iklan iwb

banner-460x110(1)

Yamaha MT25 (43)

Bro dan sis sekalian….menyambung artikel sebelumnya, IWB sempat menyinggung keengganan YIMM merilis mesin double cam (DOHC) pada kelas kubikasi 150cc. Disaat kompetitor getol mengkomuikasikan mesin DOHC….namun Yamaha tetap setia dengan mesin SOHC. Termasuk sosok yang diduga sebagai MT15. Nah…pertanyaannya, kenapa Yamaha terkesan keras kepala dan adakah rencana mereka meracik mesin serupa??. Berikut jawaban pak Maskur (Vice GM Marketing PT YIMM) disela event Talk Show berkarier bersama Yamaha diUI Depok….

iklan iwb

Indonesia-road-racing-championship

muffler

“Jadi gini….Yamaha membuat mesin lebih kepada fungsinya. Perlu nggak kira-kira mesin 150cc menggunakan mesin DOHC kalau toh ujung-ujungnya performa sama saja. Yah…bedanya tipis banget. Jadi sebenarnya DOHC 150cc unggul hanya permainan mindset.…”ujarnya santai. Mendapat jawaban tersebut IWB menggaris bawahi pentingnya memenangkan mindset konsumen. Sebab tidak bisa dipungkiri perang DOHC vs SOHC cukup kencang diluar sana. Nah…pertanyaanya, mungkinkah kedepan Yamaha meracik mesin DOHC 150cc atau tetap kekeuh menggunakan SOHC 4 katup ??

Apapun tetap terbuka. Kan suatu produk selalu ada pengembangan. Jadi gini….Yamaha meracik mesin bukan hanya untuk Indonesia. Saat ini riset & development Yamaha mencakup global produk. Begitu pula engine. Untuk mesin…..pengembangan tidaklah singkat. Dibutuhkan waktu setidaknya 5 tahun hingga mesin betul-betul siap. Seperti NMax. Siapa menyangka Yamaha tiba-tiba meracik mesin skutik 150cc dengan VVA yang powerful dan dulunya hanya untuk mesin big skutik…

Yamaha_NVL_facelift_2015 (44)

“Jadi Yamaha pusatlah yang akan memutuskan apakah mereka perlu mengembangkan mesin 150cc DOHC. Sementara mesin sport 150cc DOHC secara global Yamaha memang tidak ada. Ingat….kita bicara global engine. Mesin yang akan digunakan diseluruh dunia. . Pengembangan sektor ini dibutuhkan waktu setidaknya hingga 5 tahun karena kita tidak pernah setengah-setengah dalam meracik mesin...”serunya tersenyum. Pertanyaannya lagi…..apakah 5 tahun tersebut Yamaha sudah jalan atau baru akan mulai??….

Soal itu saya tidak tahu karena memang tidak dilibatkan. Untuk project Scorpio dulu saya masih terlibat. Mulai NMax sudah tidak…….” ujar pak Maskur. Hhhmm…..gitu ya. Tapi IMHO Nggak mungkin mesin baru 150cc baru mulai R & D. Lak yo brojole tahun 2020….wis telat kangmz. Dan dalam penutupan interview singkat tersebut….IWB kembali menanyakan kiat YIMM untuk mempertahankan segmen sport dari gempuran Honda yang berusaha keras menjatuhkan tahta yang kini masih dipegang Yamaha….

“Kita santai koq mz. Dari dulu kita hanya ingin memuaskan konsumen. Market share bukanlah utama bagi kami. Pabrik kita hanya 2 sementara sebelah 4. Secara hitungan matematika mana mungkin kita bisa menang. Dan jikapun saat ini kami menang berarti yang pinter siapa??. Hayo….bener nggak?” serunya tertawa. Sebuah jawaban santai diluar dugaan. Btw…walau jawaban diplomatis tersebut keluar, YIMM disinyalir telah menyiapkan beberapa varian baru termasuk Fino Bluecore dan MT15. Kita tunggu saja sepak terjang mereka. So…engine DOHC 150cc??. Itulah jawaban Yamaha kang….piye wis gamblang to?.? :mrgreen: (iwb)

383 COMMENTS

  1. jawaban Pak Maskur singkat dan padat.
    sekaligus menegaskan dalam kenyataan.
    bahwa sesungguhnya pabrik celeng n fbh memang gak pinter alias PEKOK TAK LEKANG WAKTU.
    😀
    😀
    😀
    salam celeng

  2. jawaban Pak Maskur singkat dan padat.
    sekaligus menegaskan dalam kenyataan.
    bahwa sesungguhnya pabrik celeng n fbh memang gak pinter alias PEKOK TAK LEKANG WAKTU.
    😀
    😀
    😀
    salam celeng..

