iklan iwb

460x110 (10)

460x110(8)

011-top_right_LG
“Gambar hanya ilustrasi……”

Bro dan sis sekalian….hingga detik kita semua pasti dibuat heran, kenapa sih ada beberapa dealer yang sengaja mempersulit kita untuk membeli cash?. Mau sampeyan punya uang segepok kalau judule “beli kontan” ora bakalan dilirik. Bahkan kadang statement-nya bikin ciut nyali ” kalau cash bisa 3 bulan pak inden….kredit paling dua minggu”….nah, itulah pernyataan yang sering kita dengar. Pertanyaannya…..ada apa sih sebenarnya dan kenapa praktek tersebut tetap tumbuh subur??….
Banner-nmax

iklan iwb

Mendapatkan informasi dan penuturan dari Mr. X (sebut saja demikian)…..doi menjabarkan secara gamblang praktek kerjasama sales dan leasing. Penuturannya begitu gamblang dan runut. Pelan-pelan membaca satu persatu membuat IWB makin ngowoh. Benarkah demikian??. Untuk jelasnya monggo baca laporannya berikut ini….

Bagi info aja ya om Iwan soal DP kredit motor. Soalnya pernah ditawari temen buat buka showroom jual motor. Terus alasan kenapa sales motor nyuruh kita kalo beli harus kredit. Misal kita DP 3 juta, yang disetor ke pihak leasing cuman 1,2 juta mas, sisanya buat salesnya. Jadi cashback tergantung salesnya mau ngasih berapa. Kalo 500ribu berarti sales masih untung 1 juta lebih. Terus DP 5 juta ,kalo gak salah cuman 2 jutaan yang disetor ke leasing. Terus kalo beli cash, paling banyak salesnya dapat 500ribu. Itulah alasannya kenapa lebih diutamakan yang kredit dari pada beli cash. Terus saya tanya lagi temen saya, kalo DP yang 500ribuan dapat berapa, katanya paling 100-200ribu. Gitu aja ya mas Iwan..semoga bermanfaat.

Nah….opo ora dlongop sampeyan. Ibarat orang mau angop…baca info diatas langsung mingkem nggak jadi. Lha piye…..mengejutkan tenan je. Menurut Mr. X lagi….persentase jatah ada tabel yang diberikan pihak leasing. Dimanapun dan apapun pabrikannya. Hanya saja memang ada yang bermain terang-terangan namun ada juga yang halus tidak sporadis alias merayu dengan lembut. Nah….yang terang-terangan dan terkesan memaksa ini yang jengkelin dan kudu dibasmi. Lha piye…..mau beli cash malah diskak mat nggak dikasih nafas. “Cash inden 3 bulan pak…..kredit dua minggu kita usahain” kalimat saktinya. Jian tempe menjes tenan……

Last…..sebenarnya cukup dimaklumi jika leasing memberikan insentif bonus pada sales. Tapi ketika sang sales menggunakan sistem penjualan kredit sebagai hukum wajib untuk memuluskan memperoleh penghasilan besar dari “memeras”….inilah yang nggak bisa ditolerir. Praktek susah dibasmi karena peran leasing memang sangat kuat. Pabrikanpun kadang nggak berdaya mzbro. Lha piye…..namanya juga bisnis. Pusat butuh dealer untuk menyokong solidnya jaringan. Lha kalau hampir semua dealer melakukannya….opo sampeyan mau nyengir jika mereka kompak memboikot nggak mau jualan. So….memang hanya pabrikan tangan besi, tegas dan powerful yang sanggup melakukannnya. Nah…sekarang tahu kan kenapa kita susah beli motor cash khususnya new product yang jadi buruan konsumen??…..(iwb)

011-top_right_LG

171 COMMENTS

  1. semua itu prosedur dalam pembelian,,honda menawarkan segala kemudahan untuk costumer. monggo buktikan sendiri,,datang/beli di daeler terdekat di kota anda

    • yakin? disuatu kota yang notabene dealer terbesar tunai dipersulit loh! gak perlu ane sebut kotanya.

  2. Kita smua ngerti koq
    tiap motor punya kelebihan
    tp klo punya urusan sama sales congor somplak mending batal aja
    langsung ke dealer resmi bagian penjualan

    • makanya orang banyak beli beat,
      cash boleh, kredit jg mudah cuma siapin DP paling murah 500rb bahkan ada yg Nol rupiah cuma disuruh bayar angsuran bulan pertama doang.

  3. hebat ya ada yg bilang beli yamaha harus kredit. apa laku banget ya motor yamaha sehingga belinya harus kredit. Padahal kata fbh motor yamaha mana ada yg laku dan banyak disimpen digudang.

  4. Kalo sama salea mobil sama ga mas iwan?
    Sy pernah kerja di leasing mobil soalnya.
    Sebut aja leasing X.
    Kalo dimobil ada yg namanya refund bunga.
    Jadi apabila ada pembelian secara kredit melalui leasing ada pengembalian bunga sebesar 1-2%.
    Refund bunga itu biasanya dikasih kepada sales/dealer/makelar yang berhasil dapetin customer yg mau beli secara kredit melalui leasing sy gt.
    Contoh: kredit mobil 5th bunga 10% per th. Leasing ambil untung 8% yg 2% diberikan kepada sales/dealer/makelar gt.

