iklan iwb

Iwanbanaran.com – Emboh cak…koyone ngomongin power selalu berlangsung panas. Padahal kalau sampeyan jeli, IWB sudah garis bawahi pada paragraf terakhir diartikel sebelumnya biar nggak cekot-cekot. Dilalah…seperti menjawab artikel IWB, Otomotif digawangi cak Dimas Popo sebagai editor langsung menggelandang new R15 diatas mesin dyno yang sama. Dan hasilnya…..kini new R15 balik unggul tipis dari GSX-R150. Walahhh…

Kalau sampeyan jeli membaca artikel IWB sebelumnya, sebenarnya sudah IWB tekankan bahwa pentingnya membandingkan hasil dyno dengan mesin dan waktu yang sama. Monggo intip kutipan paragraf terlampir…“Last?.sebenarnya memang akan lebih afdol komparasi pada mesin dyno dan waktu yang sama. Namun setidaknya artikel ini bisa sedikit memberikan gambaran kita semua akan peta persaingan muntahan power dari masing-masing produk...”. Jadi IWB juga sudah tahu mesin dyno memang berbeda. Karena memang kelembapan udara wae berpengaruh pakde. Tapi nggak tahu kalimat diatas seperti di skip tidak dibaca dan Fansboy malah gedein omelan dan makian. Ancen njaluk dijejelin kuali lambene cak :mrgreen: …..

Artikel dibuat hanya untuk memberikan gambaran….ngene lho power si A dan si B diatas mesin dyno. Syukurlah…..seakan ingin menjawab artikel IWB sebelumnya, tim Otomotif langsung bergegas menggelandang new R15 V3 ke mesin dynojet 250i Sportisi Motorsport. Jadinya tes dua kali cak di dyno…saluttt perjuangannya. Bedanya kini ditempat dan mesin yang sama. Kendati dihari dan jam berbeda…setidaknya?dilokasi yang sama maka hasil seharusnya bisa dikatakan fair.?Dan hasilnya ??….

iklan iwb

  1. Power : 16,33 HP @10,200 RPM
  2. Torsi : 12,58 Nm @ 7,300 RPM

Sekarang mari kita bandingkan dengan milik GSX-R150 terbaru sebelumnya yang juga dirilis Otomotif. Berikut detilnya…

  1. Power : 16,16 HP @10,800 RPM
  2. Torsi : 12,51 Nm

Lalu untuk CBR150R…..

  1. Power : 14,77 HP@9,200 RPM
  2. Torsi 12,59 Nm@7,200 RPM

Artinya kini letupan tenaga on wheel dalam keadaan statis diatas mesin dyno posisi new R15 menjadi unggul dari GSX-R150 walau cukup tipis. Sedang torsi masih dipegang?CBR150R dengan gap tidak kalah tipis. Nah…wis gamblang to. Kalau sampeyan menuntut lebih fair lagi, berarti diluar mesin dyno seharusnya memang pada jam, kondisi dan cuaca yang sama. Sebab pada uji dyno..kelembahan dan suhu juga berpengaruh. Tapi iki kan cuma untuk gambaran cak….dadi ora usah nafsu-nafsu to. Lek kurang puas uji dewe kono :mrgreen:

Btw….karena sudah terhitung fair diukur dimesin dyno yang sama, sekarang mari kita coba hitung PWR (power to weight ratio) ketiganya berdasarkan hasil dyno diatas. Siapa yang terbaik dari power murni dan apakah Suzuki masih bisa membusungkan dada?. Cekidottt cak…