  3. Disinyalir kuat kalau DOHC sonic menopang 29 hp seperti SOHC 5 speed MX KINg, DOHC sonic bakal pada meleduk baru race 1 lap. Wong sonic baru 23 hp saja banyak yang DNF ngak kuat kualitas mesinnya maklum DOHc kw3

  4. dohc ya yang 250cc 2 cylinder, bukan jomblo cylinder
    gt aj kok repot
    😀
    😀
    😀
    150cc sohc msh kuat kok nabokin 150cc dohc yg katanya lari 178kpj 20daya kambing
    😀
    😀
    😀
    salam njebluk dnf

  5. Yg aneh mnurutku malah mesin DOHC kok dimirip2jan sama karakteristik mesin yg SOHC. Smisal near square.. Karakter overbore yg harusnya high rpm dan menang topspeed jd hilang. G berani deverensiasi dan ngikut arus gaya SOHC.

  6. 2 pabrik mengalahkan 4 pabrik dalam sport.
    pake sohc lg dlm 1 dekade.
    hayo siapa yg pinter..
    😀
    wkwkwkwkwkwkwk
    salam expor timor leste.
    😀

  7. Percuma nama DOHC cuma dijadikan Gimmick marketing tapi kenyataanya baru menopang 23hp saja saat kejurnas udah pada DNF

    Sedang SOHC 5 speed menopang 29 hp pada kuat mesinnya dan borong podium juara

    Jadi Siapa yang pintar ???

  8. jadi kelebihan DOHC 150 cc cuma mindset aja? bagaimana dengan DOHC 150 cc sejati yang over bore? semakin tinggi putaran mesin tenaga semakin besar?
    sekarang kelemahan DOHC 150 cc apa? apakah biaya perawatan dan suku cadang yang mahal? apakah konsumsi bahan bakar lebih boros? mengingat tenaga besar dicapai pada RPM tinggi

    • yg pasti soal perawatan lebih mahal DOHC, nyengir lah soal harga sparepartnya… hihihi coba aj compare harga part vixion vs cb150r… mana yg lebih mahal

  9. @ All
    Tolong perhatikan nick name ketimbang nulis banyak harus saya karungin. Suwun dukungan dan atensinya

  10. Bener2 hebat strategi Jepang jualan di Indonesia, mereka tidak mau saling makan, masyarakat kita cuman dibodohi dgn produk2 mereka, dan parahnya para FB saling serang dan membela mati2an yg notabene bukan produk Indonesia, hayooo pintar bro..jgn mau digoblok in jepang, tanpa disadari mereka udah menjajah kita dgn cara merubah mindset kita….peace salam 1 aspal !!

  11. Maksudnya jg..skalinya Y buat msin DOHC 2 cyl..langsung bs membuat deferensiasi dari H dan K. Handling yg mantab dan topspeed serta power yg lbh tinggi dari ninja. Bner2 g main2.. All out. Wlau scr pnjualan dlm negri msh klh sama ninja.

  12. Buat apaaa… ah sudahlah

    Selamat pagi rekan rekan semua, semoga rezeki kalian hari ini ditambahkan oleh Sang Pemilik Rezeki. Jangan lupa bersedekah..?

    Salam selisih 200 point yaaa

    • Alhamdulillah..usahakn tiap pagi bersedekah om. Sediakan kencleng dirumah bwt sedekah. Recehan pun jk trkumpul jd berharga. Biar hidup jg makin berkah.

