iklan iwb

460x110(1)

satria FI vs Sonic

Wis kangbro…ambil nafas dulu biar tenang khususnya untuk para fansboy yang suka mengeluarkan aji semburan maut :mrgreen: . Kalau ada fansboy yang memiliki tanda-tanda hipertensi IWB sarankan jangan baca artikel ini soale ditakutkan bisa bikin kepala cekot-cekot ngrikitin lawang lan kursi karena ora terimo. Biarlah bahasan IWB hanya untuk para pembaca murni yang terbuka….tidak teracuni merk dan sudi berpikir jernih…deep analyze tanpa ditunggangi rasa suudzon sehingga kita semua menjadi makin pintar. Dan….seperti yang sudah tertuang dijudul utama….IWB ingin ngeshare hasil komparasi Test dyno power head to head? new Satria F150 FI vs Sonic 150R serta MX King yang dilakukan tabloid roda dua M+ (suwun buat bro Bregas). Dilalah hasilnya Sonic kembali unggul!!!….
Yamaha_GIF_440x100_rev

iklan iwb

banner-promos

M+ melakukan pengujian ketiga motor diatas mesin dyno sebagai bagian dari komparasi head to head. Mesin dyno sendiri menggunakan Dynojet 250I dimarkas R9 Premium Store Kebun Jeruk Jakbar. Untuk mendapatkan hasil seakurat mungkin M+ memutuskan melakukan pengujian berbarengan ditempat yang sama……jam yang sama dan kondisi yang identik pula. Pertama yang digelandang diatas mesin dyno adalah sang pioner Satria F150 FI, lalu MX King dan terakhir Sonic150. Digeber berulang-ulang akhirnya diperoleh angka sebagai berikut…..

Satria F150 FI

Power : 14,[email protected]
Torsi : 10,64Nm@@8510RPM

Yamaha MXKing

Power : 13,12HP@8,160RPM
Torsi : 12,23Nm@6250RPM

Sonic 150R

Power : 14,9HP@8,280RPM
Torsi : 13,77Nm@6200RPM

Screenshot_2016-03-22-17-43-07-2

Nahhh….ngowoh tenan. Dari hasil uji coba menggunakan Dynojet 250I yang diracik M+…Sonic 150 kembali unggul. Tabel sendiri disodorkan secara gamblang…..torsi dari low hingga high RPM tiap motor yang dites (terlampir). Sementara MX King unggul dari Satria pada torsi yakni 12,23Nm vs 10,64Nm. Terus….kita kudu piye??. Apakah hasil diatas tidak valid?. Apakah M+ merekasaya?. Kenapa Sonic unggul?. Kenapa nggak Satria yang menang??….

Nah…pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti menghantui kita semua sebagai biker. Apalagi fansboy…wihhhh caci maki biasanya keluar tuh pakde secara brand pujannya merasa dirugikan. Jarno wae ora usah melu-melu tiwas malah stres dewe :mrgreen: . Kita coba diskusi secara wajar dan sehat aja. Oke kita kembali ketema bahasan. Kalau diperhatikan ada kemiripan hasil dyno Ultra speed vs Dynojet dimana power Sonic gampang melenting. Power 14,9HP didapatkan di RPM cenderung rendah yakni 8.280 RPM. Bandingkan dengan Satria yang nangkring diangka 14,44HP diputaran mesin 10.525 RPM….

Screenshot_2016-03-22-17-43-07

Torsi Sonic juga lebih njengat yakni 13,77Nm@6200RPM sedang Satria 10,64Nm@8510 RPM. Ingat…ini power on wheels ya. Bukan crank yang biasanya dilakukan pabrikan dan dipasang dibrosur. Power yang diperoleh tanpa ada beban seperti rantai……pelk, ban serta gesekan kompon keaspal. Jadi kalau ada yang ngedumel…koq torsi sama kayak bebek. Jawabannya bebek yang mana dulu. Kalau patokannya power klaim brosur jangan dibandingkan dengan hasil dyno kangmz. Disitulah IWB kadang merasa sedih :mrgreen: . Kalau sama-sama diatas mesin dyno…baru tuh seimbang. Artinya apa??…..

