iklan iwb

460x110(1)

all new CBR150R vs Yamaha R15 (5)Bro dan sis sekalian….disaat kelar melakukan komparasi Honda all new CBR150R vs old CBR150R, dilalah tanpa sengaja IWB berhasil menemukan R15 versi Tech 3 diparkir disebuah lokasi. Tidak sudi menyia-nyiakan….fairing anyar Honda inipun IWB gelandang parkir jejer untuk membandingkan. Dari komparasi ini IWB bisa menjabarkan beberapa poin yakni…..buritan CBR150R baru ternyata tetap lebih landai dibanding R15…!!

Yamaha_MIO-Z_Iwan-Banaran

iklan iwb

440x100 yml rosi

Secara shape sekilas mungkin banyak yang mengatakan….new CBR mirip dengan R15. IWB nggak membantah hal tersebut sebab mayoritas mengatakan demikian. Tapi jika sampeyan pelototin dengan seksama…..keduanya ternyata beda total. Baik dari fairing….tanki hingga buritan….beda mzbro. Untuk fairing….new CBR150R jika dilhat dari belakang lebih slim. Kondisi berbeda dimana untuk R15…side fairingpun ada kesar mekar….

Fairing model ini mungkin kurang kompak namun kesan berlapis membuatnya malah tampil apik. IWB secara pribadi menyukainya. Sedang new CBR150R lebih menyatu dengan body. Mungkin dimensi jadi lebih mungil. tapi desain memberikan kesan “compact”. Efek jelas akan membuat CBR150R lebih mudah menyusup dikemacetan lalu lintas. Lalu perbedaan lain yang cukup mencolok ada pada tanki. Ternyata new CBR150R shape lebih menjulang keatas. Sisi kiri kanan mungkin sama-sama ramping tapi punuk tanki NCBR ini lebih tinggi sehingga impresinya membuat motor merunduk. Apalagi posisi stang juga ditekuk kedalam….

Hal ini beda dengan R15 dimana tanki terlihat rata dibagian atas dan samping melebar. Belum lagi buritan R15 yang terlalu nungging sehingga jika ditarik garis lurus dari depan kebalakang maka…desain all new CBR150R lebih pas mengalir dan enak dilihat. Honda seperti berusaha tetap melihat sisi kenyamanan boncenger kendati motor diracik secara sporty dan tindakan mereka berhasil. Buritan lebih landai memberikan rasa nyaman pada boncenger belakang. Honda juga memberikan jok busa yang lebih empuk. Dari testimoni yang IWB dapatkan saat membawa boncenger….proses naik turun boncenger juga lebih mudah CBR150R…

R15 vs CBR150R

Empat poin kelemahan New CBR150R dibanding rival dari kacamata IWB adalah….cover segitiga stang yang lebih lebar sehingga memberikan kesan lowong…..finishing dan sambungan perpanel yang masih sedikit dibawah R15 plus rantai yang masih kurang senyap. Siang mungkin nggak terlalu terasa tapi saat dimalam hari IWB kadang masih mendengar suara kemricik halus. Swing arm banana fairing Yamaha juga bekerja lebih baik saat meredam lubang jalanan. Tapi impressi lain, Honda boleh berbangga karena dari kelincahan handling, respon engine plus ergonomi riding….all new CBR150R setingkat diatas R15….

Yup….sensasi motor melibas tikungan high speed…..manuver zig-zag kiri kanan memberikan kesan “light” atau ringan namun terkontrol. Dibanding R15….CBR secara umum lebih mudah ditekuk-tekuk. IWB juga merasakan mesin lebih rileks dan bertenaga khususnya pada rentang mid end. Selain itu vibrasi mesin distang CBR juga lebih halus. Belum lagi posisi riding. Jika tekanan pada telapak tangan R15 sangat besar….CBR150R tidak..!!

honda all new CBR150R vs Yamaha R15 (15)

Pressure pada badan oleh engineering Honda seperti disebar sehingga tidak ada satu posisipun yang merasakan lelah. Tekanan sih pasti ada khususnya ditelapak tangan. Namun untuk postur tinggi IWB yang mencapai 170-an cm…..rasa capek tidak terlalu terasa. Padahal jika nunggang R15…bawaannya pengen geber mulu karena ingin cepat nyampe rumah. Bukannya sakit perut pakde…..tapi karena posisi yang memang lebih menguras tenaga. Nilai plus lain dari CBR150R adalah reaksi motor ketika hard braking….

