iklan iwb

Iwanbanaran.com – Emboh cak…koyone ngomongin power selalu berlangsung panas. Padahal kalau sampeyan jeli, IWB sudah garis bawahi pada paragraf terakhir diartikel sebelumnya biar nggak cekot-cekot. Dilalah…seperti menjawab artikel IWB, Otomotif digawangi cak Dimas Popo sebagai editor langsung menggelandang new R15 diatas mesin dyno yang sama. Dan hasilnya…..kini new R15 balik unggul tipis dari GSX-R150. Walahhh…

Kalau sampeyan jeli membaca artikel IWB sebelumnya, sebenarnya sudah IWB tekankan bahwa pentingnya membandingkan hasil dyno dengan mesin dan waktu yang sama. Monggo intip kutipan paragraf terlampir…“Last?.sebenarnya memang akan lebih afdol komparasi pada mesin dyno dan waktu yang sama. Namun setidaknya artikel ini bisa sedikit memberikan gambaran kita semua akan peta persaingan muntahan power dari masing-masing produk...”. Jadi IWB juga sudah tahu mesin dyno memang berbeda. Karena memang kelembapan udara wae berpengaruh pakde. Tapi nggak tahu kalimat diatas seperti di skip tidak dibaca dan Fansboy malah gedein omelan dan makian. Ancen njaluk dijejelin kuali lambene cak :mrgreen: …..

Artikel dibuat hanya untuk memberikan gambaran….ngene lho power si A dan si B diatas mesin dyno. Syukurlah…..seakan ingin menjawab artikel IWB sebelumnya, tim Otomotif langsung bergegas menggelandang new R15 V3 ke mesin dynojet 250i Sportisi Motorsport. Jadinya tes dua kali cak di dyno…saluttt perjuangannya. Bedanya kini ditempat dan mesin yang sama. Kendati dihari dan jam berbeda…setidaknya?dilokasi yang sama maka hasil seharusnya bisa dikatakan fair.?Dan hasilnya ??….

iklan iwb

  1. Power : 16,33 HP @10,200 RPM
  2. Torsi : 12,58 Nm @ 7,300 RPM

Sekarang mari kita bandingkan dengan milik GSX-R150 terbaru sebelumnya yang juga dirilis Otomotif. Berikut detilnya…

  1. Power : 16,16 HP @10,800 RPM
  2. Torsi : 12,51 Nm

Lalu untuk CBR150R…..

  1. Power : 14,77 HP@9,200 RPM
  2. Torsi 12,59 Nm@7,200 RPM

Artinya kini letupan tenaga on wheel dalam keadaan statis diatas mesin dyno posisi new R15 menjadi unggul dari GSX-R150 walau cukup tipis. Sedang torsi masih dipegang?CBR150R dengan gap tidak kalah tipis. Nah…wis gamblang to. Kalau sampeyan menuntut lebih fair lagi, berarti diluar mesin dyno seharusnya memang pada jam, kondisi dan cuaca yang sama. Sebab pada uji dyno..kelembahan dan suhu juga berpengaruh. Tapi iki kan cuma untuk gambaran cak….dadi ora usah nafsu-nafsu to. Lek kurang puas uji dewe kono :mrgreen:

Btw….karena sudah terhitung fair diukur dimesin dyno yang sama, sekarang mari kita coba hitung PWR (power to weight ratio) ketiganya berdasarkan hasil dyno diatas. Siapa yang terbaik dari power murni dan apakah Suzuki masih bisa membusungkan dada?. Cekidottt cak…

Suzuki new GSX-R150 = 16,16 (hp)/131 (kg/berat kendaraan) = 0,055 HP/kg

Yamaha new R15 V3 = 16,33 (hp)/137 (kg/berat kendaraan)= 0,054 HP/kg

Honda CBR 150R = 14,77 (hp)/135 (kg/berat kendaraan) = 0,049 HP/kg

Jebule sama cak….Suzuki iso mringis ngombe es degan. Karena dari PWR ternyata GSX-R150?tetap mengungguli kompetitornya. Dengan bobot body yang cukup ringan yakni hanya 131kg membuat letupan tenaga murni mampu memuntahkan 0,055 HP/kg. ?Kedua diisi new R15 dengan 0,054 HP/kg lalu CBR150R 0,049 HP/kg. Artinya kalau sampeyan geber-geberan dijalan dan adu top speed jangan heran jika diluar power on wheel….motor Suzuki ini kemungkinan tetap menjadi pioner dikelasnya. Ealaahhh….pantes kalau IWB jadi joki motor susah ngacir. Perkilogram ki jebule penting banget reekkk…. :mrgreen: ….

