iklan iwb

460x110(1)

satria FI vs Sonic

Wis kangbro…ambil nafas dulu biar tenang khususnya untuk para fansboy yang suka mengeluarkan aji semburan maut :mrgreen: . Kalau ada fansboy yang memiliki tanda-tanda hipertensi IWB sarankan jangan baca artikel ini soale ditakutkan bisa bikin kepala cekot-cekot ngrikitin lawang lan kursi karena ora terimo. Biarlah bahasan IWB hanya untuk para pembaca murni yang terbuka….tidak teracuni merk dan sudi berpikir jernih…deep analyze tanpa ditunggangi rasa suudzon sehingga kita semua menjadi makin pintar. Dan….seperti yang sudah tertuang dijudul utama….IWB ingin ngeshare hasil komparasi Test dyno power head to head? new Satria F150 FI vs Sonic 150R serta MX King yang dilakukan tabloid roda dua M+ (suwun buat bro Bregas). Dilalah hasilnya Sonic kembali unggul!!!….
Yamaha_GIF_440x100_rev

iklan iwb

banner-promos

M+ melakukan pengujian ketiga motor diatas mesin dyno sebagai bagian dari komparasi head to head. Mesin dyno sendiri menggunakan Dynojet 250I dimarkas R9 Premium Store Kebun Jeruk Jakbar. Untuk mendapatkan hasil seakurat mungkin M+ memutuskan melakukan pengujian berbarengan ditempat yang sama……jam yang sama dan kondisi yang identik pula. Pertama yang digelandang diatas mesin dyno adalah sang pioner Satria F150 FI, lalu MX King dan terakhir Sonic150. Digeber berulang-ulang akhirnya diperoleh angka sebagai berikut…..

Satria F150 FI

Power : 14,[email protected]
Torsi : 10,64Nm@@8510RPM

Yamaha MXKing

Power : 13,12HP@8,160RPM
Torsi : 12,23Nm@6250RPM

Sonic 150R

Power : 14,9HP@8,280RPM
Torsi : 13,77Nm@6200RPM

Screenshot_2016-03-22-17-43-07-2

Nahhh….ngowoh tenan. Dari hasil uji coba menggunakan Dynojet 250I yang diracik M+…Sonic 150 kembali unggul. Tabel sendiri disodorkan secara gamblang…..torsi dari low hingga high RPM tiap motor yang dites (terlampir). Sementara MX King unggul dari Satria pada torsi yakni 12,23Nm vs 10,64Nm. Terus….kita kudu piye??. Apakah hasil diatas tidak valid?. Apakah M+ merekasaya?. Kenapa Sonic unggul?. Kenapa nggak Satria yang menang??….

Nah…pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti menghantui kita semua sebagai biker. Apalagi fansboy…wihhhh caci maki biasanya keluar tuh pakde secara brand pujannya merasa dirugikan. Jarno wae ora usah melu-melu tiwas malah stres dewe :mrgreen: . Kita coba diskusi secara wajar dan sehat aja. Oke kita kembali ketema bahasan. Kalau diperhatikan ada kemiripan hasil dyno Ultra speed vs Dynojet dimana power Sonic gampang melenting. Power 14,9HP didapatkan di RPM cenderung rendah yakni 8.280 RPM. Bandingkan dengan Satria yang nangkring diangka 14,44HP diputaran mesin 10.525 RPM….

Screenshot_2016-03-22-17-43-07

Torsi Sonic juga lebih njengat yakni 13,77Nm@6200RPM sedang Satria 10,64Nm@8510 RPM. Ingat…ini power on wheels ya. Bukan crank yang biasanya dilakukan pabrikan dan dipasang dibrosur. Power yang diperoleh tanpa ada beban seperti rantai……pelk, ban serta gesekan kompon keaspal. Jadi kalau ada yang ngedumel…koq torsi sama kayak bebek. Jawabannya bebek yang mana dulu. Kalau patokannya power klaim brosur jangan dibandingkan dengan hasil dyno kangmz. Disitulah IWB kadang merasa sedih :mrgreen: . Kalau sama-sama diatas mesin dyno…baru tuh seimbang. Artinya apa??…..