Jika R15 mampu membuat telapak tangan bekerja keras akibat gaya dorong tubuh…….CBR150R tidak terlalu memberikan stres berlebih. Yup….itulah sekilas impressi yang IWB rasakan ketika membandingkan keduanya. Sebagai Blogger yang sudah merasakan keduanya, IWB hafal dan tahu betul imnpressi umum sang fairing. Btw IWB tidak membicarakan fitur karena IWB percaya sampeyan semua sudah tahu. Dan urusan performa juga sudah banyak yang membahas lewat data-data otentik. Yang luput adalah feel riding plus komparasi fisik yang bisa sampeyan intip detilnya digambar dan video terlampir. Piye..sampai sini ada pertanyaan??…..(iwb)

honda all new CBR150R vs Yamaha R15 (8) honda all new CBR150R vs Yamaha R15 (7)all new CBR150R vs Yamaha R15 (6)all new CBR150R vs Yamaha R15 (7)all new CBR150R vs Yamaha R15 (8)all new CBR150R vs Yamaha R15 (3)

Video komparasi Honda all new CBR150R vs Yamaha R15

HP klik disini

283 COMMENTS

  1. Honda Versa sebagai motor SOHC Operstruk emang cocok buat Bapak bapak….

    Nah kl Motor SOHC Operstruk motor Bapak bapak pake Sarung Ngaku ngaku SPORT Nungging nunging.. ya MuooooooooooooooooDhar.. Ae Moo…..

  2. Bodi Belakang yaMaho Rhoembeng15 RRRRRijekan India kl di lihat dari belakang mlah persis kayak Closed Duduk lengkap dengan jok sebagai penutup Closed duduknya kang….

    Sumpeh Ane Zuzur kang.. coba sanpean lihat baek baek…

  3. Naek yamaho Rhoembeng15 RRRRijekan India kemana mana FBY slalu ready koyok tempel kang. tempel di pundak sama pergelangan tangan… sampe rumah jangan lupa parem balsem kocok kerik buat Boyok Mlintir Mlintir.. maklum Motor Nungging nunging dipikir ngebut ndilalah pengen cepet cepet sampe. badan pada tersiksa..

    Wkwkwkwkwkwkwkwk

  4. “”Padahal jika nunggang R15?bawaannya pengen geber mulu karena ingin cepat nyampe rumah. Bukannya sakit perut pakde?..tapi karena posisi yang memang lebih menguras tenaga””

    jadi kesimpulannya jika sampean lihat FBY naek Rhoembeng15 adalah..:
    1. Perut Mules
    2. Boyok Mlintir Pol
    3. Pinggang Ambrol pengen cepet cepet pulang ambil balsem

  5. Punya r15? Mesin masih sohc? Kata fbh ngebul dan lemot
    Pensiunkan mesinmu ganti mesinnya dengan mesin berkode 1kz di jamin kamu bisa ngasepin fbh sampai gosong soal tenaga jangan di ragukan di jamin kencang soal irit? Itu sudah pasti

    Punya cbr? Mesin dohc ? Kata fby dohc hellokity
    Pensiunkan mesinmu ganti dengan.mesin berkode 15bt fi majin gak bakal fby ngatain hellokity lagi pasti merka bilang hellobadak soal kencang oke soal irit di jamin

  6. Ini komen komen nya pada nggak mutu ya,,

    Ingat nggak ada barang yg sempurna,,!!!!

  7. Nunggangin CBR150R berasa aura naik moge, racy banget desainnya atas bawah kiri kanan, ergonominya enak dibawa touring gak cepat lelah dibanding R15, tarikan mesin smooth dari gigi 1-6 punya power diatas R15 tanpa ada getaran seperti R15, tangki macho menjulang ke atas, handling lincah plus hard brakingnya wow greget, fitur speedometer modern udah full digital dan lampu depan belakang udah LED.

  8. cbr keren om…r15 jga keren tapi headlampnya gede bgt,trlalu nungging juga.buat sy pribadi r15 mmg sporty tapi gk nyaman,smpe akhirnya awal agustus kemaren mutusin buat pilih cbr ini
    …tpi syg smpe skrg blm di kirim juga ma dealer wkwkwk

Comments are closed.