  13. Performa SOHC dan DOHC 11 12, bahkan mungkin sama aja. Kalau mau beneran kencang beli Ninja 150 2 tak, itu beneran kencang. Bukan tipu-tipu

  14. Kata pak dosen motogokil DaoHC 6 speed honda bisa dimaksimalkan sampe 32 HP dikertas buremnya, tapi kenyataan baru menopang 23hp saja saat kejurnas udah pada kojel kojel DNF dan dipecundangi 5 detik

    Malu sama SOHC 5 speed yang bisa menopang 29 HP dan borong podium

    Jadi siapa yang pintar??

  15. produk? AHM sekarang adalah produk kejar tayang yg memprosentasekan kuantitas di atas kualitas

    unit banyak & keren, tapi jeroan mbladus, ready to mbleduk

    motor? AHM memang cocok buat kendaraan militan pemberontak, buat bom bunuh diri

    salam spesialis eker? batu akik

    jegeeeer

  16. Tempel stiker nya aja pak.. Toh dohc dan sohc untuk 150 performanya sama saja. Disini banyak yang beli motor liat stiker. Bukan mikir fungsi.

  17. Kata pak dosen motogokil DOHC 6 speed honda bisa dimaksimalkan sampe 32 HP dikertas buremnya, tapi kenyataan baru menopang 23hp saja saat kejurnas udah pada kojel kojel DNF dan dipecundangi 5 detik

    Malu sama SOHC 5 speed yang bisa menopang 29 HP dan borong podium

    Jadi siapa yang pintar?

  18. Mesin SOHC bosok yang bikin sales AHMocin ayan.

    Bayangin zaza gimana ga ayan. wong segala cara dilakukan buat jegal Vixion SOHC tetap zaza AHMocin GAGAL T0TAL

    dimulai dari NMP gagal

    paket hemat Verza gagal kill Vixion

    Old CB jiplak Old Vixi, gagal.

    NCB copy paste NVL, masih gagal juga.

    sampai? mesin DOHC 150 cc dibikin Nearly oper curut #fakta

    bhahahahahaha

  19. Sejujurnya hondbul jaman federal dulu lebih moncer..tp sekarang beda, untuk desain luarnya aja banyak terinspirasi dari kompetitor yg lebih laku, gak jauh beda dgn mocin, apa krn induk perusahaannya yach?Jardune Spore?

  20. Celeng” fbh mana nieh . Ocol,bruud, macam lain’a wkwkwkwk >_< 😀 :mrgreen: noh SOHC aja mash bisa jabanin DOHC, nah kalau DOHC benaran gmn coba ?? Inget MS bukan tujuan kita, kita hanya memuaskan konsumen dengan mesin kualitas global ngoahahaha

    DOHC ?? 2018 aje pak maskur

  21. “…. Dan jikapun saat ini kami menang berarti yang pintet siapa??. Hayo… Bener nggak?” Psy war. Gile, sebelah kalah pinter cuy… Hak… Hak… Hak…

  22. pusat lagi…pusat lagi…alasan klasik yimmm kalo ga sanggup, dari jaman batu yg di ulang2 pusat…. race sport 150cc dah tau akan jd pecundang alesan pusat ga menyetujui…… dhoc ga sanggup bikin pusat lagi jadi kambing conge yimm…..

  23. 75. ROH – September 29, 2015

    Tempel stiker nya aja pak.. Toh dohc dan sohc untuk 150 performanya sama saja. Disini banyak yang beli motor liat stiker. Bukan mikir fungsi.
    ———-

    hahahanjinnggg pantes CBR 250 kagak laku satupun

    di cbr 250 KAGAK ADA STIKER DOHC soalnya

    muahahahahaha

  24. Di fb group Sonic ada yang upload video top speed bisa 135kpj dan bisa lebih menurutnya dan merekapun pada kojel kojel kesenangan padahal doi ngak sadar spidonya udah dioprek AHM aslinya 115kpj mentok.

    Kasihan yang beli sonic mau dikorek sampe limit tapi baru 23 hp saja saat kejurnas pada DNF dan dipecundangi 5 detik sama SOHC 5 speed.

    Kualitas sohc 5 speed yamaha bisa menopang 29hp dan rebut semua podium tanpa DNF. Kualitas mesin SOHC yamaha teruji sangat mumpuni

    Jadi siapa yang pintar??