Last….jelas dari segala potensi tersebut kini tergantung Yamaha dalam membanderol new R15. Apakah mereka mampu membuat produknya value for money secara new GSX-R150 dengan power lebih besar bisa dipasang dengan harga yang sangat menggiurkan???. Monggo ditunggu saja kangbro. Dari sisi Honda, dengan tekanan yang diberikan…mereka pasti akan bereaksi kalau market bener-bener mengganggu CBR150R. Tapi kalau nggak…jelas santai kipas-kipas to kangbro. Wisss ah…ojo geger wae tiwas tuwo. Wis clear yo. Kono dang cepet dituku ojo mung disawang lan dikagumi :mrgreen: …....(iwb)

312 COMMENTS

  1. CBR 150 OTR 34 jt

    No USD 37mm
    No Underyoke
    No Deltabox
    No Alumunium Banana Swing Arm
    No shifting timing light yang akan memberitahu sudah waktunya oper gigi
    No ?assist dan slipper clutch system?.
    No Hazzard
    No Bubble Windshield (ngak pelit kayak NCBR150 yg windshield seuprit)
    No VVA technology (mirip VVTI di Toyota Camry)
    No. Ban Gambot 140 dengan Velg 4 inch belakang
    No keyless key
    Power cuma 17ps torsi 13,5 Nm (paling inferior dikelasnya)
    Muka Gepeng
    Model bodi Cungkring
    Posisi terbaik IRS 150 2016 No. 14

    Fix yang beli CBR150 setelah New R15 lahir hanya fansboy buta merek yang doyan produk AHM yang overprice

    Salam Sakit Hati
    TTD
    Kartel

  2. ngebeHa kasih amplop jg lah, masa dohc juara gak di race gak di dyno terlemot dikelasnya ???

  3. awas si LELE Ngeden bin Boros bakal meledug….

    ingat ingat …Max : 8000 RPM kl motor sampeyan mau sehat

    wkwkwkkwkwkwkwk

  4. Mau sebagus apapun motornya. Ujung tombaknya tetep pada marketnya
    Sebagus apapun klo mo beli aja di persulit ,pasti konsumen pindah yang lebih mudah..

    • bener tuh, tadi saya baru servis motor di dealer yamaha, trus liat sales bilang ke calon pembeli kalau beli cash harus nunggu 2 bulan kalau warna hitam, kalau warna abu2 sekitar 3 minggu. lalu kalau belinya kredit barang bisa langsung dibawa. loh? trus alasan si sales adalah yamaha pusat ngasih stok ke mereka sedikit. apa benar adanya?

  5. tp seng sohc mlayu 100m mesin langsung ngebul..tambah sak meter mnh mesin lsg mledug

  6. Firza March 14, 2017 at 6:22 am

    Prototype sama masspro R15 jaminan sama persis karena produk Global,
    ——————————————————————————————————–

    bentar lagi di RECALL

    wkwkwkwkwkw

  7. wkwkkwk…si motor bersuara ” Mesin Jahit + GETERRRR ) ” mulai panic

    belum ngebrojol takut gak laku..brosur dibuat 19 ps ( syarat dan ketentuan berlaku )

    wkkwkwkwkwkkw

  8. Lebih kencang Lebih Irit dengan torsi nampol New R15 Semakin Didepan
    Dan di test ke 5 tmcblog berhasil memperoleh time akselerasi yang cukup mengesankan untuk sebuah Motor 150 cc full frame fairing . . Yamaha R15 155 cc VVA memperoleh time akselerasi dari keadaan diam sampai ke kecepatan 60 km/jam dalam waktu yang relatif cepat yakni 3,96 detik ditest oleh tmcblog yang berbobot 62 kg saat pengetesan berlangsung . .

    Hasil pengetesan rival 150-an cc lainnya yang tmcblog test adalah sebagai berikut :

    Untuk Honda CBR150R CBU tmcblog lakukan di Jalan umum di Bogor Ban OEM dan hasilnya adalah 0-60 km/jam tercepat butuh 5,2 detik.

    Untuk Honda CBR150R Lokal Gen 1 tmcblog lakukan di lokasi/ Venue perilisan yakni di sirkuit dadakan Kemayoran. Hasil akselerasi 0-60 km/jam Ban OEM untuk Honda CBR150R Lokal Gen 1 adalah 4,39 detik.

    Untuk Yamaha R15 tmcblog lakukan di jalan umum, Ban EOM hasilnya untuk aselerasi 0-60 km/jam tercepat butuh 4,45 detik.

    Untuk Honda CBR150R Lokal Gen 2 tmcblog lakukan di Jalan umum di Bogor Ban OEM dan hasilnya adalah 0-60 km/jam tercepat butuh 4,43 detik.

