iklan iwb

oil after race (3)

Bro dan sis sekalian… tidak banyak yang tahu kesibukan para kru mekanik saat pembalap mereka berlaga. Baik sebelum ataupun sesudah race. Jepretan yang jarang terpantau adalah saat mekanik mengganti oli motor pasca digeber selama 20 lap terus menerus. Dan inilah sosok olinya….jian hitam kayak lumpur euyyy !!!…

iklan iwb

Saat IWB akan balik kehotel pasca nonton WSBK…..pandangan IWB terpaku pada salah satu mekanik yang sedang utak-atik motor dibelakang paddock. Namun bukan nyeting mzbro……tapi doi ternyata sedang ngetap oli. Karena penasaran IWB segera nyamperin untuk melongok lebih detil. Ternyata….

Oli yang ngocor dari oli mesin jian hitam. Termasuk kental bener kayak lumpur tanda oli harus bekerja keras. Pelumas ini menjadi nyawa utama untuk melindungi piston ketika digeber maksimum ditiap RPM. Rasa ingin tahu tidak cukup sampai disana. Pertanyaan selanjutnya….berapa liter oli untuk motor buat turun balap diajang SS atau SBK ?. Jawabannya adalah….

“4 litre..”ujar sang mekanik singkat. Jebule sami mawon dengan produk masal kangbro. 4 liter kangmz. Detil demi detil IWB pelototin. Selain masalah proses ngetap oli….IWB makin mlongo saat melihat frame sang kuda besi yang menggunakan full karbon. Sadizzzzz. Tidak heran dunia racing selalu super mahal. Sasis wae karbon. Kalau sampeyan ingin tahu lebih detil….intip wae video dan gambarnya dibawah ini. Semoga berguna….(iwb)

Video Youtube rupa oli mesin motor pasca race

HP klik disini

 

oil after race (2)oil after race (6)oil after race (4)oil after race (1)oil after race (5)

110 COMMENTS

  1. Om, Om PREDATOR…, dicari mbak Isyana.,.., diminta bantuin…. Bantuin apa saya kurang tahu Om..

  2. ekekekeke wess biasa kang yen dadi emas lagi gumun

    penak e kie bekass oli nie. buat cuci muka bapak bapak Penunggang Beat Pop yg jebol Kunci kmaren lek

    hayayayaya

  3. Oli super hitam gejala mesin over panas.
    Ya Wajar standarnya aja ZX10R durasi in 296? out 293? overlap 75?.
    Pakem tuning Kawasaki mirip sama yamaha, istilahnya satu guru satu ilmu ….. Xixixixixixixi

  4. kang iwan, itu oli item banget juga karena penggunaan kopling basah dan absennya SSG sehingga pemakaian kopling lebih banyak dan di dalam olinya pasti terkandung banyak remah remah/ ampas dari kampas kopling. Beda dengan motoGP yang pake kopling kering sehingga oli tidak bekerja melumasi kopling hanya mesin dan perseneling, sehingga diisinyalir oli bekas motoGP bakal lebih bersih daripada oli bekas SBK/SS

    • Oli yg dipake di yamaha movistar bukan yamalube bro tapi eneos. Yamalube cuma sponsor aja.

  5. Olinya indentik dengan yamalube.. Mpx..spx
    Mirip sales Dan kacung merk ..penggila merk sembahannya…
    Akakkakakak…. Sales mode on..Fansboy norak…

    Bensin aj premium..

  6. “Wartawan” karbitan ya gini, gumunan. kalo mekanik balap pasar senggol suruh baca ini artikel ini pasti ngakak. Dipake buat balap ya wajar oli “rusak”, orang balap bebek 130cc aja dan cuma 8 lap udah item, apalagi motor wsbk. Ketauan nih kalo wawasan tentang mesin masih cetek. Dan itu rangka bukan karbon tapi rangka standar yg di tutup karbon karena rangka standar dari almu terlalu fleksibel buat balap, karena dilarang ganti rangka makanya diakalin dengan dilapis karbon biar lebih kaku. Wawasannya diperkaya ya, jangan cuma asal mangap sok2an ngomong jawa tapi amburadul sampai yang orang jawa aja bingung sampeyan ngomong apa. Gak heran deh trans7 kapok pake ente buat jadi komentator, dongo sih hahaha piss.

  7. Kang,itu kolam air dingin buat istirahat abis race gimana?kan biasanya ada rider atau driver yg abis race lgsg nyemplung di kolam es gtu.

  8. mekanik e ngawe status.. orang indonesia tu aneh y kita ngetap oli aja pada gumun .. hayah wkkwwk

  9. liat mekanik dunia ganti oli gak di semprot kompresor… stop pergi ke AHASS mending ganti oli sendiri

  10. Jirr ya balapan wkkwk.. btw oli apa itu?
    Saya mah Untuk harian motul aja sudah cukup, enak gak bkin mesin drop, gk cpet panas, gak nguap (ester loh ya), awett tenann wkwk..

  11. Saya terpaksa setuju dengan mbah darmo diatas (teknis),persis yg saya perhatikan eh…dibawah sudah ada yg komen sama dgn saya.

    Oli baru,starter aja geber geber bentar.tap deh…langsung aja hitam.gak peduli itu oli balap/heavy duty.
    Apalagi balap yang bisa pakai viskositas 0W yg cairnya kayak air.ya pasti hitam lah.ga usah wsbk juga hitam.

    Rangka,jelas jelas itu carbon wrap yg berguna melindungi agar frame yg panas tidak kena ridernya.jadi BUKAN CARBON FRAME.kalau carbon frame namanya sudah kelas wsbk.

    Cukup heran saya,sepertinya bukan opini kaliber IWB deh…sampai sampai saya zoom gambarnya dan terlihat jelas di bagian bawah dan samping swing arm pivot itu carbon shield.saya rasa IWB perlu cermati lagi demi kemajuan blog anda.tidak semua pembaca anda org bego dan bukan pemerhati,malah ada beberapa yg pengguna barang tsb.mengingat wsbk parts nya mudah dibeli dan gak canggih2 amat seperti motogp.salam membangun

Comments are closed.