yamaha-f1zr-2

Bro dan sis sekalian…..sebuah surel dikirim ke IWB tentang adanya informasi dari salah satu dealer yang mengaku bisa membuka PO pada motor yang sudah stop produk selama kuota memenuhi. Isu serta obrolan panas itupun akhirnya membuat salah satu pembaca warung ini berinisiatif menanyakan ke IWB. kebetulan tema motor yang diangkat adalah Yamaha F1ZR Betulkah hal itu bisa dilakukan ??. ….

iklan iwb

Kang Bureng salah satu pembaca melemparkan pertanyaan yang cukup menarik. Sebuah pertanyaan yang sempat membuat IWB mengerutkan dahi karena lumayan nyleneh. Berikut surelnya ke IWB….

Kang Iwan pripun kabare?. Mugi-mugi sae lan sehat. Ada dikit pertanyaan yang sedikit aneh ni Kang. Kemaren waktu ngobrol ngalor ngidul tentang motor ada yang nyeletuk komen kalo kita bisa pesan motor yang udah stop produksi dengan kuota tertentu. Menurut sumbernya dari bos diler. Misal pesan minimal 100 unit. kebetulan yang jadi obrolan adalah yamaha F1ZR. Lha mbok menawi kang Iwan sanes wedal pangging kaleh petinggi2 Yamaha tulung mang tangkletke. Apa benar apa tidak. Dengan penggemar fanatik yang masih puluhan ribu, siapa tahu kalo bisa mereka akan berminat memesan dengan memenuhi jumlah kuota yang di tentukan. Nuwun sewu nek pertanyaane nyleneh. Matur suwun lan pangapunten sak derenge.

Jika diterjemahkan, bro Bureng minta tolong agar ditanyakan kemungkinan memesan motor yang sudah stop produksi. Dan tema produk yang dibahas adalah Yamaha F1ZR. Bebek 2 tak yang sudah discontinue ditahun 2000-an. Awalnya meragukan namun setelah mendapatkan kabar bos dealer bisa melakukannya…maka doi goyah dan coba menanyakan via surel ke warung ini. Nah…apakah benar demikian??…

Soal ini sih IWB ora usah bertanya ke pejabat YIMM, sing ono malah diguyu (diketawain). Simpel…jawabannya saklek ora iso ditawar yakni…..tidak mungkin !!!. Lha kog iso kang IWB?. Tapi bos dealer lho yang ngomong?. Bos dealer sing endi ki?. Biar IWB ajak ngopi nang Waris Tulungagung sekalian nyethe :mrgreen: biar fresh pikirane. Kenapa??…

Ngeracik motor bisa menjadi bentuk utuh nggak kayak ngadon tempe tahu. Sebuah produk melibatkan ratusan vendor penyuplai komponen…dari A-Z. Suspensi….knalpot, sasis, mesin, seal, kelistrikan dan buanyakkk lagi lainnya. Mereka bekerja berdasarkan pesanan dan biasanya jumlahnya cukup masif yakni ribuan. Nah…jika pabrikan mengatakan discontinue…maka komponenpun selesai….

Yang kedua aturan atau regulasi. Pabrikan besar bukan pabrik rumahan seperti di Cina yang bebas meracik motor semaunya. Ketika produk tidak memenuhi syarat regulasi (disini Euro 2) tidak mungkin diam-diam tetap diproduksi. Iso di jewer terkewer-kewer tenan mzbro sama pemerintah. Artinya apa?. Seluruh produksi motor melalui jalur dan mekanisme yang cukup rumit dan ketat….

Lha iki….jika kuota memenuhi syarat bisa dipesankan. Bos dealer kurang piknik koyone. IWB juga mau pesan RX-Z ah kalau gitu kedoi. Opo mending RX-King wae ya kang?? :mrgreen: . Pesan moral dalam artikel ini?. Jangan mudah percaya dengan iming-iming yang tidak masuk logika. So…apa yang dilakukan bro Bureng dengan melakukan cek silang sudah sangat tepat. Ehhh…sampeyan mau pesan apa?. RX-Special opo Force 1 ??. IWB panggil Doraemon dulu ya biar ditarik ketahun 1990an :mrgreen: ……(iwb)

154 COMMENTS

    • Amankan Dari ghost buster blo’on

      Jlebb

      Kavooooorrrr
      Wakakakkakakakakak

      • orang” yg ingin membeli produk yamaha yg sudah di discontinue adalah org” yg sudah membuktikan ketangguhan motor yamaha.. dan model yang tak lekang oleh waktu.. bayangkan saja motor era taun 90’an sampai sekarang masih keliatan bagus seliweran di jalan.. kalo motor h*nda baru 2tahun aja udah keliatan jelek.. makannya langsung di facelift.. be smart

