iklan iwb

IwanbanaranBro dan sis sekalian….saat meliput Honda Safety riding diLombok beberapa pekan lalu…IWB sempet mengamati jalanan Mataram dan sekitarnya. Aspal mulus nan lengang menjadi suguhan langka dimata IWB yang biasa hidup dihiruk pikuk ibu kota. Mantepnya….tiap jalan yang menghubungkan lokasi satu kelokasi lainnya bak permukaan seterika. Nyaris tanpa lubang. Jiannnn mantep jozz gandozzz. Sayang…pemandangan indah tercederai habit biker yang masih menyepelekan akan pentingnya pemakaian helm. Hampir 50% penyemplak motor yang kepergok IWB….mereka ogah mengenakan pengaman kepala. Sobek tenan!!….lwb-460x240AHM Oil IWB OK (460x150)

Menyesal selalu datang belakangan. Asli….peribahasa tersebut nggak ngarang brosis. Sekitar tahun 1996 IWB pernah jatuh dlosor dari motor pada kecepatan 40km/jam didaerah Watulimo Trenggalek Jawa Timur. Hard braking diturunan berpasir….tiba-tiba traksi ban lepas dan tunggangan meluncur kesebelah kiri….membuat IWB terlempar diatas permukaan aspal. Gaya gravitasi memaksa tubuh dan kepala tidak kuasa menahan gesekan kasarnya aspal jalanan. Mengenakan helm kura-kura (sebutan helm standart Astrea Grand era 1990an)……perangkat tersebut tidak mampu berbuat banyak saat posisi muka miring kesebelah kanan. Hanya dalam hitungan detik…..pipi dan pelipis sisi kiri habis seperti diparut. IWB tidak sadar sebab yang terasa kala itu hanya rasa panas menyengat. Jebule setelah ngaca…..IWB shock berat!!!

Kulit pipi mengelupas hilang tergerus aspal digantikan darah serta kerikil-kerikil kecil nempel didaging muka. Lemes sebab bayangan cacat mengintai. “Wah…muka belang selamanya nih” batin IWB frustasi. Luka tersebut belum termasuk siku, dengkul dan beberapa bagian yang mampu membuat baju dan celana robek nggak karu-karuan. Masa kelam yang akan IWB ingat seumur hidup. Untunglah….seiring perjalanan waktu, cedera mendapatkan perawatan. Kerikil dibersihkan dan diangkat oleh petugas medis. Mungkin karena usia yang masih muda…..kulit bisa kembali normal. Kejadian jatuh ternyata tidak hanya disitu sebab 8 tahun setelahnya atau sekitar 2003…IWB kembali dlosor akibat menghindari mobil ngerem mendadak diTanah kusir Jakarta Selatan. Hanya saja kini ceritanya lain….

iklan iwb

IWB mengenakan helm full face KYT. Kenapa memilih full muka?. Awalnya bukan safety yang dipikirkan namun lebih kearah mode dan debu. maksude?? Yup….polusi udara ibukota terasa pengap jika muka tidak dilindungi maksimal. Selain itu….pasca IWB hijrah ke Jakarta, mata IWB jadi melek…..jebule biker yang memakai helm full face terlihat keren dibanding hanya model catok. Maklum mzbro…dikota kecil tempat kelahiran IWB, jarang biker sudi memakai helm full face. Lawong nggak bisa nampang je :mrgreen: . Opo maneh kalau kendaraan yang ditunggangi RGR. Wis…pengennya helm malah dicopot biar semua orang tahu….si A tunggangannya keren euy (masa ababil bener tuh wkwkwk). Semakin beranjak dewasa pola pikir berubah. Hingga kejadian dlosor diTanah Kusir menyadarkan semuanya….Iwanbanaran

Jatuh dikecepatan sekitar 40km/jam….sekali lagi muka seperti tidak terkontrol. Saat terjadi benturan dan terlempar dari motor…posisi sudah tengkurap menghadap aspal. Dibalik helm…IWB bisa melihat kasarnya kontur aspal menyerang visor yang IWB kenakan. ” Srokkkkkkk….” suaranya membikin hati bergidik. Hanya beberapa detik….IWB sudah dikerumunin banyak orang berusaha menolong. Berdarah dibeberapa bagian seperti siku dan lutut…..namun kepala aman tidak lecet sedikitpun. Membuka helm…..bagian visor seperti tercabik dan buram tanda gesekan yang dihasilkan aspal masuk kategori high pressure. Weleh…bisa dibayangkan jika saat kejadian IWB hanya menggunakan helm ala kadarnya. Opo maneh kalau nggak pakai helm….jiannn serem tenan. Asli….setelah itu IWB ciut nyali. Tidak pede sama sekali jika melaju kencang tanpa proteksi mumpuni. Oleh sebab itu….pemandangan yang disodorkan para biker Lombok membuat IWB tepuk jidat….

