iklan iwb

yamaha-f1zr-2

Bro dan sis sekalian…..sebuah surel dikirim ke IWB tentang adanya informasi dari salah satu dealer yang mengaku bisa membuka PO pada motor yang sudah stop produk selama kuota memenuhi. Isu serta obrolan panas itupun akhirnya membuat salah satu pembaca warung ini berinisiatif menanyakan ke IWB. kebetulan tema motor yang diangkat adalah Yamaha F1ZR Betulkah hal itu bisa dilakukan ??. ….

iklan iwb

Kang Bureng salah satu pembaca melemparkan pertanyaan yang cukup menarik. Sebuah pertanyaan yang sempat membuat IWB mengerutkan dahi karena lumayan nyleneh. Berikut surelnya ke IWB….

Kang Iwan pripun kabare?. Mugi-mugi sae lan sehat. Ada dikit pertanyaan yang sedikit aneh ni Kang. Kemaren waktu ngobrol ngalor ngidul tentang motor ada yang nyeletuk komen kalo kita bisa pesan motor yang udah stop produksi dengan kuota tertentu. Menurut sumbernya dari bos diler. Misal pesan minimal 100 unit. kebetulan yang jadi obrolan adalah yamaha F1ZR. Lha mbok menawi kang Iwan sanes wedal pangging kaleh petinggi2 Yamaha tulung mang tangkletke. Apa benar apa tidak. Dengan penggemar fanatik yang masih puluhan ribu, siapa tahu kalo bisa mereka akan berminat memesan dengan memenuhi jumlah kuota yang di tentukan. Nuwun sewu nek pertanyaane nyleneh. Matur suwun lan pangapunten sak derenge.

Jika diterjemahkan, bro Bureng minta tolong agar ditanyakan kemungkinan memesan motor yang sudah stop produksi. Dan tema produk yang dibahas adalah Yamaha F1ZR. Bebek 2 tak yang sudah discontinue ditahun 2000-an. Awalnya meragukan namun setelah mendapatkan kabar bos dealer bisa melakukannya…maka doi goyah dan coba menanyakan via surel ke warung ini. Nah…apakah benar demikian??…

Soal ini sih IWB ora usah bertanya ke pejabat YIMM, sing ono malah diguyu (diketawain). Simpel…jawabannya saklek ora iso ditawar yakni…..tidak mungkin !!!. Lha kog iso kang IWB?. Tapi bos dealer lho yang ngomong?. Bos dealer sing endi ki?. Biar IWB ajak ngopi nang Waris Tulungagung sekalian nyethe :mrgreen: biar fresh pikirane. Kenapa??…

Ngeracik motor bisa menjadi bentuk utuh nggak kayak ngadon tempe tahu. Sebuah produk melibatkan ratusan vendor penyuplai komponen…dari A-Z. Suspensi….knalpot, sasis, mesin, seal, kelistrikan dan buanyakkk lagi lainnya. Mereka bekerja berdasarkan pesanan dan biasanya jumlahnya cukup masif yakni ribuan. Nah…jika pabrikan mengatakan discontinue…maka komponenpun selesai….

Yang kedua aturan atau regulasi. Pabrikan besar bukan pabrik rumahan seperti di Cina yang bebas meracik motor semaunya. Ketika produk tidak memenuhi syarat regulasi (disini Euro 2) tidak mungkin diam-diam tetap diproduksi. Iso di jewer terkewer-kewer tenan mzbro sama pemerintah. Artinya apa?. Seluruh produksi motor melalui jalur dan mekanisme yang cukup rumit dan ketat….

