Honda masih punya 9 produk anyar..???

6
10

Pernah saya bahas bagaimana pergerakan YMKI yang sangat antusias ingin menjadi leader ditanah air. Setelah lebih dari 2 dasawarsa Honda seolah tidak terjamah oleh pabrikan lain dalam market share otomotif roda dua, pelan tapi pasti Yamaha merangsek maju dan terbukti inovasi-inovasi YMKI membuahkan hasil. Presiden direktor AHM kala itu Minoru Yamashita masih bisa merasakan kejayaan Honda  sebagai market leader. Tapi Miki Yamamoto pengganti dari Mr. Yamashita tercatat sebagai presdir AHM yang paling berat tantangannya karena pada rentang waktu beliau menjabat YMKI diatas angin.

Berbagai gebrakan telah dilakukan oleh AHM untuk berusaha menjegal pergerakan Yamaha. Walau tertatih-tatih ibarat peperangan kadang bisa menguasai medan tapi sebaliknya kadangkala lawanlah yang balik menyerang. Ditangan Miki Yamamoto telah bertelur Honda Vario tehno, CBS dan Honda Beat. Kemudian versi bebek absolute Revo serta Honda CS-1 yang diklaim sebagai motor sport inovasi dalam negeri plus Tiger picek yang agak seret penjualannya. Inovasi  cukup lumayan tapi masih terkesan mengikuti arus lawan dengan kata lain model tidak berani keluar dari pakemnya kecuali Honda CS-1 dan terbukti gagal meraih penjualan bagus.

Hal inilah mungkin yang membikin geretan Honda Jepang sehingga efektif bulan april-mei 2010 tahta Miki Yamamoto harus diserahkan ke Mr. Yusuke Hori sebagai presdir baru AHM. Pria Jepang kelahiran Tokyo ini mempunyai segudang pengalaman dalam bidang otomotif roda dua. Baru dua bulan menjabat sebagai Presdir AHM, beliau berani mengatakan bahwa Indonesia nantinya bisa menggeser pusat R & D Thailand. Melonjaknya permintaan roda dua Indonesia membulatkan tekat Honda Coorporation Asia akan mengarahkannya seperti itu. Cuma disayangkan kemungkinan R & D motorsport beralih  keIndia disebabkan pangsa pasar motor batangan dinegeri Sahru khan itu memang mendominasi. Sementara Indonesia akan menjadi basis R & D skutik dan bebek sehingga kedepannya Indonesia akan menjadi kiblat bagi seluruh negara Asia seperti layaknya Thailand khusus untuk motor dimaksud. Hori san  juga mengatakan bahwa AHM sudah mempunyai 10 senjata andalan yang sudah siap dikeluarkan. Walah…10 produk..?? banyak amir yah?. Salah satunya yang sudah bertelur adalah Honda Scoopy. Yup….matic retro anyar ini ternyata ide dari Hori san untuk memasarkannya diIndonesia. Menurut pandangan beliau konsumen harus diberikan pilihan alternatif karena selama ini selalu disuguhi dengan bentuk monoton macam Vario CBS, tehno atau Beat. Brilian..dan terbukti baru diluncurkan 2,5 minggu  kemarin,  inden yang masuk sudah mencapai 6ribu unit.

So brother, harapan baru sedang berkembang mengenai gebrakan AHM pada masa pemerintahan kaisar baru Yusuke Hori. 9 produk  simpanan sudah disiapkan untuk menggempur Yamaha. Sayang rahasia masih rapat sekali ditutup oleh para dedengkot AHM. Kita hanya bisa menerka-nerka saja. Setidaknya pola pikir AHM telah berubah meninggalkan gaya ortodok lama, yang stagnan tidak mau bergerak. Disini Yamaha harus lebih pintar mengatur strategi karena gelagat kemunduran inovasi Yamaha sedikit terlihat sekarang ini jika dibandingkan Honda. Kita tunggu saja senjata andalam AHM berikutnya…..(iw/8/6/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

6 COMMENTS

  1. Udah 2 sama Tiger ganti kepala. Mungkin besok HSX 125 juga kepalanya dibalikin, trus abs Revo juga sayapnya balik ke versi awal. Tapi moga2 aja CS1 juga kepalanya balik jadi Sonic. Hehe

Leave a Reply