Warning…..SIM telat sehari kudu cari baru. Sobekkk !!!

58
33

SIM keliling (4)

Bro dan sis sekalian…..tidak tahukah sampeyan Kapolri sudah mengesahkan peraturan baru tentang perpanjangan SIM. Sebuah berita yang harus IWB share karena sangat penting mengingat sosialisi tentang aturan baru perpanjangan SIM belum merata. Padahal aturan ini sangat krusial mengingat sampeyan telat satu hari saja…maka SIM hangus dan harus tes ulang. Sobekkk !!!….

Kepolisian sudah mengesahkan peraturan baru Kapolri No 09 tahun 2012 pasal 28 ayat 3 tentang perpanjangan SIM dan surat telegram ST/985/IV/2016 tanggal 20 April 2016, huruf BBB point 3. Isi dari aturan tersebut adalah SIM yang telah lewat masa berlakunya, walaupun satu hari tidak dapat diperpanjang, dan harus membuat SIM baru. Ingat pakde…tidak boleh telat satu haripun. Artinya….

Sampeyan harus benar-benar melototin tanggal kadaluarsa SIM. Peraturan ini tentu berbeda dengan masa lalu dimana SIM telat masih bisa ditoleransi hingga 3 bulan lamanya. Dengan aturan baru….maka pihak kepolisian menyarankan agar masyarat segera memperpanjang SIM 14 harus sebelum tanggal kadaluarsa supaya sampeyan tidak perlu cari baru….

“Kepada seluruh masyarakat yang mempunyai SIM dapat melakukan perpanjangan sebelum masa kedaluarsanya habis,” ujar Brigjen Pol Agung Budi Maryoto Kepala Korps Lalu-Lintas Kepolisian Republik Indonesia. Aturan ini sudah berlaku dan efektif sejak diumumkannya regulasi yang mengatur perpanjangan SIM ini. Nah….baru ngerti to?. Wis kono cepet dicek SIM sampeyan…..(iwb)

 

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

58 COMMENTS

    • Sim harusnya urusan perhubungan
      Aneh penegak mengeluarkan ijin ????

    • wkwkwkkk
      Dishub ngurusin KIR angkutan umum aja ngga becus, takut sama preman ambon yg nguasain tempat KIR. SDM Dishub sangat kurang apalagi byk pegawai dishub bukan PNS. pelatihan pendidikan dan perekrutan Dishub pemda Lokal tidak jelas boss. masak mau gaya gayaan nyamain kewenangan polantas yang jelas diatur Undang Undang Negara. Apalagi pemerintahan kelurahan, kecamatan sampai kabupaten yg ngurus KTP elektronik aja berbulan bulan krn SDM nya kurang. akibat banyak pegawai asal asalan yg bukan PNS. mikir!

    • Wkwwkk
      Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang baru aja malah dari Jenderal Polri. krn Pres Jokowi dan menteri Jonan tahu porsi keahliannya makanya dipilih dari Polisi.

    • Sim harusnya urusan perhubungan
      Aneh penegak mengeluarkan ijin ????

      ——————-

      yg lebih aneh itu Dishub pemda lokal kok ngurusin KIR aja ga becus dan takut sama preman tempat KIR?

      Anehnya lagi kok banyak petugas lapangan Dishub yang bukan PNS? pelatihan pendidikan dan perekrutan ga jelas makanya SDM kurangm wajar kalau banyak supir angkutan umum yg nyepelein petugas Dishub yg bergaya bak Polantas.

      ngurus perijinan di pemda lebih sadis dari ngurus ijin SIM di Polres. bisa dipungli sama pegawai boss. cuma PNS pemda punglinya ngga kelihatan sama masyarakat aja, jadi ngga mencolok. beda sama tugas polisi yg selalu berhubungan sama masyarakat, maka baik dan buruknya polisi semua sdh pada paham. tp tenang boss. sebejat bejatnya polisi masih banyak lembaga negara dan lembaga masyarakat yang ngawasin kinerjanya. tinggal dimaki maki dimedia aja kalau ketemu polisi b*ngs*t pasti langsung jiper itu polisinya.