Suzuki new GSX-R150 = 16,16 (hp)/131 (kg/berat kendaraan) = 0,055 HP/kg

Yamaha new R15 V3 = 16,33 (hp)/137 (kg/berat kendaraan)= 0,054 HP/kg

Honda CBR 150R = 14,77 (hp)/135 (kg/berat kendaraan) = 0,049 HP/kg

Jebule sama cak….Suzuki iso mringis ngombe es degan. Karena dari PWR ternyata GSX-R150?tetap mengungguli kompetitornya. Dengan bobot body yang cukup ringan yakni hanya 131kg membuat letupan tenaga murni mampu memuntahkan 0,055 HP/kg. ?Kedua diisi new R15 dengan 0,054 HP/kg lalu CBR150R 0,049 HP/kg. Artinya kalau sampeyan geber-geberan dijalan dan adu top speed jangan heran jika diluar power on wheel….motor Suzuki ini kemungkinan tetap menjadi pioner dikelasnya. Ealaahhh….pantes kalau IWB jadi joki motor susah ngacir. Perkilogram ki jebule penting banget reekkk…. :mrgreen: ….

Last….jelas dari segala potensi tersebut kini tergantung Yamaha dalam membanderol new R15. Apakah mereka mampu membuat produknya value for money secara new GSX-R150 dengan power lebih besar bisa dipasang dengan harga yang sangat menggiurkan???. Monggo ditunggu saja kangbro. Dari sisi Honda, dengan tekanan yang diberikan…mereka pasti akan bereaksi kalau market bener-bener mengganggu CBR150R. Tapi kalau nggak…jelas santai kipas-kipas to kangbro. Wisss ah…ojo geger wae tiwas tuwo. Wis clear yo. Kono dang cepet dituku ojo mung disawang lan dikagumi :mrgreen: …....(iwb)

312 COMMENTS

  1. Okey deh r15 eh r15,5 motor kuenceng, paling the best deh buat kls 150 eh 155, dewa bgt deh ni mtr, ga ada yg ngalahin deh.. super duper deh, power on dyno jauh unggulll.. Udh d bikinin artikel penghiburnya ama iwb.. udh ya.. cep cep cep jgn nangis lg ya fby.. udh.. semua org di dunia udh tau kok motor yg perfect dunia akhirat itu lele eh r15,5.. udh ya jgn ngmbek lagi.. jgn ngirimin message protes k iwb lg ya..

  2. Bc fbh berubah haluan dari power ngibul skrng nyerang cc motor.

    katanya sohc motor lemot kelas verza thunder. Kok upgrade dikit dohc takut.

    Nguahaha

  3. Santai Aj sihh Bro.. 4 Taun berkuasa.. CBR mudah bgt membalikan.. Keadaan.

    Fix YAMAHAL ITU UDAH MENTOK DISITU..

    Kalo tahun ini Gagal Wasalam..

    Yamahal.. dlm masalah berat..

    Saya tekankan Lgi.. Fix FBY JGN JAS JES JOSS AJA.. Weess Ngunu ae.

    Nek Ana Duit TUKU.. Klo g ada Duit g usah.. Nyalahin AHM jualanya Ko laris..

    • Ekekekekke
      Mentokk apanyaaaa ?????
      Bukannya AHM dah mentok tuh buat jungkalin R15 sampai Tuh mesin cbr Rompal dibongkar buat karakteristik mirip mesin R15

      TIM SeWoTT Ronda Malem melakukan psywar buat jungkalin YAMAHA R15 dan ketambahan SUZUKI GSX 150 apa daya dr oroknya Honda mahal cbr lokal dijual 34 juta setara CBR import
      FBeHaa Manggut manggut

      hayayayay

  4. Ampun dh liat fbh, udah kalah telak dari kompetitor masih aja ngeles. Dohc lh, cc lh, apalah apalah, picek kali ya ???

  5. Cat terburuk, mesin tertipis, power terkecil, spareparts termahal, ngenden terlama, harga overprice, piston terkuno, mekanik beres ga terlatih,, buta merk dh itu aj ???