  5. Biasanya itu ulah para sales Honda kang
    Masa Cebong motor rompal dan klothok-klothok plus tanki bocor kok dijual dengan harga 20 jutaan.

  6. pengalaman di sby wakt beli motor cibi taun lalu sih cash ga ribet dan ga inden mas soalnya warnanya item yg warna lain inden 1 bulan hahaha. tp kemarin baru beli beat kredit inden 3 hari.

  7. klo sales mobil lebih parah lagi tu…untuungnya lebih dahsyat klo kredit..bisa 15 juta lebih..sisitem kapitalis ya gini….waktunya pake sistem syariah tapi syariah yang bener2 sayariah loh.

  8. kang laporin bossnya dong..!!
    bikin nomer panggilan aduan gitu..
    .
    kalo yang boikot pembeli gimana..??
    gak mau beli produk yg itu lagi..
    .
    serius itu yg gw alami..
    gak beli produk yang itu lagi..
    milih produk tetangga yg katanya ember plastik, tapi jual beli gampang.

  9. pihak dialernya jg lek bukan hanya salesnya dan leasingnya dan kita org biasa aja bs dapet persenan minimal seratus ribu setiap calon pembeli klo jd membeli motor dari dealernya..saya perna lek soalnya bw sodara yg ingin beli dan jadi kredit motor didialer dan dpt persenan dari pihak dialernya. ujung ujungny org biasa bs jg jd sales gk heran dgn iming iming begitu penjualan motor begitu pesatny pertumbuhannya.

  10. penyesatan opini tuh kang iwan..gk ada cerita dp di setor ke leasing..yg ada leasing bayar ke ke dealer untuk sisa poko hutang ke dealer..

  11. Xeon gt saya dp 6juta,kesbek 1juta???angsuran 524.000 X29.,berarti saya ditipu 3jutaan kah????tidak bakal berkah jika mencari nafkah dg cara menipu!!! Bisa dipidanakankah???

  12. Leasingnya yg perlu di benahi,karna persaingan tidak sehat antara leasing sehingga pihak leasing bersaing dengan cara memberikan suap kpd sales,agar sales dealer trsebut memberikan konsumen kpd pihak leasing yg memberikan uang tips yg lebih tinggi,makanya sales yg sudah makan suap lebih mengutamakan kredit,klu kita membeli cash sanggup memberikan tips kpd sales,motorpun bs cpt dptnya,tidak harus indent 3 bulan,tp motor yg kita beli. Jadi upping pri?e..bisa rugi besar klu dijual di kemudian hari,memang praktek suap sangat merugikan konsumen dan produsen

    • yang rugi konsumen aja kali om, klo misalnya dealer uda diinves ama leasing. mereka bagi dua profit dari kredit itu.

  13. jadi inget dulu waktu jaman byson keluar,teman saya mau beli cash aja dipersulit sampai hampir semua dealer besar di Semarang di masukin,tp tetep aja ujung2nya suruh kredit dan kalau cash bisa indent lbh dr 4 bulan,tp kalau kredit unit tersedia. Tapi karena sudah putus asa akhirnya teman saya mendatangi kantor salah satu koran dan mmbuat surat pembaca dengan berbekal rekaman pembicaraan dengan sales2 yg ada di dealer,dan setelah surat pembaca terbit,temen saya langsung dihubungi dealer terkait untuk bertemu dengan pimpinan,kepala sales,sales nya dan akhirnya temen saya bisa bawa pulang motor byson tanpa inden dan bayar cash dihari itu juga 🙂

  14. Leasing itu sama aja dengan rntenier. .nama nya aja sedikit terhormat.praktek nya sma .Lintah darat juga..

  15. dari sini bisa kita liat dari penjualan terbanyak tiap merek berdasarkan tipe motor.. biasanyaaaa.. tipe motor yg paling banyak itu biasanya pasti subsidi lisingnya besar.. kenapa tipe sport selalu dibawah matik dan bebek? lising ga berani ngasih subsidi terlalu besar dikarenakan resiko nya juga besar dilihat dari harga otr.. mau penjualan naik? beri subsidi besar.. pasti naik tu penjualan.. ( kadang2 ga ngaruh juga untuk tipe yg kaga laku ) persentase konsumen yg mau beli cash dan kredit itu paling kira kira 25 – 75.. mayoritas pasti pengen kredit daaaannnn pake dp yg minim… kenapa ada subsidiiii?.. supaya konsumen yg punya dp minim bisa keambil pasarnya.. tidak semua konsumen yg punya dp minim itu orang yg ga mampu lho.. contoh : mr x pengen honda beat pop cbs iss warna putih biru.. butuh buru2 buat istri mo dipake kerja.. pake mobil terus repot parkir sama macetnya.. mr x sekarang cuma ada uang 1 juta.. kurang malahan.. gimana?

  16. ini mah berita basi tuk dealer pabrikan yamaho. kalo dealer pabrikan oondah sih rata2 welcome aje mau cash ato kredit.

