iklan iwb

460x110(1)

all new CBR150R vs Yamaha R15 (5)Bro dan sis sekalian….disaat kelar melakukan komparasi Honda all new CBR150R vs old CBR150R, dilalah tanpa sengaja IWB berhasil menemukan R15 versi Tech 3 diparkir disebuah lokasi. Tidak sudi menyia-nyiakan….fairing anyar Honda inipun IWB gelandang parkir jejer untuk membandingkan. Dari komparasi ini IWB bisa menjabarkan beberapa poin yakni…..buritan CBR150R baru ternyata tetap lebih landai dibanding R15…!!

Yamaha_MIO-Z_Iwan-Banaran

iklan iwb

440x100 yml rosi

Secara shape sekilas mungkin banyak yang mengatakan….new CBR mirip dengan R15. IWB nggak membantah hal tersebut sebab mayoritas mengatakan demikian. Tapi jika sampeyan pelototin dengan seksama…..keduanya ternyata beda total. Baik dari fairing….tanki hingga buritan….beda mzbro. Untuk fairing….new CBR150R jika dilhat dari belakang lebih slim. Kondisi berbeda dimana untuk R15…side fairingpun ada kesar mekar….

Fairing model ini mungkin kurang kompak namun kesan berlapis membuatnya malah tampil apik. IWB secara pribadi menyukainya. Sedang new CBR150R lebih menyatu dengan body. Mungkin dimensi jadi lebih mungil. tapi desain memberikan kesan “compact”. Efek jelas akan membuat CBR150R lebih mudah menyusup dikemacetan lalu lintas. Lalu perbedaan lain yang cukup mencolok ada pada tanki. Ternyata new CBR150R shape lebih menjulang keatas. Sisi kiri kanan mungkin sama-sama ramping tapi punuk tanki NCBR ini lebih tinggi sehingga impresinya membuat motor merunduk. Apalagi posisi stang juga ditekuk kedalam….

Hal ini beda dengan R15 dimana tanki terlihat rata dibagian atas dan samping melebar. Belum lagi buritan R15 yang terlalu nungging sehingga jika ditarik garis lurus dari depan kebalakang maka…desain all new CBR150R lebih pas mengalir dan enak dilihat. Honda seperti berusaha tetap melihat sisi kenyamanan boncenger kendati motor diracik secara sporty dan tindakan mereka berhasil. Buritan lebih landai memberikan rasa nyaman pada boncenger belakang. Honda juga memberikan jok busa yang lebih empuk. Dari testimoni yang IWB dapatkan saat membawa boncenger….proses naik turun boncenger juga lebih mudah CBR150R…

R15 vs CBR150R

Empat poin kelemahan New CBR150R dibanding rival dari kacamata IWB adalah….cover segitiga stang yang lebih lebar sehingga memberikan kesan lowong…..finishing dan sambungan perpanel yang masih sedikit dibawah R15 plus rantai yang masih kurang senyap. Siang mungkin nggak terlalu terasa tapi saat dimalam hari IWB kadang masih mendengar suara kemricik halus. Swing arm banana fairing Yamaha juga bekerja lebih baik saat meredam lubang jalanan. Tapi impressi lain, Honda boleh berbangga karena dari kelincahan handling, respon engine plus ergonomi riding….all new CBR150R setingkat diatas R15….

Yup….sensasi motor melibas tikungan high speed…..manuver zig-zag kiri kanan memberikan kesan “light” atau ringan namun terkontrol. Dibanding R15….CBR secara umum lebih mudah ditekuk-tekuk. IWB juga merasakan mesin lebih rileks dan bertenaga khususnya pada rentang mid end. Selain itu vibrasi mesin distang CBR juga lebih halus. Belum lagi posisi riding. Jika tekanan pada telapak tangan R15 sangat besar….CBR150R tidak..!!

honda all new CBR150R vs Yamaha R15 (15)

Pressure pada badan oleh engineering Honda seperti disebar sehingga tidak ada satu posisipun yang merasakan lelah. Tekanan sih pasti ada khususnya ditelapak tangan. Namun untuk postur tinggi IWB yang mencapai 170-an cm…..rasa capek tidak terlalu terasa. Padahal jika nunggang R15…bawaannya pengen geber mulu karena ingin cepat nyampe rumah. Bukannya sakit perut pakde…..tapi karena posisi yang memang lebih menguras tenaga. Nilai plus lain dari CBR150R adalah reaksi motor ketika hard braking….

