Potensi asli Honda CB150R belum terlihat??…..

378
2

CB150RSejak dirilis akhir silam tahun….motor berlabel Street fire diprediksi akan mampu menggoyang eksistensi Vixion sebagai raja sport. Terobosan yang dilakukan juga cukup mencengangkan yakni sasis teralis atau bisa disebut truss frame serta DOHC engine….tentu saja tebakan diatas tidaklak muluk-muluk. Sayang dalam perjalanannya…..daya tusuk CB150R tidak setajam yang kita kira. Data penjualan AISI telah keluar. Jangankan menggulingkan….untuk menggoyang saja masih jauh dari harapan. Ada apa gerangan???…..460x170iwanbanaran_newfino

Sang Street Fire kudu bersusah payah untuk bisa tembus 15ribuan unit perbulan. Sedang sport Vixion……bisa melampui angka 30ribuan unit. Langit dan bumi mzbro. Ibarat pelari……Vixy sudah nyampe ke Surabaya sedang CB masih tertahan diYogyakarta. Fakta ini jelas cukup menarik untuk ditelaah dan coba dicari penyebabnya. Apakah betul engine DOHC tidak mampu membius konsumen?. Apakah 6 speed serta frame trelis bukan daya tarik tersendiri??. Desainkah yang membuatnya kurang greget dan terlihat biasa? Sebenarnya…kalau boleh urun rembug, terlalu prematur kita menarik kesimpulan. Maksude??…..

Dalam pandangan IWB….IMHO potensi real CB150R belum terlihat. Kenapa??. Produksi sport CB AHM nampaknya belum full power sehingga banyak konsumen terkatung-katung menunggu ketidak pastian proses inden. Yup……banyak keluhan mampir ke IWB tentang lamanya inden untuk membeli tunggangan idaman. Bahkan ada yang sudah nunggu hingga sebulan belum juga nongol. Salah satu contoh yang bisa IWB share adalah email dari bro Januar berikut ini…..

Siang Kang IWB……
Nyuwun sewu…..bisa jelasin, kenapa distribusi motor Honda CB150R di Yogja sangat lambat?. Saya dah indent CB150rR kurang lebih dah 1 bulan yang lalu (“ediannn tenannnn tow….?) sampai sekarang belum juga dikirim. Saya dah berulang kali hubungi dealernya (Cahaya Sakti Motor Jl. Kusuma Negara) kata CSnya yang cantik nan menyebalkan, dia bilang nggak tau dan nggak berani mastiin kapan ada barangnya, padahal saya sudah bayar tunai termasuk bayar selisih nilai BBN Rp. 150.000 (saya kurang begitu paham kenapa motor baru ada biaya balik nama?), plus surat jalan Rp. 100.000. Mohon pencerahannya kang Wan…Nuwun….

– Januar/Yogyakarta (5 Mei 2013)-TVSMotor

Atau contoh lain….

Mas Iwan minta sarannya dong…….saya udah ilfil ni sama Honda. Inden motor CBSF udah 1 bulan belom turun juga. Kira-kira saran mas Iwan bertahan sama CBSF apa saya batalin trus beli NVL. Masalahnya saya nggak punya motor lagi, motor saya jual buat nambah-nambahin beli CB tiap hari PP pake angkot neh kadang nebeng hihi..

– Eko Hadi (28 Januari 2013)-

Dua biker diatas hanya segelintir contoh yang bisa IWB share diluar email lain yang membludak. Artinya apa?. Pihak AHM belum mampu mengamodasi permintaan secara proper. Banyak biker yang jengah serta lelah menunggu lambatnya proses distribusi barang kekonsumen. Bukan adat Honda terjadi kecuali memang produksi dari pusat juga tersendat. Fakta ini selaras  dengan beberapa info yang IWB dapatkan bahwa produksi CB150R perhari rata-rata hanya mampu dikisaran 500 unit dan coba terus ditingkatkan hingga 800unit. Coba bandingkan dengan Yamaha yang sukses memproduksi Vixion 1000/hari. PR buat AHM tentunya….

