi bikers jangan polos amat lah, asalkan kelengkapan diri dan kendaraan SIM & STNK semua lengkap, jangan gugup menghadapi oknum polisi bgtu, kalau gugup malah jadi makanan empuk. Yang penting sudah lengkap dan benar, bila tetap dicari kesalahan semacam lampu pada sport fairing ini, saya sarankan bikers menjelaskan tentang lampu motor fairingnya kepada oknum polisi itu, dan bila polisinya tetap kekeh mau menilang kita, ya sudah kita minta sidang dipengadilan dn jangan mau damai ditempat, itu malah menjadi kebiasaan si oknum polisinya, karena memang kita benar dan tidak salah, tantangin sekalian kita siap sidang sampai pengadilan, kita bilang sama polisinya nanti didepan hakim saya tidak salah dan akan menjelaskan duduk permasalahannya, kalau perlu info ke pabrikan agar meminta bantuan hukum dari ATPM tempat kita membeli motor itu. Saya yakin mendengar penjelasan kita, maka si oknum polisi bakal ngeper, masalah ini tak usah main backing backingan segala, asal kita benar dan meminta tanggung jawab pabrikan agar memberi penjelasan produknya ke polisi dan hakim dipersidangan.
      Saran saya ini buat biker yang sekalian kepalang tanggung mau direpotkan urusan beginian dan pabrikan motor yang anda belipun pasti membela anda.

      • jadi polusi juga jgn polos2 amat. skill cuma “malak”, ini mah begal berseragam

    • Para pengendara Ninja dan R series???..waspadalah saat melewati jalur Cirebon?..

      Maaf mas IWB, kalau judulnya ini artinya bikers sport fairing yang berjuang dan harus wapada terhadap kebuasan oknum polantas. Lalu dimana tanggung jawab pabrikan (APM) nya??? Pabrikan motor (Yamaha dan Kawasaki) yang memproduksi sport fairing dengan nyala lampu sebelah jangan diam saja melihat seringnya kejadian dilapangan seperti ini dan sangat sering.
      Tolong Mas IWB sbg media/blogger besar spy sampaikan hal ini ke pabrikan KMI dan YIMM agar segera memberi penjelasan ke Media dan mereka segera menginfokan hal ini ke Jajaran KORLANTAS POLRI.
      Bukankah ini juga termsk salah satu bentuk perlindungan konsumen dari pabrikan?

  6. dibandung juga pernah gw kaya gitu, disuruh nyalain lampu 2″nya. gebleg bener polisinya

  7. lahgian lampu ada dua ngapain juga di bikin nyala sebelah2 sama pabrikanya??. padahal klo nyala keduanya kan malah lebih baik..baik dr segi estetika juga fungsi,..ga malah kaya p
    icekk

    • lampu 1nya jd pass beam… fungsi pass beam br trasa saat jalan jauh & jalan tnpa pembatas jalan…cb deh..

      • maksudnya kan klo jalan malam jauh tanpa pembatas jalan kan? klo klo nyala dua2nya juga masih ada satu filamen buat lampu jauh kan?.. jadi walo nyala dua2nya kan sama2 dekat atau sama2 jauh,..trus bisa juga sekalian di tambah pass beam ,jd luas pancaran lampu tetep lebih luas n baik

  8. wakakakaka

    sport honda = metik vario

    no cut engine, pass beam n lampu 22nya nyala

    dunguuu

    jiahaahahahaha

  9. polisi gak aneh kalo kaya gitu,buanyak sekali termasuk polisi bandung di jalan bypass sukarno hatta,saya pernah juga ngalamin motor saya NVL plat E majalengka semua yg bukan plat D dihentikan saya dari majalengka mau menuju sukabumi dan dihentikan di daerah apa itu lupa lagi pokonya di jln bypass bandung,semua kelengkapan kumplit lampu nyala posisi motor nenurut saya benar saya mau belok kiri posisi di kiri pake lampu sen,eh sigak pak polosi langsung menghadang didepan dengan alasan saya gak tau marka jalan dan saya di ancam di tilang dan akan sidang tgl berapa lupa lagi atau denda 100rb saya merasa gak salah dan saya terus debat terus pa polisi berikan keringanan katanya 50rb aja kata saya enggak pak saya gak salah kok,kata polisi ya udah 30rb aja saya lansung kasih saja 30rb karna saya inget perjalanan masih jauh menuju sukabumi begitulah polisi dimanamana kayanya buanyak yg kaya gitu

    • Abdi ge kamari bade ka cianjur di cegat padah plat nomer F :'(
      150rb melayang sudahhhhh :'(

      • sukurin…. kasian orang kere kaya kamu. di dompet tinggal 150rb ,eh .. diminta polkisi juga… Ngoahahaha..
        salam kere ya bro

