iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…dalam setiap pengembangan produk, tiap pabrikan pasti mempelajari kelemahan dan kelebihan produk kompetitor. Namun siapa menyangka mereka melakukan tersebut tidak hanya dari jauh. Namun ada proses yang sebenarnya tidak banyak orang tahu. Proses dimana mereka harus benar-benar mengetahui secara detil apa rahasia produk tetangga. Dan IWB bisa dipastikan di artikel ini bahwa Bedah dan preteli body motor tetangga untuk dipelajari bukanlah hoax !!

Konfirmasi ini IWB dapatkan dari salah satu kenalan internal pabrikan besar yang bisa dibilang memiliki jabatan cukup tinggi. Sebuah informasi yang tentu saja cukup menarik walau sebenarnya kita semua sudah sudah tahu. Akan tetapi ketika informasi Bedah dan preteli body motor tetangga untuk dipelajari tersebut datang dari sosok yang terlibat langsung dalam sebuah program atau Project di dalam pengembangan motor, itulah yang menarik…

Yang menarik tidak hanya secara fisik luar, para engineering akan melakukan Bedah dan preteli body motor tetangga dalam bentuk diurai. Produk yang akan dibidik dibawa pada ruangan khusus. Dipelajari serta sebagai bahan kajian bagi pengembangan produk tandingan. Bahkan bedah poduk ini tidak hanya dilakukan di tanah air. Seringkali produk rival harus dikirim ke Jepang….

iklan iwb

Yang cukup sulit jika produk tersebut merupakan buatan Indonesia dan tidak dipasarkan di luar negeri. Kenapa ?. Sebab proses birokrasi untuk mengeluarkan produk domestik Ke mancanegara tidak mudah. Kelengkapan dokumen yang diminta tidak gampang untuk pabrikan. Harus ada alasan jelas kenapa produk tersebut dikirim ke Jepang….

Proses penyelidikan sendiri cukup banyak. Namun Bedah dan preteli body motor sektor penting yang harus diubek-ubek adalah jerohan mesin, fitur ataupun mekanisme kelistrikan yang digunakan. Seperti apa mekanismenya dan apa keunggulannya dicatat dan dan diserahkan pada bagian engineering untuk diolah. Acuan itulah yang akan digunakan oleh masing-masing pabrikan untuk mengembangkan produk tandingan. Produk disempurnakan jika mereka menemukan kekurangan sehingga pada akhirnya produk mereka lebih superior. Sebab sebenarnya tiap pabrikan mampu melakukannya. lawong tim ahlinya sama-sama Jepang cak. Tinggal siapa yang berinovasi duluan, kiro-kiro ngono pakde…

Last…. proses bedah dan preteli body motor tetangga tidak hanya dilakukan oleh satu pabrikan. Hampir semua melakukannya. Harapannya satu, supaya produk yang akan dirilis oleh pabrikan tersebut bisa mengungguli dari kompetitornya. Jadi cak,?Bedah dan preteli body motor tetangga bukanlah hoax. Fix benar adanya nggak hanya dalam berita atau ulasan media. Kuping IWB denger sendiri soale. Dan ternyata semua melakukannya. So, IWB rasa soal ini tidak perlu lagi diperdebatkan. Wis to yakin mantap jiwa melegenda gessss :mrgreen: …. (iwb)

Noted : Gambar hanya ilustrasi

Follow Iwan Banaran untuk dapat aktivitas terbaru segala tentang motor di Moladin, aplikasi pernak pernik motor

166 COMMENTS

  1. emang baru tahu cak??? spare part lainnya jg sama…kadang sbg pembanding sj…apalagi spare part dr luar negeri (apalagi kalo dr cina) utk dimasukkan k indonedia…tahu sendiri kualitasnya bagaimana dr cina…???

  2. Yimm goblok,,shock matic keras bin gemlodak tetep dipertahankan, ga bisa nyontek ahm?

    Ahm goblok,, jok keras wario yang bikin ambeian tetep dipertahankan. Ga bisa nyontek yimm?
    Tangki bocor di motor sport ga sembuh2 dari jaman tiger. Ga bisa nyontek yimm?

    • iya bener bro old cb gw dua kali ini ganti tangki, gara” motor rubuh doank,, yang kemarin gara” buka bautnya seret, di paksa malah rembes, di ahas lg pas servis,, ada yang tau ganti tangki apa biar gak bocor???

    • Beli tangki baru,,sebelum dipake, diisi resin dulu.. biarin kering beberapa hari. Baru dipasang.
      Dulu ane make megipret primus,,beberapa kali bocor. Dikasih trik sama bengkelnya.
      Sekarang males make sport,,pake matic aja ga ribet

    • Apa iya bro, jok keras bikin ambeien? Memang dan pasti jok keras tu gak enak… tp coba tanya dulu atlet sepeda genjot barangkali ilmu ente nambah. Ahm menurut ane jg payah klo joknya mulai gak nyaman, tp ane gak bakal bilang klo gak nyamanny bikin ambeien.

