iklan iwb

Siapa yang tidak kenal kedua motor tersebut. Gacoan Yamaha era 90an yang sempat menjadi idola setelah RXZ ataupun RGR. Walau yang kita bahas ini adalah motor lama namun tetap tidak lekang oleh waktu untuk dibicarakan. Lha gimana nggak…kendati sudah almarhum mesinnya masih berseliweran dipakai ajang drag bike oleh para brother kita diluar sana…….

Secara standart RZR bisa dibilang lebih mumpuni ketimbang RX-King. Tidak berlebihan mengingat mesin sudah dibekali 6 speed gear. Dengan kubikasi 135cc RZR top speed mampu meraih 145km/jam. Torehan tersebut didapat begitu mudah tanpa harus mengoprek atau merubah apapun. Dari sisi engine tidak diragukan. Gimana jika melirik kebagian sasis. Pada tahun 1990an RZR sudah mumpuni. Walau masih kalah dengan Suzuki RGR 150 tapi rangka double cradle besutan Yamaha sangat stabil. Mau rebah…mau geber kecepatan tinggi, RZR anteng aja tanpa ada gejala melayang. Hal ini ditengarai suspensi mumpuni dari KYB plus desain full fairing yang disandangnya. Terus gimana dengan RX-King??…walah kalau yang satu ini tidak usah diterangin semua juga udah pada tahu. Dengan bobot yang enteng ditambah tarikan engine yahud membuat sikobra begitu dihormati dikalangan drag racer tanah air. Tapi kali ini kita tidak akan membahas mengenai motor yang sudah dioprek. Saya cuma ingin sedikit menceritakan bagaimana ketika RZR diadu drag race melawan RX-King dengan jarak 800m kondisi full standart….

Masih ingat ketika SMA dulu kedua motor masih sama-sama fresh dari dealer. Dasar jiwa muda maka Adi (owner RZR) dan Udin(Owner RX-King), memutuskan untuk mengadu kedua tunggangan drag race 800m. Tapi jangan berburuk sangka lho….drag hanya iseng belaka tanpa ada taruhan atau unsur judi. Dan hasilnya diluar dugaan….RZR diasapi oleh sikobra. Dari gear 1 masih imbang tapi ketika sudah menginjak gigi 3 RX-King pelan tapi pasti mulai menunjukkan taringnya. Tercatat digaris finish motor sijambret menang tipis beda sekitar 1 body. Adi sebagai pemilik RZR masih belum percaya maka kedua joki switch tunggangan. Rider King ganti RZR dan joki RZR memakai King dan hasilnya malah makin jauh yaitu sekitar 1,5 body motor….RZR diasapi kembali. Lho kenapa bisa begitu..??. Padahal dari spek mesin jelas power RZR (20ps@8500rpm torque 1.85kgf.m) unggul dibanding RX-King (18,5ps@9000rpm torque 1.54 kgf.m). Semua faktor memang mempengaruhi. Apalagi urusan drag bike. Dari bobor RZR lebih berat 6 kg ketimbang RX-King. Kemudian desain fairing pastinya menambah beban accelerasi dikarenakan air impact. Mangkanya jangan heran kalau para brother melihat drag bike sampe trondol habis hingga sasis aja dibolong-bolongin. Oh ya…akhir cerita karena sudah ilfil siAdi sebagai owner RZR nantangin Kobra udin drag bike dengan trek sepanjang 2 km. Si Udin menjawab dengan senyum kecut ” kenapa nggak touring aja sekalian keluar kota Di!!” ledeknya. Yah…itulah sekelumit cerita 15 tahun yang lalu. Masa penuh kesenangan tanpa ada yang dipikirkan selain trek-trekan. Halah…koq jadi noltalgila masa SMA yak 😆 (iw/23/11/2010)

iklan iwb

SPESIFIKASI STD RZR

? Engine: 2-stroke 135cc air-cooled engine
? Cylinder arrangement: Forward-inclined single cylinder
? Displacement: 133 cc
? Max power: 20 PS (15 kW) @ 8,500 rpm
? Max torque: 1.85 kgf?m (18.1 N?m) @ 7,500 rpm
? Max speed: 150 km/h
? Bore x stroke: 56.0 x 54.0 mm
? Compression ratio: 7*: 1
? Carburetion: Mikuni VM26
? Transmission: 6-speed return
? Clutch: Multiple-disc, wet manual
? Frame Type: Underbone steel tube
? Suspension (Front): Telescopic
? Suspension (Rear): Dual shock
? Brake (Front): Single-piston disc
? Brake (Rear): Drum
? Dry weight: 106 kg
? Fuel Tank Capacity: 13.0L

