iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……jelas sekali pertarungan dikelas maxi skutik luarrr biasa akhir-akhir ini. Terutama AHM yang mulai serius mengarahkan tembakannya pada NMax 155. Agresifnya Honda ini tidak IWB temukan ketika mereka merilis PCX 150 dimasa lalu. Namun kali ini benar-benar beda. Mungkin karena senjatanya sekarang dipandang imbang dan mampu menjadi penantang serius NMax 155. Mulai dari produk hingga grand strategi AHM yang IWB lihat cukup mengerikan. Ahhh cak IWB lebay! eittttt…..sampeyan baca ini secara runut alon-alon, baru sampeyan simpulkan. Yaaa….Jelas sekali Honda ingin menghancurkan NMax 155, Yamaha baca ini !

Sebagai Blogger Tuwo yang berkecimpung di dunia otomotif roda dua, pergerakan Astra Honda Motor kali ini memang cukup spesial. IWB tahu pasti banyak komen kontra yang mengatakan bahwa ” ahhh, sejak dulu juga ngomongnya begitu….PCX150 dan ADV150 mengancam, tapi nyatanya oraaaa…..” yup….kalimat FBY yang sering melontarkan kalimat demikian. Padahal mereka sendiri yang mengatakan dan tidak pernah sekalipun IWB membuat artikel khusus tentang ini di masa lalu. Namun tidak dengan sekarang ketika Honda resmi meluncurkan PCX 160 yang secara spek nyaris sempurna kecuali top speed. IWB ulang cak…

Yang secara spek nyaris sempurna kecuali top speed. IWB katakan top speed karena baik IWB ataupun cak kobay, dengan berat badan berbeda…. tetap saja mentok di angka 117 km per jam tanda motor ini memang di limit. Bisa jadi karena alasan safety ataupun efisiensi bahan bakar?… hanya pabrikan yang tahu. Namun terlepas soal kecepatan Puncak yang jarang digunakan di jalan raya yang padat, Honda PCX 160 nyaris sempurna di mata IWB. Mulai dari respon akselerasi, vibrasi mesin yang super halus, handling yang nurut dan mantap….. serta fitur yang lengkap. Di sini sepertinya Honda paham betul market yang dibidik….

iklan iwb

Yamaha NMax juga merupakan produk yang bagus. Dengan kelebihan memiliki top speed lebih tinggi dibandingkan dengan PCX160 serta koneksi handphone yang dianggap canggih di kelasnya….. kedua motor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu ada baiknya fokus pabrikan adalah strategi. Grand strategi pemasaran Astra Honda Motor yang sangat agresif pada new PCX160. Ini yang tidak kita lihat pada Yamaha. Pabrikan garputala seakan terlena dengan nama besar NMax 155. Harus IWB katakan secara blak-blakan…. dari sisi marketing, AHM cukup mengerikan….

Bayangkan saja, bagaimana bisa seluruh jaringan dealer Honda yang berjumlah ribuan secara serentak memposting PCX160 tagline “PCX160, matic besar itu 160 cc 4 katup”. Tim strategi Marketing Honda bisa sejauh itu? memikirkan tindakan yang IWB anggap smart. Terlihat simpel namun efeknya bombastis. Ini tidak lepas dari pengamatan pribadi. Astra Honda Motor menggerakkan seluruh jaringan untuk mendukung strategi mereka secara real-time. Low cost high impact dan hati-hati kondisi ini pelan dan pasti akan menggeser mindset para biker di luar sana. “Wah…. harga 30jutaan kita sudah mendapatkan matic besar bercc 160….. ” itu yang sekarang mulai bergerak di pasar….

Itu hanya sebagian contoh strategi Marketing Astra Honda Motor yang IWB anggap brilian. Jadi di luar produk itu sendiri, pabrikan tidak boleh berpangku tangan hanya menyerahkan pada pasar. Karena kalau demikian IWB yakin akan selesai, pasti cak…. lambat atau cepat masa itu pasti akan datang. Sebab PCX160 ini beda banget dibandingkan 150cc dulu. Rentetan brainwash akan terus dilakukan oleh Honda dengan kalimat….matic besar itu 160cc…. matic besar itu 160 cc……matic besar itu 160 cc… kalimat tersebut akan terbentuk menjadi semacam mindset bahwa PCX 160 adalah real matic besar sedang cc dibawahnya bukan. Sampeyan mencibir? Mencibirlah selagi bisa dan kita lihat dimasa depan. Kenapa IWB bilang demikian?

