iklan iwb

Lizawaty-KSR

Sampeyan pasti bingung dengan judul diatas. Sebuah judul yang hadir dari hasil percakapan IWB dengan salah satu jurnalis negeri tetangga. Yup…Firdaus teman IWB yang asli Malaysia ini ketemu dan berkenalan IWB dengan saat di Thailand ketika ngetes ban anyar dari Pirelli. Obrolan singkat yang membuat IWB sendiri mengerutkan dahi. Sebuah ungkapan menarik yang dilontarkan bro Firdaus yakni….motor keren tapi helm tidak branded tidak laku di Malaysia. Maksude??….

Beda negara beda juga dengan tren. Siapa menyangka negeri tetangga kitapun demikian. Jika disini sampeyan nunggang motor keren wae sudah cukup untuk menarik perhatian khususnya lawan jenis. Tidak perduli helm sampeyan kucel ataupun SNI abal-abal….lek wis nunggang Ninja…pasti lebih gampang melakukannya. Tapi di Malaysia tidak berlaku karena helm lebih penting dibanding motor itu sendiri….

iklan iwb

Kalau di Malaysia harga helm para biker mahalnya hampir setara dibanding motornya sendiri. Karena disana sudah menjadi tren dan pride. Lebih gampang menarik perhatian cewek dengan motor biasa helm branded dibanding motor bagus tapi helm jelek…”seru Firdaus setelah IWB translate ke Bahasa Indonesia (bosone Melayu Malaysia IWB susah ngutip :mrgreen: , tapi lebih kurangnya demikian). Nah….lhak yo heran mzbro….

biker malaysia
“Memiliki helm bagus menjadi hal wajib di Malaysia..”

Makanya menurut Firdaus, biker disana akan berlomba-lomba membeli helm kelas atas seperti Arai, Shoei ataupun pengaman helm bermerk walau motor hanya sekelas Dream 110 misalnya (kalau ditanah air kayak Astrea Star kangbro). Padahal banderol motor yang IWB sebut hanya kisaran 14 jutaan (RM 4,299). Lha harga helm Arai….antara 8-10 jutaan. Piye ora ngowoh cak….

Last….tiap negara memiliki tren berbeda. Ketika para kawula muda menganggap suatu barang lebih bernilai dan menarik perhatian….maka tren itupun terbentuk. Seperti halnya contoh helm diatas. Padahal kalau disini mau sampeyan pakai helm AGV atau Arai tapi motornya butut….ngrayu cewek idaman sampe dower pasti susah nempel tuh. Sebaliknya…helm ici kiwir seadanya tapi motor Ninja250, ora usah ngrayu….klakson wae wis kayak perangko. Hayoo…ngaku hayoooo. Pernah ngalami oraaa?? :mrgreen: . Artinya apa?. Harus diakui….kaum hawa di Malaysia ternyata lebih sadar safety :mrgreen: . Nah…baru tahu to?. Podo cak….(iwb)

arai malaysia

150 COMMENTS

  1. di Indonesia helm keren saja tidak cukup, honda Verza menawarkan bodi yang cool dan kenyamanan berkendara dengan didukung mesin berteknologi Jepang yg irit, canggih dan kencang dan menunjang pemakainya tampil lebih keren
    Verza motor sport idola kawula muda yg didepan khusus untuk pecinta sport tanah air agar bisa merasakan sensasi motor sport yg gesit, irit dan kencang namun dengan harga yang terjangkau

    Emang ga salah deh pilih verza, benar benar motor idola

  2. Di Indonesia kalo pakai helm branded repot cak Iwan, motor parkir tapi helm di tenteng2 wong helm sing regane 200 sewuan ae iso ilang opo maneh sing jut2 regane beberapa menit langsung amblas di gondol maling, lagian helm lokal juga sudah cukup mumpuni untuk melindungi kepala kan sudah ada tuh test durable helm produk lokal di youtube test nya gak main2 loh cak.

  3. Ici kiwir mulu yg tampil. Apaan sih arti ici kiwir? DOHC ici kiwir kali ya maksudnya.

    Di sini gampang kelihalangan helm Om. Jadi pada takut nyesek ilang duit gede. Mungkin nanti kita punya peradaban mendekati tetangga.