Last....bulan baru menginjak kedua tahun 2013, dan masih tersisa 9 bulan lagi. The war still begin mzbro. Kesimpulan baru bisa dibuat ketika pasar sudah berjalan selama setahun. Nah…dari sanalah kalkulasi akan kita lakukan untuk menilai…apakah sang CB sukses atau sebaliknya…..gagal melaksanakan tugasnya. . Untuk Yamaha…..jangan terlena dan menganggap remeh dulu sebab potensi murni lawan belum terlihat. Sedang Honda…jelas musuh yang kudu dijungkalkan memang sangat tangguh. Butuh ekstra effort serta kerja keras yang bisa menguras tenaga. Ingat….Vixion memang “juozzz”, jadi monggo berikan sesuatu yang lebih  “gandozzz” :mrgreen: kepada konsumen. Jangan biarkan potensial buyer sempat ngelirik keproduk lain hanya gara-gara penyakit inden. Potensi asli Honda CB150R??. Gimana bro menurut sampeyan, ada opini lain??…….(iwb)

About these ads

378 COMMENTS

  1. ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╗
    ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║
    ║║║║╦║║║║║║╦║╔╝
    ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝

    Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

  2. kalo opini saya sih.. mungkin penyakit KLOTOK KLOTOK si CBSF udah masuk ke news room para petinggi AHM.. maka dari itu mereka bikin riset ulang super cepat untuk membenahi segala kekurangan yang ada… mangkanya…. indent jadi agak lama… karena mungkin AHM juga gak mau konsumenya kecewa untuk yang KESEKIAN KALINYA…

    seharusnya mungkin mereka juga udah mulai mikir desain yg lebih garang lagi dari yg udah ada selama ini…

  3. Nek ªkυ͡ timbang inden kesuen yo skalian tuku CBR 150 R. Turmaneh wes jelas terbukti kualitase

  4. potensi aslinya kothok klothok kang. . .koyok wek ku. . .iki lg antri klaim arep diganti noken as nya. . .heheheheh

  5. mungkn msh tes jalan para konsumen tentang mslh2 pada cb mas lo dh minim keluhan bru produksi dgenjot.dengan kata lain konsumen buat uji test jalan

  6. @ 12. slamet moelyo redjo
    Podo tangi turu sik an kangbro, mari malem mingguan :mrgreen:
    @ 13. newbie
    Sik…durung ono kabar baru mz. Ditunggu….

    Administrator
  7. lho heh, heh lho..!!!,

    saya kok justru NVL yg indentny lama ya,, udah 2 bulan lho saya menunggu..!!!,,

    alternatifnya, saya indent 22’nya..!!!, siapapun yg keluar duluan itu yg saya terima..!!!,

    maklum,, nasib saya sama kaya bro eko…!!!, hadeeehhhhh,,

    PAYAH KABEHH KANG IWAN….!!!,,

  8. Nek ªkυ͡ timbang inden kesuen yo skalian tuku CBR 150 R. Turmaneh wes jelas terbukti kualitase

    Msok wes nggu 1 bulan drg teko jih entuk bonus klotok²

  9. menurutt opini pribadi ane ,cb150r desain nya kurg greget, pemilihn rangka terallis menurut gw kurang cocok, coba pke delta box ‘ky nVL ..pasti lebih guanteeèng..tuh !! hehe

  10. @ 31. alank
    Lho…sampeyan korban inden juga to, waduh 🙄
    @ 33. etor
    Kurang sesuai selera mzbro??
    @ 36. maulana
    Lho…jadi kembar plek sama Vixion dong???

    Administrator
  11. Ditempatku cb selalu ready tu didealer, bisa pilih warna, tapi dijalanan jarang liat.
    Pigsons kebalikannya, didealer jarang ada sedangkan dijalanan dah rame seliweran.
    Padahal konon cb ini motor paling banyak masalah dan sering di bc lho, kata f-beha makin di bc makin laris, kok tidak demikian dengan si-superior “cb-rrrrr” ini ya ??

  12. MUNGKIN ini sebabnya ya Yamaha gak mau ngracik ulang mesin si Vixion… mereka udah paham cikal bakal nya jadi kyk begini..

