iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…siapapun pasti cekot-cekot dengan ulah komentator ngawur. Sradak sruduk berusaha menjatuhkan produk bahkan Blogger hanya untuk membela sesembahannya…mereka itulah yang sering kita sebut sales. Namun benarkah demikian?. Apakah mereka benar-benar “sales” yang sering kita tuduhkan?. Dilalah…rasa penasaran tersebut dijawab oleh sales asli. Berikut penuturannya ke IWB….

Pagi Kang Iwan..
Perkenalkan dulu nama saya
DSA (IWB samarkan)
Alamat jl. ****** (IWB samarkan)

Kebetulan sekarang masih bekerja di ***** Motor *****, jabatan koordinator sales. Saya kerja mulai tahun 2005 sampe sekarang. Saya sangat paham karakter dan perilaku temen2 sales di hampir ******. Baik itu diler honda, bbrp yamaha, suzuki..

iklan iwb

Temen2 saya se?******juga lumayan banyak mas. Baik diler maupun main diler. Temen2 leasing ***** juga lumayan banyak mas. Langsung saja mas.. ke poin yg berkaitan dgn fansboy atau bbrp yg menuduh “sales”..

Sepengetahuan saya, sales mempunyai karakter lgsg ke lapangan, jadi sangat jarang bermain di medsos. Dari org2 sales baik mulai salesman sampai sales supervisor di main diler saya liat sangat2 jarang update ke medsos. Kalopun update mereka hanya informasikan ttg produk atau program mereka.

Dari sedikit sales tadi, medsos yg mereka punyai dan update jualan hanya fb. Kedua instagram.. itupun sangat jarang. Kenapa mereka jarang aktif selain karena sibuk dgn lapangan, medsos bagi mereka masih sangat tidak efektif untuk jualan. Dan tentunya mereka punya alasan2 “tertentu” lainnya.

Apalagi kalo disuruh komen2 ke page.. waduh..terlalu ga ada gunanya bagi mereka.

Kesimpulan saya:
1. Akun kloning trsebut bukan atau sangat jauh dari pekerjaan seorang sales/penjual/mekanik diler/org2 operasional diler.
2. Bbrp yg saya temukan, ada bbrp fanatis merk nya adalah:
-penggiat medsos: komunitas, blogger, bbrp org leasing, marketing principal dan malah kemungkinan besar memang terkoordinir.

Saya tidak dapat memberikan data yg akurat. Karena tidak trlalu penting buat saya untuk kumpulkan data itu tadi. Sukses buat mas iwanbanaran. Salam kenal. Kalo ada acara di kota ******?silahkan hubungi saya ato mampir2 rumah monggo.. terbuka buat njenengan

Nahhhh….iki baru sales beneran. Kalau yang komen mungkin sales gadungan alias jadi-jadian. Cukup menarik penuturan yang disampaikan cak DSA dan sepertinya memang demikian pakde. Selama ini kita semua menyebut fansboy sebagai sales. Padahal sales force rata-rata dilapangan dan tidak utak-atik internet. Terus pertanyaannya…yang getol komen diwarung penggiringan opini serta sampluk-samplukan ki sopo??….

Bisa jadi mereka biker biasa yang memang fans berat atau buta merk. Yang kedua seperti penuturan cak DSA…..mereka juga terbuka sebagai tim yang terkoordinir diseting untuk melakukan hal itu. Weleh….bikin penasaran pakde. Apakah bener ?. Tentu hanya mereka yang tahu. Kalau IWB sendiri sih menganggap komentator demikian adalah buat seru-seruan. Mungkin lho ya. So…komen adu debat nggak berkesudahan?. Hayooo..sales ora trimo kuwo cak. Koyone ganti sebutan ojo sales. Tapi piye kalau kita ganti sebagai “jomblo merana”….cocok ora cak ?. :mrgreen: . kaburrrrrrr…..(iwb)

139 COMMENTS

  1. Aslinya fby fanatik itu bisa jadi sales ngonda lek,muji jas jes jos product yimm biar mereka terlena/salah jalan mangkanya rata2 setelah jas jes jos pas produksi beneran yg bilng jas jes jos pada ngilang kagak beli.

