Mesin Yamaha Vixion vs. Honda Megapro…..

405
136

Pasti semua bakal mencibir lihat judul diatas. Suara pro kontra tentunya. Megapro melawan Vixion..?? yaelahhh cingcai bro. Pasti dikepretin dong si Megy….hardik teman kantor penunggang Vixy dengan 1000% yakin tanpa ragu. Tiada maksud lain dari saya pribadi selain mencurahkan segala informasi yang saya dapatkan dengan penuh kejujuran dan tanggung jawab tentunya…..

SiVixy produk revolusioner dari Yamaha ini memang sedang booming-boomingnya. Tidak ada yang ragu tentang performa serta tongkrongan yang ditawarkan. Harga banderol 21juta dirasa masih cukup pantes dengan segala fitur yang kita peroleh. Sasis Deltabox , radiator, forged piston & diasil silinder adalah kelebihan Yamaha Vixion. Accelerasi mesin yang mumpuni ditambah tenaga output mencapai 14,6hp membikin motor keluaran Yamaha seperti tanpa cela. Coba bandingkan dengan Honda Megapro (bukan NMP 2010) sasis diamond, bentuk layaknya motor bapak-bapak, mesin..?? walah konvensional banget tanpa ada embel-embel yang membikin ngiler. Dengan klaim pabrikan output power mencapai 13,5hp rasanya tidak fair kalau kita sandingkan dengan Vixion.

Tapi siapa menyangka segala kekurangan yang ada pada diri Megapro lawas mendapat sedikit pencerahan dari teman kampung. Teman satu SMP ini merupakan maniak motor, dari jaman Kawasaki bebek Binter Joy tahun 1983 hingga merk sayap mengepak pernah ditungganginnya. Saat ini Syah, nama teman saya itu kini telah berganti dengan Yamaha Vixion (dulunya Megapro keluaran tahun 2005). Simpel kenapa doi memilih produk keluaran Garputala, tak lain dan tak bukan  karena bentuknya yang keren. Ketika saya tanya kesan-kesannya tentang Vixion, segala puji-pujian terlontar dari mulutnya. Salah satunya handling yang stabil, rem pakem serta irit. Kalau dibuat dalam perkotaan, performance Megapro jauh bro,”…serunya. Cuma ada satu penyataan dari Syah yang menggelitik hati saya. Dengan penuh keyakinan doi berkata,” kalau dipakai jalan luar kota Vixion harus mengakui bahwa mesin Honda lebih mumpuni..!! lho koq bisa..??

Menurut penuturan doi ketika itu Vixienya pernah dipakai jalan jarak jauh dari Tulungagung – Surabaya, Jawa timur. Tercatat lebih kurang 250km dan harus balik lagi sore harinya dengan route yang sama. Kerjaan yang menuntut doi harus wira-wiri Tulungagung-Surabaya dan sebaliknya. Namun ketika menggunakan Vixion rasa capek posisi duduk lebih terasa ketimbang Megapro. Yang membikin doi heran adalah performa mesin. Waktu digunakan didalam kota…wis jempol dah buat Vixion. Mesinnya sangat responsif serta enteng. Tapi ketika Vixie digunakan dalam perjalanan jauh lintas kota, tercatat mesin Vixie kedodoran ketimbang Megapro. Perbedaan siknifikan adalah accelerasi yang makin memble ketika mesin panas. Hal ini tidak ditemui pada mesin Honda. Megapro dengan enteng malah ngacir ketika jarak tempuh sudah diatas 100km….mesin nyaris tanpa suara serta perfoma  tidak ada indikasi turun. Komparasi sederhana waktu naik Megapro tarikan makin maknyozz ketika panas dan sebaliknya ketika menunggangi Vixion, sedikit ngempos (Perjalanan Nonstop PP, istirahat diSurabaya hanya 1 jam). Umur motor masih baru sekitar 1 tahun. Karena penasaran doi berinisiatif  melakukan pengecekan kedealer Yamaha setelah kejadian tersebut takut ada yang tidak beres, tapi ternyata semua dalam kondisi prima. Jadi sekarang Syah sudah tidak heran dengan karakter motor tunggangan anyarnya.

