Memprediksi banderol Honda all new CBR250RR twin silinder........

120

RENDER-CBR250RR-BLACK-THE-LAST3b

Bro dan sis sekalian…walau belum diluncurkan ternyata banyak pertanyaan dilemparkan ke IWB atas banderol all new CBR250RR. Rata-rata pembaca berharap banderol sendiri jangan melebihi angka 65 jutaan. Pertanyaannya…..apakah bisa sang kuda besi dipasang dengan harga segitu?. berikut analisa dan prediksi IWB…..
MBtech-iwanbanaran.com (22 Jun-15 Jul'16)

 

Beberapa selentingan dari dealer sebenarnya banyak menyebut angka 62 jutaan. Walau jujur secara pribadi agak sulit mempercayai isu tersebut karena dilihat dari sisi manapun sebenarnya rada nggak logis mzbro. Kenapa??. Ninja 250 SE LTD saja saat ini dijual Kawasaki diangka 68,9 alias nyaris menyentuh 69 juta…..

Padahal secara paket yang ditawarkan all new CBR250RR disinyalir bakal melompat dari para kompetitor mereka. Tercatat USD, LED, riding mode (50:50), swing arm besar dan masih banyak kelebihan lain yang akan terjawab saat peluncuran nanti. Artinya secara hitung-hitungan seharusnya sang twin silinder Honda berpotensi diatas Ninja 250 SE. Lho…tapi kan Ninja CBU sedang CBR rumornya diproduksi lokal??….

Sebenarnya nggak semua mzbro. Selentingan yang IWB dengar….mayoritas mesin masih digarap oleh Honda Jepang. Jadi part komponen engine sebagian import dari sana. Lalu komponen USD walau dirakit oleh Showa Indonesia….komponen juga import dari Showa Thailand yang dikirim secara terurai ketanah air baru setelahnya dirakit. Makanya secara built quality rumornya meningkat dibanding produk AHM lain….

Last….penjabaran diatas hanya hasil bocoran dan terawangan. Benar atau tidaknya hanya pabrikan yang tahu. So..dengan kata lain jika AHM memang mampu menekan harga dikisaran 60 jutaan kecil, IMHO ajaib tenan. Sebab logika IWB banderol sendiri terbuka diangka 70 jutaan keatas. Kita tunggu saja kepastiannya pas launching nanti. Eh…emange sampeyan ngarep piro banderolnya? (iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

120 COMMENTS

  1. 1
    jarot says:

    Berapa z gw beli
    ..

    • ███▓▒░░アℜ㊣∂ąț❂ℜ™░░▒▓███ says:

      “Ninja 250 SE LTD saja saat ini dijual Kawasaki diangka 68,9 alias nyaris menyentuh 69 juta”

      kualitas yg bicara brayyy

    • syarif says:

      Eh bro honda juga punya kualitas yg ga kalah sma kawasaki, mending jangan so tau dulu, mending nanti liat aj hasilnya gmn, emng klo lebih bagus kawasaki ok kawasaki, klo honda ok honda. Yg penting skrng jngn ngmong liat aj ke lapangan.

    • アℜ㊣∂ąț❂ℜ_----✈ says:

      bukanya sok tau ya tp fakta yg bicara….
      apa km prnh liat ninja 250 karbu lansiran awal warna catnya pudar? adakah gradasi antara striping dg wrn tangki / fairing…

      fyi: quality control kawasaki sangat ketat…

      jd jlz kualitas kwski khususnya ninja level tinggi
      nah klo cbr rr kan msh meraba raba

      smoga Faham

    • slamet says:

      Jangan bandingin ninja dgn beat, bandingin sama cbr250r dong

    • FBH ngimpi 2 silinder says:

      Mending nunggu ninja 250RRRR , 4SILINDER dari pada ini…

      Masa lampu belakang common part ama BAJAJ Pulsar 135

      Kasian FBH disuruh ngimpi lagi … NGIAHHAHAHA

    • Rider The Kill says:

      Ndis is the one that can bring nin250fi come to an end

    • Dhimas says:

      R25 Ga dianggep bro?