    • Ekekekekekek

      Dr matic Beat sampai Bebek Revoo hingga sporttt sokk nungging nungging CBR
      Honda mbeattt gonta ganti kemben mentokkk 110 cc gak nyampeeeee…
      Revoooo power torsi sakk crittt
      Cbr paling ngedennn bourossss

      Hayayayay

  6. Harusnya r15 dochkz muka pake R125 itu baru jozzz… gak usah gede2an power… d tunggu2 malah model jadul…

  7. Motor dah bagus,S nd Y ms’nya akan naik kah?
    PINTER PINTERAN SALESNYA AJA,yamaha harus rombak sales yang mata duitan,

    • Klo masih ada praktek upping price ya penjualan bakal tetep segitu2 aja, mending ke gsx murah meriah kenceng.. misal r15 v3 di taroh di 35 juta..dan gsx ke harga normal di 31 jutaan, dgn nambah 4 juta lagi ( part performance dan variasi ) kenceng dapat gaya dapat..
      Dgn harga tembus 35 juta, ada duke 200 dan rc 200 yg bakal jadi pengganggu, udah dohc power jauh lebih besar
      Dah segitu aja..wkkwwkwk..

  8. Pokok y di ulang – di ulang sampai yamehehehek…..jd juara y

    FBY…..??
    MuUuuehehehehe………..!!!!

  9. Fby seolah dah merasa juara lupa akan
    R25 kalah sama cbr250rr
    Mx kalah sama sonic
    Vixion kalah sama cb150r
    R15 v2 kalah sama cbr150r

    R15 v3 155cc belum dijual yak??jika,andaikata unggul itu skornya masih 4:1

    Kasihan yg lain digebukin dohc honda g diurusin.

    ????

    • Eh kemarin balapan MX King vs Sonic di Malaysia yg menang motor mana ya? Yang pasti bukan Sonic. Itulah yg dinamakan DOHC unggul signifikan dengan kalah telak di berbagai kejuaraan di berbagai Negara. Fakta lagi lagi fakta.

    • Ekekekke
      Cbr250 belum turun kug udah klaim juaraaa ..lihat noh cbr mewek ke tim tricstar Kawasaki buat CBR nya bisa lariii
      Boro2 Jupe mx lawan Aerox ban gambot aja Sonic kembang kempisss
      Tangki aja mirip Vixion kug CB150 merasa jadi juara
      Apalgi cbr150 bolak bali dikentutin R15

      sana TIM SeWoTtttt pada koarrr koar2 Sohc setara verza malu coy padahal Verza disarungi = CBR ….

      Hayayayayyaya

    • Si mamat nonton di balap mana mx kalah sama sonic 150, r15 old kalah sama cbr150 ( padahal cbr150 butu 3x, facelift utk bisa makan r15 Lele). Vixion kalah ama cb150, mat mat alay mu kelewatan, R25 dan cbr250 belum di adu mat sabar aja. Tapi kelas 300 cc cbr250 ko gk ikut mat, ko mala pakek yg 500cc, lawan R3, ninja 300, honda cbr500, (kenapa gk cbr250 yg di up)

  10. Si dewa kemana yaa…. Yg CBR OTR33jt
    No usd
    No banana
    No hazard
    No bla bla bla

    Harusnya kegirangan dia
    Ngakakakaka?

  11. Kang 155 cc kalo gak salah bukan untuk mengejar power tapi kalo gak salah nih ada kebijakan produk ekspor negara tertentu gak boleh murni 150 cc harus diatasnya begitu juga nmax walau 150 cc saya yakin tetep menang power dan torsi daripada vario, 155cc lebih untuk memenuhi kebijakan ekport import negara tertentu

  12. Sekali bosok tetep bosok…
    CBR mending masuk kelas minerpah…
    Gak layak masuk kelas Jepang…

  13. D artikel tadi banyak yg nyinyir soal R15.
    Sekrang artikel tandingan kluar di tempat dan alat ukur yg sama dan hasilnya lebih besar R15.
    Masiihh juga nyinyirrr… Dasar saless ????

