iklan iwb

CB150RSejak dirilis akhir silam tahun….motor berlabel Street fire diprediksi akan mampu menggoyang eksistensi Vixion sebagai raja sport. Terobosan yang dilakukan juga cukup mencengangkan yakni sasis teralis atau bisa disebut truss frame serta DOHC engine….tentu saja tebakan diatas tidaklak muluk-muluk. Sayang dalam perjalanannya…..daya tusuk CB150R tidak setajam yang kita kira. Data penjualan AISI telah keluar. Jangankan menggulingkan….untuk menggoyang saja masih jauh dari harapan. Ada apa gerangan???…..460x170iwanbanaran_newfino

Sang Street Fire kudu bersusah payah untuk bisa tembus 15ribuan unit perbulan. Sedang sport Vixion……bisa melampui angka 30ribuan unit. Langit dan bumi mzbro. Ibarat pelari……Vixy sudah nyampe ke Surabaya sedang CB masih tertahan diYogyakarta. Fakta ini jelas cukup menarik untuk ditelaah dan coba dicari penyebabnya. Apakah betul engine DOHC tidak mampu membius konsumen?. Apakah 6 speed serta frame trelis bukan daya tarik tersendiri??. Desainkah yang membuatnya kurang greget dan terlihat biasa? Sebenarnya…kalau boleh urun rembug, terlalu prematur kita menarik kesimpulan. Maksude??…..

Dalam pandangan IWB….IMHO potensi real CB150R belum terlihat. Kenapa??. Produksi sport CB AHM nampaknya belum full power sehingga banyak konsumen terkatung-katung menunggu ketidak pastian proses inden. Yup……banyak keluhan mampir ke IWB tentang lamanya inden untuk membeli tunggangan idaman. Bahkan ada yang sudah nunggu hingga sebulan belum juga nongol. Salah satu contoh yang bisa IWB share adalah email dari bro Januar berikut ini…..

iklan iwb

Siang Kang IWB……
Nyuwun sewu…..bisa jelasin, kenapa distribusi motor Honda CB150R di Yogja sangat lambat?. Saya dah indent CB150rR kurang lebih dah 1 bulan yang lalu (“ediannn tenannnn tow….?) sampai sekarang belum juga dikirim. Saya dah berulang kali hubungi dealernya (Cahaya Sakti Motor Jl. Kusuma Negara) kata CSnya yang cantik nan menyebalkan, dia bilang nggak tau dan nggak berani mastiin kapan ada barangnya, padahal saya sudah bayar tunai termasuk bayar selisih nilai BBN Rp. 150.000 (saya kurang begitu paham kenapa motor baru ada biaya balik nama?), plus surat jalan Rp. 100.000. Mohon pencerahannya kang Wan…Nuwun….

– Januar/Yogyakarta (5 Mei 2013)-TVSMotor

Atau contoh lain….

Mas Iwan minta sarannya dong…….saya udah ilfil ni sama Honda. Inden motor CBSF udah 1 bulan belom turun juga. Kira-kira saran mas Iwan bertahan sama CBSF apa saya batalin trus beli NVL. Masalahnya saya nggak punya motor lagi, motor saya jual buat nambah-nambahin beli CB tiap hari PP pake angkot neh kadang nebeng hihi..

– Eko Hadi (28 Januari 2013)-

Dua biker diatas hanya segelintir contoh yang bisa IWB share diluar email lain yang membludak. Artinya apa?. Pihak AHM belum mampu mengamodasi permintaan secara proper. Banyak biker yang jengah serta lelah menunggu lambatnya proses distribusi barang kekonsumen. Bukan adat Honda terjadi kecuali memang produksi dari pusat juga tersendat. Fakta ini selaras? dengan beberapa info yang IWB dapatkan bahwa produksi CB150R perhari rata-rata hanya mampu dikisaran 500 unit dan coba terus ditingkatkan hingga 800unit. Coba bandingkan dengan Yamaha yang sukses memproduksi Vixion 1000/hari. PR buat AHM tentunya….

