iklan iwb

vixion

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…sebagai penunggang Vixion, bro Muhammad? Faisal Aulia cukup antusias menceritakan pengalamannya nunggang sport Yamaha Vixion. Motor yang dibelinya sejak 2013 ini kini sudah berusia hampir 3 tahun. Bedah plus minus?coba dijabarkan doi via surel ke IWB……dan berikut testimoni lengkapnya…..

Selamat pagi, siang sore dan malam lek, izinkan saya sharing aja sih untuk berbagi review Yamaha New Vixion dirumah saya, pembelian Oktober 2013. Sedikit cerita ya lek….

Waktu semakin hari berganti, tidak sadar salah satu kendaraan yang cukup friendly sudah nongkrong di rumah saya selama 3 tahun dengan KM lebih dari 60.000KM yaitu Yamaha New Vixion. berawal dari motor di rumah Vario 125 dan Honda Karisma 125 yang sudah ngempos tenaganya tapi ada Suzuki Satria Hiu 115 cc 2 tak yang masih bisa bejaban tenaganya tapi boros amir. Karena ketiga motor diatas butuh asupan temen baru, akhirnya saya memutuskan untuk membeli satu asupan prajurit baru (Vixion) di garasi rumah pada tahun 2013.

Salah satu produk andalah Yamaha ini menjadi satu peluru yang menjadi gacoan sport di Tanah Air, sehingga membuat masyarakat meminang, namun sebagai salah satu user, tentunya saya memiliki penilaian tersendiri bagi motor ini, berikut ringkasannya:

Kelebihan

1. Lincah dan handling ringan banget
2. Mesin oke, dan Irit banget, bahkan ngerasa Lebih irit dari Honda Karisma dan Vario yang CC nya 125
3. Design termasuk longlast, keren dan cukup sporty, walau umur udah lama tapi masih bejaban dengan design baru kompetitornya. Istilahnya masih pede banget lah bawa vixion walau umur juga udah lama
4. Grip yang tersebunyi dibelakang membuat tampilan di belakang kayak Ninja saat malam hari, yang tentunya grip sangat nyaman dan inovasi Yamaha yang cukup Amazing disini.
5. Speedometer yang akurat, pernah saya cek di GPS dan rasio nya cm beda 7 KM/jam
6. Gampang banget di modif, dan modifikasi nya cukup terbilang banyak.
7. Salah satu yg paling saya suka di Yamaha, adalah Jok motor yang nyaman, ntah karena busanya nyaman bgt, jadi ga kerasa pegel di bawah pinggang.
8. Aki dari vendor Yuasa untuk motor bawaan motor vixion, asli awetttt banget, tidak pernah ganti, di sentrum aja ga pernah. Kadang bingung, ini aki kapan soak nya ya.
9. Cat vixion asli tebel banget, sampai skrg cat belum pudar, masih kayak baru. Semoga tebelnya cat tetap dipertahankan Yamaha.

Kelemahan

1. Komstir bener2 jadi masalah, bunyi cekluk saat lewat jalan rusak bikin ga enak di telinga
2. Rantai mudah kendor
3. Handling kadang terlalu ringan, kadang membuat shock depan jd oblak miring kalau ngebut dan jalan rusak, ntah karena faktor tekanan ban atau apa, tp bener mengerikan.
4. Untuk Shock belakang cukup pas, cuman klo bearingnya oblak, asli ngayun banget kayak odong2, ngeri buat ngebut
5. Besi Handgrip gampang kebaret dan gampang kebelek, tp bisa di akalin pakai skotlet
6. Bawaan ban kayak Dunlop dan IRC dari Pabrikan, asli bikin ngepot kalau hujan, yang parah sampai robek gtu ban nya dari Dunlop padahal ban baru setahun (saran buat Yamaha, pakai ban yang enak buat hujan, atau ganti vendor ban)
7. Ntah soket rumah bohlam depan kayak ga jelas ritme daya kelistrikannya, bikin cepet putus bohlamnya, padahal pakai bohlam yang cukup mahal eh putus juga baru beberapa bulan.
8. Spakbor kadang suka miring sendiri, ini paling horor, mungkin ketabrak pemotor di belakang kali ya.
9. Masih sering dilihat orang di jalan (cuma firasat aja sih tapi ga enak banget, termasuk kelemahan nih hahaha), padahal motor ga dimodif alias standaran dan udah lama juga 3 tahun 😀 😀

Kurang lebih seperti itu, yang saya rasakan, semoga kelebihan menjadi daya nilai yang tetap di Jaga oleh Yamaha, dan untuk kekurangannya di perbaiki oleh Yamaha Indonesia.