  10. Cerita juga masalah tilang” an
    Ane lagi jalan trus diberentiin, biasa dicek” in surat” sim dll. Trus polisinya kek nyari” kesalahan tuh, muter” in ane. Eh dia liat helm ane
    “Wah helm kamu tidak standar SNI, kamu saya tilang pasal bla bla bla”. Nah gw kgk trima tuh ” pak ini helm standarnya emang bukan SNI, tapi DOT. DOT ituh standar amerika jadi lebih tinggi dari SNI”
    “Tetep gak bisa, disini di tulis harus berstandar SNI” malah ngeyel dia
    “Pak di situ ditulis minimal SNI pak bukan harus SNI” dah mulai gondok ane
    “Kamu berani melawan, udah terima kenyataan saja kamu salah. Cepet bayar tilang sini 200rb” keliatan kan piciknya
    ” pak sekarang emang boleh nitip sidang? Emang saya goblok apa? Dah saya klo emang salah saya minta surat untuk sidang aja, nanti sidang bapak juga ikut. Kita liat siapa yang salah pak” dah pake nada yg tinggi ane, orang” pada liatin
    Polisinya langsung keliatan kesel gituh, truss ane dilepasin gitu aja. Sebenernya mau ane lanjutin tuh debatnya tapi ane gk ngerekam pembicaraannya dan lagi buru”
    Intinya kita sebagai pengendara jangan mau terima gituh aja kalo kita bener ngapain kita takut. Justru klo kita gk lawan kita malah membenarkan kesalahan.

  11. Ada FBH yang demen fotocopy OCUY (orang cerdas user yamaha) euyy :/
    akhhh biarkan saja namanya juga kurang kreatif eh kurang ngotak,
    eh lwong pada gak otaknya 😀 ekekekek

    • malah mewek disini.. ngaku ngaklu cerdas lagi??? haloooo kamu hanya seorang OB. kok dengan pongahnya ngaku cerdas?? orang yg aneh..

  12. rasanya sudah beberapa kali baca kasus seperti ini.
    sebaiknya laporkan saja ke bagian pengaduan Polri.

  13. Kalo cbr lewat mah polisi nya woles pasti dah tau yg nyemplak ganteng, mapan, kaya,dan berwibawa..

    Ekekeke

  14. Syukurlah metik gw kasih plat no XXX 1 RI jadi ga ada yg berani nyetopin gw….
    ngoahahaha….

  15. Oknum polisi daerah CIREBON emang terkenal banyak oknum yang nakal / nyari” kesalahan ,
    selalu waspada

  16. Bukan Dishub kayanya bro, bukankah ini diluar domain Dishub? tapi kementerian perindustrian dan perdagangan.
    Dan ini juga jadi tanggung jawab pabrikannya.

  17. ninja n r-series emang clan manteb

    model sport sejati

    emang sebelah males desain, model vario rasa metik ngaku sport

    jiahahahahaha

  18. ah ente ente ini gimana sich,,,?
    itu karena polisinya gak pernah pakai merk motor selain honda ya jadi dongo bin pekok. doktrinnya ya honda motornya ya beat atau supri doang. eke ekek ekek.

  19. pernah ngalamin jg pas melintas cirebon kebetulan plat bukan cirebon plat nomor asli ting2 cm pas nomor di platnya saya gosok jad silver tanpa cat kena juga sedang yang plat cirebon tanpa helm lawan aruspun ga diapa2in

  20. Kl kejadian seperti itu lg, cb ambil hape dan rekam kejadiannya, buat barang bukti dan upload ke medsos/youtube

  21. nggak mungkin… lain spek motor laki sama matic/cub… lagian emang polisnya iseng aje… belum puasa udah ngejar setoran… hadeh…

  22. Membunuh lewat santet dosa besarnya jadi double loh gan, Musyrik/syirik plus dosa membunuhnya. Memang bisa lolos dari hukum dan penjara dunia, namun apa bisa lolos dari hukum Allah?.
    😀

  23. mungkin oknum polisi jera nilang cbr series. Bknnya ngasih duet malah bantu dorong nyari bbm premium pinggiran. Maklum duet abis buat byr angsuran yg gede krena dp 0%.

  24. Hahahahaha

    Polantas babi sama kayak Celengers FBH Fans Babi Hutan

  25. Bisa jadi bahan BC sales maHonda ini, nanti sales maHonda bilang jangan beli R15 krn lampunya nyala sebelah inceran pulisi.

    Bruakakakak

  26. Josss

    Yang mentok 150 cc nyala dua-duanya cuyyy hahahahaha

  27. fBY & fBK dirazia Polisi krn lampu motor nyala sebelah

    fBHomo maHonda bikers Gay dirazia Satpol PP Densus 69 Anti Waria krn lampu di Taman Lawang remang-remang nyala dua-duanya

    Bruakakakak

  28. hehe…. jadi ingat pas awal tahun ini kang, saya melintas di jalur tsb dg sp motor, pas ada razia dan kaca sepion saya copot sebelah kiri (mudibah) namun kaca tsb saya simpan di ransel jadi lolos perkara, lanjut masalah STNK telat pajak 2th (maklum bokek) kena ancam tilang tapi saya lumayan ngeyel minta penjelasan “tilang mengenai apa” dan pak polisi bilang “stnk mati/telat byr pajak”
    lalu saya balik nyeletuk
    “lah pak, bukannya kalau stnk mati itu sudah bukan urusan polisi pak, tapi dispenda, lha wong kalau saya perpanjang stnk saja kalau telat sudah pasti kena denda pak”

    gak banyak ngomong ba bi bu langsung pak polisi tsb serahin sim dan stnk
    lolos deh dari tilang ataupun titip sidang 😀

  29. Kena tilang polisi dijalan masih ga seberapa dibanding pelek kena lubang dijalan jadi meleyot, motor ga bisa jalan, syukur2 ga ikut jatuh gara2 pelek, syukur2 jg mesin ga kena..

