Tidak usah nunggu lama...Yamaha Kudu segera berbenah!!!

36

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Yamaha dipukul KO oleh Honda dalam penjualan matic diIndonesia. Jagoan satu sudah runtuh. Mio series tidak mampu membendung keganasan duo matic AHM…Beat dan Scoopy.  Saat inipun Vario series juga mulai menunjukkan taringnya. Kekalahan ini mau tidak mau menjadi sebuah tamparan bagi YMKI….

Saya yakin ketika data sales AISI Januari 2011 keluar, para pejabat teras YMKI langsung melakukan rapat mendadak. Entah mengatur strategi kedepan atau hanya sekedar membahas diinternal mereka. Yang pasti kini YMKI tidak bisa tidur tenang alias berleha-leha. Salah satu mahkota market kebanggaan sudah lepas dari genggaman. Kudu menjadi cambuk untuk memperbaiki semuanya. Tercatat Honda telah berhasil menjual 172,039 unit sedangkan Yamaha 155,286unit. Yang mencengangkan adalah Scoopy. Siretro untuk bulan Januari saja menorehkan record penjualan 25ribu unit (data Kompas). Sebenarnya kita para blogger telah membaca kans ini jauh sebelum fakta terjadi. AHM menunjukkan manuver agresifnya setelah Beat mengalami kesuksesan. Tidak lama Scoopy….siretro yang dikejar dan dicari. Sayang inden berjubel Scoopy tidak direspon positif Yamaha. Yang terakhir disulapnya seluruh desain Vario tehno layaknya Vario CBS…menjadikan produk matic Honda kini banyak disukai konsumen. Sudah jelas…Mio series serta Xeon tidak berdaya mengganjal pergerakan pasukan matic Honda…

Dalam pandangan pribadi…Yamaha jangan nunggu terlalu lama. Mumpung kekalahan masih awal tahun, jadi banyak waktu untuk segera membenahi. Buat gebrakan untuk melawan Scoopy. Jangan malah sibuk membuka market baru yang ceruk pasarnya sempit lewat betik Lexam. Daripada menguras tenaga mengurusi sibetik…monggo siapkan infrastruktur untuk memasarkan Fino. Retro kudu dilawan dengan retro. Sebab konsumen sudah bosan dijejali model desain identik antara satu dengan yang lain. Coba mzbro lirik…antara Mio Sporty, Soul serta Xeon. Postur, garis desain dan dimensi miripkan?! hampir tiada beda!! sedangkan Honda tidak. Ingin yg compact monggo pilih Beat, desain mungil dan enteng. Kalau pengen retro pilih Scoopy. Dan jika mencari postur yang agak bongsor mereka menyediakan Vario. Kurang puas..?? ada PCX, matic kebo yang kaya fitur dan kenyamanan. Yamaha..?? wis gitu-gitu aja. Jadi masih kekeh dengan matic yang ada sekarang?? siap-siap aja bakal makin ditinggalkan konsumen. So come on…..wake up Yamaha!!! (iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

36 COMMENTS

  1. 1
    Angga says:

    bener banget masbro, pdhal fino udah ada jauh seblm honda bikin scoopy. Sayangnya YMKI ga tanggap. 2009-2010 terlalu besar kepala dgn icon iklan Rossi-Lorenzo.

  2. 2
    yellowduck says:

    #2

  3. 3
    green says:

    Pertamaxs………
    Salam kenal bro
    cah Tulung Agung

  4. 4
    green says:

    Walah kedisian bro……..
    ketiga wae tak trimo………

  5. 5
    yellowduck says:

    yamaha blom punya senjata ampuh yang bakal di keluarin buat ngelawan matic honda…
    mo ngeluarin fiore bodinya mocin bgt, kurang wah…

  6. 6
    hourex150l says:

    keknya yamaha eh YmKI masih terkendala masalah pinansial ya untuk bisa membendung serangan dari kubu honda eh AhM ding..

    Nitip masang jaring Mz Iwan:
    http://www.hourex150l.wordpress.com/2011/02/15/service-superkips-ninja150rl/

    PISS..

  7. 7
    Skips says:

    Mio & Mio Soul fitur2 keamanannya gak sekomplit matik Honda jd konsumen skr lebih melirik yg ada fitur keamananya trutama SKS dan msh bnyk lagi. Apalagi NJZ mulai mengawali menerapkan fitur AHO yg kbanyakan konsumen trutama kaum muda tdk se7, jd bsa aj Abs Revo & Blade bakal lbh bnyk penjualanya dibanding NJZ.