    Untuk GSX-R150 tmcblog lakukan di Sirkuit Sentul Ban IRC fasti dan hasilnya adalah 0-60 km/jam tercepat butuh 4,43 detik.

  9. artikel kmren nyinyir krna powrr sesembahannya kalah.
    artikel sekarang, power ud menang tipis. msh nyinyir jg.

    maunya apa sih, mau mas iwb buat artikel power r155 setara M1? power adem para fby

  10. Mendadak mesin DOHC near square berasa paling inferior, saatnya AHM menunjukkan the power of resource nya lagi, suntik mati mesin DOHC near squarenya, balik lagi ke DOHC overbore+teknologi VTEC milik Honda Prospect Motor+teknology idle stop system+motor listrik

    Jual di harga 27 juta dengan garansi mesin 10 tahun, rusak ganti baru.

    Niscaya semua FB ditanah air mendeklarasikan diri menjadi Fans Boy Astra Honda Motor

  11. Woi..fbh bego…ngga terima dohc abal2 nya kalah…udah sasis besi pagar, arm besi bangku, cat kuda terbang, mesin bunyi tek tek, boros, pampu kl mlm ga terang, body ringkih kena lubang patah…mesin cm 17 ps..sudah lah realistis aja bro..cbr itu mocin bro..

  12. Di kejurnas IRS… R15 v2 juara terus bro..dari juara 1 smp 8 R15 v2 semua cbr urutan 9…masih bego jg tuh sales honda n fbh…ngga terima kalah si mitos honda..aplg R15 v3 nih bs libas semuanya…cbr 150 udh update ke 4…tp fitur n power gt2 aja…cm ganti baju doang..

  13. Bagi calon pembeli pilihlah dengan hatibnurani, jgn liat artikel maupun komenter.

    Komen ane cukup senyum aja,

  14. Kita buktiin di sirkuit bro…n turing jawa sumatera kuatan mana tuh motor…iritan mana tuh motor..kencengan mana tuh motor…pegean mana tuh motor…aplg yg dibonceng…test jln mlm digelapny n kabut…lampu mana yg tembus kabut…New R15 udah settingan harian (irit bbm n perawatan), balap (kenceng n stabil ban gede bro bkn ban cacing satria fu), turing (sein hazard n nyaman safety rading), style moge n elegant bro…cewek2 cantik bs kecantol bro…itulah all new R15 2017… Ayo fans suzuki n honda bs lawan keunggulan new R15 2017

  15. Harga cm 27 jd 29 kualitas meragukan…cm ngandalin rpm mentok…basi bro…buktikan di kejurnas IRS..di motogp aja suzuki tewas..vinalez bilang M1 lebih kenceng n stabil di banding suzuki bro…

  16. Wong power secuil aja jadi masalah kita beli motor suka” kita duit” kita jangan lah jadi sales yang bodoh kalau mau laris barangnya jangan pakai acara upping harga jangan lah bertele tele harus kredit

  17. namanya juga lahir belakangan ,ya wajar lebih baik dari kompetitor , tinggal selara, power selisih sak uprit ,sensasi overbored lebih seru menurut saya .. untuk cbr saya rasa wajar ,dia paling bawah (yang sebelumnya jg terbaik dri kompetitor) ..

    • Tiger. 20Occ Dan CB190cc sama2 sohc power on crack cuma 15 ps . Itu SOhc nya sehat???

      DOHC overstroke 150cc 2 cam 14.77hp dibanding Sohc VVA 155cc yg cuma 1 cam 16.33 HP. Itu DOHC nya sehat??

  18. Yamaha semakin didepan
    Fitur komplit mesin ok
    Mungkin itu dipikiran saya

    Netral aza bro low suka tinggal beli
    Low gak suka diem aza.

  19. Ok lah suzuki..ngandelin power,key less,n hrga promonya..
    Tp kekurangan power dr r15 gnti dg paket lengkap usd,banana arm,deltabox,slipper clutch,pelk belakang 4inc..blm lg bngkel resmi di mana2..

  20. gsx lebih ringan dan ban gak selebar r15
    Fitur cuma keyless dan uderyork pantes harga segitu
    Di banding r15 ban lebih gambrot pake updown, bananaarm + vva dan cc lebih besar harga lebih mahal jamak bro semua fitur kplit .

  21. kalau analisis peribadi menilai R15 paling unggul, dilihat potensi mesinnya masih bisa di upgrade banyak, trus Frame Deltaboxnya + Upside down, jadi nilai lebih dan memunculkan kesan sport sejati……..

