iklan iwb
Siapa nggak puyeng kalo Super KIPS macet. Digeber ogah lari, terus konsumsi bensin juga lebih boros. Hal ini banyak dikeluhkan oleh para penyemplak Ninja 2tak generasi baru. Sejauh ini saran yang diberikan mekanik hanya sebatas harus bervariasi dalam hal speed, jangan monoton alias sekali-kali digeber sampe mesin teriak dirpm tinggi. Masalahnya kalo rute diJakarta kayak gini mau geber mesin gimana lawong lari 100km/jam aja dah empot-empotan jantung ?karena rute tidak mendukung. Untuk mengakalinya sebenarnya bro-bro bisa utak-atik sendiri. Simpel dan gampang. Berikut panduan dari pak Freddyanto Basuki, bos divisi service Kawasaki Motor Indonesia.
Katup Super KIPS di Kawasaki Ninja generasi Euro 2 bisa macet. Kalo udah macet, akselerasi & top-speed langsung drop. ?Macet karena tumpukan kerak sisa gas buang. Jadi gerak putarnya terhambat. Tapi, nggak perlu diganti. Cukup dibersihin kayak servis kepala silinder,? bilang Freddyanto Basuki, bos divisi servis PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).Sejatinya katup Super KIPS buat nambah power. Ia membuka setelah mesin berkitir sampai 7.000 rpm. Di rpm bawah, akselerasi motor bagus karena katup Super KIPS nutup. Sehingga bukaan lubang eksos tidak besar. Di rpm atas, top speed-nya laju karena katup KIPS membuka liang eksos tambahan. Alhasil, gas buang lebih lancar & cepat.?Super KIPS juga guna memenuhi standar emisi Euro 2. Jika Super KIPS macet, semua tujuannya gak jalan,? jelas Freddy, sapaan Freddyanto Basuki. Dia kasih tips jika Super KIPS macet. Berikut penjelasannya.Buka aja karet penutup Super KIPS di depan cylinder-head. Mengeceknya, buka gas ampe 7.000 rpm. Jika gigi-gigi Super KIPS tak bergerak, tandanya komponen ini macet. ?Mestinya di rpm 6.000, gigi-gigi Super KIPS mulai gerak dan membuka penuh setelah 7.000 rpm,? jelas Freddy lagi.

Kalo udah ketauan macet, buruan betulin. Bisa dikerjain sendiri kok. Siapin obeng plus, kunci ring 10 dan 8 serta kunci L 5. Mulai dengan buka fairing samping pake obeng plus.

Copot karet pelindung Super KIPS (Klik gambar untuk memperbesar)


Lalu lepas batang pemutar katup Super KIPS. Buka putar ke kanan (Clockwise) pakai kunci ring 10.

Copot rumah Super KIPS. Lepas kedua baut pengunci dengan kunci ring 8. Buka putar ke kiri (Anti Clockwise).

Sekarang sudah tampak mekanis Super KIPS. Awas, buka murnya beda dengan baut umumnya. Buka putar ke kanan (Clockwise). Kencengin, putar ke kiri (Anti Clock Wise).

Sekarang tampak gigi mekanis Super KIPS, perhatikan bagian atas gigi mekanisnya, ada titik. Saat dipasang nanti, titik ini kudu ada di tengah 2 titik yang ada di gigi katup Super KIPS.

Kini, katup penutup Super KIPS sudah kelihatan. Lepas dua baut pengunci katup pake kunci L 5. Mencabut katup mesti bantu cungkil dengan obeng min. Posisi nyongkelnya pilih yang gak ngerusak permukaan kepala silinder.

iklan iwb

Sekarang bersihkan. Jika ada cairan carburetor cleaner bisa disemprotkan dulu agar kerak melunak. Kalo nggak ada, kikis aja dengan ampelas halus ukuran 1.000 agar tidak mengikis besi katup.

Setelah itu lumasi dengan grease (oli gemuk) Hi-Temp, bisa merek apa aja. Kalau saya pake grease merek Top 1 kebetulan di gudang ada orang bengkel mesin yg pake oli top 1 sebagai pelumas utk pembakaran suhu tinggi…ukuran 1 kaleng sekitar 20rban kalo ga salah.

Simpelkan bro. Tehnologi SKIPS Ninja dibuat untuk membantu bukan sebaliknya. Setelah itu dijamin larinya Ninja sampeyan maknyus kembali……(iw/24/04/2010)

Noted : Sumber dari kaskus

147 COMMENTS

  1. @hepy
    maaf saya cb jawab ya Bro..
    Keknya tu yg masalah bukan pd gigi 2nya tp lebih pd rpm motor saat masuk gigi 2nya Bro..

    *yg punya warung lg sibuk, saya cm relawan kesasar aja..

    PISS en KIPBRADEHUD..
    Salam ninjer tu..