Regard

Muhammad Faisal Aulia

Cukup fair dan netral. Setelah IWB cocokan dengan beberapa testimoni dari pemakai lain memang demikian. IWB sendiri pasti akan menyaring testimoni…menerawang dan meresapi….baru menyimpulkan. Lek diterawang jebule ada bau-bau sales…corettt, iyo ora cak. Dan bro Faisal IWB lihat konsumen tulen alias pemakai murni….

iklan iwb

Nah..untuk Vixion, motor ini memang sudah teruji. Diluar posisinya yang saat ini ditekan rival…namun secara umum masih banyak yang memuji kehandalan sport Yamaha tersebut. Hanya saja dari jaman rekiplik, isunya tetap wae yakni komstir gampang oblak. Lain-lain bisa sampeyan cocokin dengan pengalaman pribadi. Kalau sampeyan sendiri piye cak…..memiliki testimoni serupa ora dengan kang Faisal?? (iwb)

145 COMMENTS

  1. Jujur yg saya paing suka dari nih motor brake systemnya, point 8 buat gen vixion soal pengereman ini.
    ?
    ?
    ?

  2. Yg gua taun 2009 Setuju bgt dulu 3 thn bersama.. rumah bohlam kacau.. Klo gua smp ga bs pulang krn listriknya error.. Nunggu digusur temen nyampe rumah.. Pindah ke cabe 150 sama ajah 2 taun lampu mati tp listrik masih slamet dan bisa pulang.. Skrg ada niat pindah motor lagi nih.. Pindah merk atau pindah produk..

  3. Semua vixion kayanya punya masalah di komstir
    Saya pun pengguna vixi old yg 2012 udh pernah ganti komstir skali. Dan kayanya skrg hrus ganti lg karna nerebas jalan yg berlubang itu langsung bunyi tuk tuk tuj

  4. Ada yang kurang itu…

    Di geber 8000rmp ngebul…
    Mesin gampang ambrol…
    Shock gampang bocor…
    Vampir oli…

  5. Ada yang kurang lagi…

    Motor muka sempax…
    Kualitas ala kadar seperti mochin2 yg lain…
    Mesin jaman jahiliah… Sohc gampang ngorok…
    Gigi ompong gampang protol…

  6. Joss..emang vixion spare part murah,dan ckup bagus…mesin awet…n irit
    Urusan krusial tetap komsir..gmpang oblak…

  7. nah ini..
    ayas rider NCB yg selalu ngopi n nongkrong dgn temen kuliah ayas yg pake NVA. pernah sesekali gantian pake motor.. jujur ayas rider NCB merasa handling memang nyoss.. tapi teriak nafas rpm di gear 1 g sampai 40an km sudah ngeri beda dgn NCB. kalo buat sendirian keren juga.. cat ok banget memang yamaha.. desain ok.. kadang buat iri.. tapi kalau soal mesin ttp NCB..hehe.. pernah tes drag di jln raya malang pandaan NVA memang kalah.. kalau sudah d gear 4,5,6.. temes ayas juga bilang sendiri.. tapi ya ga jauh2 amat kalahnya.. cuma g sanggup nhejar kalau sudah tertinggal.. tapi ini g begitu penting se.. heheh
    NCB ayas yg ktanya ada bunyi klotok iya pernah tapi setelah d bwa ke beres “gratis” sampai sekarang g ada lagi tu bunyi klotok.. kalau komstir oblak.. ayas belum pernah nemu d NVA temes ayas..
    so sesuai selera aja.. ayas pd banget tu naik NCB n begitu juga temes ayas.. apalagi saat motor NCB ayas d pake ujub.. walah.. sexieh abis.. xizi..
    so semua produk ada kurang ada lebihnya.. rawat motormu.. beri perhatian dan cinta juga.. karena barang itu juga bagian dari hidup kita..
    salam biker

    • oh ya 1 lagi.. kekurangan NVA kalau menurut temen ayas yg ngingoninya.. lampu depan kurang sangar..
      dan dari ayas sndiri.. biritan NVA ok banget di banding milik NCB..
      tapi walau gimanapun juga.. NCB ayas ttp yg paling ok.. hehe

  8. Saya pakai v-ixion 2008 sampe sekarang. Puas dan belum mau ganti, sudah ganti kampas kopling 5 kali sama ganti plat preasure sekali. Trus ganti bearing arm 1x, ganti komstir 1x. Tapi setiap abis ganti part. Serasa manteb lagi, padahal sebelum ganti part rasanya pengem banget ganti motor. Tapi abis ganti part, loh kok jadi sayang ya soalnya v-ixion ma jd enak lagi. Love this bike. Note sebelum vixion motor paling lama cuma 3 tahun itu pun pake 2 tak.