  4. .,.soale cewek malaysia paham :”numpak motor bareng-bareng tapi nek mati dewe-dewe” 😀 (naik motor bareng-bareng mati sendiri-sendiri) iyo ora om IWB 😀 :v

    • One two five (wan tupai), ini motor kayanya di sana legend banget, 2 strokes gk terlalu berisik tpi ngacir jga

  5. Helm blm menjadi kebutuhan primer.. slain itu, pake helm mahal di Indonesia rawan aksi pencurian..

  6. Bener banget,pas kuliah disna org yg naik bebek ex5(honda astrea kap kotak) aja helmnya arai,tapi half face sh.pas googling2 di web jual beli sana,harganya dsna RM2000an,ex5 sendiri harganya jg segitu.jadi kangen riding di negri jiran.jalannya asik buat betot kuda besi,luas2,rata2,elevasi landscape buat belokan2 jg asik2 buat nikung hi speed.kapan kita punya jalan kaya gtu :’)

  7. Cuma bedanya di sana lebih populer tipe open face kang, karena kalau pakai full face malah dianggap pelik (aneh). Tapi biarpun open face ya gak macam-macam, mayoritas Arai, Shoei, Kabuto, Bell dll. Full face biasanya yang pakai anak-anak moge saja…

    Dan anehnya di sana harga open face lebih mahal, bisa sampai belasan atau puluhan juta tergantung motif dan tingkat kelangkaan (rare) barang…

  8. mikir dulu bro sebelum koment, malaysia lebih mementingkan keselamatan dulu baru gaya, kalau indonesia gaya dulu yg penting, soal keselamatan nmr sekian, orang indonesia pake helm hanya syarat supaya gak ditilang polisi, padahal kalau kita sadari helm itu berguna mengurangi resiko kita bertemu sang pencipta lebih awal, hidup mati emang ada takdirnya tapi setidaknya kita berusaha untuk mengantisipasi dengan upaya melindungi diri. Harus diakui pemikiran masyarakat negara maju jauh ketimbang kita orang indonesia yg masih merayap.

  9. mantaaap kang..

    yg bikin lucu di indo sering itu pake helm sekelas In* centr* ajah masuk pusat perbelanjaan dipake terus, di sekolah helm d simpen dikelas, cewe alay masuk objek wisata masih ajah nempel tuh helm.. ngakak anew gan.

    mungkin klo pny helm sekelas arai, shoei atau agv sampe tidurpun dipake terus ya.. hahaa
    berarti disana kalo ada begal lebh baik serahin motor dr pd serahin helm.. just kidding brow.
    ane pribadi cukup pake helm kisaran 300rb k atas sertifikat sni dan dot, utamakan merk lokal buatan anak negeri. ane pake GM sama KYT, alhamdulillah yg KYT udh pernah nolong ane waktu kecelakaan dlu.

    salam josss gandoss

  10. Mungkin filosofi kaum hawa malaysia begini om “kepala aja sampe dijagain apalagi pacarnya” hahaha atau “buat beli helm aja punya uang apalagi buat sekedar makan bakso” hehehe sekedar lucon

  11. pabrikan yg ngasih helm gratis kualitas paling bagus ya AHM… helm trx2 tuh bahkan incaran maling…

    coba liat merek lain helm nya gak laku ga minat makenya juga ..dapet lsg di lempar tong sampah…

  12. Cewe malay lebih sadar… “buat apa motor bagus tapi umur motor lebih panjang dari umur yg punya, emangnya gw mau pacaran/kawin sama motor??” kira? begitu ?

  13. safety first…!!!
    kalau di indonesia do eman n males ngganggo helm….trutama anak muda…

  14. Lekk ning malaysia Yamaha jupiter mx king uwakeh likk terutama warna merah mbi hitam…sungguh..Bintulu , miri wes okeh sliwerann..sarawak .

  15. Yang koment saling menjelek-jelek kan, segera TOBAT…
    sebelum ajal menjemputmu… alias Modyar…..

  16. Bhaha, sya baru tau jg nih. Tapi ini keren jg budayanya, mereka sama aja mementingkan safety. Patut jg sedikit di contoh “safetynya”, dibandingkan di kita, budaya ga berhelm, knalpot bobokan, body motor dicopotin. Haha. Itu budaya merusak, bukan budaya safety.

  17. yang kita patut melihat dari sisi helm adalah kebutuhan akan safety karena urgensi melindungi bagian tubuh yang paling vital ,bukan karena gengsi dengan meyesuaikan budget yg ada…dalam membeli sesuatu falsafah “need” mesti kita budayakan ,bukan karena wanita,jadi membeli produk sesuatu karen akan kebutuhan kita terhadap helm bukan karena sebatas keinginan yang nantinya karena gengsi yang ada bwgitu ada helm keluaran baru beli lagi beli lagi…jadilah kita jiwa konsumerisme…kalau ada uangnya yah nggak masalah cobah kali tidak ada uangnya bisa cekot cekot jenggot sariawan …pinjem istilah populer lek Iwb…

  18. yang kita patut melihat dari sisi helm adalah kebutuhan akan safety karena urgensi melindungi bagian tubuh yang paling vital ,bukan karena gengsi dengan meyesuaikan budget yg ada?dalam membeli sesuatu falsafah ?need? mesti kita budayakan ,bukan karena want,jadi membeli produk sesuatu karen akan kebutuhan kita terhadap helm bukan karena sebatas keinginan yang nantinya karena gengsi yang ada bwgitu ada helm keluaran baru beli lagi beli lagi?jadilah kita jiwa konsumerisme?kalau ada uangnya yah nggak masalah cobah kali tidak ada uangnya bisa cekot cekot jenggot sariawan ?pinjem istilah populer lek Iwb?