  1. Amankan dari fby nyamar, suka berkata kotor & nyerang blogger
    Ekekekekkk
    Zluuubbbhhhh

  2. Aku pernah urus perpanjangan sim tgl lahir pertengahan januari berhubung domisili di luar kota & kebetulan akhir tahun pulang kampung drpd bolak-balik pulkam lagi mending lgsg tak urus di bulan desember, tp petugas bilang kalo urus desember sim hanya berlaku 4 tahun saja, wis bayare ora sesuai standar perpanjangan sim masa berlaku isih dikurangi. Sobek tenan…
    Minta warga untuk disiplin administrasi tp tdk mampu mendisiplinkan anggota sendiri, negriku konyol tenan…

  3. maka pihak kepolisian menyarankan agar masyarat segera memperpanjang SIM 14 harus sebelum tanggal kadaluarsa supaya sampeyan tidak perlu cari baru….

    Bkn 14 harus kang,,14 hari ya mungkin mksudnya..

  4. Kang Iwan, gimana kalo pada saat habis berlakunya sim, sedang berada di luar negeri? Misalnya sedang study di luar negeri. Tks

  5. SIM mahal malah di suruh buat baru.. Hadeh… Maksudnya apa coba?? Mau cari untung kah, bukanya gaji tiap bulan udah banyak.. masih aja kurang

  6. share: 2 hari yg lalu abis perpanjang di polres bogor (posisi masa berlaku sim sudah habis 1 bulan) kata pak polisinya sdh keluar aturan baru seperti yg iwb bahas. hanya saja untuk di polres masih ada masa sosialisasi sehingga msh bisa diperpanjang. kalo di sim keliling katanya sudah tdk menerima perpanjang sim yg sudah habis masa berlakunya.
    kejadian yg sama juga terjadi sama temen dijakarta, dia udh telat 2 hari perpanjang di taman mini ditolak, ke kebon nanas juga ditolak dan disuruh ke polres daanmogot dan akhirnya baru bisa diperpanjang 🙂

  7. Wuasyemm….gara² numpak SOHC LEMMOTgue ketinggalan jauh Dari podium……….bener² Lemmot nih SOHC.
    Jleb

  8. Sim saya tanggal 1 januari. pas tanggal merah..klo perpanjang sebelm tgl 1..umur SIM saya cuma 4 tahun doank..rugi donk setahun saya..kaya sim ku skrg umur 4 tahun pas bikin 31 des 2015. kadaluarsa thn 2019. klo kaya gtu umur sim saya cuma 4 tahun.

  9. kemarin lihat berita kirain hoak ehh beneran… makin sulit aja birokrasi di indonesia ini… yg pasti ujung2 nya duit lagi.. nanti bisa2 motonya kalau bisa dipersulit kenapa harus dipermudah….
    koplakkk….

  10. Tidak semua polantas itu berhati jahat,tapi sebagian besar ancen berhati Zetan….
    Zlub
    present by MeongZ
    geol…geol…geol….

    • masalah hati kita gak pernah tau berooo, aktualnya apa yg sdh mereka lakukan langsung ke kita

  11. gini dah kalo sim msh di pegang polri, urusan gini mestinye dephub, polri fokus aja di keamanan dan keselamatan masyarakat, gak usah ngurus yg bersifat administratif.

    makanya, polri harusnya di bawah menteri dalam negeri kyk negara” laen disana, bukan dibawah presiden langsung, ribet kan !??

    selamat menikmati peraturan baru…..eek

    • wkwkwkkk

      Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang baru aja malah dari Jenderal Polri. krn Pres Jokowi dan menteri Jonan tahu porsi keahliannya makanya dipilih dari Polisi.