  14. Yang masih ribut ribut masih kaga terima, silahkan tes sendiri motor “sembahan” ente (kalo punya) di mesin dyno sampe turun mesin bro

  15. Di artikel yg tadi R15 memang janggal,masak torsinya cuma 11nm.
    Klo buat saya sih power segitu on wheel udah lebih dari cukup
    Masak kita naik motor haruss gass poll teruss,kan gk mungkin juga.
    Yg penting kece baddaiiii..

    • Ekekekekke

      Yg penting Sliper clucht ataupun VVA bukan gimmick kan banggg soalnga banyak efbeha bilang gimmick

      Itu emng terasa sehari hari di jalan kan bang

    • Ekekekkekeke

      Bukan revisi bro
      Tiap tempat rumah dyno punya kalibrasi berbeda beda yg artikel sebelumya r15 versi urs dan kalau ini sportisi di urs emng output power agak rendah hal itu juga lumrah buat cbr atapun laiinya
      Yg ditkankan disini apple to aplle tempat yg sama

      Hayayayayya

  16. Kayaknya kl di atas kertas sih menang r15 mas iwan tarikannya tp topspeed imbang antara gsx dan r15, kan mas iwan blm masukkan bobot pengendaranya misal sama2 di tambah @60kg semua=gsx 16,16/191 &r15 16,33/197

  17. Wuih seriusan ini 50km/L wah rekor ni 155cc mampu 50km/l Luarbiasa Yamaha kali ini. Design paling ganteng power paling tinggi BBM paling irit sempurna udah R15 ni tinggal sataulagi masalahnya om kapan di distribusi???

  18. Betul juga masukan mas ndombleh semakin berat ridernya dgn asumsi sama Beratnya pengendaranya gsx akan kalah sama r15 nggak mungkin motor jalan tanpa beban pengendara

  19. yang mendewakan sebuah brand/unit dan melontarkan ucapan pedas nan tidak berpendidikan, sales kah ? kalo sales sih wajar memang sudah kewajibannya klo kerja .. atau sekedar fansboy? kira2 bakal beli/punya unitnya kagak ya ? klok nggak punya/megang ya sia-sia sih ,cuman nang dosa dngan mnjatuhkan merk yg tdk dsukai .. prihatin klo kaya gini

    • kalo ga kuat jangan main di kolom komentar

      bicarain jeleknya manusia dapet dosa saya percaya.

      lha ini cuman adu argumen ngomongin dan kritik benda mati, kok dosa,
      motor itu cuman buatan manusia, cuman skedar benda mati yg ga dibawa mati.

  20. Klo body sy suka CBR maco abis beroo…
    Klo gsx sy suka power y nendang ibarat tendangan maradona
    Kalo R15…..???
    Kyk y engga banged dah

    • Ekekeke

      CBR Machooo ????
      Machooo darimana nya ???FbeHa kesumpel sayappp malah kayak Motor murahan

      hayayayayya

    • rdy March 14, 2017 at 1:50 am

      Ekekeke

      CBR Machooo ????
      Machooo darimana nya ???FbeHa kesumpel sayappp malah kayak Motor murahan

      hayayayayya
      =================
      Dia keliru nulis bos…..dia keliru nulis huruf h jadi c…maunya nulis maho (makhluk homo) berubah jadi maco..ekekek

    • Apaaaaa cbr macho??? Hahaha dari mana macho nya,,bodi ???hahaha power ??hahahaha rangka hahaha mungkin dari logo capa sayap ayam sayur kali ya,,,saran gw, segera lo berobat ke dokter spesialis mata,,oh iya gw lupa mata lo kan minus nih gw bikin lagi “SEGERA LO BEROBAT KE DOKTER SPESIALIS MATA”nah nanti klo udah sembuh liat lagi cbr gepeng klotok macho apa engga ya,,hahaha