  22. Ya udah ambil pemikiran tengah. R15 power on wheel besar, karena memang power on crank memang besar (entar malu kalau power on crank besar tapi power on wheel kalah). Tapi urusan top speed sih memang GSX 150 sudah kelihatan karakternya. Tenaga masih ada hingga RPM 12.000 ditambah lagi bobot motor ringan, wes pasti besar top speednya. gitu aja kok sulit

  23. Yg gila itu torsinya R15
    Mulai 4000rpm udah njengat hampir gk turun sampai 10.000rpm
    Ini motor trail apa sport

  24. Mas Iwan yang sabar…..fansboy kelakuannya dimana saja ya begitu, tak ingin ada pesaing dan disaingi….padahal iku kabeh gag ono gunane, sebab wong tuku motor yo sing penting bagaimana kebutuhannya bukan gede2an power n torsi juga bukan soal adu gengsi krn gengsi meninbulkan kecongkaan yang dalam ajaran agama sangat dilarang………………..

  25. CBR ga berdaya mo nyaingin rival, mo upgrade fitur, harga udh terlanjur kemahalan, red racing tertinggi 34jt.. mo dikemanain tuh pelanggan yg udah beli tau2 ga lama udh update yg lbh advance (overbore+vtec, body gambot) dg harga yg sama ,, hahahahahaha….

    • Pesimis klo harga sama..bisa2 mendekati 40 juta..ahm kan king of overprice dan Yimm king of upping price wkwkwkwk

      Salam kartel..

  26. Makanya biar ngga rusuh di dunia sport 150cc…sudah terbukti all new R15 2017 unggul power n fitur…ini realistis mas bro…all new R15 2017 mantaaaaaab

  27. “Apakah mereka mampu membuat produknya value for money secara new GSX-R150 dengan power lebih besar bisa dipasang dengan harga yang sangat menggiurkan ??” Loh power GSX lebih besar dari R15 toh?

  28. Nah ini benar infonya, saya seneng yang seperti ini fair, setuju lek iwan, saya selama ini selalu memilih produk yamaha, terutama maticnya, kenapa? karena pas dengan postur saya, sekarang untuk motorsport fairing kayanya saya akan move on ke suzuki yang jelas bukan ke honda, bukan karena power atau harga, tetapi setelah saya coba menaiki memang suzuki gsx r 150 ini yang paling pas dan saya tidak perlu jinjit ketika saya menungganginya, yah buat saya yang penting adalah menyesuaikan dengan kebutuhan… 😉

  29. Ada yg coment g fair membandingkan power 150 cc gsx sama 155 cc r15,5 dibandingkan karena dohc vs sohc ( arm banana shock USD ban gambot / beda berat ) bukanya test nya di dino y bukan dijln.???

  30. emang ymh bisa kenceng? ymh kalo adu motor sekelas harus naikin cc dulu.
    misal yang lain 108cc. ymh main 113cc.
    misal yang lain 110cc. ymh main 125cc.
    misal yang lain 150cc. ymh main 155cc.
    intinya jika cc sama ymh selalu kwalahan. artinya ni mtr emang gak bisa lari.
    bagi yg sering touring jarak jauh pasti tau sendiri.
    rt2 pada milih suzuki atau honda yg putaran atasnya lebih nendang dan stabil.
    gw gak bc. gw sendiri ngakui ymh ada kelebihan nya(kecuali sektor mesin).
    kalo gw punya ymh paling cm buat kota2 aja

    • @Aril.. tidak bisa digeneralisasi seperti itu.. ketika mx berjaya, cs one keluar dengan cc tetap 125.”klaim sebagai mx killer”.. mx bermain di atas 125.. mesin 4 klep bukan untuk saingan bebek kharisma waktu itu.. sudah beda segmen, malah yamaha sering buat blue ocean sendiri yang bikin konsumen mendapatkan yang terbaik dari para pabrikan..

      klo untuk touring, untuk fair saja, saya pernah liat old vixion pimpin rombongan touring,, dibelakangnya banyak tiger.. kata leader nya bilang vixion enak buat touring,, tahan panas, dan lebih irit..

      dalam kondisi touring campuran, akan keliatan karakter mesin yang sebenarnya,, bukan touring fb ya…kadang Honda unggul, kadang Suzuki, kadang yamaha…tergantung rider, kondisi si mesin, dan perawatan

  31. R15
    Power : 16,33 HP @10,200 RPM
    Torsi : 12,58 Nm @ 7,300 RPM

    GSX-R150
    Power : 16,16 HP @10,800 RPM
    Torsi : 12,51 Nm

    Lalu untuk CBR150R?..

    Power : 14,77 HP@9,200 RPM
    Torsi 12,59 Nm@7,200 RPM
    ===================================================

    YG AMPAS SIAPA DONG!!!

Comments are closed.