iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….Suzuki, sebuah merk yang luar biasa dimasa lalu. Gebrakannya menjadi benchmark bagi pabrikan lain karena saat itu Suzuki selalu selangkah lebih maju. Ketika pabrikan lain masih bermain pada titik nyaman Suzuki berani menggebrak pasar dengar produk yang Revolusioner. Namun jaman sudah berubah. Tercatat mulai dari empat tahun terakhir posisi Suzuki semakin terpinggirkan. Yang membuat IWB lebih lumayan kuatir adalah ketika menerawang seperti apa masa depan Suzuki di Indonesia…. Entah kenapa IWB diseret pada satu kesimpulan yakni Makin mengkuatirkan. Lhoo…kok iso ? kenapa demikian ? simak analisa IWB berikut ini…

Suzuki Indonesia merupakan perusahaan yang sepenuhnya dikontrol oleh Jepang. Status ini mirip dengan Yamaha ataupun Kawasaki di mana kepemilikan saham sepenuhnya milik Jepang pusat. Kondisi ini berbeda dibandingkan dengan Astra Honda motor yang mana secara kepemilikan saham dikuasai lokal 50% lewat Astra group sementara 50% lainnya dikuasai oleh Honda Jepang. Mungkin inilah yang membuat Suzuki sulit bergerak karena segala keputusan sepenuhnya harus melalui persetujuan dari pusat Jepang. Alhasil semua strategi produk baru hanya bisa berjalan jika pusat juga bergerak….

Mundurnya gebrakan Suzuki mulai terlihat ketika pasar mereka semakin tergerus di segmen ayago. Tulang punggung penjualan yang menjadi andalan adalah Suzuki Satria 150 mendapatkan serangan dari Honda dengan kehadiran sonic 150. Penjualan yang di masa lalu mampu tembus di kisaran 25.000 per bulan sekarang bahkan rumornya terjual 3000/bulan aja sulit. Diperparah dengan keputusan Jepang yang tidak mau mengembangkan produk skutik di Indonesia. Mungkin hanya NEX yang diproduksi secara lokal akan tetapi mayoritas produk sekarang…. Untuk skutik didatangkan dari India. Intip saja Burgman 125 ataupun Avenis 125. Semua merupakan produksi India…

iklan iwb

Sementara untuk motor sportnya yakni V-Strom statusnya sama yaitu CBU India. Sejauh ini IWB masih berharap bakal ada pergerakan serius dari Suzuki untuk bangkit di tahun depan. Namun yang menjadi masalah ketika IWB terawang…asli cak, nyaris tanpa pergerakan kecuali munculnya satu produk yang masih menjadi harapan kita yakni New Satria 150. Untuk produk ini diduga sedang di Racik pengembangan generasi terbaru yang prediksinya akan dirilis tahun depan tepatnya akhir 2024. Terus gimana dengan produk lainnya ?

Inilah yang membuat IWB cukup kuatir. Sebab percaya atau tidak dari radar pribadi, IWB tidak menemukan pergerakan RND untuk skutik. Setidaknya beberapa pos yang IWB Jelajahi….IWB tidak berhasil mendapatkan setitik Pergerakan dari Suzuki. Benar-benar negatif. Ada dua prediksi kenapa hal itu terjadi. Yang pertama proyeksi motor baru kemungkinan besar Suzuki akan mengandalkan impor dari India. Mereka tidak akan lagi meRacik atau mengembangkan motor secara lokal. Hal ini untuk menekan cost produksi mengingat jig mesin pabrikan sangat mahal. Mungkin inilah yang membuat Suzuki Jepang enggan melakukan pengembangan di Indonesia. PAsar di India yang sangat besar lewat Maruti Suzuki sudah cukup membuat mereka puas….

Yang kedua Suzuki memang tidak berniat untuk memasarkan kembali skutik baru di Indonesia. Bisa saja mereka pelan-pelan akan bergeser apalagi rumornya Suzuki kini juga sudah dilepas kembali oleh Indomobil group yang mulai fokus untuk mengembangkan motor listrik. Jelas fakta ini membuat posisi Suzuki roda dua tidak sedang baik-baik saja. Yahhh…. Semoga saja semua hanyalah prediksi omong kosong yang tak terbukti di masa depan. Karena IWB sendiri berharap Trawangan ini salah sehingga Suzuki betul-betul akan bangkit tahun depan. Hanya saja tren yang tergambar di depan mata memang kurang menggembirakan….

Last… Dengan prediksi di atas eksistensi GSX-R150 masih menjadi tanya. Apakah bakal ada versi facelift disaat umur motor ini sudah masuk tahun ke 5 ? Belum tergambar sama sekali. Sulitnya penjualan juga ditakutkan akan berdampak pada eksistensi para diler Suzuki diseluruh tanah air yang berguguran satu persatu. Kita berharap kejadian tutupnya Suzuki di Malaysia tidak terjadi di Indonesia. Sebab jika kita menggali lebih dalam masih sangat banyak para Bikers yang cinta pada Suzuki namun mental karena belum ada produk yang sreg untuk dipinang. So….Gooo Nyalakan Nyali Suzuki, semangattt donggg😃 !! (iwb)