      Dishub ngurusin KIR angkutan umum aja ngga becus, takut sama preman ambon yg nguasain tempat KIR. SDM Dishub sangat kurang apalagi byk pegawai dishub bukan PNS. pelatihan pendidikan dan perekrutan Dishub pemda Lokal tidak jelas boss. masak mau gaya gayaan nyamain kewenangan polantas yang jelas diatur Undang Undang Negara. Apalagi pemerintahan kelurahan, kecamatan sampai kabupaten yg ngurus KTP elektronik aja berbulan bulan krn SDM nya kurang. akibat banyak pegawai asal asalan yg bukan PNS. mikir!

      yg lebih aneh itu Dishub pemda lokal kok ngurusin KIR aja ga becus dan takut sama preman tempat KIR?

      Anehnya lagi kok banyak petugas lapangan Dishub yang bukan PNS? pelatihan pendidikan dan perekrutan ga jelas makanya SDM kurangm wajar kalau banyak supir angkutan umum yg nyepelein petugas Dishub yg bergaya bak Polantas.

      ngurus perijinan di pemda lebih sadis dari ngurus ijin SIM di Polres. bisa dipungli sama pegawai boss. cuma PNS pemda punglinya ngga kelihatan sama masyarakat aja, jadi ngga mencolok. beda sama tugas polisi yg selalu berhubungan sama masyarakat, maka baik dan buruknya polisi semua sdh pada paham. tp tenang boss. sebejat bejatnya polisi masih banyak lembaga negara dan lembaga masyarakat yang ngawasin kinerjanya. tinggal dimaki maki dimedia aja kalau ketemu polisi b*ngs*t pasti langsung jiper itu polisinya.

    • Yang jelas TNI iri sama Polri yang dibawah presiden. dan anehnya cuma dinegara ini yg tentaranya kebal terhadap hukum sipil dan tentara dinegara ini tidak mau diadilin diperadilan umum. bandingkan sama tentara negara lain, mana ada tentara dinegara lain yang sok menjadi warga negara kelas satu?
      Tentara tugasnya pertahanan. dalam keadaan damai, diam dan latihan dibarak agar semakin profesional. anehnya cuma tentara diIndonesia yg iri pingin punya kewenangan spt polisi. makanya cuma dinegara ini tentara dan polisinya bentrok. tak malu apa ditertawakan negara tetangga.

    • Setuju bgt.
      justru dengan dibawa kepengadilan umum Tni akan jadi lebih bagus,gak mungkin jika ada oknum tni Jd bandar narkoba trust ketangkap dibawa keep pengadilan militer APA hubungannya narkoba dengan militer ,INI kan pidana unum,begitu jug a membunuh,merampok jelas gak ada kaitannya dengan pekerjaan sebagai militer atau kaitannya dgn sapta marga,justru jika diberlakukan pidana umum Tni akan lebih propesional Dan bersih Dari oknum nakal,tentara bukan warga negara istimewa kok,,,semua,kalaupun terjadi perang rakyat jug a akan ikut,jadi kalau ada yang gaksuka berarti NTU orang gak pengen Tni bersih Dan propesional.

    • Sejak era reformasi Polri jadi mandiri, tapi ada institusi sebelah yg iri dan tanpa malu-malu selalu giat menyerukan supaya Polri dibawah kementerian, ada pihak/golongan tertentu ingin melemahkan Polri.
      Coba lihat,
      BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teror) dan BNN (Badan Narkotika Nasional) yang notabene “anak cabang” dari Polri saja sekarang sudah setingkat kementerian langsung dibawah presiden untuk memudahkan koordinasi antar lembaga negara, masak Polri yang induk dari BNPT dan BNN di bawah kementerian?!? otaknya di mana?!?
      Dinegara maju malah yang namanya tentara/militer itu tunduk dalam kekuasaan sipil dan tidak ada yang namanya kantor/markas tentara di kewilayahan pemerintahan daerah sipil.