  2. kawasaki ninja RR gw diajak pelan ok wlwpn d RPM 3500-4000 aga brebet dikit, tappi klo udah diatas 7000 mesin ksendat2 ky mw abis bensin n g bisa naik lg….tlong saranY bro sapa tw ada yg bisa….sblumY gw ucapin thanks bgt

  3. @ Indra
    buka karet penutup penggerak superKips di bawah tanki bensin sebelah kanan, trus hidupin mesin sampe lewat @rpm 8000an,, klo tuasnya ga gerak itu jelas macet Mz…
    Ato klo pas lagi riding kencang, @rpm 9000an kemudian pelan-2(@rpm 3-4000an) tp suara mesin berubah (bindeng) tarikanya kembali berat trus serasa mau mati mesin saat rpm rendah itu jugu JELAS Macet (ga mau nutup lg)..
    PISS..
    http://www.hourex150l.wordpress.com/2011/01/31/settingan-pompa-oli-samping-ninja150-series/

  4. kalau pake cghainlube atau oli mesin gitu boleh gak gan?? atau ada pengaruh jelex nya gak?? mohon infonya thanks

  5. mas rencana sy mw bli Ninja L cocok gx yg ukuran tnggi sy 163 brat +_ 4 apakah kbanting ??? mw’a c Ninja RR V tkut kbanting/kgdean mtor !!

  6. mksd sy +_45 kg !! Mnut mas handling bgusan Ninja L/RR & Ninja itu 1L brpa km y klo pkai pertamax/premium ??trima ksh ……..klo bsa blz k no hp ja al’a jrang OL (085719797576)

  7. q makek ninja R trus knalpot AHRS, tp kok super kipps jadi sering macet gk mau nutup lagi…..gimana solusinya boss….

  8. ass…

    ane sm abang ane sm2 pake RR,, klo kips gag mau macett pas di panasin ane geber aja trs di tahan di 6000-an rpmnyahh,tapi gag lama2amat paling stngh menitan ters diulang 2-3x , alhmdulillah kaga macett klo lagi dijalan,, tau tuh abang ane dapet teori dari mana ,tapi kebukti ,, menurut bro hourex gimna tah ?

  9. bro RR ku kalo dibawa santai kec.50-60 kpj lah kok kayak goyang di bagian belakang ya, periksa laher ban belakang ok…tp arm belakang agak goyang…kira kira yang perlu di ganti apanya bro…thanks ya….

  10. bro ak beli ninja 2nd th 08 type L. tapi surana mesin kasar bgt… kykna suara piston gt.. trs jg gk ad tenaganya… apakah mntor t udah bongkaran….

  11. jk superkips mcet. cba bongkar superkipsnya bongkar.. trus slongsong yg warna orenge pke coumpon n gsok2 pke tuas dudukannya.. shingga tak terkikis terlalu bnyak..
    klo udah smuanya psang kmbali sperti smula awas slah pasang. jng lupa jg pke oli pelumas kips nya
    yg terakhir olsamnya borosin dkit

  12. mantep bgt nih infonya, soalnya ninja L gw jg klo udh lama ga di bersihin kipsnya sering macet jd suara kenalpot cempreng……..

  13. W jg sering macet,,bahkan baru kilometer 2000,sampe bosen bersiin super kips melulu,eh selidik punya selidik packing diblok silinder bocor sehingga air radiator masuk ke pembakaran,,setelah dibenerin ampe skrg blm pernh macet lg..

  14. bro….
    tanyak sdkit…..

    oli samping irit / boros pngaruh mesin gak….
    trs lo buat kenceng gmana bro?…

  15. bro gimana sih takaran oli samping kalo mau dicampurin bensin pertamax gitu, ane ga ngerti 2 tak. itu kita harus masukin sekaligus sama bensin 1 liten bensin tuh berapa takarannya untuk oli samping?atau kita isi perbulan.. dimohon bantuannya masbro. mau mencoba rr nih hehe