Ledakan power yang cepat dari mesin spek near square Sonic mungkin langsung terasa diatas mesin dyno. Spek ini diuntungkan sebab speed bisa diraih secara optimal. Tapi ketika sampeyan uji diatas jalanan sesungguhnya….spek overbore Satria bakal sulit dijabanin Sonic. Lha piye….nafas Sonic wis entek, Satria masih mringis. Contoh gamblang IWB terima dari bro Defrans yang ngeshare hasil drag jalanan kedua motor. Kebetulan teman doi pemilik Satria FI dan bro Defrans owner Sonic…..

1914784_1070297553035851_6852471793565181927_n

” Kang Iwan, ane udah sekitar 5 kali tes melawan satria injeksi temen ane. dari kesemua tes itu kesimpulannya sonic bisa ungguli satria injeksi sampai gigi 4 dengan rolling start. di gigi 5 sonic mulai terkejar sama satria injeksi. menurut kesaksian temen saya juga topspeed yang pernah dia raih dengan satria injeksi adalah 142 km/h. sedangkan sonic saya bisa 145 km/h dengan kondisi trek yang sama dan braking point yang sama. untuk berat badan, joki satria injeksi lebih ringan beberapa kg dari saya. karena masih penasaran, akhirnya kamipun tukar motor. saya joki satria dan temen saya jadi joki sonic. kami start berbarengan dengan rolling start. trek hanya sekitar 200 meter lebih. saya sampe heran kang. di gigi 4 pun sonic saya ninggalin satria fi yang saya tes sekitar 1-2 bodi motor. padahal saya sudah shifting dengan metode clutchless upshift dan shifting satria dilakukan di 12000 rpm…”

-Defrans Marcelino-

Nah…menarik kan kangbro. Bro Defrans mengatakan…Sonic bisa unggul digigi 4….lalu 5 mulai disusul. Limiter yang cukup tinggi hingga nyaris 12,500-13ribu membuat nafas FU FI panjang. Dyno memang penting. Tapi kalau sampeyan menjadikan mesin dyno sebagai acuan mutlak juga nggak tepat sebab banyak faktor yang membuatnya bisa berbeda. Uji head to head dijalananpun sebenarnya juga demikian karena joki memegang peranan penting. So….langkah yang paling bijak, jajal dewe….rasakan geber dan lalu simpulkan terus diboyong. Lha wis bengok-bengok nang dunia maya…tuku wae ora, lak yo tepuk pramuka pakde :mrgreen: …..

Last…..jujur bagi IWB yang sering ngetes motor…..power 150cc era sekarang nyaris memiliki perbedaan yang sangat tipis. Ngedrag pol-polnya paling terpaut 1-3 body. Pabrikab sudah meracik sesempurna mugkin…disesuaikan kondisi dan kebutuhan. Harapan IWB….jangan mumet dengan uji tes dyno. Toh beda nol sekian HP tidak akan banyak memberikan dorongan signifikan. Paling kayak ditiup angin semilir pakde. So….komparasi uji test dyno antara Satria FI vs Sonic vs MX150??. Wis…bubar-bubarrr, ketimbang mumet turu wae cakkkk :mrgreen: ……(iwb)

Screenshot_2016-03-22-17-41-39 Screenshot_2016-03-22-17-41-49

424 COMMENTS

  1. saya tunggu bang iwan hasil di atas aspalnya… bukan cuma balapn di atas dyno doang.okeee banggg… dan klo bisa bang iwan sndri yg mncoba