Jika R15 mampu membuat telapak tangan bekerja keras akibat gaya dorong tubuh…….CBR150R tidak terlalu memberikan stres berlebih. Yup….itulah sekilas impressi yang IWB rasakan ketika membandingkan keduanya. Sebagai Blogger yang sudah merasakan keduanya, IWB hafal dan tahu betul imnpressi umum sang fairing. Btw IWB tidak membicarakan fitur karena IWB percaya sampeyan semua sudah tahu. Dan urusan performa juga sudah banyak yang membahas lewat data-data otentik. Yang luput adalah feel riding plus komparasi fisik yang bisa sampeyan intip detilnya digambar dan video terlampir. Piye..sampai sini ada pertanyaan??…..(iwb)

honda all new CBR150R vs Yamaha R15 (8) honda all new CBR150R vs Yamaha R15 (7)all new CBR150R vs Yamaha R15 (6)all new CBR150R vs Yamaha R15 (7)all new CBR150R vs Yamaha R15 (8)all new CBR150R vs Yamaha R15 (3)

Video komparasi Honda all new CBR150R vs Yamaha R15

HP klik disini

283 COMMENTS

  1. Ngoahaha fix yo lek, reot15 buntut e njengking pol ladalah ndase kok ndangak ndangak njebebherrr pisan…

    Zlubb

  2. Pernah lihat beberapa kali New CBR150 dari

    1. belakang buntut, swing arm belakang dan stoplamp lampu jujur
    masih kerenan R15. Dua2nya sama2 terlihat nungging. saat buat
    balapan buntur R15 yang punya jarak agak jauh ke split
    seat belakang enak buat pembalap memundurkan pantatnya dan
    merebahkan kepalanya. Sedang NCBR15 saat pembalap pengen
    rebah dan memundurkan pantatnya bisa2 naik ke jok belakang
    karena jaraknya yang sempi.
    ditambah swing arm alumunium model banana menjadi kekuatan tersendiri buat R15 secara visual.

    2. bodi sammping R15 terlihat lebih racy tangki yang nunduk
    deltabox dan dual layer memang kekuatan designnya saat terlihat
    dari samping. Juga deltabox bikin terlihat kekar..
    Untuk NCBR 150 menurut saya tangkinya yang membulat jadi
    terlihat kurang harmonis dengan Fairing samping yang sudah apik.

    3. Tampang depan memang NCBR150 terlihat lebih modern dengan tren menyipit jadi wajar karena produk baru. Tapi sayang tebeng depan terlalu banyak lekukan diatas lampu, dan lampu utama juga model vario yang nyala Led dua2 nya jadi kalau malam saya pikir Vario ma lewat. Dan yang paling menggangu Windshieldnya terlalu kecil tidak bisa ngumpetin saat kepala rebah untuk mencegah diterpa angin.

    Tampang depan R15 memang terlihat jadul karena produk ini mamang lahir sudah lama di India, dahulu memang trend lampu lebar digemari. Pengaruh Samping Fairng Dual layer yang terlihat bagus disamping kanan kiri tapi mengurbankan tebeng depan sehingga terlihat kelebaran ditambah tangki yang model racy menunduk jadi tangki terlihat kecil. Tapi jelas untuk high speed kepala dan badan bisa rebah dengan sempurna membelah angin karena windshield tinggi dan fairng lebar untuk R15.

    Yang justru saya bikin penasaran R15 Ver 3.0 yang kita tahu akan major change. Kalau mesin saat ini saya kira 11 12 walau kenyataanya NCBR150 menang power sedikit atau cuma beda koma dan ya wajar karena udah revisi.