    Klo cbr selain aman dari polisi, beda kelas juga jelasnya sama si rongsok series itu wkwkkwk 😀 😀 😀

  30. Yang lampu nyala sebelah silindernya sudah berpasangan

    Yang lampu nyala dua kayak skutik silindernya masih jomblo, sebut saja yang mentok 150 cc itu tuh

    Bruakakakak

    Salam mentok 150 cc yee cung fBHomo

  31. Saya pernah ditilang polisi krna yg bonceng tdk pakai helm(ini memang salah), dimintain SIM ama STNK trs polisine bilang ikut ke pos..
    Ane ikutin tuh polisi ke pos gak jauh dari situ. Polisi parkir motor dibelakang pos, ane ikut parkir disamping motor polisi. Lalu itu SIM ama STNK ane dikasih ama temennya sesama polisi yg ada di pos sambil bilang, sono urusannya ama komendan. Setelah ba bi bu akhirnya saya bayar ditempat alias damai. Kata polisi damai itu indah jadinya ya damai aja. Setelah SIM ama STNK dibalikkin ane berdua pulang, nah waktu ambil motor di belakang pospol, disamping ada motor polisi yg tadi nangjep juga lagi parkir dan helm nya nyantol di setang, spontanitas tanpa direncanakan akhirnya timbul pikiran nyolong helm polisi, kebetulan motor dibelakang pos jadi polisi gak lihat.. Akhirnya dalam sekejap itu helm polisi udah berpindah ke tangan ane ama temen ane alias ane colong tuh helm. Men kapok polisine, sorry ya pak pol, ini spontanitas kok, gak ada rencana mau nyolong.

  32. jangan lupa saksikan serial Mr. police goceng hanya di 68 TEN TV,
    lokasi suting di CIREBON.

  33. Saya juga pernah ngalamin hal seperti malah udah 3x -_- cuma masalah lampu juga sih, tapi saya pake motor jupiter z burhan lampunya mati sebelah,, 😀 semua bayar ditempat byar 30rb :v itu kejadian di kota saya Kabupaten Purworejo :3

  34. polisi jujur di indonesia cuma ada 3, yaitu:
    1. hoegong, mantan kapolri era kemerdekaan
    2. patung polisi
    3. polisi tidur

  35. Haha sampe masuk ke artikel iwb parah emang kelakuan polkis kab cirebon(oknum) gk mobil gk motor selain plat E cirebon babat habis… berapa kali ane berurusan sama ni oknum alhamdulillah selamat trus.plat ane sblh cirebon … emang suka meng ada” mtor ane lengkap aja bilang spion harus standar pabrik wtf spion ane standar… ane zigzag kena tilang katanya gk boleh zigzag trus bilang plat nopol gk boleh modif lha plat ane standar ada stempel dishubnya yg plat modif lewat depan matanya kaga di apa”n cma gara” plat E cirebon,… ane coba liat pasal yg katanya ane nglanggar pasal berlapis dilihat pasalnya pasal lampu merah WTF. tp ngtot smpe bilang udh adanya brpa?bnr” terang”an cri storan ni oknum… wkakakak… hati” deh bagi biker yg non plat E cirebon kalo smpe lewat situ pinter” debat biar bisa lolos..

  36. polantas cirebon gak ada apa2nya setannnya bila dibandingkan polantas medan sumatera utara terutama polantas langkat
    cth. kotak p3k diperiksa hrs lengkap, gak lengkap minta 500 rb, kunci roda, dongkrak hrs lengkap gak lengkap 500 rb, warna tutup pentil hrs sama, pnmpang belakang hrs pake sabuk semua, pnpang gak pake sabuk denda 250 rb

    target polantas langkat:
    1. plat non bk terutama bl dari aceh
    2. mobil truk barang
    3. pelajar

  37. Banyak Oknum yg seperti itu Masa Tuanya kena “Stroke/Penyakit Berat” ga usah jauh2 lah tetangga Ane dulu ad yg spt itu. Punya anak ndugal banget terkenal nakal disekolahnya gak punya sopan santun sama sekali dengan org tua mungkin tiap hari diberi makan “uang panas” bolak2 balik masuk RS entah sakit atau kecelakaan. Namanya aj uang ga berkah monggo dinikmatin aj paling hanya sekejap tetapi resiko yg ditanggung tidak main2. Semua ada yg bales Bro tenang aj bahkan balesannya malah lbh berat. Iklaskan aja anggep sebagai membuang kesialan kita ke OKNUM itu.

Comments are closed.