  2. aku wae numpak BSA 350 cc mung 18dk (versi manual book jaman londo) paling saiki 8 dk ropopo sing penting pas ning dalan ,ning parkiran bikers Ninja + R series wae do ndlongop iki motor opo ????? karo foto foto. jarke wae lek Iwan motor do kredit wae gayane koyo juragan ….he he he ….SAG

  3. Maklum lah itu media masih tim sawat.pokoe sonice ku harusbmenang.

    Ngohahahahahahahahaha

    • Masih g terima jg?
      yg valid dyno tes mana coi?
      yg fi fi unggul 2hp dg ubahan sproket,rantai kuning emas,dan juga velg atau klaim pabrikan 18 hp???
      ni aq kasih tau,sonic tuh dibatasi limiter putaran mesinnya 10.000 rpm sedang satria tidak,satria bisa tembus 13.000 rpm.
      Jadi kalo dites jalan raya satria bisa jg unggul.tapi kalo dites di dynotes sonic yg unggul.paham gak?

  4. Dyno test iku g falid, mung ngentekno bensin ae. Hasile g onok apan2ne!
    Akhire yo d gae dodolan, yn ws luwawas dgae bentor.

  5. Wuasyyeeemmm……
    Efbeyek bergejolak lagi dalam zeptictank.
    Sabar…..sabar……sabar ya para efbeyek.
    Kenyataan memang menyakitkan.
    Ekekkrkkrkkk……
    Nguuuukkkkk……

    • wkwkwwkwk kenyataan memang menyakitkan ya cung wkwkwkwkwk aneh bin ajaib mxking yg terlaris dari ke-3nya ….la sosis?????? ampas…..wkwkwkwkwwk

    • Nyata dr mna nguk?? Lha tabloid d prcya.. klo mau nyata tu ada gk yg mw d jajal buat lawan fufi org smarang yg komen kmrn.. real langsung turun jalanan ntr posting tu d youtube.. tabloid ama bloger ternakan kq d prcya.. ekekekek

  6. akakakaka harap maklum tim syawat lagi benjol2 digetokin paduka ahm akakakakaka lagi KALAP nih mereka jadi halalkan semua cara wkwkwkwkwkwk mau ngekil vixi SUSAH…mbok ya sosis menang lah mosok kalah dua2nya!!! akakakakakaka padahal iklan udah begitu glamourrrr belon balik modal kampretttt!!!! goahahahahahaha

  7. akakakaka pesen dyno paket komplit ya!!! 300000whp di 1000rpm ama 1000000 Nm di 2000 rpm!! akakakakaaka gelo siah! emang mau nge-dyno apaan bos, kapal tengker????wkwkwkwkwk SOSIS! goahahahahaaha

    • Satria fi g ada limiternya,sedangkan sonic putaran mesin dibatasi limiter 10.000 rpm.
      Semoga ahm ngeluarin sonic yg non limiter,trootlebody sama kayak satria fi.jg konsumsi bbm dibuat sama kayak satria fi.top speed dan power bakal lebih besar lagi dari sekarang.sonic 150rs(cuma berharap)

    • Sonic paling rendah bro 10.000 rpm limiternya,padahal kalo g dibatasi limiter bisa lebih tinggi lagi top speed nya.

      • Road Race Magetan : Kala Satria Bikin Peserta Balap Ngeper?.
        Maret 22, 2016 9:50 am
        Yola dulur yang budiman?? mendapati info di sebuah balapan jalan resmi, atau roadrace kelas bebek di Magetan Jawa Timur, membuat deka nyengir panjang. Balapan kelas underbone standar dibatalkan karena team lain ngeper jika harus membalap dengan team yang menggunakan satria FI.