  17. Cash beli lewat LAZADA aja bisa ya? Tinggal pinjem kartu kredit sodara/tetangga yg kaya raya.. Atau bayarnya COD.. 😀 😀

  18. Lek, sekedar info aja buat ngelurusin. Sebenernya kriteria beli cash juga tergantung motornya mas, yg barang inden 1bln keatas biasanya Sc**py aja. Untuk masalah potongan tiap tarif motor juga berbeda2 dr tiap daerah. Jadi, bukan masalah dipersulit. Kadang ada beberapa sales yg iming2 masalah kredit. Tapi kalau beli didealer resminya langsung bisa dipotong habis dan dilayani sangat baik untuk beli secara kontan maupun kredit. Thx…

  19. Wis ah lek iwan.. Nyesek tenan. Moso iyo duit2e dwe.. Rep bayar cash kok malah kon kredit.. Teloo.. Kasus NVL bien lek. Akhire nyong byong cb150.

  20. Ane kl beli kendaraan kredit juga ga bakalan mau pake leasing, lebih baik kredit langsung ke bank karena institusi bank adalah institusi keuangan yg paling banyak regulasinya sehingga konsumen aman dilindungi oleh UU

  21. Owalah, ngunu toh. Cerita ini sama waktu ngurus STNK buat motor baru (PCX) kapan bulan lalu, ngurus STNK itu sampe 1 bulan lebih. Waktu ngambil plat, di lokasi ketemu sama bapak-bapak, ngambil plat juga, waktu ditanyain, “nunggu STNK berapa lama pak ?”. “cuma 1 minggu mas” ujarnya santai. Kuaget minta ampun. Entah ini dealernya yang rada bijimane gara-gara nge-cash atau emang motor CBU STNK lama, pribadi saya kurang paham sih. Tapi sumpah luama, sampe saya yang gendut jadi kurus. :v

  22. nyindir sales kampret…hbs gmn lg, penjualan lesu, satu2nya jalan cr duit ya gitu..di honda mah, mw bli kredit cash monggo…apalg bli vario125 yg sangat laris sejagat..bli cash inden plg lm seminggu, biasanya ready stock..soalnya produksi ahm gede, ngimbangin permintaan..kl merk kampret mah, produksi sedikit z numpuk di gudang…mkx kal2an dealer kampret tuh mah..kelakuan org hombreng

  23. om iwan ane ambil WTF baru yg udh LED lancar2 aja biarpun cash segepok-gepok, malah cuma nunggu seminggu brg udh di rumah. ane sendiri heran masih ada dealer yg baik ky gt. ane ambil tu h*nda di dealer yg ada di daerah buah batu bdg om.

  24. Share pengalaman kang. Agustus 2014 ane kredit Ninja 250 fi SE ijo di diler kawasaki sby, dalam 1 diler ada yg salesnya bilang ready, ada yg bilang inden 1 bulan, akhirnya ane nego sama sales yg bilang ready, akhirnya ane nego, UMnya terendah 17,4 jt di brosur, cicilan 4.320 11 bulan.. Ane pake mind genesis ( di ajari temen sekolah ane yg jd supervisor di leasing ) akhirnya UM turun jd 15 jt dgn cicilan 4.230 jt selama 11 bulan.. Lumayan, UM turun 2,4 jt, cicilan turun 100rb.. Real story..

  25. Jadi kepikiran bila kredit belum lunas dan telat bayar 1 bulan aja udah dikejar-kejar sama debt collector…. jebulane ya itu tadi, leasing udah terlanjur ngasih fee ke sales dan ngasih fee ke dealer…. maka bila ada yg telat bayar…. langsung suruhan preman2 collector tuk nagih…
    Memang paling enak pinjam duit bank buat beli cash…. lebih tenang…

  26. Hasil simulasi itung2an kemaren, kredit leasing vs bank juga lebih murah bank. Angsurannya lebih kecil.. dengan jangka waktu yg kurang lebih sama..

    Tapi mungkin perlu diinget lagi, klo via bank, blum ada asuransi jiwa+asuransi motor nya..
    Klo via leasing, asuransi motor biasanya dah include.. cuman asuransi jiwa kekna ga termasuk..

    • Nah kenapa asuransi disebut melulu, penting?
      1. Asuransi motor kredit biasanya TLO, itu jaga2 klo motor ilang selama masa kredit. Tapi inget, biasanya maling/begal ngincer motor2 baru umur 1-2-3 tahunan.. Jadi yg kredit via bank, bisa aja cari2 asuransi motor sendiri untuk jangka waktu 1-2 tahunan aja. Habis itu terserah, mo lanjut asuransinya atau engga. Nah klo via leasing, asuransi terus berlaku selama masa kredit.
      2. Asuransi jiwa.. Jaga2 klo yg ngangsur/pemilik/yg kredit itu meninggal (semoga aja jangan sampe). Jadi utang/kreditnya itu ga dibebankan ke ahli warisnya, alias langsung lunas..
      Biasanya ini ga ada di leasing.. cuman klo di bank wajib ada..
      CMIIW..

Comments are closed.