Berkendara dijalan raya….hampir 50% tidak mengenakan helm. Mencari info dari penduduk asli Lombok…mereka berujar “nggak apa-apa mz…polisinya nggak galak koq disini’ ujar mereka. Waladalah….helm menjadi wajib jika polantas ketat dan sebaliknya…dicuekin jika operasi kendor. Satu kultur yang kudu dibenahi. Mosok demi keselamatan pribadi kudu diteriak-teriakin. Malah yang unik…para bule secara mengejutkan mampu memberikan contoh sebagai sosok biker tulen. Melintas didepan mobil yang IWB tumpangi…mereka mengenakan helm lengkap sebagai bentuk kepedulian safety riding. Sesuatu hal yang jarang IWB tangkap pada penduduk pribumi. Padahal….seperti yang kita tahu, kepala hanya bisa menahan benturan pada kecepatan 40km/jam maksimal. Diatas itu….tinggal wiritan aja. Kenapa??…

Tanpa proteksi…..energy benturan akan langsung murni dialirkan keotak. Inilah yang merusak dan membikin fatal korban. Serangan belum termasuk cedera luar yang bisa membuat pendarahan hebat. Sementara jika memakai helm….disamping melindungi luka luar, outer sheel yang biasanya terbuat dari fiber-reinforced atau thermoplastic polycarbonate bakal meredam energy benturan yang menyerang kepala. Material bekerja bahu membahu dengan polystyrene (biasa kita sebut styrofoam) untuk menyerap hit impact sehingga ujung-ujungnya daya rusak energy kinetik tereduksi signifikan hampir 75% sehingga sampai kekepala hanya 25% saja. Nah, kepala aman terhindar dari gegar otak…wajahe juga tetap ganteng/ayu tidak disambangi aspal. Hayo…pilih mana hayo :mrgreen: . Jangan mau kalah ganteng/cantik sama bule brosis. Lha piye mau rupawan kalau hidung bangir jadi pesek tergerus aspal. Helm dijalan raya??. Monggo kenakan mulai sekarang ketimbang terlambat. Biar ganteng dan cakep sama-sama dahhh :mrgreen: .….(iwb)

Jepretan Lombok…..kesadaran memakai helm masih minimIwanbanaran Iwanbanaran IwanbanaranIwanbanaran

148 COMMENTS

  1. ?? qwerty ?? pada Juli 27, 2013 pada 5:04
    PM kalo pake helm
    TRX warna putih
    hadiah dari beli
    syammpahh
    honda, helmnya
    bisa muter sendiri
    kebelakang..

    ====================

    wkwkwk bener itu bro…helm sukro..klo di bwa ngebut 60kpj helm muter bagian mika jdi dit belakang….

  2. Wah contoh melalaikan keselamatan di jalan karena penegakan hukum yg kurang. Tapi gak bisa jadi tolak ukur bule lebih sadar safety. Di US ada kok negara bagian yg ngebolehin pemotor gak pake helm karena lobby dari komunitas pemotor merk tertentu.
    Mungkin aja bule yang sampeyan foto pake helm karena kuatir kalau celaka asuransi gak mau bayar atau takut di peras kalau ketangkep seperti kasus turis di propinsi sebelahnya…..mintanya kan lebih gede.

  3. Foto di daerah senggigi ya mas iwb? .. Kalo di daerah pantai emang rada aneh, bule yg lebih tau aturan,, masyarakat malah ugal2an nyalip mobil di tikungan yg rada nanjak.. Masnya belum lihat kalo malam hari, di daerah senggigi yg pake motor gak ada yg pake helm.. Apalagi kalo perayaan tahun baru.. Beeehhhh.. Ngeriii krn polisi membiarkan ga pake helm kalo malam hari.. (Semoga di baca sama polisi biar bisa lebih ketat) aminn (????)

  4. mantab lek IWB, anjuran seperti ini nih yang mengena di hati dan pikiran pembaca, tidak ada kata-kata mencemooh atau meng-alay-alaykan orang lain, dengan contoh kongkrit atau pengalaman lek IWB sendiri bikin anjurannya tambah mak-jleb, empat jempol buat lek IWB

  5. bener bgt mas iwan, thn 2008 helm fullface jg pernah nylametkan ane dr jatuh ndlosor di kec. 80kpj, krn ada mobil belok mendadak, ngerem udh ga nyampe, akhire nyerempet body smping trus ndosor ke aspal trus mental nyemplung got. untung sopirnya tanggung jwb. wlpn muka selamet krn helm fullface, tp kaki kiri retak, jian apes tenan. dari situlah ane sadar betapa pentingnya pake helm, n sejak itu udh ga brani kebut2an lg dah, miris tenan euy…

