iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….penasaraaannnn judule, IWB cukup penasaran untuk membedah sosok yang diduga akan dirilis Suzuki Indonesia untuk pasar Indonesia. Sebuah rumor menarik ditengah kondisi persaingan yang semakin sengit. Nah diartikel ini walaupun belum 100 % akurat, tidak ada salahnya kita coba oprek spek detil sang kuda besi. Suzuki Gixxer 250SF, yang diduga siap masuk Indonesia…dan ini faktanya !!

Seperti yang sampeyan semua tahu sebelumnya IWB sudah membahas pergerakan Suzuki yang cukup mencurigakan dengan arah membawa Suzuki Gixxer 250 SF ke pasar Indonesia. Motor yang sebenarnya mengusung mesin baru yang diracik Suzuki India untuk menggempur pasar Yamaha dan Honda. Dan dari informasinya motor ini memang terbilang ampuh serta disukai para biker India. Mesin yang mumpuni serta dianggap durable termasuk harga yang cukup terjangkau membuat Suzuki Gixxer 250SF bahkan bisa menyalip penjualan Yamaha Fazer. So… itulah kenapa IWB sendiri cukup penasaran untuk membedah sekilas seperti apa sosoknya…

Jika kita membicarakan desain, motor ini memang termasuk kategori sport fairing touring. Desain sendiri cukup agresif karena mengedepankan karakter serba lancip. Lampu depan dibuat sedemikian rupa dengan tetap mempertahankan karakter GSX Family. Sementara headlamp ataupun stoplamp sudah menganut model LED. Kemudian untuk suspensi masih menganut model teleskopik termasuk swing arm belakang model kotak. Untuk kaki-kaki sendiri motor ini sudah mengadopsi ban yang cukup besar yakni depan 110 dan belakang 150…..

iklan iwb

Suzuki GSX R250 SF juga menganut speedometer full digital dengan shape yang masih mewarisi model GSX lainnya. Menjadi ciri dan kekuatan lain Suzuki GSX R250 SF yang cukup laris di India ini juga sudah dijejali fitur Suzuki easy start system yang membuat sampeyan lebih mudah menyalakan motor dengan sekali colek tuas, termasuk hadirnya anti lock brake system dual channel (ABS), hingga piringan cakram yang cukup besar yakni mencapai 300mm. Yang paling unik dari desain motor ini adalah model knalpotnya cak…

Mirip dengan Honda CBR250RR, Suzuki Gixxer 250SF mengadopsi model dual barrel silincer. Jadi ada dua lubang tumpuk cak. Pengereman disuplai oleh Bybre yang konon merupakan anak perusahaan Brembo Italia. Sementara untuk dapur pacu Suzuki Gixxer 250 SF mengusung mesin 249 cc SOHC 4 katup dengan SOCS ( Suzuki oil cooling system) untuk menjamin kestabilan suhu mesin pada kondisi ekstrim sekalipun. Dengan teknologi terbaru Suzuki juga menjejali 6 sensor pada mesin seperempat liter 1 silinder mereka…

Yang pertama adalah O2 sensor, intake air pressure sensor, intake air temperature sensor, throttle position sensor, engine temperature sensor dan crankshaft sensor. Semua sensor ini dikontrol oleh ECM untuk memberikan pembakaran yang sempurna dengan fokus pada efisiensi termasuk respon gas agar spontan dan selalu ada setiap saat. Jadi dengan mesin 1 silindernya motor ini juga lebih baik powernya dibandingkan dengan GSX-250R yang hanya bermain di angka 24,5 PS. Untuk Suzuki Gixxer 250 SF ini mampu memuntahkan tenaga hingga 26,5 PS dengan torsi di Kisaran 22,2 Nm….