    • Rider Tua Bangka says:

      mungkin dijual di harga 78 juta lah….. tau sendiri wa… honda kan suka pasang harga over price… sekalipun mesin buatan jepang kan assembling masih dalam negri wa… kemungkinan salah setting dan terjadi suara klotok klotok masih terbuka lebar. beda cerita kalo mesin datang gelondongan wa… baru dah ane percaya ama kualitas jepang. ingat suara kasar pada mesin banyak di akibatkan karena kesalahan dalam perakitan alias assembling waa…

    • @NAK DEW@ says:

      jangan jd provokator lah…
      udah bagus ahm kasih harga friendly buat konsumen diangka 62jt…

      ini malah nyuruh pabrikan jual lebih tinggi…
      aneh bgt sih

      sorry ane sedikit nyentil kang, sebagai konsumen ane ngerasa dirugiin dengan provokasi sampeyan

      🙁 🙁 🙁 🙁 🙁

    • Skidrow says:

      Bisnis ngga ada kata friendly bro

      Kalo mau bagus ya bayar lebih

    • Andreis says:

      Nah betul itu

    • Kojay says:

      62 juta lu dapet dari mane? Emang udah diumumin? Koplak lu.

  2. 2
    paman-pentol says:

    coba2 pertamax

  3. 3
    tri_wicaksono says:

    sadis

  4. 4
    aven says:

    Sedikit mirip ducati ya

  5. 5
    Rahmat Romadhan says:

    Cuma bisa nikmati ancbr150r lek wkwkwk, nda mampu klo yg 250

  6. 6
    TEM0N says:

    harga segitu dpt mobil LGCC om…. G kepanasan G kehujanan.

    • whisky says:

      kenapa sih perbandingannya sama mobil?
      berarti daripada beli r25 dan ninja mendingan beli mobil lcgc dan mobil bekas dong?

    • Ngabidien says:

      untuk mereka yang belom mampu beli mobil, pikirannya pasti ke LCGC, market nya kan ditujukan buat yang mampu, atau bike enthusiast, bukan yang mempertimbangkan ambil Motor atau mobil,,

    • sotoy says:

      LCGC mgkn yg di maksud y om?

  7. 7
    adek says:

    73 jt

  8. 8
    Mas Canggo says:

    Ya harga jujur aja Kang… Biasa produksi nya berapa.. Harga jual nya 25%nya Saja… Itu wajar… Kawasaki ninja 250 udh bukan build up Kang.. Ngga percaya Tanya Kang Taufik tmc.. Dia pernah tulis.. Gaya aja kali bilang masih build up sejak 2014 udh ngga.

  9. 9
    adit says:

    60 aja kang, ingetin honda nanti kasus kartel hahahahaha

  10. 10
    abdul says:

    kayanya di bawah 70 kang harga yg standar

  11. 11
    bingle says:

    motor mahal ini

  12. 12
    Lisyanto says:

    75 an masih cukup masuk akal lah kang

  13. 13
    whisky says:

    harga moge di amerika aja sama dengan harga mobil.tapi masih aja ada yang beli motor tanpa membandingkan “ah mending mobil saja”.kebiasaan orang indo ya begitu.membandingkan sama produk yang beda peruntukkannya.parah!

  14. 14
    nobi says:

    moga aja gk lbih dr 70 jt

  15. 15
    Old lady biker says:

    Fbh ttp nguimpi 2cyl

    • Jhon Gendhon says:

      Fbs mimpi buruk dealernya berubah jadi warungsoto…maklum,susuki orapayu……..

    • Rider The Kill says:

      di tmpat ane da dealer y.m.h. bro, diratain tnh. Entah mau upgrade bangunan atw apa

  16. 16
    polala says:

    Ngacanya jangan dr Ninja dong, Ninja uds terlalu overprice, kalo mau nentuin harga ya dr NJKBnya. NJKB 40 Juta dijual 60 juta juga uda kelewat banyak untungnya. Oh lupa ini merk honda, harga brapapun tetep laris *eh

    Belom lg ini batch pertama, masi banyak luputnya saat buat

  17. 17
    Realbiker says:

    ngarep harga dibawah 60 jt, mudah2 didengar sama pabrikan.
    Biar tidak ada monopoli harga.

  18. 18
    Kamis Pahing says:

    Prediksiku 72,6jt

  19. 19
    Anton says:

    Mestinya harga tertinggi 60juta kurang. Soalnya produksi lokal. Sekalian membabat habis motor yang overpreett. Salam BIKER.

  20. 20
    a says:

    Oh produk ahm jelek ya kang?
    Kalo pingin bagus harus import???

