Anjritttt New Yamaha Scorpio 225 ternyata aslinya cakep juga…!!!!

46
3245

Selama ini hanya mengetahui Scorpio anyar dari gambar-gambar dan kemarin tanpa sengaja melihat penampakan New Scorpio sedang didisplay pada salah satu show room Yamaha. Langsung timbul jiwa penasaran dan satu kata yang bisa saya ucapkan……ternyata bagus juga bro. Walau banyak suara minor tentang facelift yang dilakukan tapi saya bisa katakan revisi chasing ini membuat penampilan sikalajengking jauh lebih bagus dari pada scorpio lawas……

Dengan harga 23,5juta new Scorpio worthed to buy jika dibandingkan motor dengan rentang harga sama. Kenapa..?? mesin kencang perawakan keren ada padanya. Keraguan seakan sirna setelah melihat secara langsung Yamaha Scorpio yang telah dipajang pada salah satu show room Yamaha. Lekukan tanki yang gambot namun didesain sedemikian rupa hingga paha serta lutut dipastikan menjepit sempurna. Jujur ergonomi riding Byson kalah dibanding Scorpio anyar yang terasa mantap menyatu ketika bokong ditaruh dijok. Saya bisa membayangkan kenyamanan handling ketika digeber pada kecepatan tinggi. Kemudian body belakang kelihatan nungging tanpa harus menambah adaptor pada suspensi monoshocknya. Nuansa sport juga terpancar dari tutup tanki, plus speedometer yang kelihatan lebar serta mudah dibaca. Walau banyak yang mencibir dipertahankannya model analog ini , tapi dalam opini saya malah tampilan speedometer menambah keren kalajengking anyar.

Seakan tidak mau kalah dengan sang adik (Yamaha Byson) kini knalpotย  mengaplikasi sistem kondom sehingga tidak akan berbahaya jika disentuh ketika suhu panas. Saya berani bertaruh bahwa tampilan Scorpio 2010 baru ini tak akan kalah jika berjejer dengan Honda Tiger Revo sekalipun. Hanya satu yang mengganjal dihati yaitu bentuk headlamp dan rear lamp yang serasa kaku. Namun secara overall….manteepppp tenan!!!! Terus bagaimana dengan monocrossnya yang ambles. Secara kasat mata YMKI nampaknya telah melakukan merevisi disektor tsb. Terbukti ketika coba dinaiki respon suspensi tidak ambles alias normal-normal saja. Begitupun ketika dicoba nongkrong berdua semua dalam tahap wajar. Padahal Scorpio lawas sudah kelihatan langsung ngesot kebawah hampir menyentuh fender belakang ketika kita menaruh beban dijok boncenger. So mau tunggangan kencang penampilan oke dengan harga realistis…monggo Scorpio pilihannya. Akhir kata, didunia ini memang tidak ada produk yang sempurna….so waktu yang akan menjawabnya. Daripada saya terlalu banyak ngoceh, monggo dilihat secara seksama potongan-potongan jepretan photo dibawah. Maaf kalau buram soale motret pakai HP plus masih amatir bro. Btw semoga berguna….(iw/13/10/2010)

Spesifikasi Yamaha New Scorpio

Machine

Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Diameter Langkah : 70,0 x 58,0 mm
Volume Silinder : 223 cm
Susunan Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Perbandingan Kompresi : 9,50 :1
Power Max : 13.4 kW@8.000 r/min (18.2 PS@8.000 r/min)
Torsi Max : 17.5 Nm@6.500 r/min (1.78 kgf-m@6500 r/min)
Sistem Pelumasan : Basah
Oli Mesin : Total : 1,4 Liter / Penggantian Berkala : 1,2 Liter
Radiator :
Karburator : (MIKUNI) BS30 x 1
Putaran Langsam :
Saringan udara :
Transmisi : 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)
Kopling : Basah, Kopling manual, Multiplat
Caster / Trail :
Rasio Gigi :
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter

