iklan iwb

banner-460x110(1)

Yamaha MT25 (43)

Bro dan sis sekalian….menyambung artikel sebelumnya, IWB sempat menyinggung keengganan YIMM merilis mesin double cam (DOHC) pada kelas kubikasi 150cc. Disaat kompetitor getol mengkomuikasikan mesin DOHC….namun Yamaha tetap setia dengan mesin SOHC. Termasuk sosok yang diduga sebagai MT15. Nah…pertanyaannya, kenapa Yamaha terkesan keras kepala dan adakah rencana mereka meracik mesin serupa??. Berikut jawaban pak Maskur (Vice GM Marketing PT YIMM) disela event Talk Show berkarier bersama Yamaha diUI Depok….

iklan iwb

Indonesia-road-racing-championship

muffler

“Jadi gini….Yamaha membuat mesin lebih kepada fungsinya. Perlu nggak kira-kira mesin 150cc menggunakan mesin DOHC kalau toh ujung-ujungnya performa sama saja. Yah…bedanya tipis banget. Jadi sebenarnya DOHC 150cc unggul hanya permainan mindset.…”ujarnya santai. Mendapat jawaban tersebut IWB menggaris bawahi pentingnya memenangkan mindset konsumen. Sebab tidak bisa dipungkiri perang DOHC vs SOHC cukup kencang diluar sana. Nah…pertanyaanya, mungkinkah kedepan Yamaha meracik mesin DOHC 150cc atau tetap kekeuh menggunakan SOHC 4 katup ??

Apapun tetap terbuka. Kan suatu produk selalu ada pengembangan. Jadi gini….Yamaha meracik mesin bukan hanya untuk Indonesia. Saat ini riset & development Yamaha mencakup global produk. Begitu pula engine. Untuk mesin…..pengembangan tidaklah singkat. Dibutuhkan waktu setidaknya 5 tahun hingga mesin betul-betul siap. Seperti NMax. Siapa menyangka Yamaha tiba-tiba meracik mesin skutik 150cc dengan VVA yang powerful dan dulunya hanya untuk mesin big skutik…

Yamaha_NVL_facelift_2015 (44)

“Jadi Yamaha pusatlah yang akan memutuskan apakah mereka perlu mengembangkan mesin 150cc DOHC. Sementara mesin sport 150cc DOHC secara global Yamaha memang tidak ada. Ingat….kita bicara global engine. Mesin yang akan digunakan diseluruh dunia. . Pengembangan sektor ini dibutuhkan waktu setidaknya hingga 5 tahun karena kita tidak pernah setengah-setengah dalam meracik mesin...”serunya tersenyum. Pertanyaannya lagi…..apakah 5 tahun tersebut Yamaha sudah jalan atau baru akan mulai??….

Soal itu saya tidak tahu karena memang tidak dilibatkan. Untuk project Scorpio dulu saya masih terlibat. Mulai NMax sudah tidak…….” ujar pak Maskur. Hhhmm…..gitu ya. Tapi IMHO Nggak mungkin mesin baru 150cc baru mulai R & D. Lak yo brojole tahun 2020….wis telat kangmz. Dan dalam penutupan interview singkat tersebut….IWB kembali menanyakan kiat YIMM untuk mempertahankan segmen sport dari gempuran Honda yang berusaha keras menjatuhkan tahta yang kini masih dipegang Yamaha….

“Kita santai koq mz. Dari dulu kita hanya ingin memuaskan konsumen. Market share bukanlah utama bagi kami. Pabrik kita hanya 2 sementara sebelah 4. Secara hitungan matematika mana mungkin kita bisa menang. Dan jikapun saat ini kami menang berarti yang pinter siapa??. Hayo….bener nggak?” serunya tertawa. Sebuah jawaban santai diluar dugaan. Btw…walau jawaban diplomatis tersebut keluar, YIMM disinyalir telah menyiapkan beberapa varian baru termasuk Fino Bluecore dan MT15. Kita tunggu saja sepak terjang mereka. So…engine DOHC 150cc??. Itulah jawaban Yamaha kang….piye wis gamblang to?.? :mrgreen: (iwb)

383 COMMENTS

        • mungkin belum banyak yang tahu…mobil mobil honda,masih banyak yang SOHC..itu bukan tehnologinya…..tanya knpa?kalau mesin mx bisa ngalahin mesin dohc sonice dan fu…knpa di caci?