Last....bulan baru menginjak kedua tahun 2013, dan masih tersisa 9 bulan lagi. The war still begin mzbro. Kesimpulan baru bisa dibuat ketika pasar sudah berjalan selama setahun. Nah…dari sanalah kalkulasi akan kita lakukan untuk menilai…apakah sang CB sukses atau sebaliknya…..gagal melaksanakan tugasnya. . Untuk Yamaha…..jangan terlena dan menganggap remeh dulu sebab potensi murni lawan belum terlihat. Sedang Honda…jelas musuh yang kudu dijungkalkan memang sangat tangguh. Butuh ekstra effort serta kerja keras yang bisa menguras tenaga. Ingat….Vixion memang “juozzz”, jadi monggo berikan sesuatu yang lebih? “gandozzz” :mrgreen: kepada konsumen. Jangan biarkan potensial buyer sempat ngelirik keproduk lain hanya gara-gara penyakit inden. Potensi asli Honda CB150R??. Gimana bro menurut sampeyan, ada opini lain??…….(iwb)

378 COMMENTS

  1. menurutku mas, potensi cb memang blm kelihatan, mungkin strategi ahm memang demikian sehingga pasar nggak akan jenuh dan membuat konsumennya penasaran. dengan mayor change yg dilakukan pada vixion bisa jd sebuah langkah akhir yamaha yg akan dimanfaatkan ahm untuk upgrade selanjutnya pd cb150r..

  2. coba masyarakat perkotaan2 besar gak pake speda motor ye.. pake angkutan kota rata2 semuanya.. xixixixi.. XD

    pabrikan kyk Honda, Yamaha, dsb pasti bakalan mikir berlipat-lipat buat bikin motorsport baru.. yg pastinya.. lebih keren, lebih superior.. wkwkwkwk sarapan dulu ah…

  3. Teman saya cewe rela inden nvl ampe 3 bulan buat gantiin nmp nya yg ilang. Padahal kl mo cibi inden cuman sebulan, tanya kenapa?

  4. otak tidak jalan pada Maret 17,
    2013 pada 9:24 AM
    ?Potensi asli honda cb150r
    belum terlihat? namun
    Suara KLOTOK-KLOTOK honda
    cb150r sudah terdengar
    Wkwkwk

    ========
    ngakak baca ni komen

  5. Saya cm bs bersabar nunggu CBR 250 ato YZF250 twin silinder,gx mslh kalo harus nunggu bbrp bulan ato stahun lg,yg penting Value for money sesuai sm fitur2nya…
    Dh bosan pake motor 150cc, tanggung, n modelX gitu2 az sih, hampir mirip2…

  6. Yaa mungkin nama cb150 belom familiar bagi konsumen, hanya yg sering buka internet aja yg tau keberadaan cb150.

    Temen2ku aja masih ada yg gak tau klo ada produk sport honda cb150. Memang semua butuh proses. IMHO. Hehe

    inden 1bulan dah “galau” ? aku aja inden ninjaR 3bulan baru datang. Haha, sing sabar ya mas bro.

  7. Coba kalo belinya kredit pasti cepat, bukan motornya aja yg mirip vixion tapi penjualannya juga di tiru, beli cash harus inden….
    Sekarang honda kebalikannya yamaha

  8. Nda…mohon di dengarkan itu Nda…,ojo kipas2 wae Nda ngitungin formulir indent nya Nda…… kasian brader2 yang sudah kadung termakan iklan untuk bisa menikmati motor CB mu Nda…

    – keep brotherhood –

  9. ?? qwerty ?? pada Maret
    17, 2013 pada 9:31 AM
    gue juga indent 3 biji udah
    sebulan belum dikirim, padaha
    udh bayar cash..
    pdhl udh gak sabar mau
    ngebuakkaarr ini c3b0ng..

    ==============

    bener b0s an3 jug4 1nd3n g4k di kirim” r4ngk4 pip4 l3d3ng nya kan bis4 buat pentung4n hansip

  10. kasihan, nama besar CB harus ternoda gara2 AHM, gimana ne, ada opsi tuk matuk kepala AHM gag? biar terbangun dari asas seenaknya sendiri.

  11. Kyknya pasar masih kaget dg kehadiran CBSF. Apalagi munculnya tiba2. Beda banget dg NVL yg dah menghantui jagad online 7 bln sblm brojol.
    Jd ibarat org baru bangun tidur..kriyep2 Mas! 😀
    AHM tll pede jg sih gak pake jurus spyshoot.

    Kalo ttg produksi CBSF, kyknya AHM msh keteteran coz line produksinya bnyk dipake skutik yg lg mbludaaakk..