Dimension

Panjang x Lebar x Tinggi : 2.025 mm x 765 mm x 1.095 mm
Tinggi Tempat Duduk : 770 mm
Jarak Antar Roda : 1.295 mm
Jarak Ke Tanah : 165 mm
Kapasitas Tangki : 13 Liter
Berat Isi : 141 kg
Berat Kosong :

Chasis

Tipe Rangka : Double Cradle
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol
Ban Depan : 80/100-18 47P
Ban Belakang : 100/90-18 56P
Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

46 COMMENTS

  1. Yamaha emang jago nya bikin disyain motor.. Mulai dr vixion mpe R1 terkenal paling Bengis..
    Btw, tu tangkinya aseli apa kondom Bro..? Kos ngeri aj klo ngerem mendadak, bs ampek mr. Tukulny kepentok-pentok..
    He he… PISS..

  2. wah komplit bener bro jepretannya top tenan ๐Ÿ™‚
    klo pndapat gue modelnya kyak robot gundam aj serba besar klo dilihat kyakna ni motor berat bobotnya.

  3. @ Arif
    Beda bro. Walau sama2 rata ditanki tp lbh keren scorpio. Klo Byson model copot..
    @ vanderjar
    Bener bro..jadi bayang2 Byson gara2 launching duluan sang adik
    @ Hourex
    Scorpio bukan kondom bro tankinya aseli..
    @ Romi
    Soale klo website resmi agak pelit ngasih anglenya makanya diblog saya usahain sebanyak mungkin biar setidaknya bisa ngasih gambaran buat bro2 semua.
    @ mr longs & arif
    Bisa aja nih berdua hahahaha…
    @ indrarr
    Setuju ama sampeyan bro. Klo runcing pasti bakal lbh keren…

  4. Itu Atheletnya cp tuhh yg warnanya ijo royo2 masih kinyis2 bodinya,:) kyakna gue pernah liat tu spionnya si ijo mirip2 pny motor siapa ya ???…

  5. Koq sirip shroudnya menghadap ke atas yo mas? padahal harusnya kan mengarahkan angin ke blok mesin (bawah)…

    tapi overall macho lah, headlampnya doang yg jelek

  6. Maaf nih bro Iwan, saya tetep dgn penilaian sebelumnya, bahwa disain New Scorpio Z ini ‘hancur’. Emang wajar sih kalo ada yg msh menilai disainnya bagus, karena gak ada bahan pembanding yg bersandingan pas di samping New Scorpio Z. Seandainya di sampingnya dijejerin bareng ama New Fazer 250, saya yakin yg ngelihat bakal berpendapat lain. Saya rasa masih wajar kalo saya memakai Fazer 250 sebagai pembanding, soalnya kan sama2 Yamaha dan basis mesinnya juga sama, cuma beda volume silinder doang.
    Bener2 sangat disayangkan kenapa YMKI ngeyel gak mau pake body Fazer 250. Toh sama aja kan, hampir total facelift. Dan saya yakin seyakin-yakinnya, seandainya body New Fazer 250 yg disematkan, market Honda Tiger Revo bakal hancur lebur dan pasar sport touring >200 bakal makin rame.

  7. for kodok ijo

    yamaha pikir buat apa sampai harus keluarkan fazer 250

    lah wong vixion dewean sudah jadi pemimpin pasar kelas sport belum lagi di tambah dengan byson…

  8. Sran utk New ScorpioZ dgn bobot tmbah mjd 141kg tidak dibarengi dgn tenaga yg lbh besar malah msh 18dk seharusnya plg tdak 20dk ๐Ÿ™ , jauh dibanding Ninja 150M tenaga puncak 30DK tp berat motor di kisaran 124-130kg.

  9. @ Esmelekete
    Padat berisi nih sibro xixixi
    @ Kodok ijo
    Memang kalau bandingin body Scorpio anyar dengan Fazer mending Fazer 250 kemana-mana. Tapi jika kita bandingin dengan Scorpio lawas, merupakanm kemajuan pesat dari segi penampilan. Btw memang tetap tergantung selera…..
    @ Romi
    Memang sedikit disayangkan…..