    • Kojay says:

      Bukan jelek bloon. Baca lagi. Maksudnya krn lokal jd biaya produksi lebih murah krn kaga da ongkir. Gt dah gampangnya. Bebel

  21. 21
    AZ says:

    sekali kali pengen jawab omongan kaya gini…

    yg beli motor 250cc keatas, normalnya seleranya ga pake LCGC pakdeeee….

    jadi bahasa kasare motor e 250cc ya belinya mobil diaatas LCGC kecuali yang meksa beli 250cc tp asline pas pas an, jangan di generalisasi

    • Andy Sanz says:

      perbandingan motor dan mobil itu beda ya bro… kalo motor 250cc ya bandingan mobilnya yg 2500cc baru cocok. biar gampang begini aja… daripada beli ninja 250cc ya mendingan beli lancer evolution X lah…. atau beli toyota camry 3500cc sekalian hahahaha… LGCC itu setara motor matic bray…

  22. 22
    dohc says:

    wajib beli

  23. 23
    Heindra says:

    72jt ae = adol sapi 4. tpi sapine sopo yo seng gelem d dol???

  24. 24
    Toki says:

    Gak sabar buat nunggu NINJA 250 4silinder jadi trendsetter seperti th 2008 silam,, bocorannya udah kayak moge tulen DELTABOX, TRUE SWING ARM banana, USD

  25. 25
    suzilover says:

    “Makanya secara built quality rumornya meningkat dibanding produk AHM lain….”
    Ada yang bisa jelasin????
    Gagal paham ???

    • Skidrow says:

      Ya build quality AHM terutama body kemrosak

      Kalo mesin sih jos
      Tinggal ngrakit mesinnya sambil mabuk apa kaga

  26. 26
    Juooss says:

    yang bilang beli mending Beli Mobil

    berarti anda “BUKAN PECINTA MOTOR”

    Otomotif itu adalah tentang 2 Hal
    1. Kebutuhan
    2. Hobi / Kegemaran

    jika anda pilih Mobil dan pilih gak kehujanan atau kepanasan
    berarti anda menempatkan Otomotif pada kebutuhan

    tetapi Beda dengan Motor khususnya Jenis Sport

    ini tentang Hoby
    Hoby tidak memandang kebutuhan
    selama mampu beli, ya beli…
    terlepas dari kehujanan,kepanasan, capek, pegel2, dll
    di buat harian Oke
    di buat salip salip juga oke
    di buat gaya juga oke
    di buat jarak Jauh atau dekat juga oke
    dan yang lebih special adalah, ketika pake Motor Sport
    bisa lari kenceng ( walaupun cuma Test Test ), dan bisa cornering ala pemabalap
    itu tidak ada di MOBIL

    ingat..ini Hobi bukan Kebutuhan

    dan sensasi kepuasan Hati tidak bisa di beli walaupun dengan Mobil sekelas Alphart

    • CF110R says:

      Sip om
      Kadang hobi juga bisa kebutuhan
      Kejadian sama temen, beli mobil buat di oprek2 terus ikut klub jadi mobilnya buat hobi
      Malah motornya sebagai kebutuhan sehari2 buat kerja
      Kalo saya sama saja, motor ya buat hobi juga kebutuhan sama seperti mobil saya
      Nah kembali ke konteks, mobil ya mobil motor ya motor jangan di generalisasi ntar ribet sendiri
      Kadang milih motor aja bikin bingung karena banyak brand kok malah di banding2kan dengan mobil
      Jelas beda satu beroda 2 yg satunya beroda 4
      Pendapat harga masih di bawah 65jt untuk CBR250RR

  27. 27
    Leginem says:

    Wis… Nek gak kuat tuku yo nrimo wae…, Ora sah podo ngoyo Om….

  28. 28
    Biker Kenyang says:

    Usd, rbw, gambar sayap, jaringan bengkel menggurita, harga di bawah 80jt? Ya tidak mungkin dong.

  29. 29
    A Liang says:

    Harga 70-75jt masi ok ? asal kualitas dan desain dll oke semuanya.. keep for update ya bang IWB.. thanks

  30. 30
    Frendy says:

    Kalo harga 50 jt langsung jual ninja ?