Ledakan power yang cepat dari mesin spek near square Sonic mungkin langsung terasa diatas mesin dyno. Spek ini diuntungkan sebab speed bisa diraih secara optimal. Tapi ketika sampeyan uji diatas jalanan sesungguhnya….spek overbore Satria bakal sulit dijabanin Sonic. Lha piye….nafas Sonic wis entek, Satria masih mringis. Contoh gamblang IWB terima dari bro Defrans yang ngeshare hasil drag jalanan kedua motor. Kebetulan teman doi pemilik Satria FI dan bro Defrans owner Sonic…..

1914784_1070297553035851_6852471793565181927_n

” Kang Iwan, ane udah sekitar 5 kali tes melawan satria injeksi temen ane. dari kesemua tes itu kesimpulannya sonic bisa ungguli satria injeksi sampai gigi 4 dengan rolling start. di gigi 5 sonic mulai terkejar sama satria injeksi. menurut kesaksian temen saya juga topspeed yang pernah dia raih dengan satria injeksi adalah 142 km/h. sedangkan sonic saya bisa 145 km/h dengan kondisi trek yang sama dan braking point yang sama. untuk berat badan, joki satria injeksi lebih ringan beberapa kg dari saya. karena masih penasaran, akhirnya kamipun tukar motor. saya joki satria dan temen saya jadi joki sonic. kami start berbarengan dengan rolling start. trek hanya sekitar 200 meter lebih. saya sampe heran kang. di gigi 4 pun sonic saya ninggalin satria fi yang saya tes sekitar 1-2 bodi motor. padahal saya sudah shifting dengan metode clutchless upshift dan shifting satria dilakukan di 12000 rpm…”

-Defrans Marcelino-

Nah…menarik kan kangbro. Bro Defrans mengatakan…Sonic bisa unggul digigi 4….lalu 5 mulai disusul. Limiter yang cukup tinggi hingga nyaris 12,500-13ribu membuat nafas FU FI panjang. Dyno memang penting. Tapi kalau sampeyan menjadikan mesin dyno sebagai acuan mutlak juga nggak tepat sebab banyak faktor yang membuatnya bisa berbeda. Uji head to head dijalananpun sebenarnya juga demikian karena joki memegang peranan penting. So….langkah yang paling bijak, jajal dewe….rasakan geber dan lalu simpulkan terus diboyong. Lha wis bengok-bengok nang dunia maya…tuku wae ora, lak yo tepuk pramuka pakde :mrgreen: …..

Last…..jujur bagi IWB yang sering ngetes motor…..power 150cc era sekarang nyaris memiliki perbedaan yang sangat tipis. Ngedrag pol-polnya paling terpaut 1-3 body. Pabrikab sudah meracik sesempurna mugkin…disesuaikan kondisi dan kebutuhan. Harapan IWB….jangan mumet dengan uji tes dyno. Toh beda nol sekian HP tidak akan banyak memberikan dorongan signifikan. Paling kayak ditiup angin semilir pakde. So….komparasi uji test dyno antara Satria FI vs Sonic vs MX150??. Wis…bubar-bubarrr, ketimbang mumet turu wae cakkkk :mrgreen: ……(iwb)

Screenshot_2016-03-22-17-41-39 Screenshot_2016-03-22-17-41-49

424 COMMENTS

  1. kali ini fby+fbs bersekutu mencaci kang iwb, kasihan nasib mu kang. bsk2 jgn buat berita keunggulan H lg kang, beritai cacat H aja biar mereka seneng.

