iklan iwb

Iwanbanaran.com – Luar biasa pakde….IWB harus acungin jempol atas apresiasi Suzuki yang membuka pintu selebar-lebarnya pada para Blogger dalam acara factory visit Suzuki new GSX-R150. Tanpa sekat dan dipandang sebagai penyambung lidah terpercaya, Blogger dan media dilebur menjadi satu. Tidak ada perbedaan disana dan itulah yang seharusnya dilakukan. Akses yang diberikan juga tidak standar ganda. Sebuah tindakan yang patut dicontoh oleh pabrikan besar lainnya. Dan yang cukup mengejutkan mereka juga membebaskan kita untuk mengabadikan proses perakitan new GSX-R150 yang nantinya akan dieksport keseluruh dunia. Ediann…buka-bukaan tenan ki cak !!

Menurut IWB, kepercayaan prinsipal Suzuki memilih Indonesia sebagai negara basis produksi motor sport terbaru Suzuki GSX-R150 merupakan keputusan yang tepat. Melalui PT. Suzuki Indomobil Motor (PT. SIM) ternyata mereka memiliki fasilitas manufaktur dan sumber daya yang lengkap serta modern guna menghasilkan Suzuki GSX-R150 dengan kualitas global. Dan tidak tanggung-tanggung cak, guna meningkatkan rasa percaya masyarakat, Suzuki di Indonesia memperlihatkan seluruh rangkaian proses produksi yang teruji dan presisi di PT. SIM Plant Tambun 1, Bekasi, Jawa Barat…..

Proses demi proses dilakukan. Sebelum Suzuki GSX-R150 maupun tipe motor Suzuki yang lain berada ditangan konsumen ada beberapa tahapan produksi yang awalnya dibagi menjadi 2 bagian berdasarkan material yang akan dibuat yaitu logam dan plastik. Hasil akhirnya akan disatukan dalam proses perakitan untuk menghasilkan bentuk sepeda motor secara utuh. Material bahan dasar logam akan menjalani tahap Pressing, Welding dan Plating. Kemudian material bahan dasar plastik akan masuk ke tahap Injection dan Painting….

iklan iwb

Keseluruhan hasil dari proses tersebut akan digabungkan dalam proses Assembling guna merakit seluruh komponen hingga menjadi produk sepeda motor. Dan sebagai informasi Satu unit Suzuki GSX-R150 sanggup diproduksi dalam durasi 90 detik, sedangkan untuk tipe All New Satria F150 dapat diproduksi dalam durasi 60 detik. Cepet tenan pakde. Komponen berbahan dasar logam yang dihasilkan antara lain frame, fuel tank, swingarm, muffler dan rim wheel. Sedangkan komponen dari plastik akan menjadi body parts untuk tampilan luar….

Sebagai informasi…..fasilitas produksi PT. SIM Plant Tambun 1 diresmikan pada Januari 1991 dengan area lahan seluas 141.746 m2. Hampir 1.000 orang karyawan di?pabrik ini. Kapasitas produksi maksimum dapat mencapai 1,2 juta unit per tahun. Jadi memang gede cak. Saat ini, PT. SIM Plant Tambun 1 memproduksi motor tipe All New Satria F150 dan Address FI untuk pasar domestik dan ekspor, serta Satria F115 Young Star untuk pasar ekspor. GSX-R125 untuk pasar ekspor rencananya juga akan diproduksi di tempat ini…..

Last…dengan plant tour Suzuki ini bisa dipastikan bahwa kedepan Suzuki Indonesia akan menjadi basis produksi new GSX-R/S150 yang akan dieksport keseluruh dunia. Dari gambar pula misteri rangka terekspos yakni diamond twin spar. Jadi memang nggak ada yang ditutup-tutupin cak. Toh feel sat digeber turun Sentul motor termasuk nurut tenan. Lawong wis diitung cak. Nah…berikut beberapa jepretan sosok new GSX-R150 dalam perakitan. Seru ki rek tahun ini…seseru Motogp :mrgreen: ……(iwb)

Credit image : Vandra

148 COMMENTS

  1. Dedek @robby ini sales ahaem apa pengangguran ya ? Selo banget BCin tiap komen positif atau dukungan buat suzuki bangkit… sampe segitunya nyela .. penggiringan opini sana sini.. hahaha.. kasian amat ini orang.. takut banget dagangan nggak laku.. udah makan belom cung ? Obat diminum lah..

