iklan iwb

banner-460x110 (3)

edBro dan Sis sekalian?..pabrikan bisa besar karena konsumen. Pabrikan mampu berdiri kokoh karena dukungan jaringan dibawahnya. Sebagai ujung tombak yang langsung berhadapan dengan customer…..dealer adalah impresi kualitas terhadap pabrikan itu sendiri. Namun gimana jika dealer tersebut cuek bebek menyepelekan unsur “servis” karena merasa menjadi penguasa??. Inilah yang menjadi keluhan para biker terhadap dealer Kawasaki Meganusa Semesta Medan Sumatra….460x110rev(1)uk460x110

iklan iwb

Mendapatkan info dan keluhan dari beberapa biker teman IWB di pulau Sumatra…..tepatnya di kota Medan. Kisahnya berasal bro Gunawan. Seperti yang dituturkan doi, bro Gun hendak membeli ZX636R di dealer Kawasaki kota Medan yaitu Meganusa Semesta di Jl. Gatot Subroto yang iklannya ditulis main dealer Kawasaki di wilayah Aceh-Sumatra Utara – dan Riau. Tapi alangkah terkejutnya bro Gunawan dengan pelayanan counter dealer tersebut yang kurang menyenangkan (terkesan ogah-ogahan dan menyepelekan konsumen)….

Mimik mukanya dingin seperti tidak butuh. Yang menjengkelkan….saat itu ada konsumen lain yang datang naik mobil…dan sales penjaga counter begitu semangat dan lebih konsen pada mereka. Maklum kangbro, bro Gunawan waktu datang hanya mengendarai motor Vixion. Mungkin sales berpikir….bro Gunawan bukanlah potential buyer dan hanya akan menguras tenaga. Ibarat kasare ngomong…..nunggang Vixion wae mau beli moge, duit gambar bagong :mrgreen: . Pelayanan pilih kasih begitu mencolok dan transparan.? Namun ketidak profesionalan mereka belum usai….

Setelah sabar menunggu….ternyata sales counter sama sekali tidak tahu apa-apa tentang produk baru ZX636r. Mereka hanya tahu sport 600cc Kawasaki adalah ZX600r (disinyalir belum ditraining nih :mrgreen: ). Padahal bro Gun mendengar kalau Kawasaki Greentech yang di Pekanbaru sudah memiliki stock ZX636R tersebut. Rupanya terakhir baru di ketahui bahwa Greentech Pekanbaru bukan dealer yang tunduk di bawah Meganusa. Tapi berdiri sendiri sehingga bisa mengambil barang langsung dari KMI. Pantesan produk diGreentech selalu lengkap, Tapi dealer-dealer Kawasaki di kota lain di Sumatra utara seperti Tanjung Morawa tidak pernah ada stock…..

Karena merasa kecewa dan tidak ada kabar dari Kawasaki Meganusa Medan setelah menunggu 1 bulan, akhirnya bro gun pergi ke Pekanbaru. Tapi sayang…..Kawasaki Pekanbaru tidak bisa menjual unit untuk konsumen ber KTP Medan. Alasannya karena beda wilayah. Akhir doi terpaksa datang kembali ke Kawasaki Medan. Tapi tetap saja tidak ada kejelasan kapan mereka memiliki stock ZX636r. Mumet bin tepuk jidat kangbro. Mau beli moge aja susah bener. Mencari referensi teman-teman doi para biker Kawasaki lain……mendapatkan informasi bahwa Kawasaki di Medan ini memang agak susah dan rada sombong….

Jadi atas masukan para kolega, bro Gun terpaksa membeli unit ZX636r dari Greentech Pekanbaru menggunakan KTP orang lain yang berdomisili di kota tersebut. Alias plat yang keluar adalah BM. Masalah selesai??. Belum kangbro…..

image(4)
Free coupon servis tidak berlaku diMeganusa Medan kecuali produk yang dibeli disana (wajah disamarkan atas permintaan bro Gunawan)

Setelah beberapa hari kemudian akhirnya unit ZX636 hijau sampai kepelukan. Waktu servis pertama telah tiba…..bro gun kembali mengunjungi Kawasaki Meganusa Medan sebagai dealer resmi terdekat. Namun alangkah terkejutnya……sebab customer service malah mengatakan mereka tidak bisa menerima service motor yang bukan dari hasil jualan mereka dengan free service coupon, tapi harus bayar cash alias kupon tidak berlaku disana. Bahkan yang lebih tidak masuk akal adalah biaya service plat BM di patok dua kali lipat dari harga service motor plat BK. Dengan berat hati service tetap dilakukan, tapi membuat rasa trauma untuk kembali mengunjungi dealer tersebut….