  2. Wakakakaka
    overbore kalah torsi n power??
    d tmc fu fi bs 6,006 dtk, terkencang se indonesia, ingat lek se indonesia, bukan semau susuki lho ya,
    tu jg motor masih std,
    cari artikel lain aja lek, ketahuan bgt nt mihak yg mana,

    • Sonic jg belum buat tantangan
      Yg sama,tuh kan tes dyno.
      Yg ngetes mesin,kalau rider yg ngetes
      Ya tergantung kemampuan ridernya kan.
      Masih g terima kalo power unggul
      Sonic?

  3. Kok belum adu drag nih tim swat?

    Dulu sonice keluar adu drag 100m cuma 3detik…

    Kalau fufi cuma 6detik kok, masa gak berani kan drag sonice lebih cepat 2x lipat..

    Hayooo mana?

  4. Artikel gnian mah biar sonic ama mx brani road race ama fu fi,,, biar sembalap g pada ngeperr,,, wkkkk,,,

  5. ngoahahahah, ahm pabrikan penjajah serakah.

    klaim 13,5 di dyno jadi 13,7.

    hanya ahm yg bisa.

    wekekekek.

    PENJAJAH.

    menurut sampeyan gimana mas iwan? hihihihi

  6. komen2nya penuh dengan fitnah ,, menyerang personal ,,, fix kalo artikel merk H harus jelek dan kalo merk Y harus baik dan selalu unggul ,, dijamin lek mereka baris sambil tersenyum

  7. Vixion jelas lbh handal,
    vixion jelas lbh irit,
    irit ke bengkel, irit spareparts,
    irit bbm? bedanya cm 1 sndok teh ko bro, ngooaaaahaha

  8. warga negara singapura mana ya? kok sepi..
    atau lagi antri nerima amplop juragannya asingapura honhon motor (AHM)?

  9. ya begitulah para fansboy yang sedikit punya ilmu tapi maunya langsung comment akhirnya comment nya jadi ga bermutu. iwb disini untuk memberikan informasi bukan untuk memihak salah satu merk pabrikan. ya itulah fungsi dari blogger. kalo sampeyan tidak suka ya silahkan cari blogger yang menurut sampeyan bisa dipercaya.

  10. Sudahlah,dari kita ribut masalah sonic vs satria ,mending kita bersatu,bersama2 kita bakar pigson rame2….motor buosok pantas dibumihanguskan…..

    • Wkkkk…dasar fby IQ jongkok…bakar motor pakai kayu segala,lu sulut itu selang bensin juga langsung nyala itu motor,mending kayunya buat nimpuk sales mio ji yang suka dangdutan dilampu merah

    • Ojo omng ae jon gemblung.. ndang d tuku kui sonice ben ketok payu.. msok yo isone kowar2 tp payu mek sak criitt

  11. Tp plg laris cung, malah wis di copy mbek majikanmu gawe suppri plus fitur tekteketekketek

  12. Komenya pada gk sehat, gk bisa mikir sehat.bahasa jawanya akale cupet. sudahlah beli aja yg kalian suka.. adu drag sendiri aja.janjian aja yg punya sonic dan fu beres..hehehehehe gk usah jelek”in merk lain.

  13. Kayak gak tau sj kompresi sijuki,,,,yg koar2 dsini paling motornya jadul dan minum premium….buat apa motor kompresi tinggi klo bl seringnya pke premium….ckcuih
    C’z u must to know…..

    >> Honda adl takdir
    >> Honda adl kenyamanan
    >> Honda adl jati diri
    >> Honda adl kekuatan
    >> Honda adl kemapanan
    >> Honda adl keniscayaan
    >> Honda adl kemenangan
    {{{{{ CHOICE OF THE CHAMPION}}}}}

  14. Yg kojel2 paling punya motornya jupiter mXk, sm shogun kebo,,,,,minumnya premium,,,,cihhh, buat apa??? Intinya honda itu beri kualitas mesin terbaik
    C’z u must to know…..