Kalau kita analisa bisa jadi karena motor keluaran Yamaha tersebut memang diperuntukkan buat kondisi perkotaan yang stop dan go. Seandainya mesin overheat…sepertinya tipis, mengingat Yamaha Vixion dilengkapi pendinginan lebih maju ketimbang Megapro ditambah jalur yang dilewati merupakan jalur bebas macet alias gas bisa dipanteng sampai berpuluh-puluh kilometer tanpa injak rem. Apakah akibat Syah mendapatkan mesin cacat? Tapi kalau melihat background teman dekat saya itu mengerti mesin, pastilah doi akan cepat klaim kepabrikan atau dealer Yamaha terdekat jika itu terjadi. Saya sendiri juga belum pernah membuktikannya mengingat route tidak pernah keluar dari Jabodetabek. Entahlah….bisa jadi memang mesin Honda tipe Kaizen walau banyak orang bilang jadul tapi tetap mumpuni. Hal ini terbukti masih seringnya kita jumpai motor GL-Max, Astrea Prima atau Astrea Grand ngacir pada kecepatan tinggi, nyalip tanpa permisi. Walau bentuk chasing sudah acak adul nggak karu-karuan motor-motor tua tersebut enteng aja menggapai kecepatan diatas 90km/jam. Sementara teman kiri kanan yang penunggang Jupiter-Z setelah usia 7 tahun pada ngeluh top speed  makin ngedrop padahal sudah oversize serta turun mesin didealer resmi. Tidak bisa diingkari semua produk pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tak terkecuali Honda. Walau banyak kurang dari segi fitur yang ditawarkan, namun setidaknya mesinnya memang pada bandel……mungkin itu saja salah satu kelebihannya.  Terus gimana dengan Vixion..?? kalau kata orang no doubtlah dengan produk satu ini. Banyak sekali strength pada diri Vixion jadi satu kekurangan tidak akan membikin konsumen berpikir ulang untuk meminangnya. Toh semua tergantung fungsi. Ya nggak bro. Bagaimana menurut brother semua?! monggo dishare…(iw/11/09/2010)

About these ads
1

405 COMMENTS

  1. Oooo gitu. Pantes pernah ngeliat vixion balapan musuh megy dipantura kalah siVixion.palagi mesin yg baru NMP pasti makin galak…

  2. Betul bro….klo masalah mesin Honda emang lebih bandel. Gua pny Jupiter 2002 ama Astrea star 1993. Jupiter saat ini mesin udah rewel.service besar udah berkali-kali tapi lari tetap berat klo nyentuh 80km/jam mo naik aja susahnya mnta ampun. Sedang Astrea Star malah enak aja buat jalan 90km/jam. tanyakenapa….gua jg heran. pdhal perawatan sama aja kgk ada beda.

  3. Gue tahu maksudnya bro.Emang Jujur Vixion klo dibuat jarak jauh tarikan nggak segalak ketika dingin. Apalagi buat boncengan terasa bgt. Sebaliknya GL-Pro gue dl mesin sadis hbs klo buat antar kota. Mo boncengan atau sendiri tetap ngacir. Tp tetap skrng gue cinta mati ama Vixie yg irit habis. Bye Honda…..

  4. alasannya adl hampir semua motor honda (kec cs1/cbr) memiliki kompresi rendah 1:8.8-9.5 dan ini lebih rendah dpd pabrikan lain. inilah yg bikin honda awet. saat dipakai jarak jauh piston akan memuai dan kompresi akan naik. ini bikin larinya tambah beringas. klo pabrikan lainnya kompressi akan terlalu tinggi sehingga tenaga akan ngedrop bahkan ngelitik.terbukti saat ada rekan ganti seher tiginya dengan seher jenong u/ meningkatkan kompresi. hasilnya buat turing terasa nglitik dan tenaga ngedrop. solusinya adalah memakai bensin yg beroktan lebih tinggi saat turing jarak jauh.