  12. Peraturan di buat kok makin menyusahkan rakyat dan masyarakat telat sehari aja mesti ngurus baru………

    terus gimana soal plat resmi motor baru yg gak pernah ada????? apa dan bagaimana tanggungg jawab pihak samsat dan polantas soal ini

  13. Harusnya kangIwan pasang gambar mobil polantaz yang kecebur kali,terus kasih judul gambar:”satu kata bwt gambar dibawah ini”
    saya yakin mayoritas akan berkata: “Dyarooo…!!”…

  14. Iso ae nek pengen golek duwek pak pelisine iki,, bayaran wes akeh kok yo jek kurang ae, sing gawe aturan gk duwe hati nurani, gawe aturan kok sak enak e udele dewe

  15. polisi sak enaknya dewe
    tpi tidak di barengi dengan fasilitas yang memadai
    buat sim aja hari senin-jumat.
    lhawong itu hari kerja di kira kita nganggur kali.
    bilang aja minta lahan baru

  16. minggu wingi istri memperpanjang sim yg kurang sebulan mati..gak boleh loh mas..jarene telat gpp asal jangan jauh sebelum mati..sing bener sing di mas?@satpas pare kediri

    • kubur ae mas sim’e, di doa kan, semoga yg mempersulit juga buat aturan yg menyusahkan di ampuni dan biar cepat cepat masuk surga duluan, amin

  17. kmaren atasan saya sim a dan sim c telat 1 bulan. iseng2 nanya perpanjang digerai sim mall Mutiara Taman Palem cengkareng..padahal di depan gerai tertulis telat sehari bikin baru…nyatanya cuma discan sim,cap jempol, tanda tangan,terus photo…mbayar 300 rb cak 2 sim…just info

  18. polisi: mana sim
    biker: gak ada
    polisi: kok gak bikin
    biker: gak lulus
    polis: anda sy tilang
    biker: gak mau, salah sendiri knp sy gak dilulusin
    polisi: !?!?

  19. Hadeuh.., kalo di Usa yg ngeluarin SIM namanya DMV (Departement of Motor Vehicles) bener tuh kata sok iye luh pada, Pantasnya yang ngeluarin SIM adalah DLLAJ, jadi buat apa DLLAJ punya undang undang nya….??? ibarat kata “si A yg punya istrinya tapi malah si B yg menghamilinya, ibarat kita yg punya motornya orang lain yg naikinya”

    Salam biker buat smua

  20. @petruk

    wkwkwkkk
    Dishub ngurusin KIR angkutan umum aja takut sama preman ambon yg nguasain tempat KIR. SDM Dishub sangat kurang apalagi byk pegawai dishub bukan PNS. pelatihan pendidikan dan perekrutan Dishub pemda Lokal tidak jelas boss. masak mau gaya gayaan nyamain kewenangan polantas yang jelas diatur Undang Undang Negara. Apalagi pemerintahan kelurahan, kecamatan sampai kabupaten yg ngurus KTP elektronik aja berbulan krn SDM nya kurang. akibat banyak pegawai asal asalan yg bukan PNS. mikir

  21. Sejak era reformasi Polri jadi mandiri, tapi ada institusi sebelah yg iri dan tanpa malu-malu selalu giat menyerukan supaya Polri dibawah kementerian, ada pihak/golongan tertentu ingin melemahkan Polri.
    Coba lihat,
    BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teror) dan BNN (Badan Narkotika Nasional) yang notabene “anak cabang” dari Polri saja sekarang sudah setingkat kementerian langsung dibawah presiden untuk memudahkan koordinasi antar lembaga negara, masak Polri yang “induk” dari BNPT dan BNN di bawah kementerian?!? otaknya di mana?!?
    Dinegara maju malah yang namanya tentara/militer itu tunduk dalam kekuasaan sipil dan tidak ada yang namanya kantor/markas tentara di kewilayahan pemerintahan daerah sipil.

Leave a Reply