    :d 😀

  12. Lihat fakta,
    CBSF umurnya 3 bln,
    Viksn umurnya 6 thn
    Liat kasus nya matic, 3thn bisa di lewati,bkn metic vario,tapi beats.
    Ada kemungkinan pasar metic sm bebek lebih empuk kali yaaaa.makanya kompetitor hnd berjibaku untuk menggeser bebek dan metic hnd,…
    Saran gw buat CBSF.
    Foot step boncenger ganti alluminium,striping ganti,buritan ganti,tutp tangki ganti,body speedo di buat runcing,teralis di perbesar,pokoknya yg berbau pikson di ganti total,emang gak punya design apa??pake ngekor kompetitor,untung mesinnya gak di ikutin jg,inilah kelebihannya di engine yg bikin gw sabar menunggu indent, red CBSF coooooooyyyyyyy gandos membahana

  13. NVL:
    -Mesin S0HC 5 Speed yang katanya l3m0t, tapi bisa ngegamparin Mesin D0HC 6 Speed.
    -Jelas unggul fitur n teknologi spt Deltabox karatan, Diasilit/Forgedpistol, Tutup tangki rata, Dashboard mewah modern, Ada engine cut stop selayaknya mtr sport, Kaki2 lebih kekar berotot dan tampilan jelas lebih ganteng.
    -Lebih irit bbm dan ramah lingkungan dengan injeksi pintar (gak beg0 kek injeksi sebelah).

    Dengan segala plus dari NVL, ada point minusnya sayang NVL mereknya Yamaha, coba Honda….!
    Wew kalo mereknya Honda, product cacat banyak masalah aja tetep laku bro….

  14. Mboh ex kang,kalo kita cerna dri awal mpe akhir2 ini sang cb bnyak mengalami kendala.
    *awal pluncuran sang cb,dlm KUBU ahm sndiri ada ksalahan dlm pnulisan pwer mesin,yg tdi 16,..ps brubh jdi 17,..ps.ni mbuat rgu konsumen,
    *waktu perkenalan cb di bndung,adegan drama di pggung ada kesan merendahkan vixn,ksalahannya napa gak di lakban tu tulisn vixn,kok terang2an di dpan umum.ni mmbuat sakit hti vixn,mrasa di lecehkan,apa lagi yg membuat vixn,dan do’a org sakit dan terasa di hina itu ampuh lho..mustajab.hehehe mgkin vixn ne gak trimo,trus dungo,
    *tes power unggul new vixn,masak doch kalah ma soch,
    *spedo akurat nvl
    *disain ada mirip2 old vixn,jadi mo bli mikir 1000x,nanti di kira naik vixn
    *blum lgi soal kasus cb yg tralisnya karatan,
    *di tambah lgi kasus mesin cb klotok2,shok bocor,mika headlam melepuh..dll

    *MOGA AHM SEGerA BERBENAH,Bkin yg brkwalitas donk,disain jgn di benturkan mirip sbelah,mo bli cb bgi org yg brpikiran dewasa pasti malu,numpak mtor tiruan.masak kasus newblade vs njz trulang?? Niru kok terus2an..
    *YIMM jgn brbangga dlu kudu slalu waspada,dngarkan apa yg di ingnkan konsumen..

  15. 47. chapunk CS125Fi zoomer optimus – Maret 17, 2013

    Betul kang bekasi aja rata rata indennya 4 minggu,itu jg blm pasti,tp klw liat secara keseluruhan ada kemungkinan line up nya sport ahaem tergerus sama bebek dan metic,lah klw ymh bebek xeonnya aja bln februari cuma laku 2 unit wajarlah bisa bikin 1000 nvl.
    Bln february
    Hnd,,, 462000 : 28 = 16500 / hari====================kyknya line up motorport honda di sunter, kalo matic di kawasan mm2100 cibitung, ga nyambung bget

  16. bgi yg pnya CB150R yg sbr aj… n tnggu aj trobel yg lain..piiiissss…

    q dl inden pigson in jg lm lho…28 hri indennya…
    tp gt dteng mantep dah (legooooooooo tenan rasane)
    blm ad keluhan (g klotok2,g keraten,g bcor shocke,slebor yo g mereng)… hehehehehehehehehe

  17. 70. chapunk CS125Fi zoomer optimus – Maret 17, 2013

    Lihat fakta,
    CBSF umurnya 3 bln,
    Viksn umurnya 6 thn
    Liat kasus nya matic, 3thn bisa di lewati,bkn metic vario,tapi beats.
    Ada kemungkinan pasar metic sm bebek lebih empuk kali yaaaa.makanya kompetitor hnd berjibaku untuk menggeser bebek dan metic hnd,?
    Saran gw buat CBSF.
    Foot step boncenger ganti alluminium,striping ganti,buritan ganti,tutp tangki ganti,body speedo di buat runcing,teralis di perbesar,pokoknya yg berbau pikson di ganti total,emang gak punya design apa??pake ngekor kompetitor,untung mesinnya gak di ikutin jg,inilah kelebihannya di engine yg bikin gw sabar menunggu indent, red CBSF coooooooyyyyyyy gandos membahana================ maksudnya smua body di ganti dari old vixion ke nvl xixixixixix

  18. potensi mesin klotok-lotok, seal sok depan bocor, bodi getar, mika lampu depan meleleh, rangka karatan juga BESAAAARRRR.
    resiko motor murahan.