  10. tadinya mau byson,.. tp kayaknya jadi deh balik lagi ke si scorpy… moga kagak ilang lagi, hihihihi,.. thanks bro info nya…

  11. Dealer mana tuh, Gak takut motornya jatoh ke got ya? Masak lantai dah retak retak gitu masih buat pajang Motor baru gitu…

  12. @ ddvex
    Sama-sama bro
    @ Cegukan
    Supaya eye catching bro dan terbukti banyak pengendara motor pada berhenti lihat sikalajengking anyar……

  13. keren juga brur….
    tp gw kan udah pake scorpio 2008..
    jadi sayang kalo mw ua jual n ganti yg new.
    seandainya mau transfer body new scorpio ke scorpio lama gw kira2 dah ada yg jual g ya…
    lagian menurut spek, scorpio baru tenaganya lebih kecil sekian hp dibanding yg lama.
    hal yg patut disayangkan.
    kalo ada info harga n penjual tangki + body new scorpio brur…
    kabarin gw.
    thank bro….

  14. broo gua kurang stuju dengan new scorpio ini masak hampir sama motor laen contoh new mega pro,tiger trutama byson.masa semua harus jiplak.walau sedikit perbedaan

  15. kalau mnurut gue new scorpio gx gitu bagus juga
    gue pernah lihat langsung, di handycame gue juga ada fotonya
    kayaknya kurang gaul kalo dbandngin ama vixion masih kalah deh
    tapi kalu dari value c kayaknya new sorvio memang masih mnang ama vixion (menag telak)
    cocoknya tuk orng umur 30>

    sorry kalu gax sependapat

  16. mau gimana modelnya..,tetap aja shock belakang amblas..,jadi jelek dikenderai..,dapat nilai 5 buat scorpio new..,bukan malah dibagusin shock malah penampilannya aja di sulap…

  17. pio barunya mayan bagus. tinggal modifnya kaki2nya aj pasti keren koq. ganti pelek n ban lebar. tunggingin plus ganti stang byson dah mantabs. spakbor depan pake punya vixion. mesin n nalpot standar cukup oke slm buat harian bukan buat balapan. oli pake motul dah enak ga perlu gonta ganti parts.

  18. Hahaha Jelas Gan, Ane Juga Enggak Nyesel ko udh beli New Scorpio Z. malahan ane coba Byson Punya kk ane, jujur ya bkan mentang2 New Scorpio motor ane, tpi kenyamanan jauh gan Byson sma Scorpio, apalagi di trak lurus ๐Ÿ˜€

  19. sepakat tuch ma komentar yg harus ganti heandlamp, tukar ma punya byson atau vixi jadi lebih mantap…
    1 kekurangan yg aneh buat ane untuk si pio, katanya turunan motor cross tapi kenapa monosoch malah dikenal amlbess???
    justru motor cross kan suspensinya mantap, disesuaikn medan yg penuh lubang & jalan yg menikung juga naik-turun tapi kenapa pas di tempel pada body si pio malah amblasss (ups… ambless)…

  20. mau tanya agan -agan apakah rangka new scorpio sama dengan scorpio lama ya aku pengen ganti baju dengan scropio lamaku dengan yang baru apa bisa ya… ???? hihihihi

  21. I’m curious to find out what blog platform you happen to be using?
    I’m experiencing some minor security problems with
    my latest site and I’d like to find something more
    safe. Do you have any suggestions?

  22. ngak nyesel deh beli new pio. Gw beli tahun 2012. Stabil saat kecepatan tinggi dan lincah. Stabil karena bobot motor bertambah dari 125 kg menjadi 142 kg. Tapi Bagi yg berbodi kerempeng bakal keberatan saat memundurkan ini motor. Dan saat turing harus pake protektor karena motor berbobot berat berbahaya saat nabrak (bisa cidera patah tulang ). Dan juga disarankan bagi yg tinggi badan kurang dari 170 kg tidak beli ini motor karena kaki bakal “jinjit balet”. Saat ini bobot new scorpio sebelas dua belas lah sama honda tiger, tapi tetap lebih berat ninja 250 dan suzuki inazuma.
    Intinya memuaskan naik pio bisa ngasepin matic alay yg suka sruntulan..hahahaha

Leave a Reply