Lha iki….jika kuota memenuhi syarat bisa dipesankan. Bos dealer kurang piknik koyone. IWB juga mau pesan RX-Z ah kalau gitu kedoi. Opo mending RX-King wae ya kang?? :mrgreen: . Pesan moral dalam artikel ini?. Jangan mudah percaya dengan iming-iming yang tidak masuk logika. So…apa yang dilakukan bro Bureng dengan melakukan cek silang sudah sangat tepat. Ehhh…sampeyan mau pesan apa?. RX-Special opo Force 1 ??. IWB panggil Doraemon dulu ya biar ditarik ketahun 1990an :mrgreen: ……(iwb)

154 COMMENTS

  1. Mungkin temen ngobrolnya modus kali mas iwan,alias mau nipu hahahaha…. Bos dealer gadungan keliatannya sih…

  2. Kayaknya sisa parts lama itu bro.
    Soale saya cari parts blok silinder punya CB125 thn 74, dua tahun lalu masih ada di Bonjer. Barusan udah nggak ada lagi.
    Trus saya ada jip FJ40 thn 77, piston asli masih dapet tuh di Senen. Tapi kata yg jual stok terakhir.

  3. pertanyaane kalau udah di stop produksi ko partnya masih banyak yang di jual di toko spare part ya kang????piye coba??

  4. fby fby….

    huahahahaha….

    pantes ae…. di kek i motor bosok mesin jadull kemebulll manggut2 ae…

    • omong t*i—- lu owlang waaa
      dozzz kowe pgn mkn enak ora…
      reneo tak kasih pizza
      oleh? kita ouwlang dr italy waaa

      haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

  5. 2 Tak Reborn. Bila itu terjadi yang takut Honda. Bahan bakar alternatif ramah lingkungan mudah diterapkan pada motor 2 Tak yg tarikannya spontan.

  6. RXZ saya sudah saya istirahatin dirumah. tapi masih nyala.
    motor kenangan dari SMA sampai kerja 2010, masih setia nemenin.
    sekarang udah ada Adek2 nya yg ganti in tugasnya, Byson dan Mbeat.
    RXZ tetep jadi motor kenangan, top speed sampai 140 km/jam (sekitar tahun 2002) boncengan pulang ke kampung.

  7. buat apa beli dohc hello kitty jika bakalan nangis diasepin sport 2 tak maknyuuuusss…
    klo real dohc nya satria sih Ok.. lha dohc nya AHaeM.. no..no..no….

    • Mending DOHC kenceng…..drpd SOHC lemmotnya gak ketulungan plus Borooos

      Fix FBY buta mesin plus BLO’on
      Wakakakakakakakaa
      Jleb

  8. Ya Pasti bisa lah kang.. yamaho gt loh.. Stok gudang masih banyak numpuk.. lihat aj di dealer dealer yaMaho banyak Stok motor lama numpuk di gudang…

  9. kalo spare part vendor memang harus sediakan bro…klu ga salah smp 10 thn setelah discontinue vendor tetep harus supply utk spare part tp quantity gak sebanyak masspro….

  10. Kayaknya bisa deh kang kalau inden F1ZR.. soalnya bos dealernya bisa import dari malaysia yang masih punya stok barangnya walau sudah didiscontinue (Yamaha 125 ZR klo ga salah). Mengapa pemesanan harus memenuhi kuota tertentu? Mungkin menurut analisa ngawur saya agar biaya transport dari malaysia ke indonesia bisa ditekan. suwun kang

  11. motor f1z-R mengingatkanku waktu SMU kala msh berpacaran dg agnes monica ?

    haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

  12. Inilah kenapa yaMaho sering bikin motor Daur ulang aka part campur campur Gado gado. karena stok di gudang masih banyak numpuk.

    Sebagai Contoh terupdate.. yaMaho Mat Sabre sebagai motor Daur ulang dari Rhoembeng 15 RRRRRRijekan India SOHC Operstruk y hora Payu di preteli Di daur ulang jadi Mat Sabre men…

  13. Sebagai Contoh lagi motor yaMaho Daur ulang dari stok di gudang yaMaho adalah Underok bro.. pake nama daleman Rok lagi..

    yaMaho Underok sebagai motor Daur ulang dari campuran metik yaMaho Xeong RaCun n group Metik Miong jhik Zonk Bhantet Bin Bhueghel y masih banyak numpuk di Gudang Broo