    >> Honda adl takdir
    >> Honda adl kenyamanan
    >> Honda adl jati diri
    >> Honda adl kekuatan
    >> Honda adl kemapanan
    >> Honda adl keniscayaan
    >> Honda adl kemenangan
    {{{{{ CHOICE OF THE CHAMPION}}}}}

  15. Gk usah di gubris comen gk mutu. Rata” motor cc 150 sama aja. Emangnya masalah sama ketinggalan satu body dua body.. hmmmm tinggal pilih aja mana yg disuka di boyong.beresss klo ada yg comen bloger amplop dll itu manusia gk waras sdh lama saya pantau blogger ini, asyik” aja tanpa berat sebelah.. saya sendiri suka semua mrek motor tpi yg saya pinang yg bagus modelnya itu aja… mesin sama aja, perawatan rutin ttp awet semua… mari kerja lagi jngn bikin dosa di dunia maya. Kritik dan saran itu yg di butuhkan pabrikan supaya bisa di perbaiki. Itu inti komen yg sehat.jngn mencela….::)))))

  16. Biasanya yamadut dan sijuki menang teori doang,,,,bukti nyata di lapangan dibabat ma honda….ane gak percaya begituan, tiap saat kok mesti ane menang,,,ckcuih
    C’z u must to know…..

    >> Honda adl takdir
    >> Honda adl kenyamanan
    >> Honda adl jati diri
    >> Honda adl kekuatan
    >> Honda adl kemapanan
    >> Honda adl keniscayaan
    >> Honda adl kemenangan
    {{{{{ CHOICE OF THE CHAMPION}}}}}

  17. tp jika melihat rpm
    yang unggul digunakan di perkotaan sepertinya mx King karena gk butuh napas panjang utk mencapai max power
    melihat rpm sih

    • Bagusan mx king sama satria fi kan bro?
      power didyno tes,sampe bawa2 balap,drag race.power didyno tes sonic unggul.kalau buat balap tergantung rider dan ubahan mesin.yg standar jg tergantung rider.
      Gitu aja kok repot???

    • Yg mana bro,kayaknya sonic
      Masih dijual didealer.apa mx king
      Atau satria fi bro yg disuntik mati
      ????

      • Noh Di Solo udah sliweran FU Fi … MX King mah eces …mondar mandir wkwkwk … Sonic ??? Ga ada batang hidungnya wkwkwk ???

  18. daripada pada koar2 mending beli , pilih mana yang menurut ente2 yang terbaik, mau sonice , mpek king, atau satria bergitar ujung2nya juga dipakai dijalan umum. berapa persen sih yang digunakan untuk balapan RESMI? beda 0.xx dijalan mah ga kerasa, pake moge >100 HP aja ga bakal pake sampai peak power juga (udah mentok kena macet hehehe) kalo cuma diasepin di jalan mah, gue dulu pake cb500 juga pernah diasepin sama meong smile dijalan , orang lagi macet ga bisa selap selip 😀 . (pedihhh bro)

    keep safety riding, stop sruntulan, jalan umum bukan sirkuit, respect the others. dan jangan lupa menabung ngoahahahahahahahaha

    • Hebat insinyur honda,bisa bikin dohc yg paling irit,dg power yg paling besar dikelas 150cc.fu fi,mx king lebih boros dari sonic.tapi power dibawah sonic.???