    • ekekke

      bro babe apa yg bisa dibanggakan dr Ceboker Lokalan ???? jawabnya gak adaaa ..!!!

      jelas Vote R15 lahh

  3. Om iwan.. benarkah finishing dan kualitas cat honda begitu jelek kah sperti yang sy sering baca di forum forum..?
    Soalnya sy slma ini emang belum pernah punya motor honda..

  4. Repot mah kalo jadi blogger
    Pembaca minta impresi sama motor lain, dibilangin negatifnya, eh fb tolol pada kojel kojel yang ini lah, amplop lah, sales lah

    Emang lek ipul kudu nyembah nyembah motor pujaan situ apa biar situ senang

    Lha wong faktanya gt yang dirasakan gt, eh pada ngambek kaya bocah 😆 😆

  5. Motor itu satu kesatuan handling yang nyaman, power, torsi, dan lain2.. kalau mau fair test di sirkuit sentul oleh satu pembalap untuk mendapat fastest lap dua motor tersebut dalam keadaan standar,
    Dulu saat R15 baru turun buatan YIMM pernah dia adu oleh CBR150 Thailand dan hasil r15 menang 0,07 per lap di sentul oleh Motorplus pake pembalap dellu agung yg sudah punya nama.

    Dulu pun R25 pernah diadu oleh pembalap yang biasa pake Ninja250 nico julian standar sama standar nico julian mencoba ke 2 motor tersebut untuk mencari fastest lap selama 5 putaran dan ternyata R25 bisa lebih cepat hampir 3 detik per lapnya..(Otomotif)

    Kenapa saaat produk-produk sport Honda atau ayam jagonya tidak pernah ada yang mengadu seperti hal diatas oleh tabloid atau lainnya. kenapa selalu produk Kompetitor Yamaha yang diadu terus saat keluar

    • kekekke

      karena motor MaHooonda ngapain dibandingin ntar juga keropos sendiri itulah anggapan Kawasaki Yamaha Suzuki dll

  6. Yang baru dimodif wajar lebih bagus.. Rnd foto copy.. Part yg bagus di copy.. Yg kurang di modifikasi sesuai keinginan konsumen..

  7. Siapa yg bilang bawa motor sport pegel? Jgn disamakan dong bawa metic dsbnya.
    Cara bawa motor sport supaya ga pegel:
    1. Jauhkan buah pelir dari tanki.
    2. Tulang ekor disanderin ke penampang depan jok belakang.
    3. Lengan tangan jangan tegang/lurus
    Dan yang terakhir, jangan bawanya pelan-pelan, kasihan mesinnya.

  8. Sebentar lagi H*nda akan mengadopsi mesin i-VTEC yg jauh lebih advance dari VVA

    Nyang penting DOHC!!!!!!!

    • ekekwkke

      lah ternyata selama ini cuma bohongan..
      jangankan bikin Injek soV-Tech bikin dohc aja klotok2

      Tata Mobil India Dohc
      Honda Jazz Sohc…ekekekkeke

  9. VTEC versi pintar atau yang disebut dengan Intelliget Variable Valve Timing & Lift Electronic Control (i-VTEC) ini dilahirkan oleh Honda untuk meningkatkan tenaga saat kecepatan rendah, menengah dan tinggi serta dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan juga mengurangi emisi gas buang. Pada mesin berteknologi i-VTEC ada tambahan komponen pelengkap yaitu Variable Timing Control (VTC).
    VVA lewaaaaaaaatttt…………. :thumbsdown

    Nyang penting DOHC!!!!!!!!!!!!

    • vTEC di motor mah dah kuno sejak puluhan thn lalu di cb400 superfour. Teknologi gagal di mesin motor dibawa-bawa. Halaaahh… Honda Verza SOHC DUA KLEP jgn disamakan dgn SOHC LC4V Forged Aluminium Piston.