    “yowes.. tukar desain motor aja kita”,, percakapan antara Yamaha dan Honda..

  13. di fb baru 6 komen, disini jangankan 10 besar, 20 pun tak masuk,,,tetap yahama saya bro, udah terbukti dan teruji, mau ngeluarkan model macam mana, dan semurah apapun HONDA tetap di belakang yamaha

  14. Beli nvl sehari langsung kirim,beli cbsf sebulan belom tentu dikirim..wkwkwkwkwk..dulu ane beli vario techno125 inden 2minggu..selama beli produk honda banyakan inden,pengalaman beli wtf125 sama inden beat putih..selama beli produk yamaha sehari langsung kirim,vixion,mio,mio soul,vega r,kecuali new jupe mx,inden 3hari karna pilih warna merah kopling..ane bingung,honda mau ngejungkalin tapi kayak ga niat..bayangin demand cbsf banyak banget,sampe ngantri bejibun,tapi stock kurang..kayaknya honda lebih mentingin produk beat sama wtf125..tapi kayaknya kasus byson bakalan terulang,dulu byson juga penjualan kalah sama new megipret,karna stock kurang,inden bejibun..setelah teratasi megipret kelaut..hehehe..cbsf punya potensi besar,minimal pasti bisa mendekati angka penjualan vixion series akhir tahun ini..ane yakin..ane sendiri masih galau milih cbsf atau nvl..wkwkwkwk..kadang ilfeel liat mesin bebek nvl,tapi suka liat body’nya..tapi hati teguh milih cbsf,tinggal ganti velg 3,5″ di cat repsol mantaf..wkwkwk
    :mrgreen:

  15. Konsumen saat ini mayoritas sudah melek internet kang, dengan banyaknya keluhan akan kelemahan produk ini (minus kapasitas priduksi-imho) merupakan faktor yg besar bg konsumen untuk membelinya.
    Bebrapa keunggulan yg njenengan sampaikan d atas seolah2 lenyap ditelan kelemahan2nya.
    1 hal yg msh mengganjal jg adalah rangka kang, hemat sy itu bukan keunggulan justru kelemahan, baik dr konstruksi rangka maupun finishingnya.
    Semoga ke dpn ahm bisa memperbaiki bbrpa faktor tsb shg konsumen bs menerimanya.
    Salam..

  16. setuju bgt sama mas IWB,proses distribusi CB belum lancar,so penjualan sekarang belum bisa dibilang maksimal,ya inilah kalahnya honda ma yamaha,yamaha dah belajar banyak dari kasus Byson,IMHO

  17. kalo NVL skrg sepertinya udah ready stok, byk kq di dealer2 Yamaha..
    kalo CB150R sepertinya aneh aja masa Honda mpe kewalahan produksi.. ada strategi laen dr AHM mgkn..

  18. Betul kang bekasi aja rata rata indennya 4 minggu,itu jg blm pasti,tp klw liat secara keseluruhan ada kemungkinan line up nya sport ahaem tergerus sama bebek dan metic,lah klw ymh bebek xeonnya aja bln februari cuma laku 2 unit wajarlah bisa bikin 1000 nvl.
    Bln february
    Hnd,,, 462000 : 28 = 16500 / hari
    Ymh 204000 : 28 (klw sabming lembur) = 7285 / hari. ,,, nodar tenan

  19. Pabrikan sekelas ahm atau honda kesulitan kapasitas produksi…??
    Hahahahahaha
    Darimane ceritane…??
    Mau menjungkalkan vixion sih sebenarnya gampang, tinggal bikin yang lebih baik dari vixion, jangan seperti cb, dohc sih iya, tapi spek yang lain…?? Semua dibawah NVL, bahkan power dan larinya pun dibawah NVL. Belum lagi dengan build quality yang seadanya serta banyaknya trouble yang muncul…, mulai dari karat, klotok2 sampai udah harus bongkar mesin baru, sekarang muncul lagi mika lampu meleleh..
    Coba bandingkan dengan NVL yang nyaris tanpa masalah, build quality jempolan, material lebih baik, walau cuma sohc tapi tetap kencang dan powerfull melebihi si CB.

Comments are closed.