  31. 31
    Jhon Gendhon says:

    Setelah AHM merilis all new CBR250RR,disinyalir Suzukzuk ikutan latah meloncing Thunder 250R,mesin thunder125 dua biji dilakban jadi satu,pake fairing fiber made in pasar klitikan,swing arm bulet yg penomenal tetap dipertahankan….bruakakakaka…..

  32. 32
    eka says:

    pengin nya sih 85jt

  33. 33
    Jhon Gendhon says:

    Ketika fbh,fby&fbk disuguhi motor sport berbagai jenis dgn desain yg keren2,FBS cuma plonga-plongo memandangi thunder katrok yang lampu seinnya kepleh2….

    • satria says:

      Ini komentar anak alay…. Yang gak bisa kejer FU

    • H.Arap Sabar says:

      hahaha..persis kaya FBH waktu nungguin ¼ liter 2 cylinder…plonga plongo ngeliat cbr jomblo..minta 2 silinder malah di kasih lampu 2 keen eyes..akakak

      #fbh-amnesia

  34. 34
    excellerates says:

    milih gratis aja 🙂

  35. 35
    vegadeth says:

    dijual 90jt pun tetep dibeli, wong cbr250 single aj tetep laku walau cm puluhan wkwwk

  36. 36
    rafa says:

    69,9jt

  37. 37
    david says:

    versi Non ABS 62jt. ABS 70JT. ABS SE 75jt.. kalau benar segitu brodollll tnan cak…

  38. 38
    fby - bk says:

    We’re waiting for Ninja 4 Silinder

  39. 39
    bang herman says:

    35jutaan ambil satu

  40. 40
    sODRON says:

    SETUJU cAK karo pyan,,, biasa bilang drpd ninja mending agya,,, lah dari pada lamborghini beli aja dump truk wkwkkww

  41. 41
    mamang rossi says:

    Sepertinya harganya diatas 80 sampai mendekati Kawasaki ER-6n.

  42. 42
    kodokijo says:

    20. suzilover – July 21, 2016
    “Makanya secara built quality rumornya meningkat dibanding produk AHM lain….”
    Ada yang bisa jelasin????
    Gagal paham ???

    ==========================================
    Artinya built quality produk2 AHM yg udah ada itu di bawah standard. Nah… CBR ini yg kualitasnya sesuai ama standardnya Honda Jepun.

    • andi says:

      Mungkin maksudnya standar produk honda yang penting semua part SNI .
      Dan lolos durability 5 tahun minimal..
      Makanya kan produk honda ahm bukan produk global, maksimal regional asean yang masih 11 12 kualitasnya..
      Cbr ini kan jadi produk global makanya standar produk disesuaikan tujuan negara ekspor eropa jepang misalnya..
      Gitu bro..

    • Neutral says:

      Kalo r25 gimana kang wkwkwkwk
      R25 aja yg produk global kayak gitu, apalagi cbr nanti

  43. 43
    Randy says:

    Ninjanya aja yg kepedean jual mahal….belagu kawasaki mah… %25 aja jauh dari harga ninja

  44. 44
    Randy says:

    R25 maksudnya

  45. 45
    harisnanggala says:

    meski kualitas juga menentukan harga, ane melihat pasar yang disasar pengguna moge yg lebanyakan pemula jadi ane harap ngga lebih dari 68 juta rupiah..

  46. 46
    Menretz69 says:

    Er6n bekas 70jt an.. lol

  47. 47
    Y2k says:

    Lebih dulu new beat kang yang brojol

  48. 48
    PANITIA SUNAT MASSAL . . . ! ! ! says:

    Pantau terus . . .
    Masih setia sma si ijo…
    Klo iman goyah trpaksa di lego…
    🙂

  49. 49
    Nitrogent says:

    Kemahalan sih kalo sampe banderol 70 jutaan, soalnya kadang Honda suka gembar gembor motor keren dan bagus, tapi hasilnya nihil, apalagi motor 200cc keatasnya honda, performanya suka dipertanyakan, nanti gambarnya doang bagus, motor aslinya biasa aja

  50. 50
    nick fbh mimpi 2 cilinder mana ya says:

    old lady biker kozel kozel liat cbr250rr wkwowkwowko
    sesembahannya masih sibuk jualan ayam cungkring

  51. 51
    Wahyu Nasrul Borong Poster z800 says:

    yaiyalah QC Ninja baguss

    WONG CUMA BIKIN NINJA DOANG, BARANG UDH LOKAL HARGA TETEP

    DIKIBULIN ATAU GIMANA TUHHH? FBK G-E-B-L-E-K

    • Pakboletus says:

      Ente kagak punya ninja busa bilang fbk geblek. Rasain dulu make ninja, kesengsem ntar jilat ludah sendiri kek an*ing

  52. 52
    jack says:

    65 juta bungkus 1 lik. tak dolke sawahe pak carik.