  5. tetep dong v-ixion jauh kemana mana dari segi apapun bukan karena gw vixion riders tapi ini udh terbukti di jalanan kalo ga percaya liat aja penjualannya beuh meleat jauuuuuhhhh meninggalkan si megi pret yg ga ada apa2nya.kalo sama nmp mungkin baru ada perlawanan tuh si vixy tp tetep vixion is the best kecuali sm ninja baru dia takluk.buat temen2 yg lg pengen beli motor sport saya rekomemdasikan tuh si vixy percaya deh ga akan ngecewain gw aja puas tuh punya vixy pokoke mangstabbb abis!!hehe peace sambil kaburr lempar gas 12kg

  6. wah bisa bakar2an neh kalo gini…..

    penilaian diatas ga bisa dijadikan patokan…. karena bakalan ada aja yang protes… untuk adilnya gimana kalo sama-sama motor baru trus di test secara bersamaan… sehingga benar-benar didapat hasil yang akurat dan ga bisa terbantahkan lagi…

    ada yang berminat nyoba ??

  7. @ adit
    Yaelah..punya Vixion aja bangga. Terlalu tinggi kali kl musuh Ninja. Musuh GLPro gua aja paling dikepretin!
    @ Friz
    Nih lagi ada yg sok jago. Pake Vixion dah kyk yg paling kenceng. Malu bro!!

  8. @ To All
    Buat yg merasa kurang senang terhadap postingan saya, mohon maaf bro. Kalau memang sekiranya bikin polemik, nanti saya hapus. Tiada maksud lain, selain berusaha jujur dan independet dalam membuat artikel tanpa ada intervensi manapun….
    @ BerexZZZ
    Sorry bro,…saya akan senang jika komentar bukan memprovokasi. Btw makasih telah sudi mampir diwarung sederhana ini…..

  9. teknologi jadul emang awet bro dan low maintenance.
    liat aja mobil perang Humve, mesinnya jadul abis.
    harleh mesin jaman perang masih aja diproduksi.
    terrano juga mesinnya jadul tapi awet bener.
    kijang super apalagi.

  10. Gw gatau nih bagusan mana,yang jelas tiap kali gw pake megi gw bengkel sebelah selalu manas2in pake Vixi underbone kaya nantangin begitu..,tapi giliran gw pake stria FU yang cuma diganti knalpot aja ga pernah bertingkah lagi .. Ini kenyataan coy..gw sendiri juga heran ..!!!

  11. gue pernah drag mania, mending megi, n vixy g bs buat drag hnya keluaran pabrikan jd y kcepatan pabrikan g ad yg bs d banggain, kalo jadul nggak nya kn tinggal qt modifikasi, pokoke kl bikin megi cepet gampang tp vixy modal tampang aj oke, buat yg ap adanya mending vix buat yg suka modif mesin mending megi

  12. @ ipul
    Itu maksud gua boz. Vixie tuh buat biker amatiran yg tahunya standart doang. Klo buat ngedrag 1000% Megy bukan lawannya Vixie. Jauhhhhhhh……jngkan oprekan, standart aja larinya jg 11-12 ama Megy.
    @ Bro iwan
    Maaf bro, hny png buka pikiran para penyemplak Vixie biar sedikit melek jng terlalu merasa motornya wah. Jdi be Humble aja deh..piz

  13. Vote Vixi…
    aq pake vixi jakarta Jogja… 1 bulan 2 kali….dulunya pake jupi MX
    siapa Bilang vixi ngedrop…120 di pantura kalo mau naikin lagi takutt…
    siapa bilang cape..aq jakarta jogja cuman 10 Jam..abis nyampe rumah suka jalan jalan lagi ama anak kliling kampung…
    di bikin standard dong boss..jangan garpu depan di ceperin..ya cape dong….

  14. @BerexZZZ
    sory bro…namanya CC 160 seharusnya lebih kenceng
    melek aja bro…megy lo kalah telak di pasaran…..
    bicara saja ama fakta…kalo megy KO
    orng kita udah pada pinter..
    jelas lah pada milih vixi walau pun lo nyanjung si megy setinggi langit..