  9. Apapun motornya tetep aja hujan khujanan…..panas kpanasan…
    Salam satu aspal
    Klo saya lbih nyaman pke tiger revo 07

  10. Satu lagi kelemahan nya lek motor pigson ku ngebul kalo di geber 8000rpm.gara gara telat ganti oli.

    Muehehehehehe.

  11. oke fix … ini sales alias fby … maklum lagi sutress … wkwkwkwk

  12. Saya juga udah lebih 3 tahun pakai vixion, dan hampir masuk tahun keempat. Masalah utama ya memang itu, komstirnya mudah oblak, padahal udah ganti baru masih aja bunyi celetuk. PR besar buat yamaha. ?

  13. A ra ngerti ra nduwe vixon soale. Nduweku new smash 2007 si gesit irit. Mesine jan wanteg tenan, ws tau kasatan oli yo rpp. Ws nggo tabrakan yo rpp. Ra dipajeki 5 thn yo rpp (ojo ditiru) soale ki jamane tax amnesi. Ok ngono wae testimony smashku. Salam sigesit irit.

  14. Saya pakai Vixion ’09…. Tiga tahun pertama aman2 aja, malah bingung part slow moving belum ada yg diganti2,klo fast moving (kampas depan/belakang, busi) sudah ganti karena buat harian….
    Jok Yamaha emang beda, lebih empuk dibandingkan dengan kompetitor, enak buat jalan jauh, lampu terang…
    Tahun ke empat mulai “penyakitnya” muncul, komstir. Sudah diperbaiki sama beres setahun kena lagi.
    Tahun berikutnya (ke-5) kiprok, gejalanya endut2-an padahal bensin masih full. Ganti, beres. Terakhir ganti Thermostat, gejalanya mesin cepat over heat, diganti beres lagi…
    Tahun ke-enam dijual, alhamdulilah harganya masih tinggi jika dibandingkan dengan kompetitor, bisa beda 2-3 juta.
    Kesimpulan pakai selama enam tahun bersama, puas… Handling oke, irit, maintenance mudah, jok empuk, lampu terang, cat masih kinclong, harga jual masih oke….

  15. saya sebagai penguna nvl,memang merasa risih kalo tunggagan ngak sehat,tapi yah gitu namanya motor merek apa pun yoh pasti ada plus-minus nya..
    contoh nvl ane…
    kebetulan dulu ambil.warna pamerah putih,maklum indonesia banget hehe,awal2 pake ruar biasa enak mantep tanpa keluhan karena masih masa inreyen jadi belum berani pakai topspeed,setelah masa inreyen bantai redline suaranya bakalan mencengangkan kayak ngeden tapi ngak keluar hehe…dapet 3 bln pake dah 2 kali ganti kliper rem eh nganu kliper apa master yoh,ternyata yang rusah rumahnya…whow,sampe sekarang dah 1 tahun lebih belom ganti2,kalo soal spakbor brlakang anne akui itu bener3 aneh bin ajib 3 kali dibenerin dan sampe2 mur nya dol haha masih aja,sekarang yang ane rasain getaran ditangan yang semakin menjadi2 apa faktor karena ane pasang peninggi setang kali yah,ngak tau lah tapi ngak enak banget kalo jalan jauh,kalo soal mesin ngeden ngak jadi masalah bagi ane karena saya bukan speed freak,tapi kalo getaran ditangan ini yng zebel bin ngamuk…soal ban atau mesin bagi saya ngak ada
    masalah,mungkin temen2 bisa kasih saran soal getaran ditangan yang bikin kebas…

  16. Om iwan banaran. Daku mau Tanya jujur dari hati nurani terdalam. Dengan segala plus minusnya,apik Honda opo Yamaha??
    Milih produk Yamaha opo Honda??
    Jangan bohongi hati nuranimu.
    Klo jawab pilih Honda, gk jawab prefer to Yamaha.
    Semua yg disini jadi saksinya..