  19. Aduh kepancing juga buat komen di mari, kebanyakan makan mecin jadi bego kali ya, beda mesin dyno beda hasil tapi paling beda tipis. Itu power sonic gede tapi percuma napas panjangan satria. Ya dilapangan power beda tipis tapi kalah panjangan napas, ya jelas sonic kalah. Ane buka fbh atau fby. Tapi pas baca2 kenapa banyak fby ngatain sonic sama mas iwb amplopan? Idiot

  20. Dari Artikel ini :
    1. Test Dyno … Sonic Unggul
    2. Test Drag …. Sonic Unggul sampai Gigi 4 … lanjut Satria mimpin di Gigi 5

    Kesimpulan :
    1.Karna gigi 1 s/d 4 Sonic unggul berarti yang seneng ngebut dijalanan normal (pemakaian harian) maka pilih Sonic dunk karena gak mungkin sampai pakai gigi 5 karena udah ketemu tikungan kkkkk
    2.Yang seneng ngebut disirkuit panjang kayak Sentul maka pilih Satria Dunk… kan bisa tarik gas sampai habis
    3.Yang seneng merek Honda pasti beli Sonic
    4.Yang seneng merek Suzuki pasti beli Satria
    5.Yang seneng Komen …. dari dulu komen melulu tapi G’Beli beli .. kkkkkkkkk

    GITU AJA KOK REPOT … Kang Iwan Thanks Artikelnya … ini bakal bikin keponakan dan anakku eyel eyelan maneh kkkkkk

  21. sonic motor bagus.
    tapi kalo on wheel lebih besar dari on crank itu sesuatu.
    #AMPLOP

    wekekekek

    • Yg valid yg mana,on crank berapa
      On wheel berapa?data tes yg lain
      Jangan dibandingin dg data yg satunya.
      Beda dyno jg beda,g mungkin 100% sama
      ????
      Sabar lek iwan,ni satu lagi
      Nuduh pake amplop.

  22. Your comment is awaiting moderation.
    torsinya SONIC
    12,66nm di 6000rpm
    13,66nm di 6500rpm
    rpm naik 500rpm torsi melonjak 1nm
    edannnn.
    di tunggu videonya kang iwan.
    siapa yang pertama berani adu SONIC vs
    SATRIA FI

  23. Wkekekkkkk……
    Benerkan….kenyataannya efbeyek bergejolak dizeptictank……
    Menyakitkan? Ya udah gw revisi dech….
    Kenyataan memang bikin bau….
    Ekrkkrkkkkkk……
    Nguuuukkkkk……

  24. 6000rpm 12,66nm
    6500rpm 13,66nm
    naik 500rpm torsinya sonic melonjak 1nm
    edannnn
    di tunggu videonya lekkk.

    • Dateng aja ke motor plus,tanya alamat yg ngetes di mana.bawa sonic baru.trus vidioin sampe puas,kalo perlu buatin sinetronnya sekalian.???

  25. selamat buat M+ bs buat torsi sonic nambah dari spec 13,5Nm (on crank) jadi 13,77Nm (on wheel) ;-cmn ngingetin aj sp tau lupa spec-nya-;

    • Dyno tes nya sama g bro??
      Selamat buat suzuki power 14,44 hp
      Tapi ditulis 18 hp.beda berapa hp bro?
      Sekedar mengingatkan???

  26. Mx king lapo melok2…. beda kelas bro, jelas kalah telak…… lawane mx king seng sekelas yo repo pit…. ??

  27. Dulu mah M+ komparasikan bebek 110 cc yg ditulis irit pasti motor Honda. Malah ada yg ditulis konsumsi BBMnya 20 km./liter.??? Gak masuk akal. Dan ditempel d bbrp AHASS.?…… ckckxkck

  28. Om Triatmono ngetest sonic ngak hebat2 banget itu milik doi dan beli sendiri untuk direview, top speed mentok 125kpj, mesin kasar kalau panas, susah ganti gear pake oli standar pabrik, jok keras.

  29. Dah gini aja
    Sonic menang power,tapi satria fi
    Yg juara.seneng kan.
    Kayak lorenzo yg menang balapan
    Tapi rossi yg juara..seneng kan
    KITA HARUS MENGIKUTI
    POLA PIKIR FBY..
    ????

  30. satria Fi menang spek brosur tok…

    salam loss power nearly 4dk buat Satria FUFI

Comments are closed.