  25. YIMM ga akan gerak kalo AHM masih jadi pengekor.
    secara desain dimirip miripin.
    maksain konci kontak ditangki (ngikut piksen sesama 150cc) FBHOMO pasti bales “moge juga konci di tangki” padahal yg pertama di 150cc kan piksen ngoahahaha.

    karakter mesin dimirip miripin.
    maksain DOHC dibikin karakter SOHC (opercurut) ngoahahaha

    CB150R “Performa Sang Pengekor”

  26. Amankan dari FBH tulul :v
    pantes aja pada dungu,
    lawong waktu belajar di pake surfing :v

    #crotttt kelas 2 smk (sekolah motong kont*L)

    jlub

  27. saya pikir, apa yang ditanyakan mas Ipoel mengena, YIMM harusnya memperhatikan juga keinginan konsumen yang benar2 pengen mesin DOHC, seperti juga saya misalnya, kalau saja mesin Vixion sudah DOHC mungkin saya akan membelinya, tapi saya loncat ke 250cc walau masih sama-sama Yamaha.

    Satu hal yang pasti adalah ketika pabrikan sebelah sudah banyak melakukan pengembangan di mesin DOHC 150cc dan Yamaha baru melakukan risetnya, itu berarti bisa dianggap sebagai suatu ketertinggalan. Semoga saja risetnya sudah dimulai dan segera bisa diterapkan untuk motor Yamaha di tahun ke depan.

  28. selisih power msh tipis DOHC-SOHC, mobil honda sj msh bnyk yg SOHC jd tergantung kebutuhan…mnrt sy 150cc buat balap blm cocok apalg bebek kyk dipaksa2in sj emang ke kantor/pasar/ngojek perlu kebut2an, motor komuter harusnya balapan endurance kalo perlu smp 3 hari nonstop 🙂

  29. Ayo AHM keluarin motor dohc 150cc dua silindernya, jangan kasih kesempatan r15 untuk bangkit! Ayo ayo cemungut!!

  30. fBH0M0 kalau mau naik kelas beli zaza Ninja 250 cc 2 silinder DOHC

    hahahahaha

    salam AHMocin mentok motor Lokal 150 cc yee cung

  31. Wkkakaak

    Mana ada pabrikan gak ngejar provit. Mereka mah usaha ngejar profit. Kepuasan konsumen? Itu nomer sekian. Yg penting provit gede

    Kalo mau bikin konsumen puas kenapa nmax gak di jual 17 juta? Kenapa r15 gak di jual 20 juta? Kenapa vixi gak di jual 15 juta? Dengan asumsi harga produksi maal. Harga segitu yimm termasuk tetep untung loh

    Terus kenapa jual r25 yg lokal mepet sama ninja? Baru mt25 yg di jual murah?

    Cuci gudang? Engak lah

    Pabrikan mana aja provit oriented

    Kalo gak ngejer provit. Mending bikin badan amal dan zakat. Itu aja masih banyak yg ambil untung

    Ngoahahhaha

    Waspadalah dengan pembodogan otong motip ala momok

    Ngomong gak cari untung tapi aslinya (isi sendiri lah)

    Ngoahahahah

  32. Mesin 150cc, cukup sohc…
    Jngn dipikir yimm gk bisa bikin dohc untuk 150cc, viar jg bisa bikin coooy.. Tapi daya tahan, titik kritis nya di hitung jg,.. Apa 150 dohc lebih efisien dibanding sohc?? Biaya perbaikan & part dohc lebih mahal….
    Apa 150cc dohc ahm di export ke eropa??
    Kuantiti yg besar berbanding lurus dengan reject kualitas yg tinggi…

  33. Kenapa mesin mobil honda itu SOHC? Karena stroke tinggi ngapain DOHC?

    Lah kalo sepeda motor memang perlu DOHC karena mainnya di stroke pendek bro..

  34. decoy….
    tau2 keluar mesin dohc 150cc… melirik nmax 155cc vva engine… tau2 brojol lepas dari pengamatan

  35. kasian ya jadi fby
    dohc buat apa??
    duh gak liat apa yimm fby merengek2 minta dohc?

    fbh mah santai aja
    mau minta apa aja dibuatin ma ahm

Comments are closed.