  6. Ini sudah mendarah daging di Lombok dan NTB pada umumnya mas iwan,,,saya pendatang dari surabaya miris melihat Mataram dan sekitarnya kesadaran lalu lintas sangat kurang.Mulai dari helm tidak dipakai,aksi potong marka seenaknya,halauan berkendara ngawur (ga motor ga mobil podo wae),dan banyak lagi lainnya. Dijamin mas iwan kalo di Mataram sebulan saja pasti udah mau misuh aja dongkol dalam hati tiap hari,hahahahaha. Dan penegak hukumnya cuman diam saja mas. Perlu diangkat dalam artikel khusus kalau perlu.
    Salam dari lombok mas

  7. bule mah mayoritas sudah sangat sadar akan pentingnya safety kang…
    kalo kata sobat saya kang saftari masa iya kudu dites dulu kepala ke aspal buat tau seberapa pentingnya helm (yg aman) dipake ke kepala kita hehhee….

    kalo saya dah kapok pake helm full face abal abal kang…jaman SMA kepelanting gara2 habis pasang spakbor depan yg model pendek (yg mepet ban itu loh), jebule masangnya gak bener, kecepatan kurang hapal mgkin sekitar 60km/jam atau lebih, soalnya pas ijo alfa II R langsung ditancap…tiba2 ban depan seperti direm habis2an, otomatis kepelanting ke depan…badan guling2an, helm yg diikat terlepas… untungnya saat sudah terseret..jadi wajah saya yg charming ini terselamatkan kekekekek…
    tapi lengan kanan dr bwah siku teus smp nyaris ke bahu membekas smp sekarang seperti tato pulau sumatera jawa dan bali disambungkan hehehe….

    sejak itu nabung biar kebeli helm dari italy dan langganan smp skrang hehehe….yg merek N sudah kebukti ampuh saat tekor belok pake tiggy jaman kuliah saat otw majalengka…tdk ada lecet berarti di tubuh, hanya pegal2 saja malamnya. si N jg hanya lecet dikit2…padahal kepala kebentur bentur terasa di aspal beberapa kali hehehe…

    itu ceritaku… 😀

  8. itu tuh biar gag kena tilang mas mba/ kalo dikarimun sni gag ada tilang polisi mereka mlh gmw pakai hel, bule kan dipandang berduit, jadi incaran pertama polisi, kalo gag pakai helm langsung dikejar, neda sama orang lokal polisinya milih2

  9. penduduk negara maju (dan orang berfikiran maju?) lebih tertib……. kalau di negara kita (tidak semua) tertib dibilang kuno, takut, gak gaul, dll…..

  10. wah kemarin awal puasa saya sempat ndlosor gara2 ada gerobak yg ragu2 mau nyebrang+jalan yg basah abis ujan, rem mendadak trs dpn malah jd slip akibatnya motor ndlosor lbh dr 5 meter, saya terpental dengan luka di kaki (masih berlubang) sama tangan. Alhamdulillah bisa balik badan pas jatu jdnya terlentang (awalnya tengkurap), kalo ga bs balik badan mgkn wajah bs kayak om iwb dulu soalnya cuma paje helm open face, n sekarang jd seneng ngajak safety riding walopun blm bs beli helm full face(ngumpulin dulu) hehehe.

  11. sebenarnya gak gt juga kali orbul-orbul alias orang bule disana kan pada nge rental motor alias nyewa dan itu pasti sepaket dpt helm dunk jd gak krn lebih taat hukum atau safety riding ane lama di kuta orbul sm aja tuh lebih suka tanpa helm biar lebih priii a.k.a free,hehe

  12. 35. retsu – Juli 27, 2013

    Yg ane sering liat.knp biker ninja 250 jarang pke helm..keren tapi norak..
    ================

    jangan dicontoh mas…beli motor puluhan juta mampu, beli helm yg harganya gak smp 5% harga motornya aja ogah…
    norak blass…
    (apa duitnya dah abis buat beli motor? wkwkwk)

  13. 68. yusvi – Juli 27, 2013

    sebenarnya gak gt juga kali orbul-orbul alias orang bule disana kan pada nge rental motor alias nyewa dan itu pasti sepaket dpt helm dunk jd gak krn lebih taat hukum atau safety riding ane lama di kuta orbul sm aja tuh lebih suka tanpa helm biar lebih priii a.k.a free,hehe
    =======

    gak salah juga…kalo suka nonton yutub, free styler bule malah lebih gila, boro2 helm, pake baju aja kagak wkwkwkwk…
    tp ya bukan berarti kudu dicontoh … itu cuma segelintir aja