    • Bagus kawasaki ama suzuki kang, tapi dari yamaha vs honda, yamaha ane saranin utk yg suka ugal”an, maen libas jalan tanpa pikir motor mau nabrak polisi tidur/lubang ane saranin yamaha karena part bawaan fisik pabrikan yg lebih kuat/solid dari honda, dan kelemahannya ada pada irit bbm, dan kebalikannya

  17. gile th 2013 udah 60rb aja, vixi ane aja 2011 baru nyampe 29rb

    menurut ane emang komstirnya gampang oblak tp sampe sekarang jg gak ane ganti, cuma pernah ganti kiprok sama aki aja gara2 motor sering mangkrak jadi rusak akinya.

    Kl skr sih udah kurang nyaman dipakai tarikannya kurang greng, maklum jarang dipakai mangkrak di parkiran kantor dan gak keurus, terakhir servis aja bulan may..wahaha..

    setahun lalu masih sering ane pakai jkt-bgr, tp skr dah nyerah gak kuat boyoke kang iwan…
    jd skr mondar mandir naik R3…eiiit tp bukan yamaha lho…

  18. Artikel pancingan agar FBY keluar dari Zamban.. setelah keluar semua, baru di tabokin lagi dengan artikel diskon Miong Zonk aka Obralan gede gedean yang segera di ikuti ploduk ploduk yaMaho Laennya

  19. Saya pengguna vixion tahun 2015 dah 3 bulan buat OjOL tiap hari makan aspal 300 km fine fine aja ga ada masalah seminggu ganti oli sekali, 50 ribu beli pertamax masih sisa banyak,,,,yg bilang yamaha ngebul dan boros boleh liat motor saya

  20. Wekku komstir e wes mulai ra beres lik, stang di ayun? ke kiwo tengen koyo glek glek glek … Tapi pas dinggo mlaku gak kroso ( rpm 4500 keatas ) grip ban depan tak akoni jan jempol tenan, iki kayak e penyakit e yo mulai menyerang bosh arm dinggo nerjang jalan elek cetak cethak cethak biyuuh ape ganti komstir bambu ga enek sek adol a ndek jawa tengah ??

    Bbm tergantung tangan kanan, ane pake pertamax 92 1bar bisa sampai 48km ( kondisi tanpa boncengan ) boros ya lik wkwk tangan kanan ku maine rpm 7000 keatas terus

  21. Haha…
    2. Sangat tidak setuju dibilang lbh irit Dr karisma. Cc 125 bebek kalah irit sama vixi. Wkwkwkw… Realitanya karismanya karbunya bocor x om. Xixi
    7. Nyaman Dr hongkong.? Posisi tangan membungkuk, pegel klo jalan jauh, apa LG klo boncenger. Hahaha… Jok keras yg belakang, Nyaman Dr mana boncenger..?
    8. Aki yuasa doank bangga.
    9. Cat.? Tergantung perawatan lah.

    • Geblek yg ngatain cat tergantung perawatan, cat honda dri tahun ke tahun semakin jelek kualitasnya, malah cat supra helm in 2013 ane lebih awet warnanya dari cbr 150r k45 2015, dan setelah ane tes motor ga pernah dicuci selama sebulan full gara” musim hujan, di cat cbr ane striping repsol ada jamur nya di bawah fairing samping, kanan dan kiri, di supra ane ga ada masalah catnya tuh??? Ketauan lo sales honda goblok, mulut lo penuh racun anjing, buat produk mesinnya aja yg bagus, cat, bodi, part gampang rusak

  22. . Vixion 2010 merah marun ane udah 5 tahun mesin masih halus, buat lari masih ngacir padahal sebulan sekali pulang pergi Cirebon Purwokerto, nda ngebul masih awet.. Cuma komstir udah ganti gara gara pernah di tabrak..

  23. Vixion 2010 merah marun ane udah 5 tahun mesin masih halus, buat lari masih ngacir padahal sebulan sekali pulang pergi Cirebon Purwokerto, nda ngebul masih awet.. Cuma komstir udah ganti gara gara pernah di tabrak..

  24. Vixion 2010 merah marun ane udah 5 tahun mesin masih halus, buat lari masih ngacir padahal sebulan sekali pulang pergi Cirebon Purwokerto, nda ngebul masih awet.. Cuma komstir udah ganti gara gara pernah di tabrak..