    • Cbr macho?? Njir ni orang gimana matanya ya,,pake kacamata minus berapa?? Ko penglihatanya parah amat,,maco apanya coba,,katarak

  21. WSBK
    Federico Caricasulo Juara Race WorldSSP Buriram 2017 . . Yamaha R6 Sapu bersih Podium, Honda CBR600RR ngebul dan harus DNF di T2 Lap 12, gitu ajha

  22. Tanpa mengesampingkan yg lain, secara pribadi sy lebih prefer ke Yamaha R15. Designnya versi yg terbaru sangat menarik. Power dan Torsi juga OK, meskipun mesin masih SOHC (ga masalah bagi sy).

  23. Dasar fans berat tolol. . Kalian tidak jauh beda dengan sales. . Tp kalian lebih tol*l. . Gak di bayar tapi promosinya sampe mati2an. .

    Ya gitu dehhh. Motor kesayanganya dapet saingan aja udah panas. Takut kesaing.

    Ada yang bilang blogernya di suap.
    Ada yang bandingin data penjualanya.
    Mbok kecerdasanya di pakai dikit pakai otaknya.

    Simpel aja pake ribut. .

  24. Jadi orang jgn fanatik fanatik amat sama merek karena semua punya kelebihan dan kekurangan. Namanya produk baru wajar lah lebih oke dari produk yg dulu. Liat komen komen di artikel model begini bikin ketawa kalo a bagus b diem kalo b bagus yg a diem. Hadehhh

  25. om IWB, saya kira tidak usah berlebihan. lebih besar 0.001 HP/Kg saja sampai dibilang pioneer.

    Suka boleh, tendensius jangan. Supaya warungnya tetap enak dibaca. #hormat

  26. Artikel Lek Iwan emang puanassss…. Sambungan dari yang pertama, untungnya cuma bisa ngetik di kolom komentar, adu cocot sampe berbuih2, sales bertaburan saling menjatuhkan, lha yang beli aja nyantai, mau milih merek apapun ya terserah… Duit ya duite dhewe… pabrikan senyum2 produknya laku, sementara para FB berdebat sampe jontor lambene Wkwkwkwkwk….

    • ucapan2 berikut

      -mau ngebut dimana : petinggi yamaha
      -ini jalanku jalan penguasa : tagline salah satu yamaha (lu kate cuman lu doang bayar pajak terus mau kuasai jalanan)
      -nyalip roket : iklan yamaha
      -semakin di depan (yg jurdun 2016 honda) : slogan yamaha GP
      dan kali ini
      -hasil dyno terus bertumbuh :
      hasil pengujian kalah, pokoknya diulang sampe yamaha yg unggul
      -blogger semacam penjual vcd bajakan : ucapan orang yamaha
      -produk ga laris nuding yg beli bodoh, dan semua yg beli yamaha smart\
      ungkapan fansboy yamaha.
      -gagal di ymjet, ganti nama jadi bluecore
      padahal kompetitor udah sampe bisa bikin +jualan mobil dan private jet beneran.

      wkwkkw yamaha dan fansboy nya,
      emang marjinal masih bilang kompetitor sampah

  27. Yg.. jd mslh kenapa motor prodmassal di bandingin dngn motor yg msh prototip…
    Ga adil jg dong!!!!
    Ditunggu r15 prodmassalnya diambil acal di dealer, baru test ulang dan bareng..
    Adil to???

  28. CEPET? tapi tahan lama gak….? test selanjutnya di geber maximum disirkuit 24 jam……endurance battle…..siapa yg berasap..dia yg kalah…jangan cuman membodohi konsumen ya…ngoahahaha

  29. Klu susuki kmaren lgs bilang raja di kelasnya soalnya menang power, klu yamaha menang cm dibilang unggul tipis. Keliatan lg iklanin susuki dgn bahasa halus. Dr kmaren testimoni susuki dr para sales yg di pajang di blog. Klu value for money cm di lihat power aja, aksesori yg laen ga di liat. Yg penting susuki deh. Pdhal gw liat asli nya di jalan, ga se keren yg di gembor2kan di blog

  30. tmcblog memakai V box Racelogic

    Meskipun GSX simpangannya lebih kecil dari R15, tapi belum tentu dalam kecepatan yang sama di speedometer, R15 kalah cepat dibanding GSX

    berikut diambil dari artikel TMCBlog..