Last.. isu perihal niat Suzuki untuk membawa Suzuki Gixxer 250 SF memang menarik untuk kita tunggu. Sebab kita belum tahu berapa Suzuki akan membandrol motor ini jika pun lahir di tanah air. Satu poin yang harus diperhatikan oleh Suzuki adalah motor ini harus bisa dipatok dengan harga yang kompetitif mengingat pasar 250cc sudah ditempati oleh motor-motor dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Nah..itulah sekilas gambaran Suzuki Gixxer 250SF yang rumornya siap dibawa ke Indonesia. Sebagai gambaran, berikut IWB lampirkan spesifikasi lengkap dari Suzuki Gixxer 250 yang kemungkinan akan berganti nama menjadi di Suzuki GSX 250F. Berikan opini sampeyan biar dibaca petinggi Suzuki, gazz cakkk….(iwb)

Spesifikasi Suzuki Gixxer 250 SF

ENGINE

Engine Type 4-Stroke, 1-cylinder, Oil cooled
Valve System SOHC
Displacement 249cm?
Bore x Stroke 76mm x 54.9mm
Engine Output 26.5ps@9300 rpm
Torque 22.2Nm@7300 rpm
Fuel System FI
Starter System ELECTRIC
Transmission Type 6 Speed, MT

DIMENSIONS & WEIGHT

Wheels CAST
Overall Length 2010mm
Overall Width 740mm
Overall Height 1035mm
Wheel Base 1345mm
Ground Clearance 165mm
Seat Height 800mm
Kerb Mass 161kg
Fuel Tank Capacity 12 L

SUSPENSION

Front Telescopic
Rear Swing arm

TYRE SIZE

Front 110/70R17M/C 54S
Rear 150/60R17M/C 66S

BRAKES

Front Disc
Rear Disc

ELECTRICAL

Battery Maintenance free, 12V 6Ah
Headlight LED
Tail Light LED

83 COMMENTS

  1. Mending Suzuki bikin GSX 150cc 2cilynder

    secara harga 150cc 1cilynder sdh menyentuh 40jt-an. Kalo150cc 2cilyder di jual 45-50jt-an sangat sangat diterima oleh pasar.

    Ingat dulu saat Kawasaki 2cilyder perdana di bawah 50jt-an

    So Suzuki keluarin 150cc 2cilyder yg 250cc 4cilynder. Yakin pasar dgn sendirinya akn bergulir. Secara byk biker yg menginginkan 250cc 4cilyder Krn secara fungsional lbh baik di banding 500cc-uper CC, knp?

    250cc 4cilyder bisa dipakai harian,gantor,jln jln, dll.

    So semoga pabrikan mengefaluasi dan cpt terealisasii.Salam joz ngandosz???

    • Terlalu besar biaya untuk mengembangkan mesin baru mas.

      – 150cc 2 silinder belum tentu lebih murah ketimbang 250cc 2 silinder. Parts nya harus dibuat lebih presisi, terutama silinder head yang pasti lebih sempit. Price to value nya ngga masuk.

      – 150cc bagi 2 dapet berapa? 75cc per silinder? Torsi nya ngga dapet. Harus pangkas bobot keseluruhan. Price to performance nya ngga dapet.

      – saya pribadi mending 250cc 2 silinder untuk harian. Torsinya lebih dapet. 4 silinder cc kecil itu dapet suara sama performa top end. Mending naik 4 silinder di atas 400cc sekalian (bandit / hornet).

  2. Klo ditandingin Ama ninja 250 mono kekny jauh deh kang, dari desain Ama mesin juga, pricing bakalan sulit musti dibawah ninja diatas GSX 150R, jd klo buat dimasukin ke sini kekny musti ganti body dulu, soalnya ekor Ama fairing terasa ambigu, Laen cerita klo yg naked masuk, masih mending desainny kang

  3. kalo mesinnya begini mending yg naked, lebih pantes. untuk versi fairing juga buntutnya kurang seksi. wes ,mending vstrom ato gixxer biasa ae

  4. Bentuknya motor Laddu Singh banget… Bakal susah laku di Indonesia kalo bentuknya masih tuan Takhur banget gitu…

  5. Cak, yakin tu mesinnya 1 cylinder SOHC?

    Bukannya Suzuki terkenal dgn mesin DOHC nya?