  2. Dr komen2 diatas dan di artikel lain, mungkin fbh dan fby udah terusik dgn bangunnya si brand S, tiap brand punya ciri khas design mulai dari merek Y, H, K ataupun S, contoh merek K pnya khas tersendiri dgn Duke nya, dibanding yg lain. maupun S juga yg katanya jauh dr trend motor sekarang. Menurut ane sih ga masalah justru itulah yg membuat kita buyer pnya bnyak opsi dan ga bosen dgn model2 itu saja, harapan ane buat brand S, tunjukkan ciri khas mu, buat lah pembeda dr merek2 lain. Maju terus otomotif indonesia

  3. CBR 150 OTR 34 jt

    No USD 37mm
    No Underyoke
    No Deltabox
    No Alumunium Banana Swing Arm
    No shifting timing light yang akan memberitahu sudah waktunya oper gigi
    No ?assist dan slipper clutch system?.
    No Hazzard
    No Bubble Windshield (ngak pelit kayak NCBR150 yg windshield seuprit)
    No VVA technology (mirip Vtec di Jazz)
    No. Ban Gambot 140 dengan Velg 4 inch belakang
    Power cuma 17ps torsi 13,5 Nm (paling inferior dikelasnya)
    Muka Gepeng
    Model bodi Cungkring
    Posisi terbaik IRS 150 2016 No. 14

    Fix yang beli CBR150 setelah New R15 lahir hanya fansboy buta merek yang doyan produk AHM yang overprice

    Salam Sakit Hati

  4. dari penggunaan frame dan konstruksinya, setidaknya bisa menjawab pertanyaan salah satu alasan kenapa bisa sangat terjangkau?

    • IMHO … Kek nya mirip deh bro yang beda cuman sub framenya aja … yang tempat gantungan mesin sepertinya sama cuman ditambah las-lasan buat naroh tangki …

  5. wuidihh keren banget tuh motor yg fairingnya belom kepasang, jadi kayak motor2 dirt track sama cafe racer karena area mesin padet semok plus stang rendah. gak heran lah kalo besok GSX R/S ditrondolin depannya. bakal keren bin mantap om!

  6. Kang iwan… Ane pengen siih punnya satu yg seri GSX-R Fairing ini… Tpi D daerah ane daelernya susah amat nyarinya… Trus klo service/beli part??

  7. udah liat aslinya,ternyata gak kecil2 amat,lebarnya mirip old r 15,pensaran?ada tuh di deler suzuki dapan amabarukmo plsaza,jogja,

  8. Tak kiro ngrakit motor berfairing pake klamp roda lek, ternyata masih pake standar tengah tho…….

    Jadi tahu aku…. 😀

  9. Baru tau PT. SIM Plant Tambun 1 thn 1991, Masih muda iaya’ hehe..
    SuZuki yg aku tau sebenarnya jg josss. wajarlah kalo blm tenar..masih muda..
    Dan saat ini GSX150RR jadi bahan pertimbangan.
    seadainya sektor fairing dan tampilan depan dipertajam, wouu..Lebih Mwantap.
    Ketemu aslinya di pameran Lampu depan keliatan imuuut bgt.
    Kalo suzuki jeli dgn spare part yang hrganya terjangkau dan memasyarakat aku yakin tdk akan sulit untuk bersaing. Maklum org kita indo bli motor dgn perhitungan biar seconnya gak jatuh saat di jual lagi. kek guah.. hehe.

  10. Saya DOA-in saya & yang baca sekarang bisa beli 1 gsx s150 minimal modif kepala lampu ganti ninja WK WK WK – @min +(sidebox & ricekukernya) visa laju di pantura dah ngak muluk2x

  11. mungkin desain headlampe dudu selerane kabeh wong, memang tetep konsisten ciri khas GSX-R series seng single keen headlamp, tapi kudune iso digawe luwih tajam

  12. Stratetgi Suzuki Indonesia bukan mengejar Market Share Lokal saja tapi Global, Suzuki Indonesia ingin membuktikan bahwa PT. SIS bisa bersaing dengan Thailand, selama ini Basis Produk global Suzuki untuk motor cc kecil Thailand selalu jadi basis produksi, nah sekarang target SIS adalah menyaingi Thailand dalam memproduksi Motor Suzuki cc kecil untuk pasar lokal Indonesia dan juga pasar Global.
    Jadi walau Suzuki market Share lokal agak tersendat mereka tetep bisa produksi banyak motor untuk pasar global.
    Makanya Design motor motor Suzuki sekarang cenderung mengadopsi Design motor Global yang kadang tidak sama dengan selera orang Indonesia yang menjadi pasar Suzuki di Indonesia kurang.
    Tapi untuk jangka panjang jelas ini lebih menguntungkan, karena kedepan selera design akan bergeser mendekati seragam diseluruh dunia akibat faktor kemajuan teknologi informasi yg mana orang diseluruh dunia sudah saling bisa berhubungan tidak hanya dari segi suara tapi gambar dll.
    Strategi Suzuki Joss
    Ternyata Master Design Suzuki dibuat secara global tidak hanya untuk Suzuki Indonesia saja tapi Suzuki di seluruh Plannya dibeberapa negara lain juga menggunakan Master Design Global juga.

Comments are closed.