    Yamaha R15 = 133 km/jam | GPS VBox = 121,86
    GSX-R150 =133 km/jam | GPS VBox = 121,57 km/jam

    Yamaha R15 = 137 km/jam | GPS VBox = 126,08 km/jam
    GSX-R150 = 137 km/jam | GPS VBox = 124,31 km/jam

    Yamaha R15 = 110 km/jam | GPS VBox = 100,9
    GSX-R150R = 111 km/jam| GPS VBox = 100,75 km/jam

    Kemudian, pada artikel yang GSX juga ada beberapa penyimpangan pada kecepatan yang sama..

    118 | GPS VBox = 106,88 km/jam
    118 km/jam | GPS VBox = 108,45 km/jam

    117 km/jam| GPS VBox = 105,26 km/jam
    117 km/jam | GPS VBox = 106,31 km/jam

    jumlah sampel data yang akan diolah disamakan, kalau prediksi saya simpangan antara GSX dan R15 itu beda tipis, jadi masih halal untuk diadu dengan mengandalkan kecepatan speedo hihi
    tmcblog.com/2017/02/26/membandingkan-spedometer-new-yamaha-r15-155-cc-dengan-gps-racelogic-vbox-sport/

  31. Dan di test ke 5 tmcblog berhasil memperoleh time akselerasi yang cukup mengesankan untuk sebuah Motor 150 cc full frame fairing . . Yamaha R15 155 cc VVA memperoleh time akselerasi dari keadaan diam sampai ke kecepatan 60 km/jam dalam waktu yang relatif cepat yakni 3,96 detik ditest oleh tmcblog yang berbobot 62 kg saat pengetesan berlangsung . .

    Hasil pengetesan rival 150-an cc lainnya yang tmcblog test adalah sebagai berikut :

    Untuk Honda CBR150R CBU tmcblog lakukan di Jalan umum di Bogor Ban OEM dan hasilnya adalah 0-60 km/jam tercepat butuh 5,2 detik.

    Untuk Honda CBR150R Lokal Gen 1 tmcblog lakukan di lokasi/ Venue perilisan yakni di sirkuit dadakan Kemayoran. Hasil akselerasi 0-60 km/jam Ban OEM untuk Honda CBR150R Lokal Gen 1 adalah 4,39 detik.

    Untuk Yamaha R15 tmcblog lakukan di jalan umum, Ban EOM hasilnya untuk aselerasi 0-60 km/jam tercepat butuh 4,45 detik.

    Untuk Honda CBR150R Lokal Gen 2 tmcblog lakukan di Jalan umum di Bogor Ban OEM dan hasilnya adalah 0-60 km/jam tercepat butuh 4,43 detik.

    Untuk GSX-R150 tmcblog lakukan di Sirkuit Sentul Ban IRC fasti dan hasilnya adalah 0-60 km/jam tercepat butuh 4,43 detik.

  32. test moderasi empat
    Your comment is awaiting moderation
    hapus2…

    Otomotif net malah kyk ngejawab alinea terakhir
    ======
    Last?.sebenarnya???????????..Untuk memudahkan komparasi, berikut tabel hasil uji dyno dari sang kuda besi. ???????
    ======
    Bukan tanpa alasan,???????????..

    Jangan asal membandingkan hasil dyno, karena ??????????.

    =======
    Bukan masalah ga afdol. Tapi ga fair.. Beda mesin dyno ga bisa dibandingkan hasilnya

Comments are closed.