iklan iwb

460x110(1)

all new CBR150R vs Yamaha R15 (5)Bro dan sis sekalian….disaat kelar melakukan komparasi Honda all new CBR150R vs old CBR150R, dilalah tanpa sengaja IWB berhasil menemukan R15 versi Tech 3 diparkir disebuah lokasi. Tidak sudi menyia-nyiakan….fairing anyar Honda inipun IWB gelandang parkir jejer untuk membandingkan. Dari komparasi ini IWB bisa menjabarkan beberapa poin yakni…..buritan CBR150R baru ternyata tetap lebih landai dibanding R15…!!

Yamaha_MIO-Z_Iwan-Banaran

iklan iwb

440x100 yml rosi

Secara shape sekilas mungkin banyak yang mengatakan….new CBR mirip dengan R15. IWB nggak membantah hal tersebut sebab mayoritas mengatakan demikian. Tapi jika sampeyan pelototin dengan seksama…..keduanya ternyata beda total. Baik dari fairing….tanki hingga buritan….beda mzbro. Untuk fairing….new CBR150R jika dilhat dari belakang lebih slim. Kondisi berbeda dimana untuk R15…side fairingpun ada kesar mekar….

Fairing model ini mungkin kurang kompak namun kesan berlapis membuatnya malah tampil apik. IWB secara pribadi menyukainya. Sedang new CBR150R lebih menyatu dengan body. Mungkin dimensi jadi lebih mungil. tapi desain memberikan kesan “compact”. Efek jelas akan membuat CBR150R lebih mudah menyusup dikemacetan lalu lintas. Lalu perbedaan lain yang cukup mencolok ada pada tanki. Ternyata new CBR150R shape lebih menjulang keatas. Sisi kiri kanan mungkin sama-sama ramping tapi punuk tanki NCBR ini lebih tinggi sehingga impresinya membuat motor merunduk. Apalagi posisi stang juga ditekuk kedalam….

Hal ini beda dengan R15 dimana tanki terlihat rata dibagian atas dan samping melebar. Belum lagi buritan R15 yang terlalu nungging sehingga jika ditarik garis lurus dari depan kebalakang maka…desain all new CBR150R lebih pas mengalir dan enak dilihat. Honda seperti berusaha tetap melihat sisi kenyamanan boncenger kendati motor diracik secara sporty dan tindakan mereka berhasil. Buritan lebih landai memberikan rasa nyaman pada boncenger belakang. Honda juga memberikan jok busa yang lebih empuk. Dari testimoni yang IWB dapatkan saat membawa boncenger….proses naik turun boncenger juga lebih mudah CBR150R…

R15 vs CBR150R

Empat poin kelemahan New CBR150R dibanding rival dari kacamata IWB adalah….cover segitiga stang yang lebih lebar sehingga memberikan kesan lowong…..finishing dan sambungan perpanel yang masih sedikit dibawah R15 plus rantai yang masih kurang senyap. Siang mungkin nggak terlalu terasa tapi saat dimalam hari IWB kadang masih mendengar suara kemricik halus. Swing arm banana fairing Yamaha juga bekerja lebih baik saat meredam lubang jalanan. Tapi impressi lain, Honda boleh berbangga karena dari kelincahan handling, respon engine plus ergonomi riding….all new CBR150R setingkat diatas R15….

Yup….sensasi motor melibas tikungan high speed…..manuver zig-zag kiri kanan memberikan kesan “light” atau ringan namun terkontrol. Dibanding R15….CBR secara umum lebih mudah ditekuk-tekuk. IWB juga merasakan mesin lebih rileks dan bertenaga khususnya pada rentang mid end. Selain itu vibrasi mesin distang CBR juga lebih halus. Belum lagi posisi riding. Jika tekanan pada telapak tangan R15 sangat besar….CBR150R tidak..!!

honda all new CBR150R vs Yamaha R15 (15)

Pressure pada badan oleh engineering Honda seperti disebar sehingga tidak ada satu posisipun yang merasakan lelah. Tekanan sih pasti ada khususnya ditelapak tangan. Namun untuk postur tinggi IWB yang mencapai 170-an cm…..rasa capek tidak terlalu terasa. Padahal jika nunggang R15…bawaannya pengen geber mulu karena ingin cepat nyampe rumah. Bukannya sakit perut pakde…..tapi karena posisi yang memang lebih menguras tenaga. Nilai plus lain dari CBR150R adalah reaksi motor ketika hard braking….