    • ekekekkek

      kui teknologi apa teknologi ngowosss gagal maning gagal maning apakh itu satu group teknologi anti bocor SoV-tech

      Tata Mobil India Dohc
      Honda Jazz Sohc …wkkekwk

    • Vtec teknologi pintar untuk mamakmu yg pintar mainin kon*ol selingkuhanya dikandang ayam

      Dohc chukymai

  10. Belum arm, belum rangka, belum dasbord kopong, belum tangki kentongan..

    Kkkkk. Cat, finishing kualitas material etc jauuuuuuuuuh unggu kemana mana.

    Desain? Joooooos keren yamaha kemana mana..

  11. motor sak encriiit kok ribut

    gk malu apa. dg pemilik Panigale1199RR ….:-)

    haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

  12. demen produk yg cat body cpt kusem sama body bergetar bagai vibrator naik tanjakn gigi 1,2 gemeter gigi 3,4 dst malah mundur tp bensin uirite gk ketululan apalagi pas mogok malah gk butuh bensin sma se x cukup yg nuntun yg banyak2 minum bensin.. taukah motor mrk apa itu..??
    Jawab: ……………………..

    • Asslmkm,..nderek gabung mas IWB,..
      Terkesan dg artikel”nya, jd trtarik u/ gabung rembug,..Mau nanya,..terkait dg model motor sport yamaha vs honda,…biasanya kan kelemahan honda ada di tangki bahan bakar yg cepet keropos dibanding yamaha yg cnderung lbih tahan keropos,…apa hal ini sama u/ model all new CBR 150R dan R15??? Bagus mana kualitas tangkinya???

  13. Satu lagi yg terpenting supaya ga pegel:

    Posisi kepala leher nunduk ke arah spedometer, matanya ya ke depan lihat jalan hingga 5km ke depan krn 55m per detik tiba.

  14. Charlie puth on April 24, 2016 at 8:27 am
    Hati? konsumen dihimbau untuk tidak
    percaya Nickname FBYberuk Yg terbukti
    DUNGU macem RDY shock
    Deltabosox,LEMONyet,ghost buster,FBO,dll
    Zzzlubbbzzzz
    Ngihahaaha
    ? Reply

    ———-

    nah lohhh Propaganda dr Fbh

    nahh bener kan kata gue Fbh itu mewekan
    kalau gak sependapat atau sepaham atau
    membuat jlubbb di hati mereka maka mereka akan minta blokir atau banned minta bantuan temen2 nya

    jadi fbh itu emng menyakitkannn …

  15. rifz on April 24, 2016 at 9:29 am
    fby harusnya bersyukur, gak ada foto yang
    dari depan
    bisa ayan berjamaah kalo headlamp yang
    dikomparasi
    ekekekekekke

    ————
    nih dr depan
    iwanbanaran.com/2016/03/26/ketika-honda-new-cbr150r-dijejerin-yamaha-r15-keren-mana-bro/

    hahahyaya
    spion menara sutet bisa buat garuk hidung rider
    headlamp kayak benconggg pakai aliss Sulaman
    ditunjang windshield yg cuilikkkkk bikin bibirrr. tambah dower nutupi mukaaaaa

    • Spion menara sutet?
      Tu dibandingin pagar spion r15 malah lebih tinggi
      Hahaha,, fail…

      Bibir dower? Tu lampu r15 lebih dower
      Fail…

      • ekekeke

        ngekklaim R15 faill

        cbr tuh yg faill designnn mochinnnn

        spion menara sutet ready garuk garukk hidung. Windshield cuilikkkk bikir riderr pas jalan pada dowee dowerrr kena angin…..akakakaka