  53. 53
    C Stella 115 says:

    kasi harga 65 deh paling tinggi,,,,,, klo udah diangka 70 ntar malah ngelirik motor seken 2 silinder 650cc……..

  54. 54
    euan says:

    Yg jadi pertanyaan tuh dimana letak sen depan?? Di video n screenshot gak kliatan di fairing
    Dimana hayo?

  55. 55
    mbokne dobol says:

    kualitas kaoskaki bicara? iye tong mesin lemot durabilitynya dapet, ngoahahahahaha :v

  56. 56
    euan says:

    Yg jd pertanyaan, dimana letak sen depan nya??
    Di video teaser n screenshot gak kliatan di fairing.
    Hayo dmn??

  57. 57
    fath says:

    palingan 80 juta kaum beat mana sanggup beli, cicilan aja belum lunas

  58. 58
    Peminat says:

    yang beli 250cc++ biasanya lebih ke hobi bukan kebutuhan, jadi saring dulu kalau mau comment

    • tomcat says:

      Mending beli agya drpd cbr…ujan ga keujanan…panas ga kepanasan…motor keren jd sasaran begal…nih komen udah ane saring om

  59. 59
    bdt says:

    ninin juga dirakit di mareh kok,

    info thn lalu dari temen yg kerja di kawak, tapi thn lalu keluar,

    karena kondisi internal kawak dah ngak kondisip , terutama spsi dgn manajemen

    makanya pasa saat hari buruh, ada karyawan pake ninja, yach itu karyawan kawak

  60. 60
    FBO says:

    Nunggu harga pastinya aja, bntr lg jg launching..

    OOT: Lek, kalo berkenan, tlg kolom email dan nickname diperbaiki, soalnya buat komen kok dari dulu msh gk bs kesimpen jg klo udh close website sampeyan..
    Klo soal save password dan auto login wordpress mah udh gw lakuin tp tetep gak kesimpen.
    Mksh lek sblmnya.

  61. 61
    Jamal says:

    Modiarrrrrr kau R25 + Ninja…..

  62. 62
    bedote says:

    Ya mbok yao lek iwan.54 ngono ae,tak melu kredit

  63. 63
    dodod says:

    Honda am yamaha kena kasus tuh…
    Yg meng kartel harga matic 110-125cc…
    Kalao mau kasih harga tinggi mungkin dipikir” lgi sama ahm…

  64. 64
    Old lady boker nguimpi kabeh says:

    lhaa apa lagi fbs……
    semua cuma nguimpi tok……
    ekekekekekek…..

    Maxsiskutik…nguimpi….
    motor batangan….nguimpi….
    apa lagi 2 cyl….mimpi e hora ketulung…

  65. 65
    mmm says:

    yang beli CB250RR ini bukan kaum beat, sama hal nya dengan R25 bukan kaum mio m3 yang beli. Juga bukan kaum yang pengen punya mobil.. ngapain bandingin sama mobil murah, orang mobil udah nongkrong di garasi

  66. 66
    anak pantai says:

    berharap cbr250rr laris biar genk ijo ga over bikin harga. mau nyebar isu ninja 4 clynder, percuma!
    bukan fbh

  67. 67
    djatmiko says:

    Bergayalah sesuai isi dompetmu….Jgn maksain….kasian orgtua kalian yg pas Pasan….. biasanya yg pake 250cc dirumah punya byk matic…. bukan buat harian tp hobby para bro…

  68. 68
    s says:

    Iwan emang lu ga tau Kalo. Kwasaki yg sngaja jual mhal alias overprice? Atau u lupa ya? Apalgi gara2 sinetron lgsng naik 3 juta lbi gileee. Pdhal tknologi da tua lma dri thn 2002

  69. 69
    mbah kromo says:

    mantab, strategi pemASsaran honda ini. Pertama blogger suruh memuji muji bahwa ini bagus kemudian suruh memperkirakan harga yang pantas. harga pantas itu harus tinggi. harga perkiraan tinggi ini punya dua fungsi. pertama menunjukkan bahwa motor ini bermutu krn mahal itu seperti identik dgn mutu, seolah olah bgt. Kedua untuk menjadiakn motor ini terasa murah kalau kalau nantinya dipasang pada harga dibawah yg diperkirakan blogger, walau sejatinya harga tetep saja tinggi. ide pemasan bgn sangat brilian…. pinter tenan penggggasnya..andai aku ada di team pemasaran itu, yakin saya blm mampu berfikir sejauh itu…..