  15. numpang share donks,
    Gw dr sma mpe skrg krj biasa kesana sini pake roda4, br skrg aja gw bli vixi facelift krn kondisi rute ngapel krmh cwe gw yg lg ga ngdukung buat pake siroda4. Pandangan gw dari org awam ttg mtr sih gini :
    *plusnya :
    Vixi ok buat jln dlm kota, ga tlalu berat tp mantep ga melayang, Bodi sporty & buat mata orang awam, vixi facelift cukup eye catching, walo cuma ganti spion standar pake yg aftermarket
    Gampang buat selapselip, rem stabil
    Tenaga lmynlah, bikin adrenalin naek & pede buat dibejek gasnya + overtaking,
    Suaranya khas injection engine.
    *minusnya
    Klo dah mpe +/- 120kph ya that’s it, klo mo lebih kencang dr itu ya loe salah beli motor? better bli ninja, cbr or scorpio yg dah ketauan dr speknya diproduksi buat apa
    Posisi duduknya ya ampuuun, kesian si rider, maju kena, mundur merosot lagi kedepan
    Walo velgnya ok, tp ban standarnya terlalu tipis
    Buat boncengan, walo yg dibonceng enteng, tp handlingnya lsg turun drastis daripada klo dipake sendiri, efek monoshock kl ya?
    Gw ga ngerti deh tp ni mtr mesinnya kadang sehari asik, kadang sehari kasar tp bsknya asik lg, dipanasinnya kurang kl ya? ad yg bisa bantu?
    eniwei sori klo kepanjangan commentnya, gw sih mo vixion,megapro,tiger,scorpio, glpro, cbr, thunder, satria FU, ninja krr, ninja 250, CS1, semua ga masalah, yg penting kita sama2 man enough buat narik koplingggg!!!!
    salam..

  16. Menurut gue Megapro / vixie sama2 OK.Klo vixie sy blm prnah coba tp yg buat sy suka yaitu sistem injeksinya yg irit. Klo megapro sy pernah ni motor klo buat jrk jauh nyaman, mesinya enak buat tanjakan. Dlu sy ada rencana bli Vixie tp sy lbh jatuh hati ama Ninja150 cz ni motor enak performanya biar lbh boros dr Vixie tp sebanding dgn tenaganya. 30 ps vs 14Ps, jauhlah 2x lipat lebih. :>

  17. gw bukan rider vixi or meggi tp sering liat balapan di jl 2 motor tsb di jalan. Menurut gw msh kenceng vixion wlpun injeksi n cc ny lebih kecil. Akselerasiny mantap itu yg gw heran pdhl injeksi tp kl top speednya hampir sama se kr2 5 kmh lebih unggul vixion. Tempo hari gw buntutin ad vixion adu kebut dg satria fu trek spanjang 15 km. Terlihat vixion bs ngimbangi fu, posisi di dpan bergantian tp lebih dominan fu di depan. Kl menurut temen gw yg pnya vixion top speednya tembus 135 kmh, kl ad yg cm 120 kmh mgkin g pas settingnya. Kl ad yg bilang 145 kmh ya keliatan boongya. Kl megapro utk trek lurus msh bisa ngimbangi vixion tp kl udh bny belok n ngerem.. tertinggal deh. Gw prnah kq adu kebut ma megapro di trek lurus 1.5 km gw pake pz00, emang sngaja gw kasih dia didepan skitar 5 meter, meggi dah nunduk abis tp msh kesalip pulsar saat 115 kmh keatas (top speed pz00 gw 120 kmh). Pas di 110-112 kmh udah jejer. Tp kl di trek yg sdikit trek lurusnya, meggi cm tahan 105 kmh. Kl adu kec pz00 vs vixion mulai kec 0-100 pz00 kalah 2-3 meter tp saat kec pz00 udah diatas 110 udah mulai nyusul vixion, diatas 115 kmh ya bye..bye vixion.

  18. untuk rider megapro n vixion di jalanan, msih sering ngebut si vixion mgkn krn megapro yg nunggang bapak2 kali ya..paling sering lg liat fu ngebut krn mayoritas ridernya anak smu.
    Pengalaman gw pake n250 sering digeber fu gw ladenin bentar aj, habis kasihan tuh rider fu biasanya ngotot terus wlpun dah tertinggal jauh, biasanya gw brhenti dl ato belok beli bensin, kl gw layanin terus takutnya dy nafsu jadiny bs2 mencelakakan diriny n orng lain.