        Kejuaraan terbuka Krating Daeng Power Roadrace 2016 yang memperebutkan Bupati Cup Magetan 2016, salah satunya menyertakan kelas underbone standar. Kelas motor bebek atau ayago kelas standar adalah kelas dimana motor semua default settng pabrikan tanpa adanya rubahan sedikitpun. Gampangnya, beli motor di diler kemudian langsung terjun ke sirkuit balap.
        Pendapat deka, kelas standar adalah bukti paling netral, sahih parameter performa sebuah motor. Karena motor tidak perlu ditambahi part apapun untuk mendongkrak performa. Jadi kondisi riil motor sama persis dengan motor yang kita beli dan pakai tiap hari. Bukan motor yang diupgrade memakai pendongkrak performa dimana seringnya harga upgrade jauh melebihi harga motor tersebut.
        Penolakan team-team lain terhadap team yang memakai satria FI yaitu Shake Speare 45 Lamongan jelas mengada-ada, dan hanya alasan karena ogah kalah. Seperti diketahu bersama, di roadrace kejurda di pamekasan, team Shake Speare 45 menang mudah ( meninggalkan jauh hampir separo sirkuit ) dengan satra FI.

        Mereka yang mogok balap menganggap bahwa team Shake Speare 45 berbuat curang dengan mengganti ukuran sproket. Padahal setelah balap, semua motor dicek ulang, diprotolin oleh panitia, dan tidak terbukti adanya pelanggaran. Semua terbukti original ting-ting default pabrikan. Nah?? udah ngeper, pakai nuduh curang lagi???.
        Padahal secara default satria Fi emang disetting oleh suzuki punya performa tinggi, kompresi mesin saja diatas 11, dimana butuh bbm oktan 94?.. 92 saja performa tidak akan maksimal, meskipun cukup untuk aktivitas harian. Herannya lagi, penyelenggara juga mengiyakan pemogokan tersebut, dan balapan dianggap tidak ada. Harusnya dalam perlombaan, mundur sebelum balapan juga dianggap kalah. Ibarat tinju, baru denger namanya saja udah pucat dan mental drop??. kalah sebelum naik ring.
        Semoga bermanfaat
        Wassalamualaikum
        Share this:

  8. Kelemahan sonic cuma rpm dibatasi limiter 10.000 rpm sedang satria tidak.satria bisa melejit 13.000 rpm.jika cdi sonic diganti yg non limiter sonic bisa 13.000 rpm.
    Ngerii???

  9. Bayangin sonic dibatasi limiter cdi nya cuma mentok 10.000 rpm
    Sedang satria non limiter bisa 13.000 rpm
    Bisa disimpulkan tes jalan raya satria fi yg unggul,tapi power mesin unggul sonic.limiter yg membuat top speed sonic terkebiri.

  10. Semua gara2 sang gampang rusak, cat tipis gampang ngelotok, plastik body tipis n gampang bule,,,,,,
    Haduh,,,,

  11. Lagi-lagi artikel titipan tim cawet ngoahahahaaha
    Pembaca sekarang udah pada ngerti,mana informasi yang real mana yang kawe kawean
    Semoga paham ngoahahahahah

  12. Banyak yg kojel kojel gak nerima kenyataan wakakakaka

    Apalagi fby dungu sesembahannya kalah mulu

    Nuduh iwb nerima amplop lah ini lah itu lah

    Terima dgn lapang dada kenyataannya

    Honda semakin di depan

    Joss

  13. wah, yg beginian dibikin artikel. kapan tuh sonic yg penyakitan di muat…. iwb tmc semakin beda. suka lek iwb yang dulu

    • Betul… Gue pnya fu fi bru inreyen tpi ane lngsung tes drag sma sonik yg km sdah 3ribu pnya temen.. . Jarak 2 ratusan mter sonik ketinggalan 50meteran
      So konsumen si segmen ini udh pda pintar ..
      Itu jg yg mnyebabkan ncb gagal kill vixion

      • Berarti lo lebih canggih
        Dari mesin dynotes
        Berapa power nya bro??
        ???
        Kalau yg joki pembalap
        Juga bisa lain ceritanya..
        Betul g bro..

      • Hahah biar hasil penjualan yg berbicara.
        Jgn percaya dgn marketing ngahaem.