  16. Bro..paijo sya susah banget sekarang kalo mo hidupnya terus suara mrebet banget..bro perlu pencerahan nich trims

  17. mohon maaf nich ada tambahan dari saya bos, kan di situ super kips macet karna gas buang yang terlalu besar sehingga menjadi kerak pada bagian super kips…
    kalau menurut teori saya begini bos, super kips ini sering banget buka tutup kalau kita sering main tarik-tarikan motor, maaf nich bos kebetulan saya punya Ninja rr dan ini menurut pengalaman saya saat balapan liar dulu, super kips memang ada bagus nya ada kekurangan nya, kelebihan ninja rr mempunyai super kips karna super kips itu bekerja saat motor ber rpm tinggi dan sangat berguna dan membantu buat bikers yang hoby nya tarik-tarikan gas, kekurangan super kips itu karna super kips sering macet ketika kita menarik gas langsung ke tingkat rpn yang tinggi dan langsung turun gas (otomastis rpm juga turun) nah di situ super kips sering macet…
    menurut logika Super kips macet karna kita terlalu menarik rpm kita terlalu tinggi sehingga gas buang yang di keluarkan sangat lah besar dan lalu berubah menjadi kerak pada bagian super kips…
    INTI NYA : super kips akan macet bila gas buang tinggi sehingga gas buang menjadi besar lalu berubah menjadi kerak pada super kips, kalau menurut teori saya dan menurut pengalaman saya gini bos, saat kita tarik gas kita di atas 7000-8000 rpm pasti super kips akan terbuka dan gas buang sangat menjadi besar, coba perhatikan seksama pada NINJA RR KITA WAKTU KITA TARIK GAS DAN RPM MENJADI TINGGI PASTI GAS BUANG MENJADI BESAR DAN SEHINGGA ANGIN PEMBUANGAN PADA KNALPOT MENJADI BESAR, PERHATIKAN PADA KNALPOT-KNALPOT NINJA RR ANDA, SAAT RPM KITA BERADA DI ATAS COBA DENGAR KAN SUARA KNALPOT ANDA, SUARA YANG DI HASIL KAN KNALPOT ITU TIDAK KUAT MEMBUANG GAS BUANG YANG KITA TARIK GAS DAN DI RPM TINGGI, COBA PERHATIKAN KNALPOT-KNALPOT RACING MENGAPA MEMBUAT TABUNG BAWAH NYA SEDERHANA DAN PADA SILINCER NYA SANGAT KECIL DAN BENTUK KNALPOT ITU PENDEK, NAH DI SAAT KITA GANTI KNALPOT RACING PASTI KITA AKAN JARANG SEKALI MENEMUKAN SUPER KIPS KITA MACET DAN TIDAK SESERING PADA KNALPOT STANDART BAWAAN NINJA, KARNA KNALPOT RACING ITU DI BENTUK SANGAT IDEAL DAN SANGAT PENDEK SEHINGGA DAYA TAMPUNG GAS BUANG PADA KNALPOT CEPAT TERBUANG, CONTOHNYA BEGIN BOS, SAAT KNALPOT RACING DI PASANG MAKA SYSTEM PEMBUANGAN GAS BUANG TIDAK TERHABAT KARNA DAYA TEKANAN RUANG UDARA PADA KNALPOT RACING ITU SANGAT LAH RENDAH, MAKA NYA PARA RIDER NINJA BANYAK YANG BILANG APABILA KITA SUDAH MENGGANTI KNALPOT NINJA KITA TENAGA NYA AKAN LEBIH BAGUS DARI SEBELUM NYA KARNA MENURUT TEORI SAYA ADALAH KNALPOT RACING DAYA TEKANAN UDARA GAS BUANG NYA RENDAH SEHINGGA GAS BUANG BISA CEPAT KELUAR DARI KNALPOT KITA DAN TIDAK MENIMBULKAN TEKANAN UDARA YANGG SANGAT BESAR SAAT GAS BUANG MANJADI TINGGI SEHINGGA MENIMBULKAN PERTUMPUKAN GAS BUANG DI DALAM KNALPOT SEHINGGA TERJADI SEBUAH TEKANAN YANG DI TIMBULKAN OLEH PERTUMPUKAN GAS BUANG DI DALAM KNALPOT DAN MENIMBULKAN SALURAN PEMBUANGAN GAS BUANG MENJADI BERAT ATAU TERGANGGU…

  18. ikut gabung s0b kebetulan x baru buka situs ini bermanfaat sangat superkips saya uda macet 2x dari 1thn saya miliki saran saya yg punya ninja superkips tu m0t0r mesti dipakai,ya minimal diangetinlah tp mesti sampai Rpm 7000 sehng9a superkips terbuka selalu ..
    Trims salam ninjaners hehea macet 2x dari 1thn saya miliki saran saya yg punya ninja superkips tu m0t0r mesti dipakai,ya minimal diangetinlah tp mesti sampai Rpm 7000 sehng9a superkips terbuka selalu ..
    Trims salam ninjaners hehe

  19. iyan@masuk akal juga teorinya…
    tp alangkah lengkapnya jika ada teori penyebab didukung juga dg teori penyelesaian.
    jd ksimpulanya bagaimana gan biar supertkips gak sering macet. akhiur2 ini superkips ku sering macet.
    emang terasanya jika kita habis maen rpm tinggi terus kita tutup gas mendadak.itulah saat dmnn superkips ngambek (macet)
    thanks

  20. @agus:ya tinggal dibalik ajah gan cuma awas pas pemasangan bos superkipsnya kalo mau dipukul pake tahanan tkt cacat
    @mario:bagus atuy gan kalo superkipsnya naek turn mah

  21. ninja 2011RR pagi susah hidup atau klau sdah dingin , sudah ganti busi sdah srvis tetap jg yg engkol sampe kjang baru mau hidup awal brebet asap bnyak tapi hanya sesaat ciri-ciri motor banjir akibat bnsin luber , saat ini saya pakei busi racing , olsam racing, bnsin prtamax tp tetap jg g ilang pnyakitnya tlong dibantu broo, pmakaian sering laju rata-rata diatas 80km/jam

  22. koq ninja saya udah diservis kipsx saya pakai cuma 2 minggu koq kopsx macet lagi y…..
    Yang mw saya tanyain apa penyebabx bisa macet kembali gitu

Comments are closed.