  1. Yang ingin di pertanyakan adalah…..apa salah konsumen yang membeli motor di tempat lain padahal dealer di kotanya tidak menyediakan unit tersebut ?
  2. Apa free service kupon hanya berlaku di jaringan dealer tempat dia membeli saja? Bukan berlaku national?

Jelas…sejauh yang IWB tahu kupon servis gratis berlaku secara nasional. Mau sampeyan berada diujung Merauke ataupun Sabang…dealer wajib menerima dan membantu servis produk berdasarkan brand atau merk sesuai dengan buku garansi. Flownya sederhana…..kupon tersebut oleh pihak dealer akan di-reimburst atau diklaim kepusat. Jadi sebenarnya…dealer tidak sepenuhnya gratis karena pusat mengganti nominal fee untuk servis yang dikeluarkan. So….dari kasus Meganusa, dealer ini terindikasi enggan membantu atau memang sengaja melakukan dengan alasan khusus…..

Sedang untuk case pertama….jujur memang rada rumit. Sepertinya terjadi persaingan tidak sehat antara kedua dealer. Jadi dengan tindakan dan manuver Meganusa terhadap konsumen yang beli diPekanbaru…mereka berharap konsumen kapok dan lebih memilih mereka. Orientasi bisnisnya sangat kuat dan cenderung merugikan konsumen. Pertanyaannya….gimana jika mereka tidak mampu menyediakan produk yang kita inginkan??. Sepertinya nggak fair ya bro konsumen menjadi korban keegoisan bisnisnya. Nah…inilah yang menjadi kendala dan PR Kawasaki pusat guna bertindak tegas. Turun kelapangan langsung membenahi carut marutnya kinerja dealer besar mereka didaerah….

Last…..bro Gunawan berharap dengan hadirnya artikel ini bisa menjadi perhatian serius Kawasaki agar lebih baik lagi……menyikapi secara sungguh-sungguh keluhan konsumen terhadap pelayanan para dealer besar. Patut diingat…persaingan semakin ketat. Geng ijo kedepan tidak sendiri dalam memasarkan moge. Suzuki dan Yamaha sudah menapakkan kaki dizona tersebut. Dealer hanya orientasi bisnis??. Pabrikan kudu bertindak tegas jika tidak ingin terjadi seleksi alam. Produk keren dealer memble ya sami mawon. Ya nggak bro…..(iwb)

349 COMMENTS

  1. Pernah mengalami harga di dealer A dengan dealer B harga beda 500rb, padahal satu jenis, satu pabrikan, dan kota berdekatan pula. Itulah bukti tingkat kem*rukan para sales berbeda2 di setiap kota.

  2. kesimpulan kasar” kalo ke dealer mesti pake jas ,dasi,sekalian bawa bmw + supir hehehe”

  3. KMI harus bertindak tegas…

    Dan tolong jg diperhatikan kelangsungan spare parts nya. Saya jg sdh 2 bln menunggu standard samping ninja r sampai sekarang belum ada tuh mas Iwan.
    baru siang tadi sy cek kembali ke CKP soekarno hatta bandung, kata si mas bagian spare parts nya coba tiga hari lagi….., mdh”an ini jg dibaca oleh KMI…tiga hari ke depan standard samping sudah tersedia.

  4. apa yang dialami bro Gun, dulu kala pernah juga dialami kakak saya waktu mau beli mobil ….yah begitulah orang selalu menilai dr apa yang terlihat saat itu……bukan hanya soal beli kendaraan, lha wong minta sumbangan pembangunan masjid di komplek saya tinggal saja juga pilih2 orang, mana yg diberi proposal mana yg cukup disampaikan lewat speaker waktu pengajian umum. orang begitu rendah menilai seseorang krn kemiskinannya tapi begitu menyanjung dan menghormati orang yg berduit, padahal soal akhlaq belum tentu yg berduit lbh baik dibanding yang miskin….

  5. itu dealer kismin banget. main dealer kok kayak gini.
    baru kali ini dengar org kaya kuat beli moge ngerasa susah menderita.
    kalo ane sih ane damprat itu dealer terus toyor2 jidatnya pake duit segepok 50 juta.