        Nguahaha

        Menghalalkan segala cara

  14. pilih mx king wae. ben gak banter banter lak numpak. nyowo mung siji ora pengen kebut kebutan. nang ndi ndi podo macet, butuh bebek seng nyaman tapi yo jek ketok gagah.

  15. beli mesin dino ahh..!!? siapa tau ahm mau test motor ditempatku,secara amplopnya gede,mau menang at kalah terserah dia yg penting balik modal beli mesin dinonya… wkwwkwwkwkw.

      • Makanya wan bikin artikel yg hon2 itu ngebul,geol2,boros oli tak jamin barisan laki berkemben(fby)dandan cantik.

  16. Apapun hasil di USR, semua terbantahkan dan menunjukkan bahwa tim balap Shake Spear 45 Lamongan bersama Suzuki Satria FU injeksi-nya memang kencang hingga bikin mengkeret kompetitor

    • Pokoknya artikel honhon harus jelek wan titik……tak jamin para fby kembeners baris rapi ngasih senyum cantik.

    • Motor balap tah bro??
      yg dibicarain motor standar
      Yg baru keluar dari dealer
      Masih perawan ting ting.
      Lo malah bicarain motor
      Janda beranak..
      Ngoahaha???

      • Pekok makanya sering jalan-jala biar matamu fresh..

        Yang namanya produk udah dilaunching yo mesti udah dijual to cuk

        Pekok

    • Iya bro. Setidaknya mx king gak nipu bro, jujur apa adanya.

      Lemot di bilang lemot. Dari pada lemot ngaku kenceng akhirnya dnf dech di ajang balap.
      Hehe

      Dari penjualan pun begitu paling lemot tp paling laris. Yg sebelah ngaku paling kenceng tapi paling cepet nyusul cs1.

      Nguahahaha

  17. Ngondah ngahaem belingsatan menghalalkan segala cara biar jualannya laku buat setoran ke pemegang saham jardine singapur

  18. di motorplus background artikelnya pakai warna merah, honda banget, iklan terselubung buat njatuhin lawan!!!

  19. judul artikelnya juga komparasi HONDA sonic, suzuki satria fi, mxking
    jelas itu iklan honda buat mukul satria, MX king diikutkan,cuma pelengkap karena emang beda segmen…

  20. Dah yg g percaya beli aja
    Satria fi,dan tes di mesin dyno
    Apa bener power 18 hp sesuai
    Klaim pabrikan.udah g perlu beli sonic.
    Ngoahaha???

  21. Yg di bandingin satria v sonic, fbs nya pada woles, fbh jg cm dikit yg nongol, fby yg kojel2 berjamaah, aneh ya.. sampe pake fitnah sgala.. tobat mas tobat.. situ jg di amplopin nge bc mulu koj nuduh org laen di amplopin..

  22. Jangan suuzhon memang sonicitu sudah mengunakan dna motogp tech jadi semakin panas semakin njengat, itu belon di copot radiatornya, coba kalau di copot oasti naik jadi 20hp gigi netral pula

  23. tobaaaat…

    ? ketika diselenggarakan balapan road race di Magetan? ketika Suzuki Satria F150 Injeksi turun di kelas standard? lhaaa Yamaha MX-King munduuur? apalagi Honda Sonic 150R ikutan munduuur juga ?!!! Terpaksa race di batalkeeen? mosok mau race sendirian? lhaaa piyeee dadi neeee ?!!! Lha penyebabnya apa ????

    Usut punya usut? pada race di Pamekasan ? Suzuki Satria F150 Injeksi melesat jauh? nggak bisa dikejar oleh para kompetitor ?!!! Para mekanik bersuara lantang? percuma melawan Suzuki Satria F150 Injeksi? dalam keadaan standard aza? sudah menggunakan diameter manipold dan throttle terbesar di kelasnya? spek standard aza sudah seperti spek balap? ngapain repot-repot ?!!! Percuma aza yang lain turun? pasti kalah? !!! Last,? mekanik yang mungkin nggak ?weruh? dyno aza? sudah bilang begini? di balapan juga sudah kebukti? masih bisa kagh engine overbore kalah dengan engine overstroke ? dalam hal power ????