  19. Motor bebek helm.nya Arai..
    Marai ngiler Lek.. ?
    Tapi rega.ne marai mules pisan haha

  20. Yg ane liat di pulau jkt udh mulai kyk gt kan lik hehehe
    Tp misal perbandingan aja ya
    Agv yg harga 2-3jutaan itu trmasuk type terendah,dibandingin sm kyt yg harga 300-500an, apa kualitasnya beda jauh ?
    Atokah type terendah agv kualitasnya setara dgn kyt c5 mgkn ? Klo emg gt, produsen helm lokal hrs R & D lagi

  21. kalau disana kan (*mungkin) gak banyak kasus pencurian helm, kalau disni waduh parah,,bahkan belum lama ada kasus pencurian dan pencurinya berhasil ditangkap dan dipukulin org2 untung pak polisi dateng buat ngamanin..inget banget helm pas di sekolah juga bisa ilang haha,,itu temen ane bisa sampe keilangan 3 kali coba..
    next kalau ane sendiri si yg penting fullface walau harga gak sampe jut2an,,soalnya pake half face waktu itu jatuh mulut bisa robek :v
    harga ratusan ribu aja bisa ilang apalagi yang berjut2,,haduh mikir dulu kalo gini mah

  22. Helm bagus ga harua mahal masbro,harga 300 ribuan juga udah cukup lah. Yg penting udah ada sertifikasi DOT & SNELL ya sama SNI deh. Walaupun tetap ga sama kuatnya sama helm mahal tapi setidaknya aman.

  23. cewek2 indonesia masih pada bloon…. mana ngerti ARAI,NOLAN,SHOEI,AGV dll… tanya aja klo gak percaya….
    “dek kamu tau ARAI gak….? ARAI opo to kang…? panganan baru yah … lagi ngetren yah…. hayu kita pergi makan ARAI yuk kang….”
    ngoahaha…..

  24. Di Indonesia kalo pake helm merk malah jadi sasaran maling cak,lha wong helm harga 400rban ja sering ilang, apa lagi yang harga jutaan.

  25. hahaaaa…sayang kalo di indonesia helm 200 ribuan aja sering lenyap diparkiran…apalagi helm bagus…

    itulah indonesia, rakyatnya tidak beda jauh sama pemimpinya..

    pemimpinya korupsi ya rakyatnya pada maling…..

  26. disitulah terlihat mana yg tajir vs kere…
    secara… motor sebagus apapun bisa kredit… tp helmet gak bisa kredit… Arai Rp.8jt Dp0% 33x kan gak mungkin… hahaha

  27. susahnya di indonesia punya helm bagus karena harus dibawa kemana2, ga bisa ditinggal di parkiran, pasti lenyap.
    emang enak muter2 di mall bawa2 helm….?

    betul kata cha ndeso itu…
    apa negara kita cucok dapet julukan negeri maling yo?

  28. rata-rata di sini belum tahu tentang helm branded
    gimana tahu, wong mau make helm aja kagak. wkwkwkw
    pengalaman waktu riding make helm X-11, waktu di lampu merah ada yang nyeletuk “Mas, beli stiker SHOEI nya di mana?”
    *#%&$^( banget dah. Dasar mental pembajak! wkwkwkw
    saking penuhnya negara ini dengan pembajak barang asli pun di kira KW an atau abal abal

  29. emg hrsnya gtu kan om?sya jg beli helm lagi kok.yg bawaan dealer mah gk d pake
    tapi di sesuakan sma kantong aja.haha

  30. klambile lengan dowo. gandokan jass. clana mlipis spatune pantopel motore jadul yo lewat wussss ra enenk sing ngingeti. tp nek kaos oblong jemblekan. katok jebol. sandal jepit. helm proyek. motore ninja yo tetep diliriki cewe. bner pora lek.. wkwkkwkw…

  31. rata-rata beli motornya kredit bosss, jadi buat beli helm ya susah jangankan yg branded beli GM aja kayaknya mahal banget

    😀

  32. next kalau ane sendiri si yg penting fullface walau harga gak sampe jut2an,,soalnya pake half face waktu itu jatuh mulut bisa robek :v
    harga ratusan ribu aja bisa ilang apalagi yang berjut2,,haduh mikir dulu kalo gini mah

    Setuju, ngapain branded mahal2 tp cuman half-face.

Comments are closed.