Jika R15 mampu membuat telapak tangan bekerja keras akibat gaya dorong tubuh…….CBR150R tidak terlalu memberikan stres berlebih. Yup….itulah sekilas impressi yang IWB rasakan ketika membandingkan keduanya. Sebagai Blogger yang sudah merasakan keduanya, IWB hafal dan tahu betul imnpressi umum sang fairing. Btw IWB tidak membicarakan fitur karena IWB percaya sampeyan semua sudah tahu. Dan urusan performa juga sudah banyak yang membahas lewat data-data otentik. Yang luput adalah feel riding plus komparasi fisik yang bisa sampeyan intip detilnya digambar dan video terlampir. Piye..sampai sini ada pertanyaan??…..(iwb)

honda all new CBR150R vs Yamaha R15 (8) honda all new CBR150R vs Yamaha R15 (7)all new CBR150R vs Yamaha R15 (6)all new CBR150R vs Yamaha R15 (7)all new CBR150R vs Yamaha R15 (8)all new CBR150R vs Yamaha R15 (3)

Video komparasi Honda all new CBR150R vs Yamaha R15

HP klik disini

283 COMMENTS

  1. Sayang sekali honda menghilangkan kesan gambot di NCBR.
    Padahal, body besar sperti moge di Old CBR yg membuat konsumen jatuh hati selama ini.

    Old CBR dulu dijejerin R15 kelihatan jauuuh lebih moge look, mirip2 250cc.

    Sedangkan skrg NCBR dijejerin R15 malah hampir sama dimensinya, cuma agak besar dikit saja.

    Semoga honda mendengar masukan konsumen, utk perbaikan di NCBR selanjutnya.
    Jangan hilangkan bentuk body gambot dan kesan moge look di CBR150.

  2. Kang iwannn
    Kenapa perbandingannya harus r15..
    Kenapa gak dngn cbr sebelumnya,
    Ingat wan..
    R15 jg di pasarkan dimari.
    Ada kepentingan ap sih ampe segitunya,
    Ap amplop mengharuskan nulis demikian.
    Iklan aj gak terang2an kok mbandingin produknya dgn rival.
    La ini kok ampe njejerin sgala.
    Jd etikanya dmana..
    Ingat wan..
    dunia bloger tidak harus seperti itu

  3. Bandingin All New dngn Old Version, y jlas old version kalah lah,,,,
    Kalo mau head to head tnggu merk sebelah facelift major juga,,,,
    R15 levelnya Old CBR150R, bukan yg ini,,,,

    • Tong mikir tong, erlimolas keluarnya msh beberapa ratus ribu jam lagi, makanya bangun pagi kok jam 7, jam 4 shubuh gitu low

  4. dari sekian banyak artikel lek iwn yg saya baca,beliau emang detil,jd kesannya bagi sebagian org,iweb pro brand tertentu,padahal mau yamaha atau honda,ketika review product lek iweb emang detil,keywords nya adalah kejujuran itu memang menyakitkan untuk orang yang suka kebohongan

  5. R15 Emang hrs dirubah total, designnya bisa meniru r125 Klo bisa mesin pake dohc,plus suspensi USD

    • mantep lagi me- CKD kan R125 yg sudah USD keluaran terbaru tp mesin diupdate ke 150cc. ya kan?

  6. Orang indonesinia bicara desain. Kkkkkkkkk..

    Apalagi fbh. Kkkkkkk.

    Tangki cbr keren katanya? Keren dari maroko?

    Tangki menjulang gitu. Coba naiki ni cbr, paha bukan ditangki tapi dibawah tangki..