        • cukup mesin pemecah bidjik mp3ler adja buat mecahin mesin dewa kibulnya dohcnya ahasyim sonice di kejurnas sehingga pda dnf ambrol.
          terlebih kualitas global, beda mesih sebelah, dohc lokal buat melihara kedunguan sakes dan fanbriitt kaum
          croot
          croot
          croot

    • MAHONDA global bisa bikin mobil lan antimo robot gedek.

      AHMocin sapi perahan Jardine Cina Singapura cuma mentok motor Lokal 150 cc mesin setengah jadi.

      Maluuu sama pabrik suling, Yemehek kasta rendahan zaza bisa bikin 250 cc 2 silinder DOHC

      hahahahaha

      • ekekekeeekk

        ndoro ndoroan
        susah move on, beli kimcil kon pada ‘urunan’
        belum tentu tumpakane penak, yang pasti njaran uzbekistan sing paling joss.

    • BH teriak DOHC tp ga sadar kalau AHM mtr lokalnya cuma mentok 150 cc. DOHC 6 speed dikamplengi SOHC 5 speed.

      fBH bangga katanya Honda global kaya raya bisa bikin mobil dan robot hahahaha.

      Pada ga sadar lan ga malu sama AHM cuma sapi perahan Jardine Singapura.

      maluuu sama pabrik suling Yamahahahahaha

      YIMM yg katanya kasta rendahan zaza bisa bikin 250 cc 2 silinder DOHC

    • Kalo menurut ane pribdi . kayanya kalo cuma mengejar kepuasan konsumen buat suatu pabrikan yg bikin barang tuh sanksi bgt bin mustahil . pasti kejar ms lah …. Terkecuali kalo tu perusahaan jasa baru masuk akal ..sekarang mah balik lagi aja ke konsumen nya . mau move on apa tetep makan mesin lama . wkwkwkw

      Salam mimpi 150 dohc

    • Yamaha pabrik motor apa pabrik tempe, kalo pabrik motor ya tugasnya ya bikin mesin motor. Kan lucu kalo pabrik tempe gak bisa bikin tempe.

      • Yimm rakit motor gak cm untuk lokal aja tp jg untuk global (hebat nih yimm )
        Lha kl AHM rakit motor mentok cm di ekpor ke timor leste.
        Salam DOHC ABAL2…

    • Udah baca ternyata petingginya aja bloon,angkuh,budeg suara konsumen pantes aja kacungya bloon kuadrat , hanya orang bodoh yg ngaku netral & fb smart pencerdasan otomotif. . .
      So fby pekok YANG SABAR EA BOS . . .
      Ngiahahaha

      • Jadi “DOHC 150CC itu UNGGUL cuma permainan mindset….”??
        Wahh…ini pernyataan yg MENOHOK si fbh salesbeha team SWEATy dan si hnd sendiri, krn secara tersirat kalok bikin mesin dohc yg imbang performa dgn sohc…YA BUAT APA?

        Jd kalok Yamaha terbuka membuat dohc 150cc ke depan…UDAH PASTI DIPERKIRAKAN LEBIH SUPERIOR drpd DOHC abal2 si hnd….mungkin udah kayak dohc nya suzuki fxr atau di atasnya…..tapi sekali lagi YA BUAT APAA???

        Dasar si hnd cuma jualan merk di mesin mocin beroda dua!