Jelas, ibarat perang Honda paham betul tulang punggung Yamaha adalah NMax155. Oleh karena itu mereka akan mengebom terlebih dahulu Central nafas pabrikan garputala yakni NMax. Grand strategy mereka sangat jelas dan kali ini memang begitu tajam tidak main-main. Dan yang mengerikan lagi….setelah NMax adalah aerox 155. Ya…. Kalau bahasa kasarnya setelah nmax babak belur oleh kehadiran PCX160, Honda disinyalir sudah menyiapkan gelombang susulan kedua dengan target aerox 155. Dengan apa ? Honda Vario 160 4 katup. Dari sinipun IWB masih ragu….. Apakah nanti namanya betul-betul Vario? Atau justru Honda Punya agenda tersembunyi yakni varian lain diatas Vario dengan label Airblade 160?

Tidak ada yang tahu karena semua masih sangat rapat. Oleh karena itu kali ini Yamaha jangan santai dan berpangku tangan. Segera rapatkan barisan dan melakukan langkah-langkah jitu untuk melakukan counter attack supaya rivalitas tetap berlangsung secara imbang. Sebab jujur cak, IWB sendiri ingin persaingan berlangsung dengan sengit agar terjadi rivalitas yang menguntungkan bagi kita para bikers. Tidak pincang sebelah yang pada akhirnya akan membuat pabrikan garputala semakin terpuruk. Ya….buang ego dan kebaperan dengan kecerdasan yang pada akhirnya berujung pada kebaikan diri sendiri. Sebab di mana pun tidak ada ceritanya baper akan memberikan hal positif Karena justru sebaliknya…. akan membunuh pelan-pelan….

Contohlah strategi marketing Honda yang merangkul semua pihak…. tanpa pernah sekalipun terpasung dalam kebaperan. Mereka memberikan full akses tanpa perduli dan kuatir produknya akan direview seperti apa. Mereka santuy dan profesional. Karena mereka sadar….review apa adanya adalah kunci bagaimana sebuah produk tersampaikan secara Netral serta dipercaya oleh para biker. Bukan review yang hanya mengagungkan tanpa membeberkan kelemahan sebuah produk. Bukan sebaliknya…meradang dan memusuhi ketika kita mengungkap minus produknya. Para pembaca sekarang sudah sangat cerdas cak. Tetap kekeuh ingin produk diulas perfect ? Yahhh….jalan satu-satunya memang hanya bisa merangkul Blogger kelas gurem yang sudi disetir namun tidak dibaca orang. Tulisan wis kayak diary yang hanya dibaca diri sendiri…opo ngefekkkk. Pedes? Horaa cak…lawong emang fakta?. Celakanya semua tidak gratissss, kan amsyong tenan. Lek boso londone…pay for nothing, kan kasihan pabrikannya….

Last…. Honda PCX 160 hanyalah gelombang pertama karena nanti akan ada gelombang-gelombang lain yang tidak kalah tajam. Oleh karena itu mumpung nama besar nmax 155 masih menempati pada posisinya ada baiknya segera bergerak. Sekali lagi sudah banyak contoh masa lalu yang bisa menjadi pembelajaran. Seperti kasus Mio ataupun Vixion bahkan R15 sekalipun. Semua segmen sudah di Babat Honda kecuali Maxi scooter yang sangat alot dan membuat Honda gemes. So….bergeraklah Yamaha, karena disinilah kunci nafas yang harus dijaga betul-betul. Terbukti, dari data yang IWB kumpulkan kehadiran PCX160 sudah mempengaruhi penjualan NMax dibeberapa dealer besar Yamaha. Kalau sampeyan sendiri pilih mana cak…matic besar atau matic canggih ? monggo berikan opininya….(iwb)

191 COMMENTS

  1. Suwer tagline itu benar cak, tetangga ane yg kerja di dealer status wa nya aja gitu, seakan lagi giring mindset user matik. Strategi ini harus benar-benar diantisipasi oleh yamaha tentunya. Mungkin dengan menelurkan strategi baru.