  14. isi kepala kayak’y bukan aset dech mnurut org kita, harga otak org indonsia lebih murah dr otak bule. maklum, “nyali lebih penting dr pd nyawa, nampang lebih penting drpd nyaman” safty ad ukuran sejauh mana manusia dpt menghargai kehidupan

  15. pernah ndelosor di Purwakarta saat melaju 80 km/jam. kepala turun duluan. untung pake helm full face, waktu itu merk WTC. sama yg dialami Kang Iwan,,,,kepala aman blas gak catu senajan awak bundas kabeh trus mlakune pincang,,,pe sekarang ttp pake helm full face. luwih aman coy,,,,

  16. waduh, semoga masyarakat lokat meniru prilaku bule tersebut
    yudhadepp.blogspot.com/2013/07/menguak-misteri-cb150r-berfairing-ahm.html?m=1

  17. bisa jadi secara umum orang indonesia pada dasarnya kurang sadar safety,,orang indonesia motivasi pkai helm kayaknya lbh mayoritas karena ada polisi. coba di daerah yg g byk polisinya pst lbh byk g pkai helm misal dibanding di jabodetabek

    cmiiw

  18. kalau tulungagung bagian utara yang tanpa helm bisa dihitung mas iwan , tapi kalau bagian selatan cuma 60-65% yang pakai helm , bagian selatan aspalnya makin kurangajar aja banyak lobang dan pada beberapa titik lubang tidak bisa dipilih alhasil njeglong . keep safety first all .. mau fbh , fby , fbk , fbz , fbb dll apapun motornya fafety riding yang utama .. salam joss gadoz kotos kotos mas ..

  19. biasa itumah paradigma turun temurun klo penyesalan biasanya di belakang kang mas prabu iwb
    yang di depanmah pendaftaran namanya

  20. Situasi mungkin mirip dengan di Kuta Bali mas. Tapi soal bule, masih banyak yg ga pake helm kok mas. Mereka yg pake helm pun krn takut kena tilang, maklum polisi sptnya lebih awas sama bule. Di samping itu, dari yg saya lihat bule lebih sering grasa-grusu kalo naik motor, deket mereka mesti lebih waspada.

  21. wuih, ane merinding bacanya mas bro,
    ampe kerikil nempel di daging pipi.
    serius, serem maz bro…

  22. Tdak cma d Lombok mas. Klo sya, lewat jalur pantura malam2 tdak hanya tidak pakai helm, tetapi tdak ada pnerangan jg kdg2. Hehe

  23. sama nih sewaktu ane pulang kampung di daerah magetan jg gt mas jarang tuh biker pakai helm, sampe ane di tanyain ma temen ane mau kemana pake helm wong ga ada polisi ane jawab aja ini helm bakn plindung dri polisi nih plindung kepala sebab ga ada yg tau kapan kita celaka

  24. dulu pernah denger istilah begini :
    “pada dasarnya biker itu ada 2 yakni, biker yang pernah jatuh, dan biker yang akan jatuh”

    ini lah yg mereka tidak sadari, tidak selamanya kita bisa beruntung saat berkendara, sewaktu-waktu pasti bisa kena apes juga, protektor (helm, jaket, sepatu, sarung tangan dll) sangat penting, lebih baik repot sesaat (karena memakai protektor saat berkendara motor), dibanding menyesal selamanya (pada ga takut cacat apa ya?)
    yah tp memang rata2 orang sini lebih senang “menyesal” daripada “mencegah”…….masih senang “nampang”, masih senang dengan yg “praktis – instan walau melanggar aturan”……. mungkin karena masih level penduduk negara berkembang ya ? (kapan bisa majunya klo hal penting – namun terlihat sepele – ini aja ga dipikirkan)

    Yah sudahlah..kita saling mengingatkan saja, dimulai dr yg terdekat dengan kita (saudara, anak, orang tua, teman dll)…terutama anak……

  25. se7 ama made (82)…….bule di sini (apalagi bule yg bawa papan selancar – terutama yg pake matic) rata2 juga ngawur berkendara….waspada bila riding didekat mereka

  26. FAKTA DILAPANGAN HARGA HELM LEBIH MAHAL DARI KEPALA KANG,JNGANKAN FULLFACE,YG HALFFACE JA MAHAL…WKWKWKWK

  27. Sebagai warga Lombok jadi malu liatnya, emang sih kebanyakan disini belum sadar safety riding kang,, riding tanpa helm, ban cacing, tanpa spion bisa didapatkan dimana-mana. Kadang2 ane ngilu liatnya kang.

  28. Dan,, semenjak rajin nyambangi blog otomotif macam kang IWB, TMCBlog, Pertamax, Ridertua,, ane jadi nyadar safety riding.. Thanks kang,,!!

Comments are closed.