  19. @ Awik
    Nggak juga bro. aye tak setuju. Hari gini masih percaya ama speedo?!….Walau cc lebih gede (dikit lho!) tp Vixion kan injeksi, forged piston, tenaga 14,6hp (klaim pabrikan) dan bla-bla…ternyata unggul (tipisssssssss bgt ama megy yg hanya 13,5hp mesin jadul lg) apa kgk malu tuh. Gimana bayanginnya klo Honda ngeluarin spek plek kyk Vixy, Jauhhhhhh bro hasilnya. Menang ama mesin tehnologi tahun 80an bangga….maluuuuuuuuu gan xixixixi…justru nggaj heran klo vixy menang, tp klo kalah baru tuh aib beneran hagagagag…..pizzzz

  20. Walah… Vixion klo tampak samping mesinya keciill amat spt motor bebek . Dibanding FU150 jauh coy klo FU lbh berisi & kliatan berbobot. tp keduanya pny klebihan klo Vixion dilengkapi injeksi engine, klo FU dah DOHC, 6 SPeed. .Trgantung slera lah tpi FU lbh menarik cz lebih murah banderolnya & perawatannya gak harus mampir ke bengkel resmi klo tjd kerusakan.

  21. Salam kenal mas iwan..
    sy sependapat dgn artikel anda, karena dua tahun sy pake megapro dan sering buat turing jarak jauh.
    tp skrg pake p200, buat jarak jauh lebih mantap dr MP. sekedar sharing aja.
    thanks.. piss bro2 semua.

  22. kalo aq sih mili si meg ketimbang si vixi yg lemot kalo dipake jarak jauh,,,kalo aq ga tkt tuch ma si viximeskipun balap di kota…ayo cpyg brani lawan aq

  23. aku c pakai megi bro,lintas sumatera utara aceh gampang aja( 480 km)…makin panas,makin yahuddd,makin panas makin bertenaga,,gak mau ke lain hati, yang dimana2 para pengguna brand lain bilang rewel n mentel,honda top dimataku,dihatiku…megi ku dengan 140km/jam udah cukup buat aku,,,ngelibas para pembalap sok asoi dijalanan

  24. biar orang ngomong apa yaa kan sob para pengguna meggy,walau mesin konvensional,,soal sentakan ,tenaga,performa, ketahanan,ndak usah ditanya lha,ndak usah ragu mas,,,tanpa tehnologi aja ndak bisa dikalahkan,ndak usah banyak cerita and gosip yang ndak ndak,wa sll siap libas v,fu,s….ndak masalah dengan mesin lawas meggyku sob

  25. Busyet….kyknya banyak jg penggemar Honda. Sama kyk aye. Lum mau pindah kelain hati. masih cinta ama honda Win. Soalnya lum pnya duit khkhkh….

  26. Waduw… Ane si pengguna Megi 06 n ngaku deh kl d kota emg Vixi tarikannya gak nahan…. T.T’ Dentutin pdhl sama2 standar… Secara style si bagus bgt vixi ampe ane pgn ganti.. Xp Tp akhirnya dpanas2in akhirnya Megi jd 202cc dah…. Cukup deh untuk lawan Sc*rpio standar…. No offense rek, la wong mesin garapan, kl stdr mah ampuuuun gak brani… ^^ KL mo oprek mesin Mega Pro bagus krn konvensional n gampang setingnya tp kl mo standar n ceped segitu dr pabrik y maen Vixi… ^^

  27. Ya emg yamaha unggul d kota.Tp klo luar jgn d tnya.Cpa blg megapro gak bs kenceng.Ubah seting dkt dah ngacir.Gw dh pernah buktiin.Gw udh prnh pke k 2 nya.Tp gnti ninin.He2.

  28. Goblokkk…mau-maunya naek motor 250 km ato lebih. Ya pilih naek bis ato kereta dong….
    Goblokkk…balapan kok treknya diatas 3 km, apalagi sampe 10 km. Ga ada sejarahnya sirkuit balapan punya trek lurus diatas 1,3 km.
    ….ibaratnya balapan antara megapro vs ninja 150 rr dg trek 250 km… ya udah pasti keok dong si ninja…kepanasan sampe keluar keringat tuh ninja.