        HAHAHA
        Salam 20 detik yaa

      • sohc vva = mesin bernuansa mobil jazz.. dan fbh masih caci2 sohc.. tanya kenapa?

        dohc = mesin yg di pake grandmax.. dan fbh senang ngk kepalang,hehe

        peruntukannya aja ntu mah jgn terlalu ributin sohc ato dohc.. tos pasti ada plus minusnya

        #edisiBantuinFby

      • Sohc vs dohc 150cc itu cuma perang saraf..
        Performa 11 – 12, awas yg nge dewain dohc 150cc, pd saraf.. he he he.. mikirrrr….

      • kaya yg bisa aja nyampe jadi vice GM,hehe
        seenggaknya dia punya suatu nilai plus bagi perusahaan bisa otaknya, strateginya ato apapun lah ane ngk tw..

        yg pasti dia masih kapabel buat posisinya.. nah ente cuman bisa caci ama nyela aja.. :p

  1. Ya, tinggal konsumen harus terima kenyataan ; pingin dohc silahkan pindah ke H, bertahan sohc silahkan pake Y ang ada, modifikasi mesin & tampilan kan temen2 disini banyak jago’y

  2. ?Kita santai koq mz. Dari dulu kita hanya ingin memuaskan konsumen. Market share bukanlah utama bagi kami. Pabrik kita saja hanya 2 sementara sebelah 4. Secara hitungan matematika mana mungkin kita bisa menang. Dan jikapun saat ini kami menang berarti yang pinter siapa??. Hayo?.bener nggak??

  3. noh denger

    GLOBAL ENGINE

    bukan DOWNGRADE ENGINE kayak AHM

    di buat balap DOHC ahm MELELDUK

    DUNGU

    muahahahahaha

    • waduh nih bocah masih ga ngerti posisi yimm sm ahm
      congor asal bacot
      jd keliatan siapa yg dungu sebenarnya
      hahahahaha

  4. Bisa di pastikan tahun depan ngak ada mesin DOHC 150 cc
    Tpi kemungkinan yamaha akan di tanamkan VVA di mesin SOHC nya

  5. Ngoahaha spesialis mesin sedot tinja sohc lc4v mana bisa buat DeOHaCe napas kentjang . . .
    😆

  6. Bener kata pak maskur

    Buat apa DOHC kalau SOHC aja sama aja?

    4 pabrik aja empot2an lawan 2 pabrik

    Jiahahaha ?

  7. Jawaban yg lugas & masuk akal… apalagi kalimat terakhir: hayoo… yg pinter siapa?… bener2 mak jleb….

  8. Kegiatan Ekspor YIMM ke eropa dan amerika membantu menambah devisa negara.

    Kegiatan AHM ekspor ke timor leste, apa yang di harapkan?

    Salam 200 point yaaa

    • Wkkk,,, beda benua beda pabrik bos kalo dihonda. Khusus asia mtr hnda di thailand,mbil djepang.klo ymha ngimpi dulu sana,, pabrik masih kecil salesnya gedhe bacot

  9. sohc aj diakui pasar global. bukan cm timor leste.
    hanya orang pekok saja yg memaksakan diri sport harus dohc.
    hayoo yg pekok siapa?

  10. 8 tahun di Puncak Klasemen bukan sesuatu yg mudah. Makanya sebelah pakai tagline ” Performa sang penakluk “… Kukuruyuk …. Ngok 😆

  11. sohc saja diakui pasar global.
    yg notabene orang sono kritis pada kualitas

    nah disini dikasi dohc abal2 kemlothok aj pada ngoceh congornya kalo superior.
    tp dikamplengi sohc

    wkwkwkwkwkwkwk
    😀
    salam 5 dtik 20daya kambing

  12. SoHC 5 speed overstroke yamaha bisa menopang 29hp tanpa DNF dan juara 1 di kejurnas

    DOHC 6 speed Sonic bisa menopang hanya 23 hp dan banyak yang DNF

    Ayo SOHC yang pintar apa DOHCnya yang gouuuuubblloogg

Comments are closed.