Spesifikasi RX-King

MESIN
Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu/Miring
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Baterai : GM 3-3B/12,3
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : Autolube

SUSPENSI/BAN
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 2.75-18-4 PR
Ukuran Ban Belakang : 3.00-18-4 PR

CHASSIS
Berat Kosong : 100 kg
Tipe Rangka : Double Cradle
Kapasitas Tangki : 9,5 Liter
Jarak Sumbu Roda : 1245 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 160 mm
Jarak Tempat Duduk : 770 mm

PERFORMA
Dimensi PxLxT : 1970 x 735 x 1065 mm
Sistem Starter : Kick
Daya Maksimum : 18,5 PS/9.000 RPM
Torsi Maksimum : 1.54 KGF.M/8.000 RPM

SISTEM PENGEREMAN
Rem Depan : Cakram Double Piston
Rem Belakang : Tromol

68 COMMENTS

  1. jadi inget, pas di jambi temen ane pesen.klo pake motor malem2 n dnger suara knalpot rxking dblakang mending cari tmpat yg ramai. soalnya kbnyakan begal/jambret pake king yg sulit dikejer dsana. brasa horor.aja si, malem2 dkuntit king…haha

  2. SAYA punya king 2003.pake knalpot kolong r a r,.bisa ngejar ninja 150 r knalpot r9 padahal king saya cuma sampe gigi 4 aja, gigi 5 nya ilang tenaga..tinggal tuh dibelakang si ninja… puas make rx king n mantabbe..

  3. Kalo yang sy rasa nih ya, sebagai penyemplak RXZ, memang RXZ/RZR ini tenaga bawahannya ngempos. Baru berasa narik mulai dari kitiran RPM 4000-5000 an. Gak ada enak2nya kalo dibuat jalan didalem kota.
    Terus gear 1-2 nya juga payah dalam kondisi standar, pendek banget. Tapi, begitu gear 3-6… Hmm… Rasain sendiri deh. Markijozzz.

  4. rx king emg punya nilai history khusus nya buat saya. dikarnakan sejak kecil almarhum ayah saya suka ngebonceng saya dengan suara knalpot nya yg khas ngooouukkk…. goooiikkkk…. walau ane punya byson and matic. tetep ane uber itu yg nama nya king alahamdulilah ane punya king new taun 2004. mirip banget ama king almarhum my dad.

  5. beda ya dengan RXZ
    punya teman saya gigi 1-5 imbang sama RX King
    gigi 6 si raja ditinggal jauh

    tapi saat RXZ dijajal vs RGR sama sama standar..wooww kalah jauuuuhhh tuh yamahanya

  6. RXZ perbandingan gigi primer sekunder : 22 : 71, sementara RX King 19:74..dr situ aja ketauan kl rx king lebih enteng di putaran bwh + menengah..tp kl putaran atas..RXZ jelas unggul, makanya dia pake balancer krn rpm yg dicapai lebih tinggi drpd king..yg namanya balap kan sama aja ngadu rpm..siapa yg lebih tinggi itu dia yg unggul..

  7. Memang 2tak oke, apa lagi kalo rx king masih ori pabrikan njiir bikin pingin…2tak memang oke

  8. Pada masanya RXZ adalah prodak gagal, terbukti tahun 97 YMKI (sekarang YMI) discontinue, tahun 98 buat ngabisin stok. Kelemahan nya adalah akselerasi awalnya termasuk payah, akselerasi masih menang astrea prima. Karbu mikuni 26VM gak nolong performanya. Motor pake engine balancer adalah prodak gagal di masanya ( termasuk crypton dan nouvo). Tapi memang aneh tahun 2017 jadi barang colector item. Di singapore dan malaysia RXZ masih di produksi sampe saat ini.

  9. untuk mesin standar lebih enak RX KING. tapi untuk kompetisi / tuneup. RXZ jauh lebih ber potensi. bentuk porting RXZ lebih leluasa di tuning, letak membran RXZ juga langsung ngarah ke crengkes.
    faktanya drag bike klas 2t 140 tuneup. best timer RXZ main di 7,2xx. Sdangkan RX KING 7, gede.

Comments are closed.