        • karena meraka mungkin miris liat produk” ahaem yg kualitasnya sangat jelek.. seperti shok bengkok, body geter dan gampang ambrol, durabilitas mesin kw3, cat gampang pudar, itu kenapa kebanyakan motor h*nda di skotlet full body… be smart

        • Terus tahun 2008 berjaya,kemana orang2 yg beli dulu.logikanya klo tahun 2008 fby fanatik puas profuk honda.maka taun 2015 beli lagi produk yamaha dong…uni honda ms kok 72 %.jadi kualitas mana yg bagus

          • Wakakakakakakaakakkaakakak
            25% dijamin ngutang semua…..karena kalo beli Yamaha jaminan harus kredit.
            Kalo Honda terserah cash atau pun kredit.
            Jleb

            Kavvoooooooooorrrr
            Wakakakakakakakakakakaakakaakakakak

    • Pernah sih dulu (2013) waktu nongkrong di Bengkel lagi ngobrolin lelang motor RX-King bekas Kepolisian ehh tiba-tiba ada Bapa-Bapa sales sparepart ikut nimbrung dan bilang kalo RX-King mah meskipun udah disuntik mati juga tetep masih bisa beli yang baru dgn cara minta dibikinin ke Pabriknya di Pulogadung.. Tapi ya gitu Mas Iwan jumlah pembelinya harus sesuai kuota yang ditentukan, baru pabrik bisa merealisasikan produknya.. sama kaya kasus F1ZR di artikel ini lah 😀

  1. Hihihi nguimpiii mbokan iku bos dilere…opo mabok kecubung wulung…montorr yamaha sing anyar yo skeh ora karu karuan pesen sing wes di kuburr dalam dalam.

    • Sok ngemeng jam neng malay. Kowe mesti pas chat karo bojo mu tho??
      Takon transfer an. Sing wingi wis entek, mbok wenehke gendha’an mu.
      Ekekekeke.

  2. Jam 4 esuk mesti njedull kie warunge lekk Iwan…lumayann kena go batirrr kanca kerja mbengii hiehiehie….

  3. bos dealer yg ngomong ?. hallow mas brooo. bos dealer loh itu, bos dealer taunya cuman dagang harus laku sesuai target, udah gt doang gk lebih, gk punya akses ke bagian pengembangan n produksi motor, apalagi kebijakan ngproduksi motor.
    kalo bos loakan yg bilang saya percaya, tinggal asembli ulang aja dari part” bekas/cetak ulang partnya di bengkel rumahan, bisa tuh jadi 1 motor “refurbish”.

  4. Senajan La wong dya cuman guyon yang denger kok malah “bungah atine” mozok bos diler kurang rekreasi? Emang bener produk cina Rongsok kw semua

  5. Yamaha rxz jadul di singapura masi banyak seliweran di jalan, smokeless pula

    Mantap asapnya ngebul dikit aja langsung surat tilang datang ke rumah

      • fix bapake ibam saiki jadi doraemon permotoran roda 2..
        ekekeke ngerriii
        kalau doremon asli di dalam kantong ajaib ada banyak alat2,
        kalau di kantong doraemon iwb cuma ada 1 burung jantan tapi bertelor…

        #kabuurrr??

  6. ga usah inden f1zR mending inden mx king, pigsen, r15 aura kemebul 2stroke masih kentak di dna sohc 4 valve itu om ?

  7. saya pesen Yamaha Touch kang, si kecil dahsyat!..dulu pernah punya warna hitam produksi 2001..sayang karena ga bisa ngerawat barang discontinue, tahun 2010 dijual T_T..

  8. wuih pangil draemon.. mau dong pintu kemana aja…biar keraj bisa pulang pergi rumah di kampung ke pabrik

    Gesits di pesan 15.000 unit, pesaing pun datang>>goozir.com

  9. Aku Zaza pesen jet tempur Shukoi ke Rusia suruh Nunggu 10 tahun.

    ekekekekek

    Ngeri

  10. Tahun 2000 pernah mau beli GLMax. Kata dealer, dia pesan udah 4 bulan nggak dilayani sama AHM Pusat. Katanya kalo pesanan mencapai 2000 baru dibikinin.
    Terpaksa beli GLPro yg punya fitur unggulan getar itu.