  8. 8
    ardo says:

    saya rasa ini salah strategi
    yamaha.
    kesalahan fatal yamaha
    adlh di luncurkanya skutik
    xeon.
    kenapa ?
    karena karakter xeon sama dgn mio soul
    yaitu skutik lelaki yg
    powerful. Nah dgn adanya
    xeon ini justru malah
    membunuh pasaran mio
    soul. Sdng honda pintar, honda membedakan
    karakter skutik antara 1
    dgn lainya. Gk ada yg sama.
    Makanya masyarakat
    justru dgn leluasa memilih
    sesuai kebutuhan.
    yang harus di benahi yamaha adalah merubah mio cw menjadi retro skutik.

  9. 9
    Top says:

    Yamaha Over Price…

  10. 10

    Mengukir sejarah. . .xixixixiii

  11. 11
    segleng says:

    kapasitas produksi mentok..jadi susah nambah farian

  12. 12

    Honda jangan dibiarkan menang terus, kalo menang trus kita tdk akan disuguhi mesin2 baru lagi.

  13. 13
    Rahmats says:

    Yg laen semakin di depan,Yamaha semakin Pasrah,btw kapan hadiah 2 milyar dibagikan?

  14. 14
    lufi says:

    kaya main catur, salah langkah bisa skak mat

  15. 15
    Macan74 says:

    Aneh Yamaha itu, produk dah siap tinggal dilepas tp dibiarin. Byson cerita mau rilisnya dah dr kapan.
    Fino, toko2 asesori motor promonya tinggal pk mio sporty posisi sekt’rup ga ada yg perlu dirubah, berarti cuma ganti rumahnua aja susah. Memang bikin yg baru itu ga murah tp masukin xeon/lexam yg sama sekali baru jauh lbh mahal. Mungkin Yamaha memang ga hobby bikin duit
    Sama spt v-ixion, knp ga keluar 2 versi spt rxz n rzr. kalah dr honda hrsnya gerak cepat. r15 itu cukup bikin fairing, yakin pasti naik penjualannya. skg org2 nunggu fairing dr yamaha tp ga ada produknya. ga usah sama fiturnya dg versi India cukup vixy dikasih fairing jg yakin konsumen antri(ga usah kopling dg 6 gigi n speedometer digital)

  16. 16
    Pino Kio says:

    kasihan amat padahal udah ngadain promo gila2an dari hadiah 2 M, umroh, emas batangan, potongan DP, potongan tenor dll seperti org kebakaran jenggot (kata Om Dedy Mizwar)tetep aja gak mampu membendung keperkasaan Skutik2 Honda yg memang unggul jauh dari sisi produk.

    Apa yg terjadi dgn yamaha?
    padahal YMKI udah nambah kapasitas produksi mio dari sebelumnya 115 ribu jd 140 ribu sebulan.
    tapi kenapa tetep aja kalah?

    TANYA KEN APA?

  17. 17
    kalimalang rider says:

    kebut2an bikin promo berhadiah umroh…

  18. 18
    Sandi Rizky says:

    Aku nunggu FINO..nih.
    Aku mau pesen satu.

  19. 19
    Pino Kio says:

    yg jelas sih yamaha kalau masih spt sekarang ini yg minim inovasi, cuma bisa gonta-ganti stripping doank akan semakin pasrah aja…..

  20. 20
  21. 21
    iwanbanaran says:

    @ Angga
    Yup…biarin aja kuping pedas dikritik para blogger. Toh demi kebaikan Yamaha juga to. Btw piye kebonya mzbro. Dah datang belum??
    @ Green
    Lam kenal jg mzbro. Wah cah T.Agung yak. T.Agungnya mana??….deket Kauman nggak??
    @ Yellow
    Kalau menurut penerawangan..Fiore kurang. Betul kata mzbro…terlalu mochin. Ntar malah dikira jialing wkwkwkwk….
    @ Hourex
    Yup…masalah produksi bro. Sudah mentok katanya…
    @ Macan 74
    Hhhmm…boleh juga tuh usulnya. Vixion fairing, pasti bakal laris. Kualitas pabrikan gitu loh..
    @ Pinokio
    Butuh penyegaran lewat new model kayak Fino mzbro…

  22. 22
    kripik says:

    Harus tambah pasukan, kayaknya!
    Masak harus ngeles, “Yahhh jelas aja kalah. Lha 3 lawan 5”!

  23. 23
    xxl123 says:

    ayoo ymki kamu bisaaa 😀

  24. 24
    alilin says:

    yamaha mendingan gak usah ikut2an nyebur ke zona skutik retro, percaya deh uforia skutik retro gak bakal lama. sekarang aja scoopy udah gak pake inden2an lagi. model scoopy gak tahan lama, setelah banyak yang berkeliaran dijalan gak terasa imut lagi.