  25. Oh brarti seluruh ban pabrikan meskipun vendornya dunlop masih kualitas bawah thoo, sip kang thanks infonya bisa jdi masukan, ane kirain cuma irc sama federal aja yg gampang slip dan licin ?

  26. @saliwo : sependapat kalau soal irit, Karisma rajanya motor irit, makanya sampai sekarang tetep saya rawat Karisma D tahun 2004, Karisma kalau kondisi mesin sehat 1 liter bensin bisa menempuh diatas 80KM.

    kalau soal nyaman atau tidak tergantung tinggi badan, berat badan dan cara duduk. tiap orang punya selera masing-masing tidak dapat dipaksakan.

    kalu soal cat memang yamaha lebih baik dari Honda. honda bukan catnya yang jelek tapi pernisnya kelewat tipis, makanya biasakan pernis ulang buat motor honda. kalau soal kualitas cat kawasaki yang paling bagus.
    Vixion memang mempunyai banyak kelebihan dan kekurangan.

  27. vixion memang kelemahan di komstir,dari jaman old vixion sampe nva rata2 disitu,sama shock belakang linknya ada yg sampe patah lek,tp overall vixion cukup buat commuter sama jalan2 jauh,iritnya mantebb

  28. Komstirnya mahal banget kang aku baru ganti komstir old vixi 2012, Rp.470.000. dan punya abang aku nvl 2013,jarang pakai, oli mesinya tinggal 1/2.ltr.
    Itu kebetulan atau emang bawaannya begitu ya kang………

  29. 87.cah bagoes
    ganti dimana?, ko mahal banget aneh, coba cek di katalog yamaha.
    biasanya ane ke konsumen cuma meminta 250rb buat ganti komstir, itu udah termasuk jasa pasang.

  30. NVL 2013 udah 53866 km.

    masalahnya hanya di komstir dan rantai,
    bila waktunya ganti parts, udah enak lagi.
    coba baca di buku manualnya. ada saran2 penggantian setelah sekian km.
    lagian partsnya murah, seandainya tak ada di toko, bisa ke dealer dan responnya selama ini oke, paling lama 5 hari saja udah di telpon dealer bahwa udah ready partnya.

    untuk lampu saya pernah mengalami putus bolakbalik, ternyata setelah kawat penjepit lampu di tambah tekukkannya sehingga lebih kuat menekan bolham, sampai saat ini alhamdulillah tidak ada masalah.dan memperkuat/ngrapeti dudukan rumah lampu depan.

    motor ini juga eman mau jual, krn enak banget untuk harian dan touring. dan mudah banget partnya.

    semoga berikutnya bisa nambah MT.
    maju terus yamaha indonesia !!

  31. vixion ku beli 2014 komstir aman aja lek, malah aki yang udah ganti ampe 3kali karena penanganan beres di daerah (kasongan kal teng) tapi yang paling bikin bete yaa rantai nya itu lho yang cepet banget kendor dan kemrosok

  32. New vixion itu keren sih, enak sih, irit sih, cuman sih banyak partnya yg gampang dedel/rusak sblum waktunya. Nih ya nvl gw th2014 akhir baru 5bulan komstir udh kena, trus headlamp berisik, baru 1,5 tahun spull udah gosong, bearing2 dalem mesin ganti semua sampe total 1jt an lebih, padahal lo ya oli rutin ganti setiap 2rb km, servis sebulan sekali, iki servis apa mek dipentelengi tok ya sama bengkel dealer? Yaa gimana ya, enak sih enak motornya cuman kok durablenya itu lho kurang. Kecewa sih engga, cuman nyesel beli ni motor, kwkwkwkwkk akhirnya cuman bisa standart dan gak brani ngebut

  33. 6. patkey – October 18, 2016

    OBLAK itu udah HAK PATEN !!!

    ——————————————————————————-

    Klothok-klothok juga HAK PATEN..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  34. Kayaknya yg bagus komstinya scorpio..
    Aku.pake.8 tahun blum.pernah oblak..
    Nih ..byson 5 tahun..di tahun ke 3 udah jedak..jeduk..emang sih cumam di kemcengen doang..

  35. sama sprti itu lek aki awet banget tpi komstir emng gampang oblak pmakaian 3 tahun aki awet komstir bosok rantai udah ganti juga. yg paling ngeselin klo udah 90 kpj mw naik udah susah ngeden hrus pinter2 mlintir bru bisa 120 kpj, ane pake yg mesin 3C1 lek vix 2011 putih.

Comments are closed.