  16. ekekekekek

    dilihat lihat cbr kayakkk mochinnnnnn

    sudaranya sendiri apa mau new cbr ini dianggep Saudaranya klan Cbr…jawabannya ogahhhhh…hhhaha

    lebih cocoknya ikut verza disarungi overpretttt

    • R15 kalo dilihat kayak motor indihe

      R series asli dohc bisa muntah kalo disandingin r series abal2 yang pake sohc

      • rifz on April 24, 2016 at 12:44 pm
        R15 kalo dilihat kayak motor indihe
        R series asli dohc bisa muntah kalo
        disandingin r series abal2 yang pake
        sohc
        ————-
        R15 motor globalll brooo
        R Series dohc sohc tak.masalah terbukti bikin sebelah Kozelll kozellll
        di eropa R125 sohc malahan diterima best di pasar eropa

        kasihan banget cbr 150 lokalan di ontang anting. mochinnnn mochinnnn

  17. IWB aja gak kuat miara lele mpe bela belain nyari lele pinggir jalan,,,laku brapa lek lele merah putihnya kemaren???btw smart choice tuh ngelego lele,,kasian punggung ama tangan pegel kan dipake daily,,cari yg nyaman lek skr mah

    • Udah pegel buat dipake pelan, eh pas mau ngebut malah ngeden plus ngebul

      Efek mesin sohc abal2 turunan indihe
      Ekekekeke

    • ekekekke

      beaeri lele laris manis bujrinta banyak seliweran di jalan
      jgn dibandingin Real lele Jumbo Rcv jangankan laku dilirik mah ogahhhhh

  18. hiii, satunya vixion modif pinggir jalan, satunya motor kaleng krupuk..pake di belain mati-matian

  19. mending miara lele bro itu baru bisnis cerdas, kalo miara kecebong itu mah orang PEAK..!!

  20. New cbr 150 OVERPRICE HARGA SEGITU CUMA DAPAT MOTOR <20HP.. dengan kualitas finishing ama cover body tipis. Arm tipis (masih mending new megapro).

  21. ohsalesong – April 24, 2016

    Vtec teknologi pintar untuk mamakmu yg pintar mainin kon*ol selingkuhanya dikandang ayam

    Dohc chukymai
    ————-
    nongol lagi klonengan si sales LGBT rdy genjik
    kmrn pake nick edy, terus rudy, skrg ohsalesong
    sales pendidikan rendah gini kok bisa lulus psikotest, paling2 nyogok HRD nya dari belakang nih
    ekekekekk
    zluuuubbbhhhh

  22. tipikal fbh sales LGBT, klo kalah debat mesti kloneng pake nick lain, klo gak pake kalimat vulgar/tdk senonoh

    ekekekekk
    zluuuuuubbbbbbhhh

  23. sorry maksud saya tipikal fby sales LGBT, klo kalah debat mesti kloneng pake nick lain, klo gak pake kalimat vulgar/tdk senonoh

    ekekekekk
    zluuuuuubbbbbbhhh

  24. Mantap nih CBR150, selain unggul performa dan tampilan fisik, suku cadang dan durabilitas mesin juga harus diperhatikan oleh AHM

    Buat YIMM, itu desain R15 udah waktunya ganti jadi ver.3 udah usang soalnya, masalah performa mesin naikin dikit kompresi ama atur ulang gear rasio udah cukup ngimbangin CBR150 nya AHM

    • hahahahah

      Intinya R15 lebih unggul Value For Money dr pada Cbr overpretttt wess ngono tok ae ….

      • Value for money kok semakin menunggu gudang yak…? 😆
        Apa konsumen yg fekok..? 😆

        #kasihan banget ente 😆

        • ekekeke

          nunggu di gudang dimane ??? bukti.otentik gambar diatas ada yg miliki R15

          jlubbb jlub
          udahblah bro jangan ngaku2 nickname anak cakep anti alay malu maluin nickmu aja panjang kayak anak alay ngaku2 cakep

          j

  25. bc aja terus, gk capek apa.. beli juga kagak.. padahal punyanya cuma motor jadul cc kecil murah lagi..

  26. Independen on April 24, 2016 at 1:32 pm
    New cbr 150 OVERPRICE HARGA SEGITU
    CUMA DAPAT MOTOR <20HP.. dengan
    kualitas finishing ama cover body tipis. Arm
    tipis (masih mending new megapro).