  2. yang santai itu fbs… fbs yang pengen naik cc minimal 1000cc gak mikir naik maxi. kalau naik maxi tetep aja panas gak kehujanan , hujan gak kepanasan….

  3. Yamaha selalu Offside..honda keluarin 110 cc..yamaha 125..honda 125, yamaha 135..honda 150, yamaha 155, honda keluarin 200cc yamaha 225 cc..bisa dinilai sendiri sendiri

    • Trs knp offset? Emang mau balapan resmi?
      Pola pikir konsumen biasa tu apa yg didapat dr jumlah uang yg dibayarkan
      Namanya aja konsumen, perspektif ya jelas dr sisi transaksi, bayar berapa, dapat apa…? Dan itupun ap yg didapat bukan sekedar spek di atas kertas, brp cc nya, brp HP, embel2 vva dowc atau apa…tapi ya murni rasa berkendara tampilan, pelayanan dll vs harga
      Itu kalo kamu konsumen…
      Kalo situ sales ya kain lagi…yg dibahas penjualan, laku ga laku ato apa lah
      Atau situ panitia lomba teknologi? Ngributin dowc, cc berapa, bla3…?

  4. Yang Pasti….banyak yang Gerah diluaran sana Cak ?
    Gak sanggup menerima ulasan2 dan hasil2 secara visual di TKP bahwa PCX itu Unggul telak !!!!! ?

  5. Bela mati2an Yahaha…tapi gak dapat apa2 , jenenge blogger Oon ??
    Mending terbuka kek LekWebe ..Mr kobay .. masih ngeGanjal ??? Ya sudaggghhhhlaaaaghhh…..

    Adu ditempat ! ???

  6. Maaf, dengan ikhlas aku lepas nmax baru aku yang dibeli bulan 7 tahun lalu. Dan sekarang pcx160 hitam sudah ada digarasi

    • Selamat bro….ente memilih produk yang tepat, produk yang memiliki Potensi Luar biasa…
      Nikmatilah PCX baru tsb … Cari aman , ??

  7. Sekali lagi cak……PCX itu motor Indonesiah….Asiahh…eropahhh..dan amerikahhh ???
    Masih gak percaya ? Lihat data penjualannya …vees Nyemex yang gak laku ???

  8. Seharusnya brand “BMW” lah yang cocok menyandang Motor Matic besar dan Canggih. Bukan Honda atau Yamaha 😀

    • Kayaknya VTEC itu cuma dipersiapkan saja dalam rencana…karena dengan Spek yg diPcx160 sekarang saja udah ganas ??

    • Tidak bisa dipungkiri… Kalau mau ngitung nungguin gerbang dealer dah bisa ketahuan …berapa pickup si pCX sehari yang diantar k konsumen ??

  9. Banyak Fby yang masih gak yakin pcx160 itu dilimit Cak ? buka sedikit demi sedikit Cak .
    Buat konsumen yang baru meminang PCX…biarkan saja begitu…cari aman , kecuali ente butuh …tinggal Reset auto Jegerrrrrr ?????

    • ekekekek

      Gak punya ke maluan apa berkemalun Ganda
      1. 2 silinder sesembahanmu Letoy
      2. matic junjunganny Ditinggal KoiT

      ganti nickname

      H suRrrAM

      muehehe

  10. Saya masih penasaran, overbore kok nonjok di awal, tp menengah atas loyo? Mesin apa ini… Saya masih pusing apa yang di pikirkan honda. Ayolah teknisi Indonesia Jawab lah.. Mesin apa ini?