    Maaf kalo koreksi saya salah Cak

  6. Mending dibuat bandit reborn cak , kaya kawasaki z900 atau gsx katana , masi pake lampu bulat apalagi sekarang lagi tren yg jadul2 gt

  7. tolonglah sijuki yang naked aja masukin kemari set harga 35jt.an dijamin laris. model belakangnya itu aduhai kalo dipasang di model naked (eh uda ada ya nakednya?)

  8. Setidaknya suzuki mengasih model yg disukai orang indonesia. Jika ingin produknya laku. Kalau masalah kualitas. Wes tak akoni cak kondang. Tp bentuke kui lho, Jan masa alah tenan.

  9. Kalau suzuki jepang management modelnya begini terus, berpatokan sama india, yo sok wae bakal gulung tiker di indonesia. Sekalian aja kolaborasi sama bajaj buat transpotasi umum, gak usah jual motor lagi lah, apa harus di ruqiah dulu kayaknya orang2 suzuki jepun biar matanya melek.

    #Halo Suzuki Kapok Mu Kapan

  10. Yth Kang Iwan,

    Mohon dibisikan kpd petinggi SUZUKI percuma menjual GIXXER 250SF krn kurang value lebih baik dari model maupun performa mesin.

    Kalau memang ngotot ingin bermain di 250cc single cyl oil cooled lebih baik release kembali SUZUKI NZ250, lebih potensial dalam hal PWR meskipun modelnya jadul (mirip RGR150 gen1)

    Salam,

    FBS radikal

  11. Yg penting harus plng murah dikelas 250!!! Krn specnya yg bisa dibilng kalah dgn ninja 250sl skalipun yg hrganya sdh mepet2 kelas 150.

    Klo bisa harganya sejajarin sekalian dgn gsxr150r.

    Jd jika yg ingin compact slim yg faringnya gk kedodoran/kopong dgn ergonomi yg racing pilihannya ke gsxr150.

    Yg ingin motor gambot dgn ergonomi yg santai gk nunduk2 amet dan msih enk diajak touring bisa pilih gsx250 ini. Yakin walo harganya mepet/sama gk bakal saling makan kuenya gsxr150r krn segmennya beda walo sama2 full faring.

    Klo gk bisa kasi hrga semurah sprti yg saya katakan diatas td mending jgn dimasukan dimari, saya katakan ini krn saya tdk ingin suzuki merugi trus gulung tikar dan angkat kaki dri sini jd berkurang ragam motor di indo.

  12. Sebagai pihak yang menggunakan berbagai merek motor kecuali merek dari china dan india serta tidak fanatik pada satu merek, saya suka modelnya gixxer 250 sf dibanding yang naked dan gsx 250 r. Tinggal pricing nya jangan jauh dari gsx 150 r, ya maksimal 35 juta krn ketemu ninja 250 sl yg masih pake harga promo.Namun bila ingin market yg blue ocean dan mau ambil marketnya tiger dan scorpio yang lebih jelas dan kosong, maka gixxer 250 naked lebih pas, namun harganya maksimal 32 juta. Kemudian kalo gixxer 250 sf dibanderol dgn harga 35 juta masih ketemu ninja 250 sl yang secara segmen masuk motor fairing dan banyak di pilih anak muda, maka harus disurvei dulu apakah mereka suka dgn modelnya sf, krn Gixxer 250 sf ini modelnya lbh mature. Silakan Suzuki Indonesia lebih mencermatinya dan belajar dari gagalnya inazuma dan stagnannya suzuki bandit 150, yaitu jangan melawan selera pasar. Bila ragu survei saja lagi, bisa melalui para blogger atau pengguna suzuki atau komunitas motor.

  13. Kalo bisa kemnya model DOHC, 4Klep, pendingin oli (SOCS). Jadi mesinnya mirip2 Suzuki FXR atau Satria FU versi karburator, tapi dengan kapasitas 250cc dan sudah injection tentunya.

Comments are closed.