iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….Setelah sengsara karena hanya start dari posisi ke-16 dan ke-20 di Qatar, pebalap Monster Yamaha Fabio Quartararo dan Alex Rins sama-sama berhasil lolos ke Kualifikasi 2 hari Sabtu untuk MotoGP Portimao. Kencang di Portimao, Fabio dan Rins Kaget dengan Yamaha !!

Rins dan Fabio menyelesaikan sesi Jumat sore di tempat kesembilan dan kesepuluh, hanya berjarak setengah detik dari pemimpin Ducati Enea Bastianini. Hal ini terjadi meskipun M1 sering kesulitan di hari Jumat yang berdebu, kondisi cengkeraman rendah dan sangat lemah. Itulah yang membuat Yamaha terkejut…..

“Memiliki kedua pebalap kami masuk 10 besar dan masuk Q2 adalah pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Tentu saja, ini selalu menjadi tujuan kami, namun kami tahu bahwa, secara realistis, hal tersebut tidak mudah untuk dicapai. Treknya agak kotor, dan biasanya kami kesulitan dalam kondisi seperti itu, tapi hari ini kami baik-baik saja…” seru bos tim Massimo Meregalli….

iklan iwb

Quartararo, yang memulai musim dengan posisi kesebelas dan terpaut +17 detik dari Pecco di Qatar, mengaku cukup kaget dengan hasil Portimao….

“ Aku merasa cukup baik. Kami berada di Q2 dan ini positif. Ada banyak hal yang harus kita ubah untuk masa depan, tapi aku pikir kita punya sedikit margin mulai hari ini. Di Qatar kami belajar banyak dan gaya berkendara yang kami lakukan benar-benar berbeda dengan gaya berkendara tahun lalu…dan sekarangpun masih berbeda! Ini tidak mudah bagiku. Aku masih memerlukan sedikit waktu untuk berkembang…

“Kami banyak menyesuaikan perangkat elektronik yang merupakan masalah dan kami harus mengambil langkah besar. Tentu saja kami tidak akan mengubah motor secara besar-besaran [besok] tetapi pada bagian elektronik kami masih harus banyak bekerja dan meningkatkannya. Alex (Rins) memiliki gaya berkendara yang mirip denganku, tetapi sedikit berbeda dalam hal elektronik, jadi ini penting. Dia adalah satu-satunya pembalap yang bisa membalap dengan cara seperti itu. Dalam hal kecepatan, dia sangat cepat dan di trek seperti ini kami memiliki kenangan  berjuang untuk meraih kemenangan. Dia cepat dan itu membantuku….” ” tukas Fabio semangat….

Disisi lain Alex Rins menambahkan…

“Motornya sama seperti di Qatar. Kami tidak punya waktu untuk mencoba hal baru, tapi mulai FP1, aku langsung merasa percaya diri dengan motornya. Trek ini sangat berbeda dengan Lusail, dan aku mampu beradaptasi lebih cepat. Dalam Prakteknya, aku cukup kompetitif, dan aku bisa memasuki Q2. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagiku. Apalagi sudah lama aku tidak bisa masuk Q2, juga karena masalah pada kaki (habis cedera). Kami masih punya ruang untuk meningkatkannya. Kami memiliki titik-titik perbaikan yang sama seperti yang kami alami di Qatar, jadi kami mengumpulkan informasi dan meningkatkan hal-hal yang kami miliki dan mencoba mengambil manfaat sebanyak mungkin dari hal ini.”…tutup Rins…(iwb)