  11. dan jangan lupa keputusan AHM buat ngerangkul influencer permobilan (fitra eri, motomobi) gua rasa udah sangat serius. strategi AHM ini udah sangat bahaya buat Yamaha. masih inget dulu beat dikatain motor nanggung tapi lambat laun mio malah yg keok? nah kalo yamaha gak gerak, ditakutkan maxi scooter yamaha bakal dibantai juga. sama seperti mio, vixion, dll.

    ayo dong yamaha, gue suka sama gerakan lo yg jadi first mover, hilangin ego, rangkul semua pihak, basmi sales curang, edukasi fanboy toxic dan yg PALING PENTING: stop pake jasa buzzer macam mijone, alan, mbah darmo dll. sumpah yang ada orang2 malah males pake produk lo gara2 yg belanya pada toxic

  12. Wkwkkw 160 4 katup,, boncos,

    Data dyno gede banget,, eh waktu lari kesalip sama namex

    Fbh dan sales legowo ya,, soalnya kalo dibikin lebihbadvance , takut protol partnya

  13. Prediksi ane si taun ini pcx yg bakal menang,,sm kaya waktu new cb 150r brojol ane blg vixion bakal tumbang akhir taun bnyk yg ngebully…tp ujung?ny ya vixion nasibny emang kaya apa skrng???prediksi itu ad krn beberapa faktor&yg ngebully tu kadang otakny ga smpe mikir kesitu

  14. Saya kira yamaha masih sangat percaya diri ya,

    Karena cukup dengan jargon
    “H Suurrraaaammmmm….”, yang disuarakan mijone dan kawan-kawan, yamaha telah sukses luarbiasa mengubah marketshare-nya sendiri, dari angka 43% di tahun 2010/2011, menjadi dlosor parah di angka 19% di tahun 2019/2020

    Betoel?

    • ekekekekr

      Jangan maen fitnah ke Yamaha cuy

      Gerombolan FBH ente sendiri yg Buzzer bilang BC dan Nyinyir ke Yamaha

      gak punya kemaluan apa berkemaluan ganda

      H suRrrAM

      .muehehehe

      • Ngapain fitnah? Di blog 3@montok semua data tersedia, tinggal dibaca aja, em, wait, wait, jangan2 anda belum bebas buta aksara?

  15. Jangan biarkan H menguasai market share motor di Indonesia, jikalau MS bisa tembus 90% ++ bisa bisa akan terjadi monopoli pasar kedepannya.

    • ekekekek

      Peceex mentok segitu
      Nmax juga dibatasi Top speednya bray

      bedanya Nmax dilimit 121 kpj gps 115 kpj
      Peceex 117 kpj GpS 111 kpj

      H suRrrrAM

      muehehehe

  16. Iya Kang IWB.. Eramotor Jatiwaringin yang lebih gede d banding Ahass Jatiwaringin saat ini timpang banget aktifitas nya..
    Kadang yo kasian.. ini salah apa, kok bisa sepi..
    Walaupun untuk servis resmi ya 11-12 pelayanannya..

  17. Dulu waktu new Vixion brojol, saya sempet tanya pada blogger sebelah, kenapa sama sama keluar duit buat RnD desainya gak sekalian bagus, malah jawabnya “selera Yamaha udah bagus”,padahal rata rata konsumen gak suka desain Vixion yg sekarang, buktinya sekarang Vixion kalah laku di banding cb150

  18. Astaghfirullah aladzim….. tobat cak Iwan…blog anda ternyata banyak memelihara syetan…. dunia makin tua…. inikah tanda” akhir jaman… Byk komen menyudutkan Yamaha ….suka PCX tinggal beli, sebaliknya ga suka nmax ga usah di Beli, nmax buatan Indonesia juga kebanyakan di ekspor keluar negeri baik CKD / CBU…..ingat….jasa Yamaha…..dari Mio, Jupiter Z, MX king, Vixion,R15, NMAX…. perjuangan Yamaha patut kita apresiasi …. bukan kita bully….

    • Yamaha sedang lupa cara meruntuhkan dominasi Honda di tahun 2008 atau 2009 klw gak salah Yamaha sempat menduduki peringkat 1 penjualan terbanyak saat itu.

      Tapi Honda selalu ingat bagaimana mereka bisa jatuh tersungkur bahkan terpuruk BERDARAH-DARAH karena dijungkalkan Yamaha.

      Ingat saat itu demi mendapatkan motor Yamaha harus antri. Hehehe?
      Lupa ya cara untuk menjadi pemenang.
      Honda ga akan pernah lupa bagaimana saat mereka anda (Yamaha) jungkalkan.