  2. Saya kog curiga MBAH DARMO itu robot bkn manusia,coba perhatikan komennya siang malam dan disemua artikel nyaris sama semua,atau mungkin waktu kecilnya prnh kena polio atau step jadi otaknya cacat permanen kemampuan otaknya mentok disitu aja…wkwkwkw

  3. Masih terlalu dini kalian menjengkali dharmo. ???
    Dharmo itu cukup luas wawasannya dlm hal otomotif roda 2. Beda dgn fb sayap sebelah sebut saja ir.petruk yg menciptakan icu pirelli yg mengharuskan kegiatan harakiri pada nicknya sendiri ?????
    Namun dharmo berubah sejak negara api menyerang. ???? hahahaaa.. Tak bela koe mbah seng penting tetep ngelawak disini.

    Yg jelas beberapa dari mereka ada yg beneran sales. Wong sales mobil aja akhir2 ini main dimari kok kang. ???

    Kalau saya jadi sales pasti nyari info otomotif lah tntang roda 2. Masak iya pembeli levih pinter timbang yg jualan produk. Sperti kasus saya saat didatangi sales tentang produk yg akan saya beli. Sya jejeli pertanyaan seputar produknya malah dia nya yg keblinger. Kan gengsi level kampret namanya. Kemudia cari2 info otomotif di google pasti nyangkut k blog sampeyan.

    Disinilah ajaib nya blog sampeyan. Org datang kesini bukan murni mncari info. Tpi melihat kegaduhan dan keseruan apa yg terjadi. Sudah di survey secara gamblang rata2 org indonesia suka melihat keramaian, keributan dan kegaduhan.
    Semakin lama di pantau akan semakin menarik minat org untuk turun dlm kegaduhan tsb. Apalagi kalo beritanya ckup “memancing”.

    Jadi yg biasa cuma silent rider, pemain lama, pemain baru atau sales pun “gk akan tahan” dgn keseruan yg terjadi dan memutuskan terjun di dalamnya. Semua nya karna terpancing dgn peluru bc yg saling terlempar.

    • Hahahhaaa..
      Aku dikata dharmo. ?????
      Mimpi apa aku semalem cak??? ???

      Aku silent rider sejak 2013 dan Sebenernya pun aku harus ke kubu fbh. Wonk motor ku revo absolut, supra x 125 ama beat. Pernah punya smash tapi wes tak dol.
      Untungnya aku waras, walaupun produk ku dihina. Beatku dikatain “bikin pantat kapalan” sama dharmo aku yo gk blingsatan kaya fbh disini. Lah aku malah ketawa. Thats a really joke if u understand. Lagian barang mati kok dibela mati2an. Kan sarap. ???? dapat duit kagak, kuota abis iya.
      Kalo ada audisi lawak ak vote for dharmo.
      Hahhahaaa
      ?????

  4. Klo kalian sadar, Mbah Darmo itu cerdas. Koment2nya terukur. Spertinya dia org brpendidikan

  5. Kalo saya hanya pengguna biasa, jarang bisa komentar karena semua merek jepang saya punya motornya dan kemana mana selalu tak pake bersamaan, gimana mau komentar la wong bawa motornya aja sudah ribet

  6. kayaknya emang terkoordinir deh … emang bayaran macam BUSER cyber nya ahok. penggiringan opini n mengelu elukan sesembahannya

    • ga usah bawa2 politik dimari tong, udah puluhan tahun merdeka masih aja ada org goblok macam lu

  7. Menurut saya mereka fans fanatik yg tergabung fi grub motor.yg klp touring suka ambil jln org

  8. Lhah nek jomblo merana ki pakdhe kae ketok e yo jomblo merana lho lek, golekno kimcil bene ra dadi jomblo merana. Momon dari dunia pokemon.

    • Bloger perlu diserang jika buat tulisan yg mengada-ada. Kadang mereka seenak udelnya aja berpendapat demi banner iklan.

    • Yang tukang kritik yo biasane nganggur toh. Toh blogger selalu berusaha bikin tulisan yang menarik di setiap artikelnya. Yang nganggur dan ra duwe kerjaan yo iki, sukanya nyalah2in.