  25. 25
    SEMAR says:

    kayanya klo masalah skutik yamaha udah semakin pasrah ………..xixixi

    Klo ngeluarin fino berarti akan ada sesorang yang menjilat kata katanya sendiri..xixixi

  26. 26
    Angga says:

    @Mas Iwan.
    Belum mas, diundur lagi. Malah katanya April baru bisa terima. Kacau tuh YMKI & dealer2nya. Dijanjiin awal Januari, mundur ke akhir Januari, eh sekarang malah ke April. Rasanya pengen beralih aja, tapi belum ada motor sekelas yang desainnya pas dihati. Klo pun ada, ngga pas dikantong. Maklum, sumurnya kurang dalem 😛

  27. 27
    mark_ink says:

    honda scoopy desainnya trendy abiss, suka bngt sama motor scoopy yang bentuknya simple & stylist..

  28. 28
    kodokijo says:

    mau nambah peluru? masukin aje Majesty 250 dan Fino serta Fiore, dijamin pasukan skutik AHM bakal keder ama serbuan eksplosif kyk gitu. Atensi konsumen dijamin akan kesedot ke kubu YMKI. tapi tentunya gak pake indent2an yo, sama juga bo’ong. kalo perlu diimpor langsung dari Thailand. demi harkat dan martabat YMKI kudu puasa meraup untung banyak dulu utk sementara apabila opsi import utuh dr Thailand yg dipilih. mengingat kapasitas produksi YMKI yg gak memungkinkan, aye yakin gak ada salahnya opsi impor yg diambil. yg penting fight sampe the last drop of blood, fight like a worrior. YMKI, tunjukin your ‘spirit of the rising sun’…!!! 😉

  29. 29
    kodokijo says:

    ups, ralat: fight like a worrior -> fight like a warrior 😉

  30. 30
    iwanbanaran says:

    @ ANgga
    Walahhhh mzbroooo. Sampeyan diuji benar-benar. April?!…gile!!…..sampe bengong saya baca informasinya. Wah saya jadi merasa beruntung cuma inden 1 minggu dah datang. Btw masukin indennya harus banyak dealer, jangan cuma satu bro…

  31. 31
    Angga says:

    @Mas Iwan
    Pengennya sih begitu masbro, tapi kayanya udah terlambat deh. Dari akhir Januari sejak udah 2 kali diboongin, saya udah coba hubungi beberapa dealer di Jakarta (sekitar 10an). Klo ada yang berani jamin 1 bulan datang pasti saya langsung minta disurvey. Tapi rata2 bilang paling cepet 3 bulan. Malah ada yang sampe 6 bulan. Edan kan? Yo weis lah, mo gimana lagi. Dinikmati aja lah, sementara naik angkot dulu kan ga ada salahnya juga, itung2 berpartisipasi mengurangi kemacetan Jakarta (sok bijak padahal mo nangis :P). Itung2 sambil nabung. Insyaallah ada berkah dibalik inden lama. Kali aja nanti dapet rejeki kebeli CBR 250R versi ATPM (Klo kata iklan Djarum 76, NGIMPI!) 😀

  32. 32
    hourex150l says:

    @ Bro Angga
    mangtab dah.. Kesetiaan /loyalitas anda terhadap Byson emang tyiada duanya Mz Bro…
    Sayang saya ga bisa bantu Mz Bro…oiaa,padahal di tempat saya sini (di daerah aja) udah banyak Byson di jalanan lho.. Masak di Ibu kota masih susah juga distribusinya..???!!!
    Pokoe salut deh buat sampeyan Bro..

  33. 33
    Angga says:

    @mas mul
    Makasih mas, sebenernya sih bukan loyal. Tp emang blm ada motor lain yg memikat aja. Klo kebeli ducati mah saya pilih ducati aja 😛

    Sebenernya sih dari dulu pengennya ninin 250 (motor idaman dari 2 tahun lalu, sampe ga keitung berapa kali kebawa mimpi). Tapi apa daya kantong tak sampai. Baru byson aja yg bodynya bikin saya tertarik selain ninin. Soalnya sama2 bongsor, tapi lebih pas di kantong. Makanya saya ga buru2, lha wong byson aja bukan pilihan utama.

    Jadi ga enak sama mas iwan nih, artikel pasang plat nomer di mesinnya jadi ga muncul2 😀

  34. 34
    hourex150l says:

    @ Bro Angga
    hahaha dukati..???!!! Podo Mz…
    Btw, ditunggu aja review dari Mz Iwan,, pasti kluar kok,,, cuma lagi sibuk saja Mz Bro Iwannya…

    PISS…

  35. 35
    BRT says:

    ayoo YAHAMA jangan mau kalah bikin disain motor yang sederhana tapi keren n gak ketinggalan jaman, pasti penjulan mu meningkat

  36. 36
    BRT ( Bandung Raidet Team ) says:

    ayo yamaha bikin motor bebek sport yang 170 cc ingat juga pendinginan mesin harus seimbang dengan cc nya / disain sederhana tapi keren / irit bahan bakar, dan lincah untuk di kendarai
    pokonya yang cocok buat anak muda / ohh ya harga jangan terlalu mahal jadi gak bikin kantong terbakar, pasti penjulan yamaha akan naik kembali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here