  19. AHM dikritik gredek2 jg gak mencak2 tuh. Jawabannya ada aj, sering dibersihkan lah, langsung gas besar lah. Meskipun merepotkan, jawabannya ada. Klotok2? Yg ngasih solusi malah bengkel, ntah diuntir ulang, pake tensioner kharisma. Solusinya ada.
    Rante cepet kendor? Kayaknya dr supra125 jg cepet kendor dah.haha. kagak tau dah. Gw pake sonic cuman bbrp bulan jg jual lagi.

    Bukan kayak pabrikan sblh, ada pula motor modifan SPBU. Haha.

    Tp klo ngomongin jeleknya, sm aj. Mio m3 liat aj bahannya, 125 cc setara 110 cc nya honda, icikiwir gt. Ban kurus jg.

    Bentuk?mx king kalah sm GTR, tp pada warna tertentu mx king diakui sangat bagus. Laku/gak?coba dlu dudukin tu supra GTR, emg gak enak ditunggangin aj, FBH gak bakal beli. Mirip kasus ninja SL, mw dimurahin jg gak bakal laku.
    Beda kelas, iya, kelas GTR 1000unit/bulan, SL cmn 50unit/bulan. Sm2 susah laku d kelasnya.

    Supra GTR tu satu2nya produk honda yg mati segan hidup gak sehat jg. Laennya? Revo, verza, cb150, dah bosen liat d jalan.

    Motor idaman?ttp WR155R. 1.jarang diliat, 2.ttp juara d kelasnya. 3.bini gw pengen.

    Isi kantong?maaf, cmn bisa beli waria seken.

  20. AHM jika mengincar suatu segmen itu seperti membidikkan peluru dan mengunci target. Jadi lawan susah lepas dari target bidikan sebelum peluru yang ditembakkan AHM tepat sasaran. Sumber dana besar mendukung AHM mencapai target tersebut. PCX160 minus VVT mungkin untuk menekan cost. Tapi limit top speed? Entahlah. Alasan safety? Saya susah percaya dengan alasan tersebut.

    Untuk Vario…
    Saya komen di artikel vario saja

  21. Pinternya honda soal timeline pluncuran pcx 160.
    Nunggu yamaha bnr2 fix ngluarin nmax terbaru dulu, bru stlh bbrapa saat honda mluncurkan produknya, yg bsa d bilang sdikit lbh unggul dibanding nmax, nah klo sdh gni mau gmn, mau refreshment nmax lagi? Dalam wktu dekat mustahil.

    Jadi dlm wktu dkat yg prlu dlakukan yamaha adlh strategi marketingnya, bukan perubahan produknya. Krna itu tdk mngkin dlakukan olh yamaha dlm wktu dekat, smua btuh riset n biaya yg tdk sdkit. Sunberdaya yamaha tak sbesar Honda.

    Point slanjutnya, honda mulai serius di klas matic besar stelah mngamati pasar yg diplopori yamaha mnjadi bgitu gurih. Klo nggak gurih jonda nggk akn serius trjun ksana. Pola honda ini sbnrnya pola lama, contoh kasus vixion vs cb, r15 vs cbr, mio vs beat n vario, mx king vs supra gtr.

    Sedangkan yamaha, mmliki pola yg unik, menolak head to head, contoh 100 vs 105 cc, 110 vs 115 cc, 125 vs 135, 160 vs 150, 200 vs 225. Uniknya diferensiasi kubikasi ini justru skrg dipakai honda…alamak…hahaha.

  22. Hai hai, okelah klo analisanya begitu, tp itu sangat mudah dipatahkan, saat Tagline itu disematkan ke Matic besar itu 160cc dan 4 katup, bagaimana klo ternyata dalam waktu 5-6 bulan kedepan Nmax keluarkan 180 cc 4 katup, niscaya Y Nmax cukup nebeng Iklannya H Pcx dan sudah merubah mindset secara signifikan bahwa yg 160cc 4 katup jd kecil krn ada Nmax 180cc. bisa saja Y mempersiapkan senjata itu. dan membuat Tagline serupa Matic besar itu 180 cc dan 4 katup. moddaaarrrr

Comments are closed.