    Dikiri kanan halaman blo ini ada iklan cbrnya. Apa kagak kasihan sama ridernya? Dada rider apa kagak mentok tangki? Pantat rider posisi gitu apa kagak mentok jok boncenger?

    Desain apaan nohh?

    Desain tipu tipu. Fbh sih manggut manggut. Memang dasar bego. Kkkkkkkk.

    • Disinyalir Lemon iki areke kurang piknik wk wk wk wk sampe kebawa bawa Maroko muehehehhe

    • Ngga masalah tuh paha dibawah tangki…mungkin krn tubuhnya pendek. Beda kalo tinggi…bisa juga paha kena tangki. Yg penting nyaman dipake…entah itu cbr ato r15. Mikir yg rasional kalo komen bung.

      #miris

  7. fby pada sakit hati wan, biarin aja mereka ngomong apa. semoga ulasan ini tidak memihak ke salah satu produk. dan walaupun mereka sakit hati, semoga mereka menerima dengan lapang dada. lanjutkan wan, go iwaaan!!!

  8. Secara desain satu2nya kekurangan CBR adalah tangki punuk ontanya. Coba bayangkan jika tangkinya rata atas dan sisi samping ada semacam lekukan buat paha menggapit spt tanki motogp pasti lebih racinglook.
    Sementara untuk R15 secara desain bener2 racinglook walau harus mengorbankan sedikit kenyamanan riding (kosekuensi logis sih). Kekurangannya adalah jika CBR berada dipunuk maka R15 berada di mata beloknya. Itu saja. IMHO
    Salud buat IWB yg sdh memberi ulasan obyektif tanpa cemas di BC. Dan lebih salud lagi betapa IWB sangat bijak dan dewasa tdk mengambil angle foto dari depan heheheheh

  9. Saudara-saudara terkasih & terhormat,
    Tolong perhatikan rangka pemegang mesin pada motor. CBR150R membutuhkan beberapa mounting pada rangkanya utk meredam getaran mesin. R15 tidak ada krn sangat minim getaran. Membuktikan disain mesin PERFECT.

    • engine mounting yg dimaksud adalah buletan diameter botol aqua kecil pada persikuan rangkanya. Tampak samping ada 2 yaitu di belakang dan di atas depan mesin.

  10. Rantai kurang senyap alias KEMROSAK..

    Ternyata penyakit lama masih nempel bung wakakaka

    • Koyok untumu iku kemrosak wk wk wk sana gih piknik dulu, ketoro kurang piknik si bimbang iki

  11. Bikin video komparasi tu r15 dimundurin.

    Sama sama dinaikin.

    Biar diparkiran orang n sudah izin apalagi yang minta selebritis apa kagak boleh. Lagian disekolahan bukan komplek dpr.

    Satu lagi nih.. Kok djok belakang ada tali juga kayak r15. Buat apa? Buat geser pantat motor? Kok gak dikasih begel saja?

    Kkkkk. Honda jeli juga dikasih gitu. Artinya desainer cbr beli r15 buat diukur jadikan bahan jiplakan..

    Desainer cbr sudah bekerja keras njiplak. Plok plok plok…

    Sekarang giliran para sales n blognya jelek jelekin r15nya.. Plok plok pkok..

    Nista sekali.. Kkkkkkkk.

    Btw r15 still fun bike.. Original yamaha design. No tipu tipu.

    • Dukurku iku uwong kurang piknik, ta’ ajak piknik nok gunung bromo trus celupin ke kawah bromo baru waras ni orang muehehehhe

  12. “untuk postur tinggi IWB yang mencapai 170-an cm?..rasa capek tidak terlalu terasa” gimana kang kalo tingginya 160an cm?

    • Kalau merasa ente petubo (pendek tua berotot) Mending beli motor sport yg jenis mini…banyak tuh di toko mainan.

  13. Masalah plat nomor dijidat sebenarnya lebih jos..

    Kenapa dulu honda pernah bikin tnkb di spakbor depan yang katanya fenomenal sekarang gak ada kabarnya?