  70. 70
    Gue says:

    Motor lemot gini 40jt aja.

  71. 71
    2 stroke lovers says:

    Kang aplikasi IWB via IOS udah gak di rawat lagi ya. Sudah sebulan lebih gak mau update. Sayang kang padahal nyaman baca via app IOS dari pada via website. Thnx

  72. 72
    SuHaDi The Real JetBus says:

    kalo di Papua 65 juta gak papa lah…

    berarti di jawa bisa 50an juta… hehehe

  73. 73
    SuHaDi The Real JetBus says:

    hmmm…Ninja 250 sekarang sudah bikinan Cikarang

    sudah lokal tapi masih seharga CBU

    apalagi R25,sejak awal dibuat di Karawang,kok harga bisa sama dengan Ninja250 CBU

  74. 74
    MIKIR LO !! says:

    mending beli mobil LCGC, CONGOR LO SESUAI DENGAN GAJI LO YANG PAS KEMBANG KEMPIS !!

    UDAH LIAT TEST CRASHNYA LCGC ? 0 BINTANGNYA. HAHAHAHA

    KALAU KATEGORI MOBIL, LGCG ITU LAWAN NYA SAMA MOTOR 110CC DAN SEKELASNYA. ALAKADARNYA !!

    KALAU DI MOTOR HARGA 70 JUTAAN LAWANNYA SEKELAS MOBIL 200 JUTAAN !!

    JADI UNTUK GAJI KEMBANG KEMPIS GK USAH CONGOR BANDINGIN LCGC AN.

  75. 75
    Ndy Rosidin says:

    Sieun aah ,,makena oge motor jiga kieu mah…!!

    # Sieun aya nu ngabegal di jalan…hehe

  76. 76
    embahe mbah darmo says:

    hahaha….saknooo…saknooo

  77. 77
    AZ says:

    setujuhhhhh

  78. 78
    AbsenGan says:

    Konsumen Indo emang kere maunya kualitas lelas dewa tapi harga entri level… halloooo..!!! Kangan disamain sama produk 250cc yg sebelumnya.. ini Honda you know #koplak lu pade..!!

    • ?METALLURGY ? says:

      Sambil disempluk pake swallow.. Plak plak plak plok plakapok.. Ngiahahaha

  79. 79
    ikeh kimochi says:

    Lah mas, motor 70 jt dah premium, nggak sekelas mobil 200jtan kalo dibandingin mas.

  80. 80
    Ninja 250 fi says:

    Yang bilang kualitas jelek ngomong aja kalo mau beli gapunya duittttt… Motor keren kayak gini masih adaaa aja alesan nya untuk dijelek-jelek kin… Kalo ga kuat beli gausah komeentttt… Wkwkwk…

  81. 81
    lanafreak says:

    keren..

  82. 82
    kaka says:

    kalau 70 an keatas mah atuh bukan produk lokal mas bro…ya 62 juta lah wajar….!

  83. 83
    yoyo says:

    56jt

  84. 84
    Faisal Anas says:

    Aq heran dg para fb smuanya tanpa
    terkecuali. Kalo pabrikan/motornya
    laris manis kok bangga, seneng
    banget. Seolah2 dia yg
    jualan, seolah2 dia yg pny pabrik.
    Pdhl dia seorang pembeli yg tdk pny
    sangkut pautnya dg perusahaan.
    Klo jd konsumen nikmati aja apa yg kamu beli,
    gal usah banggain pabrikan
    yg bikin produk. Bangga itu klo
    beli sesuatu yg berkualitas, bagus,
    awet dan tahan lama
    Bukan bangga beli krn produk tsb
    laris dipasaran.

    semoga d beri hidayah.
    *Be smart

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here