    • tangki bocor itu udh trik sales.. biar jualan spare part terus.,.sampe bosen nambel tangki pas dlu pakai tirev..

  3. Jangan2 fitur idling stop dan acg starter versi yamaha adalah hasil dari bongkar motor punya produk sebwlah?

    • Udah dijelasin disitu bukan produk global. Jadi silahkan simpulkan sendiri.banyak fansboy yg hanya melihat tulisan pabrikan besar.gk bisa mengartikan sesungguhnya

    • Iye klo kelas receh yamaha sedikit lambat mau bluecore kek, SSS kek. Gak urus.
      Tp klo kelas 150, 250. Yamaha lebih duluan. Tiger/megapro paling yamaha nyontek jd pio saja. Vixion beda basic, dia upgrade lc135 yg udh pake radiator.
      Basic honda yg dcontek tu paling tiger n honda grand. Dan keduanya bukan produk ide AHM.
      Jelas inovasi ahm terkait mesin sangat2 payah. Terkesan nunggu org pada bosen vixion, pada sebel sm muka lele r15, baru deh ahm narik mesin cbr thai.inipun bukan inovasi, cmn melokalkan saja.
      Mungkin mulai beride mesin baru d all new cb n supra gtr. Tp itupun banyak keluhan, klotok2 lah, rante berisik lah.. meskipun sbnernya sepele(serius sepele, bengkel tepi jalan jg bisa beresin), tp kan FB kesannya udh kek anak2 berisiknya kek rante cbr.

  4. Lek.. sampean pancen bener tapi hanya dengar dari orang..lha saya liat sendiri pas jalan2 keTaj mahal India sebagai 1 dari 10 pemenang undian TVS tahun 2014 termasuk disitu berkunjung kepabrik TVS yg diHosur Bangalore..singkat cerita pas kita masuk ke bagian RND ternyata ada motor yam*ha Meong sama ho*da mBiet pas kami tanya ternyata keduanya untuk dikomparasi dengan produk yg mereka riset disitu yaitu TVS Dazz..karna teryata TVS Dazz diriset diHosur tapi diproduksi masal dicikarang..wes ngunu wae

  5. Menurut ane yamaha cukup independen. Krn perkembangannya jelas dr crypton,vega,jupiter ke z1. Dr mx135 ke vixion hingga r15 lama n mx king sampe head vva. Mungkin utk r25 ane yakin ngubek2 ninja. Nah cbr250rr ngubek2 mesin r25 krn faktanya dia gak tertarik dgn sepak terjang ninja(mesin ninja diubek2 jg, tp gak direalisasikan k project).
    Mungkin, yamaha ngubek2 mesin grand sm tiger buat crypton n vega generasi pertama, serta scorpio. Tp klo untuk lc135 mungkin yg diubek2 bukan produk honda indonesia,

  6. Bongkar mesin kompetitor adalah wajar, la wong mekanik tentunya bukan cuma bongkar untuk 1 merk ( bengkel motor yg menerima semua merk ), tapi ada 1 rahasia yang sulit ditiru.
    Yaitu Metalurgi ( perpaduan campuran logam pada komponen mesin )

  7. Cara begitu bukan hal baru di dunia…
    Toyota dalam sejarahnya pertama kali buat mobil kan gtu ga membedah membongkar salah satu merekmobil amerika utk dipelajari cara kerja, material dan cara buatnya… Sudah umum… dan biasa di internal suatu dealer atau atpm itu sdh lumrah ada hal seperti itu biasa mereka beli 1 unit utk di bedah bersama cari tau kelebihan dan kekurangan dibandingkan dgn produk mereka yg merupakan lawan langsung atau head to headnya… Saya tau krna saya pernah kerja disebuah dealer kendaraan dulu…

  8. Om IWB,

    kebetulan sy kerja di manufaktur, tp bukan otomotif. Kurang lebih sama lah ya kira2.
    Hal seperti ini wajar dilakukan sama setiap pabrikan, tujuannya untuk mengetahui cost material produksi, biaya produksi keseluruhan scr estimasi, supaya pabrikan juga bisa bikin produk yg harganya ga over atau under. sama juga biar tau produknya kurangnya dimana lebihnya dimana, walau ga mungkin di copy paste karena ada hak patent.

  9. Ijin share!

    ?Lady Bikers? aja pakai motor ?Sports? GSX-R 150 masa kamu ngak?
    Klik link berikut :
    : intip.in/5Xdt: intip.in/rA1T
    : intip.in/qyyF: intip.in/anzo
    Itu saja yang bisa saya share! sebenarnya masih banyak lagi tapi di next link ya masbro! mantap! #Salut! ?Lady Bikers?.

Comments are closed.