    • Motor balap tah coi?
      Yg dibicarain motor standar ting2
      Masih perawan.
      Bukan motor janda,ubahan pengaruh,riset,dana,dukungan pabrikan,skill pembalap.contoh di moto gp,tim satelit sama tim pabrikan unggul mana,dg motor yg sama.
      Mio bisa menang lawan ninja,drag race.
      Balap banyak hal coi..???

    • Quote:….. Suzuki Satria F150 Injeksi? dalam keadaan standard aza? sudah menggunakan diameter manipold dan throttle terbesar di kelasnya? spek standard aza sudah seperti spek balap?..
      ———————————
      Nah….kutipan di atas sudah jelas. Memanfaatkan kondisi std, padahal kondisi udah di gede2in dari pabrikan nya.
      Ini yg bikin hasil balap njomplang.

    • Tul bro,mestinya yg dijual sama kayak kejurnas power 29 hp.tapi harganya bisa 3x lipat.ngoahaha???

  24. Wong lek iwan cumak baca trus di sadur ulang, dan dianalisa dan di tulis dengan gaya bahasa sendiri kok ya di fitnah dapat amplop
    Lek iwan itu dapat amplop dari sponsor bukan dari pabrikan,semakin banyak yg mampir di warung dolarnya semakin banyak, makanya lek iwan banyak di sirikin bloger laen, la wong yg masuk bukan IDR lagi tapi DOLLAR
    Njengaaat tenaaaan

  25. Kalau dijalan,

    Sonice ngeeng clek ngeeng clek ngeeng clek ngeeng clek ngeng clek ngee eee eng tek tek tek tek tek tek..
    (mesti cepet oper gigi tenaga berubah jadi getaran) dohc clek

    Fufi ngeeeeeeeeeeng klek ngeeeeeeeeeeeeeeeeng klek ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng klek ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng klk ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeengggg..klk ngeeeee….ng
    (Nafas panjang tenaga jos mesin halus) real dohc

    Mxking ziiiing klk zzziiiiiing klk zzzzzzzzziiiiiiiiiiiiiiiiing klk wuuuuuuueeeezzzzz.
    (Halus bertenaga fbh ngeces liat bodynya)

  26. Sabar mas iwan
    Anjing menggonggong timpuk pke sandal swallow…hahaha
    Jgn pada fitnah mas..dosanya berat

  27. Lek mbok jajalke Satria F FI vs Sonic vs MX King vs Cagiva Stella Ayago pujaan hati 😀 wekekek

    • Manor hobine numpak i sing tuwir2…
      Bar di nggo balap, langsung mlebu museum. Ngenteni sparepart ora ready neng endonesah…
      Ekekekeke. Fekok kowe, le…

  28. 86. Top – March 23, 2016
    Kalau dijalan,

    Sonice ngeeng clek ngeeng clek ngeeng clek ngeeng clek ngeng clek ngee eee eng tek tek tek tek tek tek..
    (mesti cepet oper gigi tenaga berubah jadi getaran) dohc clek

    Fufi ngeeeeeeeeeeng klek ngeeeeeeeeeeeeeeeeng klek ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng klek ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng klk ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeengggg..klk ngeeeee?.ng
    (Nafas panjang tenaga jos mesin halus) real dohc

    Mxking ziiiing klk zzziiiiiing klk zzzzzzzzziiiiiiiiiiiiiiiiing klk wuuuuuuueeeezzzzz.
    (Halus bertenaga fbh ngeces liat bodynya)

    ———————————————————

    MX King Buosook asli bodine ra mbentuk blas koyo tiren

Comments are closed.