    ———
    ekekekek
    cerdaaa

    lha wong cbr sekarang sejatinya adalah verza disarungi …

  27. rantai cbr ga berisik ah…

    justru mesin r15 yang berisik parah… apalagi kalo mau nyalip euhhh kasar banget suaranya… mirip kakaknya vixi…

    wkwkwkwk

  28. Selisih 3tahun iku lek ukuran menungso, umur 19 dibandingno umur 50….ra pantes di padakne, jare bule ga aple to aple.
    tapi lek sek 11-12 yo sing luweh anyar sing bosok….hehehehe

  29. Sudah sewajarnya motor fairing yg rancy habis kalo nyari nyaman ya matic…jangan terpengaruh sama omongan sales …kalo butuh kenyamanan ya matic or bebek pengen tampil sporty ya beli motor sport fairing…gitu koq repot..

  30. Td liat di dealer warna hitam.. Ga kyak ekspektasi yg terbentuk dr foto yg bnyak beredar.. Bagian depan trasa ga proposional.. Mungkin di foti sudut pengambilan gambarnya yg bagus. Dibawah speedo ad besi mnonjol kdepan yg ga enak diliat.. Mungkin klo lama liat bru kliatan pas kali ya.. Maklum bru liat skali.. Jd langsung mikir ko kayak yamaha touch. Yg ga tau yamaha touch isa cari di google..

  31. Ho ho … Perkataan dari si bung Iwan. B … Memang betul dan benaaarrr … 400 X ! Sebab, saya si penunggang R – 15 ini ? Tangan plus pundak – pundak iniii … ? Terasa pegal and terasa tak enaaakkk … . com ! Wwaaa … ha ha ha … 150 X ! He he he …

  32. Tp kok kerenan r15 ane yah.. Walapun kurang kekinian di banding cbr.. Ya maklum sih.. Cbr baru brojol kemaren n r15 v2 brojol tahun 2011 (kalo ga salah) di indihe sanah..
    Menurut ane sih desian cbr runcing nan kaku.. Kalo r15 runcing tp masih kalem dr depan sampe belakang rapi..

  33. untuk pemula yg belum bisa mencicipi all New CBR150R bisa memulainya dari Honda verza

    motor sport lokal kualitas internasional jawabannya ada di honda verza

    motor yang perlahan kini mulai menjadi idola kawula muda honda verza telah menjelma menjadi motor sport kebanggaan kita semua

    motor sport ya honda verza

  34. gw yg br beli dan punya ja pas pake dilirik mulu ma pengguna R15 ga bangga
    tp kasian tiap dijln ktemu R15 mreka selalu minder entah minggir ataupun kabur

  35. Zelezz Zamaha Zemakin Zetrezzzzzzz

    Ayooo
    Ziapa Zank mau nambahin Z??.

    biar gak Zonk Zlogan Zargonnya??.
    zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

    Zamaha Zembutt
    Zamaha Zampahh
    Zamaha Zambann
    Zamaha Zempakk
    Zamaha Zomplakk

    Zamaha Zemakin Zonkkk !!!
    Zangat Zesuai Zekali

    naZZiiZZZZZZZZZZZZZZZZZ

  36. Zlogan Zargon Zualannya??.
    zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

    Zamaha Zembutt

    Zamaha Zampahh

    Zamaha Zambann

    Zamaha Zempakk

    Zamaha Zomplakk

    Zamaha Zemakin Zonkkk !!!
    Zangat Zesuai Zekali

    naZZiiZZZZZZZZZZZZZZZZZ

  37. duwe montor semprot kok modele niru kabehh.
    old cb new cb, saiki new cbr.
    gk kreatif, fbh goblok bc r15 tpi new cbr modele niru r15

  38. mana nie, semua fbh n sales honda semua,,
    kok rasanya masih kurang smangat bc’a,,
    ingat loh, klan cb ni kan cuma project 2 tahunan,,
    nanti gk dpat target nyesel loh,,
    masa motor 2011 d bandingin ma 2016 y jlas lbih advance y baru,,
    klo mw bandingin ma y d thailand noh, masi dpat penyegaran wrna baru,,

Comments are closed.