  14. serius iki kang omongan saya.. saya jga pernah dengar hal serupa dan memang bisa di lakukan tp ad bedanya kita mmang tdk bisa kalok meminta pabrikan langsung yg pnya merk.. bisa nya kloning atau njiplak .. jd pesan di tiongkok.. minimal pesanan krang tau 1kontener atau 100unit… yg jelas bisa tp barang kloningan kyk suprax125 kloningan jupiter kloningan. yg bnyak bredar disini.. stau saya sperti itu..
    jika meminta langsung pabrikan tentusaja g bsa.. appetinggi dlier itu suwasta dan main di IU bisa jadi .. krna lbh mudah akses ke barang2 sperti itu..

  15. Padahal mksd dari bos dealer itu simple. di gudangnya masih numpuk dagangannya y hora phayu bro.. maklum motor yaMaho emang raja penunggu gudang..

  16. Mau Obral dagangan stok gudang aj pake bikin isu bikin pesanan khusus segala Broo… Noh yaMaho BiZonk juga banyak numpuk di gudang… apalagi Miong Zonk.. Penunggu gudang sejati broo…

  17. mungkin motor cb jadul+ C70 yg skrg bnyak berkliaran itu produk yamaha ya broww

    buka mtanya

  18. Enakk tenan klo bsa preorder mah.. bisnis rxking baru dijual 50jt laku wis hahaha

  19. Mentok juga pesenan khusus di importkan dari India broo.. sama persis kayak yaMaho Rhoembeng15 RRRRRRijekan India import dari india YIMM cuman bertugas mengecat ulang.. pantesan koar koar cat.. lawong di cat ulang bro.. wkwkwkwkkwwk

  20. Kon tuku produk anyar wae Kang…opo kui sejenis fb sg ra percoyo produk terkini…

  21. yg hina motor jadul berarti tololnya gak ketulungan, CBR 150 4Stroke lansiran 2016 vs NSR 150 90an 2storke ngebul berani gak…? gak usah saling menghina tiap orang punya hobi sendiri dengan motor retro.

  22. yg pesan orang yv gk peduli lingkungan…….
    atau mungkin buat fogging nyamuk dbd……

    fby mmg suka yg ngebull

  23. Mgkin yg di maksud sisa kang.nah sya mau tny lgi nih kang.kira2 ada gk sisa produk lawas kang ? Y sperti fizr,vega r lawas,gl pro,supra lawas dll..msak iy stiap produk itu hbis trjual smua kang ?

  24. di daerah sumatra barat masih ada tu di gudangnya … seperti yamaha 125z tiara dlll cozz kaga kejual masih ready stok bro tapi kudu taxa harga dulu cozz pernah beli 125z cuman 20 jutaan hahaha….old stok bro tahun 1999 – 2000 an

  25. Nasib Motor penunggu gudang macem yamaho Xeong RaCun… mentok juga di daur ulang, FBY wes senenge hora ketulungan broo…

  26. bro Bureng mabuk lem Kang 😀

    sy inden Yamaha Touch sm Tiara sj klo begitu 😉

  27. Atau mungkin kalo beneran ada yg beli mau diimporkan malaysia, kan disana masih ada Yamaha YZ125 2 tak, kalo disini F1ZR to?? dia bilang juga jika memenuhi kuota 100 PO, jadi sisan sing ngimpor,
    yo ra mas Iwan ??

  28. pengalaman pribadi,
    pada tahun 2007 kemarin saya coba pesan spare-parts Yamaha RZ-R ’90 ke bengkel resmi Yamaha, mereka tampak kebingungan dan saya dioper kesana-ke sini karena tidak ada satupun orang di beres yg pernah dengar tentang Yamaha RZ-R, bahkan di list mereka juga tidak ada. mereka baru manggut2 ketika saya nyebut RX-King, sambil ngomong kalau spare-parts motor 2 tak sudah tidak diproduksi lagi.
    jadi berdasar pengalaman tersebut, menurutku tidak mungkin YIMM terima pesanan motor 2 tak lagi seperti klaim di atas.

Comments are closed.