    • Orang ngeritik kok dibilang nganggur apa hubungannya? Lagian siapa yg ngeritik? Apa untungnya.

  9. Sebenarnya yang bodoh itu mereka yang gak suka motor junjungannya dibilang jelek terus menuduh sales. Menurut saya apa yang kita beli ya hak kita memilih, mau dibilang motor jelek, dohc, sohc, overprice. bodoh amat, duit-duit sendiri, mau beli motor sak karepku

  10. Yaah paling pelakunya ga jauh2 dari komunitas pecinta yang saking cintanya jadi buta merk, dan merasa hebat kalo udah ngompor..
    Tipikal utamanya biasanya pengangguran atau kerja tapi banyak nganggur (kerjanya ngurusin urusan orang laen muluk). Kalo sales beneran ya bener, ga penting bgt urusin merk lain, toh buang2 waktu.
    Sama kayak yang suka demo hari kerja, biasanya ga ada kerjaan?

    • Ini urusan kita semua. Jaman sudah berubah, sudah tdk bisa jual taik kucing dibungkus lemper. Jamannya era keterbukaan informasi. Minta maaf ke pabrik krn motor sendiri patah itu bentuk keterbukaan.

  11. wance, coba ente cek komentator di Facebook ente, gaya bicaranya dan nyerang produk lain selain honda sama gaya bicaranya, wekekeke, dan yang ngaminin pun sama,…dan yg ngomong sih bukan sales tapi jangan lupa tim SeWAt Hons ya….itu yang paling banyak ngekill…

  12. Aku sales cola coca, pacarku waitress kfc kang…sing tak isi akeh2 bengkel ahass, sing mangan nk kfc roto2 gae libom utowo moge..hubungane cola coca, kfc karo sales beye iku opo seh????
    #tidakpahamkfccolafby

  13. Haha dari awal ane sudah tau Kang, sales itu turun ke lapang, nyari duit beneran, gag mungkin sempet selalu update di medsos apalagi di motoblog, yang ada bukan untung malah buntung mereka krn gag kerja2..
    tapi apa boleh dikata, lebih enak nyebut “sales” drpd pake istilah lain,, hahahaha
    peace ahh

  14. Nunggu mbah darmo komen….tanpa mbah darmo…fbh akan merasa paling istimiwirrrr…?
    Koyo opo cobo yen mbah darmo ora ono….

  15. saya juga lumayan yakin kalau yang komen negatif terhadap produk lain disini bukan sales asli. mereka tu cuma sekali dua kali ngerti mesin tapi soko-sok an paham mesin. mereka hanya orang-orang tua uzur tapi masih bertingkah kayak anak-anak. menyedihkan!!

  16. baca artikel IWB cuma 5 menit.. baca koment bisa 15 menit plus kasih komment juga..
    komment komment negatif lah yg bikin rame ini warung..
    jangan di larang,, biarin aja. itulah seninya mampir ke warung IWB

    “gk ada dharmo gk seru” 100 persen ane setuju

  17. Yamaha, Honda, Susuki, Kawasaki, Ducati, KTM, dll.
    Hayok ngerace ning Sentrul vs Phoenix ku.
    Nek mongtor2 sampeyan isok ngalahne, tak traktir koen mangan boled ampek mlekok mlekok moncrottts…
    Xexexe

  18. Percayalah kang iwan. Antara fbh ama fby yg sering gontok2an itu udah terjalin persahabatan yg tak disadari mereka.
    Sample aja. Kalo seluruh fby ngilang dari sini dlm beberapa hari aja. trus warung ini cuma di isi ama fbh sama silent rider, trus fbh nglontarkan bc tanpa ada balasan dari fby lama kelamaan mereka mati bosan. Kecarian. Hampa. Rindu <—- abaikan yg ini ?. Gitu juga sebaliknya.
    Fbh dan fby itu rival layaknya naruto ama sasuke. Hahahahaha. ?????

  19. Terkordinir, 1orang punya lebih dari 10 akun. Seperti iwb sebut, seru seruan aja. Bgitulah kondisi skrng ini.

Comments are closed.