  6. laporin aja ke kawasaki pusat lewat email kang,,pasti di sita ijin usahanya ma pusat untuk sementara sampai maslah selesai,,

  7. Parahhh dealernya
    Ini aja joss
    nyobamoto.com/2014/03/14/mpm-jozz-launching-one-heart-card-yang-sangat-bermanfaat-dan-multi-fungsi/

  8. Greentech pekanbaru memang banyak moge.
    Kemarin aja dlm sehari ane lihat 2 zx14r yg dikirim…
    Cuma satu yg ane kesel, klw service yg bukan moge dlm hal ini ane nunggangin RR service nya asal2n..
    Masak paku rivet ane bisa patah trus kagak diganti, pas ganti kampas kerja asal2n ny membuat lecet2 arm RR gua…
    Begitu curcol ane

  9. Pabrikan kudu bertindak tegas jika tidak ingin terjadi seleksi alam. Produk keren dealer memble ya sami mawon. Ya nggak bro
    ======================================================================*setubuh eh setudju ding kang ehehehhe

  10. itulah jeleknya grup kaoskaki kalah sama ronda and yamaho
    bahkan coba cek web resminya, tidak ada line untuk pengaduan atau untuk di hubungi

  11. ya harap dipaksa maklum . ini kan produsen motor yang cuma impor tanpa bikin pabrik besar di indonesia

  12. Motor keren,tapi aftersalesnya ancur buat apa dibeli,mending beli mocin,murah,rusak lgsg buang 😀

  13. saya pernah beli ninja FI di dealer makassaar, karena dipindah tugas ke gorontalo, akhirnya motor ikut diboyong, waktu servis di kota gorontalo pihak dealer tidak menerima kupon service gratis yg dikeluarkan dealer di makassar, katanya kupon ini cuma berlaku jika servis dilakukan didealer yg mengeluarkan kupon ini.

  14. siip setuju…wah kudu di tindak lanjuti ni .aku jg pernah ada kasus yg serupa wkt beli mobek prikitiuwww.persaingan g sht antar dealer gt. Dan hanya honda yg akur antar dealer atoupun tmpt servic-enya.

  15. wah costumer service nya jelek banget, KMI g pinter pemasaran iki
    mosok bawahan bisa bertingkah seenak udel 😀

  16. sudah biasa
    kusam, lusuh, dekil dikira embeekh sama sales.
    sudah sering terjadi tidak dilayani.

  17. kaos kaki kok dibeli, udah kualitasnya jelek, spare part payah, boros pula lagi, seperti pengalaman saya pake kawasaki klx sengaja dibeli olh dinas utk ke pelosok2 desa, eh…………pas tanjakan gak ada tenaganya, mesin merotol di dalamnya tau kayak gitu bagus belik suzuki ts aja

    • Mau ngadu kemana website resminya ae ga ada link untuk kontak, cuman link ke dealer doank, masa ngaduin dealer ke dealer jg

  18. dulu waktu 2011 ovi laris banget. Sampe harus indent. Nah,bapak ane pengen minang ovi dan nyuruh ane muter ke berbagai dealer yamaha di jogja buat nyari yg ready stok. selama ketemu sales manapun,ane dilayani dengan ramah. Padahal ane cuma pakai sragam sma,motor jupiz 2005. tas dan sepatu ane juga biasa aja…
    Tapi ya itu,sayangnya ga nemu ovi yg ready stok. Jadinya ambil scorpio deh..

  19. pantesan kawak ga gedhe2,,barang apik sing dodol ga bener
    ya sing tuku nggrundhel ae.
    ana neh iki kang kancaku rep tuku ninin SL (area cikarang)
    syarate
    1.kudu kredit (kancaku rep cash ae)
    2.indent 3 wulan (kancaku lagi teko ,nggowo dhuit cash ,kudu nggowo ninin SL bali)
    3.barange ono siji,,ujung-ujunge biaya tambahan 2 jt ,lg iso cash.
    4.rakitan 2013 free charge admin,,yen 2014 kena charge 300 ewu(opo neh iki)
    5. indent 3 wulan ,keburu discontinueeeee

    mumet ndhase kang,liyane do piye podho ga?

    • kl barang g ready stock y smua dealer sma aj, pzti oknum MSnya lbih mndahulukn yg ngredit….. inget..!! bkn dealernya yg sakit pi MSnya yg ngejar untung….

  20. kang iwan,boleh minta tolong ga?
    Tanyain pak eko dong. R15 indo sama dengan R15 v.3 india ga?
    Siapa tau kaya yg pas nanya harga kemaren. Hehe

  21. saiya di JKT nyari baut discbrake KLX150 aja susyeee.. udah muter2 diler 3Snya kawasaki berapa biji, kaga ada yg jual… wuaneh bgt…

  22. mas iwan mas iwan… soal bosoknya kawasaki udah pernah kok saya angkat

    pasukanredribbon.wordpress.com/2014/01/26/ada-yang-tau-maksud-dari-biaya-build-up-ketika-mau-beli-motornya-kawasaki/

    tulisan tersebut saya alami sebelum ada komplain dari orang lain soal kawasaki yang sudah situ angkat di artikel kemarin kemarin…

    btw… saya ke Kawasaki aja pake mobil lhoo…. itu aja dikacangin sama CSnya … wkwkkwkwkwk… dealer ga genah…

Comments are closed.