  19. Kapasitas produksi toh masalahnya, satu rekan gawe juga dibikin bete sama indent si cibi sf…. gk tanggung2 disuruh tunggu 1 – 2 bulan. Jadinya sukses pinang si kebo.

  20. [email protected] pada Maret
    17, 2013 pada 9:55 AM
    Mboh ex kang,kalo kita cerna
    dri awal mpe akhir2 ini sang
    cb bnyak mengalami kendala.
    *awal pluncuran sang cb,dlm
    KUBU ahm sndiri ada ksalahan
    dlm pnulisan pwer mesin,yg
    tdi 16,..ps brubh jdi 17,..ps.ni
    mbuat rgu konsumen,
    *waktu perkenalan cb di
    bndung,adegan drama di
    pggung ada kesan
    merendahkan
    vixn,ksalahannya napa gak di
    lakban tu tulisn vixn,kok
    terang2an di dpan umum.ni
    mmbuat sakit hti vixn,mrasa di
    lecehkan,apa lagi yg membuat
    vixn,dan do?a org sakit dan
    terasa di hina itu ampuh
    lho..mustajab.hehehe mgkin
    vixn ne gak trimo,trus dungo,
    *tes power unggul new
    vixn,masak doch kalah ma
    soch,
    *spedo akurat nvl
    *disain ada mirip2 old
    vixn,jadi mo bli mikir
    1000x,nanti di kira naik vixn
    *blum lgi soal kasus cb yg
    tralisnya karatan,
    *di tambah lgi kasus mesin cb
    klotok2,shok bocor,mika
    headlam melepuh..dll
    *MOGA AHM SEGerA
    BERBENAH,Bkin yg brkwalitas
    donk,disain jgn di benturkan
    mirip sbelah,mo bli cb bgi org
    yg brpikiran dewasa pasti
    malu,numpak mtor
    tiruan.masak kasus newblade
    vs njz trulang?? Niru kok
    terus2an..
    *YIMM jgn brbangga dlu kudu
    slalu waspada,dngarkan apa
    yg di ingnkan konsumen..

    ==============

    AHM/AsliHondaMahal emang hobinya nyusahin konsumen om

  21. Berpikir positif : dulu cbr dan vixi jg awal2 keluar tentunya ada/banyak keluhan dari konsumen(mau di akui atau tidak)
    Dengar desas-desus..katanya ahm malah lg stop produksi skr ini,lg melihat perkembangan motor yang ???? lepas ke pasar(konsumen)tentunya ahm jg gak mau jor2an produksi dan distribusi kalau ?????s????????? banyak masalah,mending memperbaiki dahulu agar kedepan tenang dalam distribusi(mesin sudah tidak ada masalah dari konsumen)lihat saja bulan lalu sampai ada 5rb waiting list indent..

  22. Bisa jg petinggi ahaem nonton bcnya FBY sbgai bahan masukin,dan ahaem harus berterima kash sama FBY,krn udah memeberiakan masukan masukan tentang cbsf,xixiixix kaliii agar kedepannya CBSF bisa lbh baik lg, umurnya baru 3 bln cooyyy.
    CBSF = Chapunk Badan Sensor. Film ahik ahik ahik ahik xiixixixi

  23. Potensi mirip old vixi, potensi indennnnn,potensi QC yg payahhh,potensi karatt,potensi chamshaf gk presisi yg berpotensi mesin klotok-klotokkk,potensi apa lagi y 😆
    😀

  24. Lah…CeBe maning… CeBe maning…. Kepriwe jane CeBe..??? Kalo menurutku body CeBe musti di apgred lagi biar tambah ngecrut lawan si tangguh viksen… Walopun aku jg masih bingung mau beli viksen apa CeBe.
    Huhh…..bingung aing…

  25. saya rasa desain yg utama kang,untuk daerah t4 tinggal saya sbnrnya g peduli sbrp bagus mesinnya asal honda pasti laku.ada temen ane mau beli slh satu varian matiknya sy tanya yg full fitur smp sebutin satu persatu atau yg “biasa” …pokoke sing *** ( dia cm bisa nyebutin nama maticnya doang)..
    mindset spt itu susah dikalahkan,tp khusus cb ini ada sih yg sdh sliweran tp sy yakin bukan krn dohc maupun truss frame,tp krn “model baru honda” sbg alternatif NMP.. klo truss frame pun diliat mlh biasa aja dibanding dg deltabox,masy dah terbiasa rangka “pipa besi”,mrk g tau apa itu truss frame.di sini g ada yg adu argumen dohc / sohc, g ada yg adu mulut 8000 rpm / 11000 rpm..masyrkt sini jg g tau,klotok2,jendol,koyo,kompres,sok breaker bocor,mika meleleh..desain yg bicara kang!!