  11. Haha
    Efek xabre dan aerox gagal laris yimm mau membangkitkan motor dari kubur
    Masih belum bisa move on sepertinya

  12. @JOKO SALES TUKANG NUNGGING di sodok PISTONN
    Loe yg nyeles duluan malah teriak2 manggil saless, les,leeeesss,,,,
    Gue tau ente abg labil yg baru lulus kemaren sore? F1ZR produk gagal dari hongkong?
    F1zr awal kebangkitan yahama di indonesia, motor JAWARA ROADRACE coyyy, asal jePlax aja loe,,,

  13. Kalo sama? ngebul mending ambil pigZonk…….. Ngebul sih tapi LEMMOT.
    Jlebb

    Wakakakakakakakakakakak
    Kavoooooorrrrr

  14. Bos dealer.nya kurang piknik?
    Ngakak Lek ?
    Mungkin juga butuh aqu b si bos.nya hehe..

  15. Jaman dulu medio 2000an emang bisa wan….
    Itu boss dealer masih kebawa romantika masa lalu.
    Dulu gue beli ts125 disuruh nunggu karena kuota belum nyampe jadi kalo pas ada pesanan dari polri atau perhutani baru dibikin lagi.
    Tapi itu statusnya belum yuro yuro an loh…
    Discontinued yang karena udah ga ada peminatnya kek RXZ dan YT115. Kalo udah kebentur regulasi pemerintah yah ga bisa.
    Dan cuma berlaku di pabrik kualitas dua kaya yamaha dan suzuki aja…ga bisa ke astra honda. Mau minta honda win dibangkitkan dari kubur 100.000 unit buat BRI atau kantor pos juga ga bakal diladenin.

    Motor cuma berapa duit sih? Parts baru masih banyak….bikin baru sendiri aja deh kalo cuma FIZR xan RXZ sih ga susah asal ada doku nya.
    Eiiits…..sama mentalnya. Bisa niat ok, begitu nyampe toko spareparts yg dibeli imitasi semua.

    • Sudah jelas yang di babak itu F1ZR ga bisa di produksi lagi walau permintaan banyak. Emang F1ZR itu produk Ngondah ?
      Sampeyan ini ngomong panjang tapi ga karuan.

  16. ” Sebuah produk melibatkan ratusan vendor penyuplai komponen?dari A-Z. Suspensi?.knalpot, sasis, mesin, seal, kelistrikan dan buanyakkk lagi lainnya. Mereka bekerja berdasarkan pesanan dan biasanya jumlahnya cukup masif yakni ribuan. Nah?jika pabrikan mengatakan discontinue?maka komponenpun selesai?.”
    ————————————————————
    lah berarti ketersediaan sparepart original setelah motor di discontinue juga gak terjamin berarti… lah wong fendor pun ikut nyetop produksi part….trus hari ini di diler masih ada part asli RXKING tu yg bikin genderuwo po tuyul…..?

    • Gini kalo anak smp nimbrung obrolan mahasiswa…..

      Parts tuh macem macem dan sebagian common parts.
      Divisi produksi beda dengan divisi parts. Ada forecast sendiri ketika katakanlah motor laku 1000 unit maka parts akan dibuat max 10% dari unit produksi itupun masih ada prosentase buat slow moving dan fast moving.
      Buat fast moving jangan takut…saya bengkel restorasi hardtop juga. Mau cari apa aja ada… Kga ada? kanibal aja maaih ga dapet donor…bikin aja. Apa sih yg susah asal ada duit.

    • Kalo spareparts teteep masih ada stock hingga 10 tahun sejak tahun produk discontinue

    • Om yg ganteng gini
      Misal vendor headlamp atau spatbor atau apapun itu, tiap vendor ada batas jumlah kapasitas produksi
      Ambil misal part spatbor diproduksi yg jadi unit motor ada 1000 maka itu dilebihkan
      Kalau om tanya seperti itu mungkin itu part2 yg sisa produksi yg memang di alokasikan sebagai fast moving atau slow moving
      Gitu lho om yg ganteng
      Tambahan lagi jika unit sepeda itu semakin laris di pasaran biasanya kapasitas produksi di tambah lebih banyak lagi

  17. Memang betul Kang Iwan..
    Kalo dijelaskan pembuatan komponen satu persatu nya..
    Akan sulit jika bikin hanya untuk 100unit misalnya..

    Tapi, kalo seandainya motor sudah dalam bentuk utuh.. ? Tapi masih belum laku..? Gmn mas Iwan?

    Soalnya 3th yg lalu.. Saya dapet info dari tanggerang sana.. Kalo yamaha nouvo lele, masih bisa pesen.. Cuma harus cash , ga bisa kredit. Mungkin Kang Iwan bisa jelasin.
    Apa mungkin bisa.. Nuhun kang.

  18. motor bapak saya masih RX-Special kang, tahun 97 sampai sekarang masih awet terawat, tarikan yahud…..

  19. bekne isok yo aku pesen fizR seng special edition werno kuning kang, knalpot telo mantaapp…

Comments are closed.