    Tnkb di bawah lampu yang bilang keren cuma mereka anak alay parah saja.. Sama bloger2 ahm.

    Diliat r15 punya tnkb depan atau vixion atau bison r25 semua josss..

    Tinggal masalah waktu saja untuk menyesuaikan otek fbh yang bego. Gua yakin suatu saat honda pun jiplak juga..

    Kkkk. Jangan pura pura bego.. Atau memang bener bener bego… Parah lo..

  14. Hati? konsumen dihimbau untuk tidak percaya Nickname FBYberuk Yg terbukti DUNGU macem RDY shock Deltabosox,LEMONyet,ghost buster,FBO,dll

    Zzzlubbbzzzz
    Ngihahaaha

    • Mau kalian prcya atau gk, atas gw lah yg sales, tepatnya Sales Honda.. ?
      Saking tktnya ketauan jelek produk jualannya, smpe ngsh himbuan lucu macam gni..
      Untuk contoh aja, slhkan googling, cari artikel testimoni pemilik New CB150R yg baru 3 hr beli dari dealer resmi Honda, kmudian motornya jatuh sekali pada posisi motor sedang diam ditmpat, kmudian tangki bensinnya langsung penyok..

  15. R15 kalo cuma sekedar test 100% bikin njerit hati si tester “mungkin terbiasa pakai motor yang santai”, tapi kalo user R15 100% sudah terbiasa karena sudah mendapatkan feel riding nya jadi kalo ada yang bilang R15 motor yang bikin capek iya user R15 pasti nyengir saja, tapi walaupun user R15 tapi R15 nya cuma di buat sabtu / minggu pertama2 capek tapi setelah beberapa km capek tersebut pasti hilang karena feel ride nya sudah dapat kembali.
    AN CBR memang lebih santai tapi lebih santai yang old K45 imho.

  16. Waahhh… seru seru seru…xixixi????
    Aku seneng baca comentnya om om.. xixi.

    Lanjutkan om.. SEMANGAT !!!!

  17. Ohh para sales di muka bumi….sungguh terhina ptofesimu….sadarlah para sales dan kembalilah kejalan yg benar.

  18. Waoow,all new cbr dipake host program favorit mytrip my adventure..,yang warna red racing bikin klepek2 vroo….

  19. feel riding racy 2-2nya… tapi fix r15 wajib rubah tampilannya yg dimakan usia…..klamaan di india

  20. Wew,R15 juga masuk tivi acara kuliner berjudul lele bakar gozong resep kerajaan majapahit with chef rudi triatmuoncrot….

  21. jadi paham kalo rider R15 lagi ngebut, ternyata bukan karena pengen kebut2an atau juga ugal2an, tapi cuma biar cepet sampe karena udah ga nahan pegel di jalan..hm..kasian…

  22. Dari poto keliatan rantai cbr150r lebih kendor daripada r15, opo gk berisik, tegangkan rante kasih pelumas dikitdikit ms iwan

  23. CBR jungkring banget ya fairingnya.
    sebenarnya R15 Udah bagus,fairingnya cukuplah nggak terlhat kecil.
    tpi memang posisi ridernya terlalu nungging boncenger kurang landai
    Trus lampu depan kegedean.
    Ayo update R15 banyak sekali kelemahannya.
    yang pasti sih kaki kaki, lampu sipit,mesin upgrade lagi dong, tak perlu USD lah buat nekan harganya boleh saja sih pakai USD asalkan harga tetap di bawah NCBR ini persaingan bro 😀

  24. ngoahahaha
    lele wadon ga berani difoto depan
    njebeberrr nya bikin mirip gerobak sampah
    ngoahahahahaha

  25. fby harusnya bersyukur, gak ada foto yang dari depan
    bisa ayan berjamaah kalo headlamp yang dikomparasi

    ekekekekekke

  26. disain 2014 vs 2016 selisih 2 thn… msh imbang gk jomplang amat
    klo pgn adil cbr150 2016 vs r15 versi 2018
    bakal kyk gmn tuh cbr…
    🙂

    haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

Comments are closed.