  26. yamaha NVL jg inden lama loh kagak cuma CB150., tp konsumen kan ws kadung tresno sama xivion….,secara kualitas udah terbukti sakti manderaguna, kl produk sebelah kan masih baru..,blm terbukti, konsumen jg khawatir kl ada kasus tangki bocor..,
    Menurut gue loh ya……

  27. Kalo raja bebek y raja bebek aja ,kwek kwek 😆 gk usah gembar gembor vixion killer2an , mesin klotok klotok abal2 + desain copas aja mw nglawan vixion yg udh berubah jdi new vixion ,
    Vixion tetaplah raja sport
    Keep brotherhood 😀

  28. Kalo raja bebek y raja bebek aja ,kwek kwek 😆 gk usah gembar gembor vixion killer2an , mesin klotok klotok abal2 + desain copas aja mw nglawan vixion yg udh berubah jdi new vixion jebule ngimpii gan #mas iwb mode on, hehehehe
    Vixion tetaplah raja sport
    Keep brotherhood 😀

  29. itu bnar mas iwan, dr kacamata pribadi saya dr para bikers yg mampir k bengkel. rata2 sesungguhnya para vixi lover sama cb lover itu sasaranya k cbr150r ttp dwit gk nyampai jd smua larinya k vixi n cb. knapa NVL lbh laris manis krn emage karat d CB dah trtanam jd agk ragu konsumen ambil CB. pdhl klu mslh mesin CB ini sgt trbuka lebar untuk d up grade powernya bisa jauh mlebihi Vixi. klu vixi mesin ya ckup sgitu dnaikkan powernya ky apa gk bisa melebihi cb yg up grade dpaksa gk awet gmpang jbol. klu saya mnilai body NVL dr tengah k belakang OK tp tengah k dpan CB lbh OK. seharusnya mesin CB dtaruh d NVL itu baru lbh OK lg. ayo yamaha kasih NVL dg mesin overbore dohc buat saingan OMR cb.

  30. ahhh pretttttt. . . . . .bnyak alasan macam seperti produksi cuman dikit,distribusi tersendatn bla bla bla,ini AHM bro,msak sih nggenjot produksi/distribusi engga bisa,sehingga konsumen harus indent hingga 1 bulan,ini namanya kalo bahasa ane sehari-hari omong kosong 😆

    oh iyah,apa kabar OMR si CEbrettttt,kog ga ada test n catatan best lap sana sini,entah di test macam di sirkuit atau dyno maybe. . .atau cuman omong kosong lagi 😉

  31. Soeharto Jooss pada Maret 17, 2013 pada 10:17
    AM
    saya rasa desain yg utama kang,untuk daerah t4
    tinggal saya sbnrnya g peduli sbrp bagus mesinnya asal
    honda pasti laku.ada temen ane mau beli slh satu
    varian matiknya sy tanya yg full fitur smp sebutin
    satu persatu atau yg ?biasa? ?pokoke sing *** ( dia
    cm bisa nyebutin nama maticnya doang)..
    mindset spt itu susah dikalahkan,tp khusus cb ini ada
    sih yg sdh sliweran tp sy yakin bukan krn dohc maupun
    truss frame,tp krn ?model baru honda? sbg
    alternatif NMP.. klo truss frame pun diliat mlh biasa
    aja dibanding dg deltabox,masy dah terbiasa rangka
    ?pipa besi?,mrk g tau apa itu truss frame.di sini g ada
    yg adu argumen dohc / sohc, g ada yg adu mulut
    8000 rpm / 11000 rpm..masyrkt sini jg g
    tau,klotok2,jendol,koyo,kompres,sok breaker
    bocor,mika meleleh..desain yg bicara kang!!
    —————————–
    Yups desain yang bicara karena cb niru desain old vixi gan yang notabennya beda dg gen mega pro, desain old vixi emang out of the box gan, pas kluar 2007 motor sportnaked deltabox +injeksi wow, coba ahaemm buat desain yg bener bener baru, masa gk bisa si desainernya, jangan buat yg mirip vixi 🙂

Comments are closed.