    Berpikirlah yg realistik aja…
    Mau ngebut ya pake aja ninja 150 rr ato nsr 150 sp (bukan “r”)
    Mau turing ya pake aja pulsar 180
    Mau selap selip di perkotaan ya pake aja v-ixion
    Mau ngebut extrame trek 200/400 m pake mio bore up
    Mau turing sambil ngebut ya pake ninja 250
    Mau gaya abis pake migelly 250
    Mau ke pasar ato ke sawah ya pake megapro ato new megapro…
    Mau angkut beras dari penggilingan pake megapro ato new megapro…

    giyu aja kok repot…
    Honda emang bagus…tapi bukan yg produk AHM…

  29. Baru beli v-ixion 2009 second seharga 17jt (yang beliin ini istriku, seriously!!)
    Wanita memang suka melihat tampilan motor keren ini.

    Sebenarnya saya kurang suka membandingkan produk yang beda spesifikasi dan fungsinya.
    Tapi berikut penilaian saya:
    Tampilan:
    – vixion: jelas, kalau cewe suka liat cowo naik motor ini.
    – megapro: bokap gw aja minder
    Functionality:
    – heatsink methode:
    Vixion menggunakan liquid coolant, yang mampu mendinginkan mesin dengan optimal pada kecepatan rendah dan menjaga suhu konstan.
    Megapro menggunakan sistem air cooled, lebih reliable dalam jangka panjang, namun mesti menggunakan material komposit yang tahan panas (artinya sulit panas juga) sehingga setelah sekian lama dinyalakan baru kondisi mesin optimal – sehingga perjalanan jauh makin oke!
    – posisi riding:
    Megapro saat riding badan tegak, sehingga kita ngga sakit pinggang kalau harus mengendarainya jarak jauh, nah posisi setang ini sebenarnya justru tidak enak kalau ingin nyalip2 di kemacetan kota.
    V-ixion sangat ringan saat digunakan di kota, namun jangan ubah ketinggian shock depan-belakang, motor ini sudah diatur pabrikan titik grafitasinya. Kalau di tungging-jingkrak-an akan menjadi tidak stabil.
    – irit?
    V-ixion menggunakan sistem injeksi yang diatur algoritma komputer sehingga pasokan bahan bakar disesuaikan dengan daya yang dibutuhkan.
    Sedangkan megapro menggunakan karburator (benda ini menggunakan prinsip venturimeter – pelajaran fisika SMA ni!!!)
    Artinya: pada track lurus dan kecepatan (tinggi) konstan maka gaya yang dilawan hanyalah drag (gaya gesek) namun konsumsi bensin vixion akan lebih rendah dari megapro (venturimeter menghisap lebih banyak fluida pada kecepatan tinggi).
    Saat kecepatan rendah dan berat (mendaki bukit berbatu misalnya) karburator megapro tidak menghisap cukup bensin (venturimeter sedikit menghisap fluida pada kecepatan udara rendah) sedangkan respon elektronik injeksi akan menyuntikkan lebih banyak bahan bakar, sehingga memberikan cukup tenaga.
    Teknologi diciptakan dan digunakan karena ada keuntungannya.
    Kesimpulannya:
    V-ixion adalah motor pilihan wanita (istri saya 🙂 )
    Pengguna honda adalah fanatik
    Mesin honda sangat rigid dan kuat (mengingatkan saya pada mercy tiger bokap yang tahan peluru)

  30. goooblok, orang beli motor yamaha sekarang tuh karena korban iklan rossi, karena rossi menang terus dimotor GP, sekarang rossi dah pindah keducati, ayohhh..!! kaloh mau balapan yah jangan terek liar 200Meter broo, sekalian aja 200 kilometer mana yang cepat dan mesin badel dan bensin irit, lihat aja motor GP, ituh treknya 30 Lap,Rossi ituh menang terus karena dia pintar dalam ngambil selah dalam tikungan brooo,Mau ke pasar ato ke sawah ya pake megapro ato new megapro…
    Mau angkut beras dari penggilingan pake megapro ato new megapro, New MegaPro, sekarang gak bisa buat angkut beras atou buat angkut barang berat broo, karena dah monosock apa lagi bajai bajuri dimasukin2 waduh indonesia jangan mundur kaya undur-undur donggg, piss

  31. @jadi agagon
    vixy & megapro motor pasaran bro kurang ‘greget’ klo dijalan, klo motor sport yamaha mending byson aj.

Comments are closed.